Yeay! Libur telah tiba. Rasanya ingin sekali berteriak begini waktu sedang packing. Liburan dadakan sih aslinya karena anak lanang yang lagi libur semester merengek minta ngumpul sama mama-papanya. Jadi setelah pesan tiket, saya pun langsung menyusun daftar 5 tempat wisata di Batu Malang yang lagi hits untuk kami kunjungi bareng.

Konsep liburan kami kali ini adalah backpacking ala-ala. Jadi sejak awal, saya sudah meminta Pewe dan Audi mengemas bawaan hanya dalam satu ransel. Tujuannya, agar kami mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa diribeti dengan barang bawaan.

Transportasi Hemat Liburan di Batu Malang

Karena persiapan sudah dilakukan dan semuanya sudah diwanti-wanti hanya membawa backpack satu untuk masing-masing, maka perjalanan kami jadi lebih mudah. Kami bertemu di Surabaya, karena dari Banjarmasin Audi naik pesawat dan turunnya di Bandara Juanda.

Dari Juanda, kami langsung naik Damri dengan biaya perorang Rp. 25.000. Sebenarnya lebih murah naik taksi online. Sayangnya kalau dari Juanda cukup ribet untuk pesan taksi online tersebut (dan tak boleh juga).

Cara praktis sih langsung pesan taksi saja dan biasanya biayanya kurang lebih 50 ribu. Namun karena ingin mengajari anak cara naik Damri biar lain kali kalau dia datang bisa tahu sendiri, akhirnya diputuskanlah naik Damri saja.

Di Bungurasih, kami turun dan langsung menuju ke bagian ke berangkatan. Terminal Bungurasih sekarang sudah rapi dan bersih. Tempat parkir bisnya pun juga tertata dan mudah ditemukan. Kami langsung naik ke bis yang menuju Malang dengan biaya tiketnya Rp.30.000,- perorang. Kalau mau lebih murah lagi, bisa naik bis ekonomi AC dengan harga sekitar Rp. 15.000,- perorang.

Selama di Malang, kami menggunakan transportasinya kombinasi antara angkutan umum (angkot), taksi online, atau bis antar kota yang menuju ke Batu. Tarif angkot masih sama, sekitar Rp. 4.000,- saja. Murah meriah bisa keliling Malang.

Nah, untuk ke Batu, kami naik angkot dulu dari Terminal Arjosari dan turun di Terminal Landungsari. Dari Terminal Landungsari, kami ganti angkot naik yang tujuan Alun-alun Kota Batu. Seru jalan bareng begini dan Audi pun bisa belajar untuk memanfaatkan angkutan umum untuk traveling. Dari Alun-alun Batu inilah perjalanan kami dimulai.

5 Tempat Wisata di Batu Malang yang Lagi Hits

1. Alun-alun Batu

Saya dan Pewe sengaja memilih tempat pertama yang dikunjungi adalah Alun-alun Batu. Dibandingkan beberapa tahun lalu, Alun-alun Batu saat ini sudah berbenah. Lebih bersih, rapi, dan tanaman di tamannya terawat dengan baik.

Di bagian belakang Alun-alun Batu ada cukup banyak depot dan warung-warung makan ala kota Batu. Bisa jadi tempat kuliner seru. Kami pertama-tama mampir ke Rumah Susu Ganesha yang legendaris. Di sini kami menikmati susu KUD Batu yang segar dengan varian rasa beragam.

5 Tempat Wisata di Batu Malang yang Lagi hits
Rumah Susu Ganesha Dekat Alun-alun Batu Malang

Di seberang rumah susu Ganesha, ada depot ketan susu juga. Berbagai varian saus ketan susu tersedia di sini, mulai dari durian, nangka, susu manis, sirup, dan sebagainya. Pokoknya kalau perutnya muat, bolehlah dicoba semua.

Audi yang tak terlalu suka ketan memilih untuk jajan cumi dan gurita bakar, yang kiosnya kebetulan ada di depan depot ketan susu. Cuma nyamil saja kami siang ini, tapi perut jadi penuh banget.

5 Tempat Wisata di Batu Malang yang lagi Hits
Pos Ketan Legenda di Alun-alun Batu

2. Cuban Rondo

Dari Alun-alun Batu, kami menuju penginapan yang jaraknya hanya 20 menit jalan kaki. Kami taruh tas di sana, lalu sewa motor dengan harga Rp.60.000,- per motor untuk 24 jam. Kebetulan Audi juga sudah punya SIM C, jadi kami sewa 2 motor.

Kalau dihitung-hitung, sebenarnya lebih murah naik taksi online untuk kami bertiga. Namun lagi-lagi, saya dan Pewe ingin kasih pengalaman naik motor ke Audi. Dia kan belum pernah mengendarai motor di Batu.

Meski ingin memberi pengalaman sama anak untuk naik motor di Batu, namanya orangtua tetap saja was-was, mengingat Audi belum kenal betul medan jalan di Batu. Jadilah Audi mengendarai motor dengan membonceng Pewe, sementara saya naik motor sendiri. Tujuan kami ke Cuban Rondo.

5 Tempat Wisata di Batu Malang yang lagi Hits
Air Terjun Cuban Rondo Tempat Wisata di Batu Malang yang lagi Hits

Cuban Rondo bisa ditempuh kurang lebih 30 menit dari sekitar Alun-alun Batu dengan naik sepeda motor. Jalannya pelan-pelan saja sambil menikmati pemandangan di sekitar.

