Pernahkah kamu mendengar tentang metode Kaizen? Dalam dunia bisnis tentunya istilah ini sudah tidak asing lagi karena sudah banyak sekali perusahaan besar yang membuktikan manfaat menerapkan Kaizen dalam menjalankan bisnis.

Metode Kaizen

Istilah kaizen berasal dari bahasa Jepang yang memiliki makna perbaikan yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Filsafat kaizen memiliki pandangan bahwa fokus dalam kehidupan adalah mengupayakan perbaikan dari waktu ke waktu sehingga segala sesuatunya menjadi baik dari hari ke hari.

Dalam dunia bisnis, metode kaizen bisa dikatakan sebagai strategi. Di mana, karyawan dalam seluruh tingkatan bekerja sama secara proaktif untuk bisa mencapai peningkatan reguler dan bertahap pada proses manufaktur. Untuk bisa membangun budaya kaizen sendiri tidaklah mudah. Sebab, metode ini berfokus pada perbaikan-perbaikan dengan skala kecil sampai menengah.

Pada umumnya, proyek-proyek tersebut bisa diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat.
Ada berbagai macam keuntungan yang didapatkan jika sebuah perusahaan berhasil menerapkan metode kaizen. Adapun berbagai keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

5 Manfaat Menerapkan Kaizen dalam Menjalankan Bisnis

Pengurangan Terhadap Biaya Jadi Manfaat dari Kaizen

Keuntungan pertama yang bisa ditemukan adalah pengurangan terhadap biaya. Pengurangan biaya tersebut tentu bisa dilakukan dengan cara menghilangkan pemborosan di area tempat kerja atau bisa dibilang melakukan penghematan. Penghematan ini akan terasa manfaatnya jika dilakukan secara terus menerus.

Setiap kali akan menggunakan metode ini, ada baiknya untuk menyusun prosedur. Nantinya, dari prosedur tersebut dapat diketahui sejauh mana pengeluaran biaya yang akan dievaluasi dan diukur. Ketika melakukan hal ini, maka perusahaan akan mengetahui secara pasti uang yang sudah dikeluarkan.

Peningkatan Kualitas

Keuntungan lainnya yang bisa didapat ketika sukses menerapkan metode kaizen pada sebuah bisnis adalah peningkatan kualitas. Adanya metode ini bisa meninngkatkan kualitas perusahaan, mulai dari peningkatan kualitas kerja para karyawan, sampai kualitas dari mesin-mesin yang dimiliki. Ketika sebuah masalah sudah terpecahkan, maka pekerjaan yang dilakukan akan lebih efisien dan efektif. Selain itu, manajemen waktu pun bisa dilakukan dengan baik.

Peningkatan Produktivitas

Selanjutnya, ketika akan mengidentifikasi tempat atau area kerja, tentunya akan melihat bahwa ada banyak pemborosan yang selama ini seolah tertutupi. Berbagai macam pemborosan yang dimaksud adalah produksi berlebihan, barang cacat, rusak dan lain sebagainya. Sehingga, perlu dilakukan perbaikan atau pembelian barang baru. Nantinya, ketika semua sudah berjalan dengan lancar. Maka, bisnis pun akan berjalan dengan lancar pula.

Pemanfaatan Sumber Daya yang Optimal

Keuntungan selanjutnya yang bisa didapat jika sukses menerapkan metode kaizen dalam berbisnis adalah bisa memanfaatkan sumber daya secara optimal. Penerapan kaizen dalam suatu bisnis atau perusahaan mampu memperbaiki dengan efisien penggunaan sumber daya. Salah satunya adalah dengan memprioritaskan kebutuhan dengan baik. Jika penerapan ini dilakukan dengan benar, maka bisa menghilangkan kerja keras dan memudahkan tempat kerja. Jatuhnya, para karyawan akan semakin produktif.

Komunikasi Menjadi Lebih Baik Setelah Menggunakan Kaizen

Terakhir, komunikasi antar karyawan, manajer dengan karyawan dan seluruh komunikasi di dalam bisnis akan lebih baik dibanding dengan sebelumnya. Adanya komunikasi ini akan menimbulkan rasa memahami satu sama lain. Jika memang hal ini belum ada dalam bisnis atau perusahaan yang dibangun, maka lakukan identifikasi terlebih dahulu. Identifikasi tersebut dimaksudkan untuk mengetahui dan memperbaiki hal yang salah. Sehingga nantinya, akan terbangun komunikasi yang baik antara satu sama lain.

