Kalau ditanya apa sih tema blog yang disukai? Saya biasanya akan menjawab banyak. Maklum, saya bisa dikatakan gila baca. Kalau tak membaca sehari saja, rasanya ada yang kurang. Selain itu, kegiatan membaca yang saya lakukan sebenarnya juga merupakan upaya untuk menambah pengetahuan. Bukankah di dalam hidup ini, manusia perlu terus belajar agar tak tertinggal dengan pesatnya perkembangan zaman? Pengetahuan yang dimiliki itu, kemudian barulah bisa dibagikan kebanyak orang dalam bentuk tulisan.

Analoginya sama seperti saat kita mengisi air ke gelas. Semakin banyak air yang kita tuangkan ke gelas, maka air akan mengalir deras keluar dari gelas. Sebaliknya, jika tak ada air yang diisi, maka tidak akan ada air yang mengalir keluar. Isi kepala kita pun begitu. Semakin sering diisi, semakin mudah kita menuangkannya kembali untuk dibagikan keluar. Jika jarang diisi, apa yang bisa kita bagi?

Untuk jenis bacaan, saya biasanya tak terlalu pilih-pilih. Pokoknya yang positif dan bermanfaat serta kaya akan referensi pastilah saya baca, seperti buku/artikel tentang pengembangan diri, bisnis, tips-tips tertentu, tempat-tempat wisata, bahkan kadang saya juga membaca berita kriminal.

Kegiatan menulis blog pastilah diikuti dengan kegiatan membaca, karena tulisan yang bernas berasal dari kayanya isi kepala sang penulis. Begitulah dulu seorang penulis senior berkata kepada saya saat kami ngopi bareng. Dulu untuk menghasilkan satu naskah buku, saya perlu kurang lebih 15-20 buku untuk dijadikan referensi tulisan.

Saat ini pun begitu, untuk menghasilkan satu tulisan di blog, biasanya saya akan membaca cukup banyak tulisan sejenis terlebih dahulu agar bisa menemukan sudut pandang yang berbeda. Meskipun ada banyak tema yang sering saya baca, namun sebenarnya saya menyukai tema-tema tertentu lho. Berikut 5 tema blog yang disukai

5 Tema Blog yang Disukai

1. Tema Pengembangan Diri

Tema blog yang disukai untuk posisi pertama adalah tema-tema yang berkaitan dengan pengembang diri, termasuk tema yang mengulas cara upgrade skill blogging, cara meningkatkan kemampuan menulis, tulisan tentang how to atau lebih ke tutorial. Tulisan dengan tema-tema seperti ini bisa membantu saya menambah pengetahuan sekaligus untuk meningkatkan kemampuan.

Itu sebabnya, mengingat kebanyakan bacaan bacaan saya bertema pengembangan diri maka tema blog yang saya suka tulis pun tak jauh-jauh dari tema pengembangan diri ini. Istilahnya nih, tahu caranya, tahu manfaatnya, meskipun masih sedikit, pastilah ingin berbagi juga dengan orang lain. Kalau semakin banyak yang tahu bisa saling berdiskusi juga untuk lebih meningkatkan kapasitas diri agar jadi lebih baik lagi.

2. Tema Lifestyle

Lifestyle atau gaya hidup selalu menarik untuk dibaca dan ditulis. Itulah alasan saya suka dengan tema yang satu ini. Dalam tema lifestyle, pembahasan jauh lebih luas, mengingat di dalam masyarakat modern saat ini gaya hidup masyarakatnya juga beragam. Pembahasan yang biasanya ada dalam tema-tema lifestyle, seperti tentang kesehatan, seni dan pertunjukan, budaya, tren yang sedang berkembang di masyarakat, tentang kecantikan, bahkan tempat-tempat baru (coffee shop, mall, kafe, resto) selalu menarik untuk dibaca, dikunjungi, kemudian dituliskan.

3. Tema Kesehatan

Sehat itu murah sebenarnya, kalau sakit itu baru mahal. Semakin modern zaman, penyakit yang bisa menyerang semakin banyak dan bisa membawa kematian. Sebut saja beberapa penyakit yang sering terabaikan, padahal bisa mendatangkan kematian, misalnya stroke, diabetes, jantung, kanker, dan sebagainya. Penting sekali menambah pengetahuan berkaitan dengan kesehatan. Itu makanya tema blog yang disukai salah satunya adalah tema-tema kesehatan, baik untuk dibaca maupun untuk ditulis. Biasanya tema-tema tersebut tidak hanya mengulas mengenai penyakitnya, tetapi juga diulas cara pencegahannya.

4. Tema Bisnis dan Wirausaha

Di zaman yang melek digital begini banyak sekali peluang terbuka lebar untuk memulai bisnis atau wirausaha, apalagi didukung dengan berkembangnya e-commerce dan berbagai start up. Tulisan-tulisan bertema bisnis dan wirausaha menjadi salah satu favorit yang akan banyak dibaca orang, termasuk saya. Untuk itulah tema-tema ini juga cukup sering saya jadikan tema tulisan di blog. Bagaimana pun untuk bisa ikutan berbisnis dan menangkap peluang yang ada juga butuh ilmunya, kan?

5. Tema Review Produk

Namanya hidup itu mesti suka coba-coba, termasuk saat lihat ada produk baru yang luncur, pasti gatel deh pengen nyoba. Biasanya saya akan cari dulu review mengenai produk tersebut di blog teman-teman yang sudah menggunakannya. Melihat kebiasaan untuk mencari tahu tentang suatu produk maka saya pun menerapkannya di blog saya sendiri. Jadi untuk tema yang disukai untuk ditulis di blog yang review produk. Berbagi pengalaman dalam menggunakan produk juga bisa membantu orang lain yang ingin menggunakan produk yang sama.

Apakah hanya 5 Tema Blog yang Disukai ini saja yang paling sering saya baca dan saya tulis di blog? Tidak juga. Kadang saya menuliskan hal-hal lain berkaitan dengan keseharian, berita-berita unik yang mungkin bermanfaat bagi orang lain, atau menulis apa yang saat ini sedang saya suka. Bagaimana dengan kamu? Tema blog apa yang kamu sukai dan sering kamu tulis? Bagi kisah di komentar ya. Berbagi itu indah.

10,656 total views, 1 views today

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here