Dari berbagai keuntungan di atas, bisa disimpulkan bahwa metode kaizen ini memang berfokus pada perbaikan-perbaikan. Sehingga, ketika perbaikan tersebut sudah dilakukan maka akan tercipta berbagai kenyamanan dalam perusahaan atau bisnis yang dimiliki.

5 Perusahaan yang Sukses Mendapatkan Manfaat dari Menerapkan Metode Kaizen

Ternyata, sudah ada 5 perusahaan yang berhasil menerapkan metode ini. Beberapa perusahaan di bawah ini sudah mendapatkan manfaat lebih besar dari penggunaan kaizen dalam perusahaannya. Adapun beberapa perusahaan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Toyota

Perusahaan otomotif asal Jepang ini memang terkenal dengan penggunaan metode kaizen di dalam perusahaannya. Bahkan, perusahaan ini yang sudah membuat metode tersebut dikenal oleh seluruh dunia. Dalam perusahaan toyota, pimpinan dan karyawannya sangat menyadari peran mereka dalam pedoman kaizen.

Sikap positif yang diwujudkan oleh prinsip kaizen ini membantu para anggota tim untuk bisa fokus terhadap apa yang harus dilakukan dibandingkan dengan apa yang bisa dilakukan.

Menariknya, karyawan dari perusahaan ini akan mendapatkan insentif ketika bisa menemukan praktik yang tidak efisinen dan bisa merancang cara untuk meningkatkannya. Tentunya hal ini akan membantu dalam mendukung pengambilan keputusan dengan cepat.

Perusahaan Nestle

Perusahaan lain yang berhasil menerapkan metode kaizen adalah nestle. Perusahan makanan ini memiliki aspek kaizen yang sampai saat ini terusdiseriusi. Aspek yang dimaksud adalah leanproduction. Nestle sendiri sudah melakukan perbaikan dengan cara memangkas waste yang ada. Mereka mengurangi bahan baku dan waktu yang sudah terbuang. Tidak hanya itu saja, mereka juga menemukan metode terbaik untuk bisa menggunakan ruang yang tersedia. Kemudian, nestle juga memanfaatkan bakat dan teknologi terbaik yang dimiliki oleh perusahaan.

Mayo Clinic

Selanjutnya, ada perusahaan mayo clinic. Perusahaan yang merupakan organisasi nirlaba ini bergerak dalam bidang penelitian dan praktik medis. Perusahaan ini mempelajari kaizen secara seksama untuk bisa meningkatkan praktiknya. Meskipun industri kesehtan sangat kompleks, tapi perusahaan ini yakin bisa menggunakan kaizen.

Secara terus menerus mereka mempelajari metode kaizen hingga akhirnya ada banyak bagian yang memang diuntungkan oleh metode ini. Ada beberapa perbaikan yang bisa dilakukan pada industri kesehatan, seperti waktu tunggu, metode, penanganan catatan pasien sampai penggunaan sumber daya terbaik. Ternyata, mayo clinic dan beberapa industri kesehatan lainnya sudah berhasil melakukannya.

Lockheed Martin

Kemudian ada perusahaan lockheed martin. Lockheed martin merupakan sebuah perusahaan keamanan, kedirgantaraan, pertahanan dan teknologi global Amerika. Perusahaan ini mempekerjakan 116.000 orang di seluruh dunia. Mereka menggunakan prinsip lean manufacturing dalam kaizen. Berbagai macam perbaikan yang mereka lakukan menghasilkan banyak penghematan.

Berbagai penghematan yang sudah dilakukan oleh perusahaan ini antara lain biaya produksi, pengurangan inventaris hampir mencapai 50%, pengurangan tingkat cacat per pesawat, sampai pengurangan waktu pengiriman. Berbagai penghematan tersebut tentunya dipelajari dari metode kaizen.

Herman Miller

Perusahaan terakhir yang berhasil menerapkan metode ini adalah Herman miller. Herman miller merupakan sebuah perusahaan furniture asal Amerika yang tentunya sangat terkenal. apalagi untuk produksi kursi aeron. Berbagai macam kursi yang sudah dibuat oleh perusahaan ini bisa ditemukan dalam acara televisi, film-film dan lain sebagainya.

Metode kaizen yang diterapkan oleh perusahan ini adalah sebuah peningkatan. Di mana, ada berbagai peningkatan yang dilakukan, mulai dari peningkatan produktivitas, peningkatan kualitas, peningkatan waktu produksi dan berbagai peningkatan lainnya. Adanya berbagai peningkatan tersebut membuktikan bahwa perusahaan ini sudah berhasil menerapkan metode tersebut.

Demikianlah 5 manfaat menerapkan Kaizen dalam menjalankan bisnis. Tulisan ini hanyalah rangkuman sementara dari berbagai referensi yang sudah saya baca. Masih butuh perbaikan dan proses melengkapi berbagai informasi pendukungnya. Next di tulisan selanjutnya, saya akan mencoba melanjutkan pembahasan mengenai metode Kaizen ini.

130 total views, 1 views today

SHARE
Previous articleTips Menulis Buku dan Rahasia Menerbitkan Buku untuk Pemula
Next articleBerburu Peluang Kerja di Situs Cari Kerja

15 COMMENTS

  1. wah baru dengar aku istilah ini, ternyata dari negeri sakura ya asalnya, mungkin terjemahannya seperti rutin di evaluasi. Ternyata perusahan besar sudah mengaplikasikan hal ini

  2. Saya baru dengar sistem kaizen ini kak, dan apa ada bagian departmen yang menerapkan / menjalankan sistem kaizen ini ? misalnya bagian HR, Produksi, karena ditempat Saya gak pernah mendengar metode ini, dan apa kaizen ini sebuah program ?

  3. Metode Kaizen digunakan oleh perusahaan-perusahaan gede gitu ya, mba Mon, dan terbukti berhasil. Jadi, perusahaan-perusahaan lain musti mau belajar metode ini juga.

  4. filosofi Kaizen ini sungguh dalam dan bisa diterapkan kedalam banyak hal ya kak. manfaatnya juga banyak sehingga efek domino yang didapatkan mulai dari peningkatan produktivitas, peningkatan kualitas, peningkatan waktu produksi hingga yang lainnya

  5. Semangat Kaizen atau semangat perubahan ini memang banyak memberi dampak, baik secara pribadi juga dalam segi bisnis perusahaan. Perubahan memang nggak selalu nyaman tapi pada akhirnya membuat semuanya menjadi lebih baik.

  6. Baru tahu tentang metode Kaizen ini. Bisa sampai meningkatkan kualitas produktivitas hingga produksi. mantap sekali nih metode dari Jepang. Metode yang sangat bermanfaat terutama buat yang mau/ sedang menjalankan bisnis.

  7. Metode ini bisa juga diterapkan di keluarga nggak ya mbak? Jadi target semua anggota keluarga dibicarakan dan menjadi target bersama. Masing-masing mengkomunikasikan apa yg ingin dicapainya dan semua dirangkum menjadi sebuah pencapaian yang ingin diraih bersama. Seru juga mungkin ya…hihi…

  8. semoga metode kaizen ini di terapkan di perusahaan Indonesia baik umkm, start up, dan perusahaan besar pasti negara Indonesia jadi lebih maju

  9. Beberapa tahun lalu pernah diundang berkunjung ke pabrik toyota dan di sanalah dikenalkan dengan kaizen, memang keteraturan sangat penting ya

  10. Oh, perbaikan secara terus menerus dan berkesinambungan ya? Jadi itu usaha memperbaiki sesuatu nggak kenal waktu. Karena bisa jadi ada sesuatu yang perlu diperbaiki lagi, ya?

  11. Aku pertama kali mendengar istilah Kaizen itu dari Dr fisika yang kuliah dan bekerja di Jepang. Mtode kaizen ini adalaha sesuatu yang tidak akan bisa berhenti, karena perkembangan dunia yang selalu dinamis. Apa yang efektif di masa lalu, bisa jadi kurang efektif saat ini dan terus begitu. Hanya saja, kaizen di struktural Indonesia ini yang kadang menemui hambatan non teknis yang mengganggu banget.

  12. Metode Kaizen ini seharusnya diterapkan di semua perusahaan ya, Mbak. Supaya bisae meningkatkan produktivitas, kualitas dan perbaikan-perbaikan lainnya

  13. Metode Kaizen pernah diterapkan juga di tempat kerjaku yg dulu. Banyak banget manfaatnya untuk bisnis ya. Ternyata banyak juga perusahaan2 yg sudah sukses menerapkan metode ini dan mendapatkan manfaatnya

  14. Pantesan ya Nestle makin besar aja dan ada-ada saja inovasi untuk perkembangan usia bisnisnya dalam hal makanan

    Perlu baca berulang ini soal Kaizen biar makin paham

  15. Metode bisnis yang diadopsi dari Jepang itu bikin kagum. Etos kerja masyarakat Jepang sudah terkenal kehebatannya.

    Membaca metode Kaizen ini sudah cukup deh pasti = efisien, efektif, dan teruji keberhasilannya. Mungkin start up juga perlu mengadopsi metode ini ya mbak…
    Kurang paham sih gimana penerapannya, kaum pendiri start up siapa tau bisa mengaplikasikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here