Di Cuban Rondo tidak hanya ada wisata air terjun, tapi sudah ada beberapa wahana yang dikelola Perhutani setempat, mulai dari Hutan Pinus yang juga jadi tempat camping atau kegiatan outbound, ada wahana paint ball, juga labirin Cuban Rondo yang terkenal.

Karena sebelumnya saya dan Pewe cerita kalau pertama bertemu kami di air terjun Cuban Rondo, Audi lebih tertarik langsung menuju air terjunnya, tanpa mau mampir ke wahana-wahana lain. Sayang sih, tapi ya sudahlah. Keinginan anak lebih penting bagi kami berdua.

Air terjun Cuban Rondo tingginya kurang lebih 84 meter. Debit airnya cukup deras meski tak sedang musim hujan sehingga pengunjung dilarang terlalu dekat dengan air terjun.

5 Tempat Wisata di Batu Malang yang lagi hits
Salah satu spot foto di Cuban Rondo

Kami foto-foto dengan latar belakang air terjun. Audi juga beberapa kali bikin video, katanya buat diupload di Youtube-nya. Oh ya, kalau berfoto dekat air terjun, waspada dengan kehadiran monyet-monyet yang bisa dengan cepat menuruni tebing-tebing batu di sekitar air terjun ya.

3. Taman Wisata Selecta

Taman wisata Selecta berbeda arah dengan Cuban Rondo. Karena masih sore, kami mengajak Audi berkendara menuju ke Taman Wisata Selecta yang merupakan salah satu tempat wisata di Batu Malang yang lagi hits.

Audi tahu tentang Selecta karena di salah satu novel yang saya tulis, saya memang ada menggunakan Selecta sebagai setting tempat cerita di salah satu bab novel itu. Dia jadi penasaran dan ingin berkunjung.

Di Selecta ada taman bunga yang indah dan luas. Selain itu, juga ada berbagai wahana lain, mulai dari perahu ayun, bioskop 3D, permainan air dan sebagainya. Paling banyak sih area di tempat wisata hits ini ya taman bunga. Hanya sebentar kami di sini karena Audi juga ingin main ke Batu Night Spectacular.

4. Batu Secret Zoo

Dalam perjalanan menuju Batu Night Spectacular, kami melewati Batu Secret Zoo yang merupakan bagian dari tempat wisata Jatim Park 2. Harga tiket masuk ke tempat wisata di Batu Malang yang lagi hits ini hanya 84 ribu perorang.

Ada cukup banyak satwa yang bisa dilihat di sini. Bagus juga untuk mengajak anak-anak liburan ke sini dan mengenal berbagai jenis satwa, baik yang dari Asia maupun Afrika. Selain itu, banyak juga wahana lain yang bisa dinikmati. Sayangnya karena waktu sudah menjelang senja, kami hanya mampir sebentar di depannya, dan melanjutkan perjalanan menuju Batu Night Spectacular.

5. Batu Night Spectacular

Nah ini tujuan terakhir kami untuk menikmati tempat wisata di Batu Malang yang lagi hits, Batu Night Spectacular. Cukup mudah tiba di sini, tinggal ikuti saja petunjuk arah menggunakan Google Map.

Batu Night Spectacular atau lebih dikenal dengan nama BNS, bukanya sore ya, sekitar jam 3 atau 4 sore gitu, dan tutupnya sekitar jam 11 malam. Kami tiba di sini jam 6 sore. Setelah memarkir motor di parkiran, langsung cus menuju loket dan membeli tiket terusan.

5 Tempat Wisata di Batu Malang yang lagi hits
Batu Night Spectacular

Harga tiketnya Rp.99.000,- untuk terusan dan dengan tiket ini bisa menikmati semua permainan tanpa perlu bayar lagi. Hanya ada beberapa permainan yang mengharuskan untuk beli tiket terpisah, seperti Gokar, yang harga tiketnya Rp. 50.000,- per 15 menit main.

Ada banyak sekali wahana di BNS, mulai sepeda udara yang bikin saya sport jantung karena dipaksa Audi ikutan naik, lebih spot jantung lagi waktu naik Flying Swinger, Gravitron, dan Sepeda Gila.

Kami juga berfoto-foto di Trick Art, masuk rumah kaca, uji nyali di rumah hantu dan masih banyak lagi. Pokoknya semua mau dicoba sama Audi dan Pewe. Rasanya bahagia sekali bisa main sepuasnya begini bertiga. Momen langka yang tak bisa setiap hari kami menikmati, mengingat kami tinggal di kota berbeda.

5 Tempat Wisata di Batu Malang yang lagi hits
Foto-foto di Batu Night Spectacular

Sebelum pulang, Audi, saya dan Pewe masuk ke Lampion Garden yang masih berada satu lokasi di BNS. Lampu-lampu berbagai bentuk dan warna bikin suasana berasa luar biasa. Kami berfoto, bercanda, duduk-duduk bertiga sambil bercerita macam-macam. Sampai akhirnya Audi mengeluh lapar karena memang sudah lewat dari jam makan malam.

Jam 10 malam kami meninggalkan BNS menuju ke jalan Kasan Kaiso Batu. Di dekat sana, ada sate yang enak sekali. Bisa pilih sate ayam daging saja atau satenya daging campur kulit. Bumbu kacangnya juga enak banget. Kenyang makan, balik ke penginapan.

Liburan dengan pergi ke 5 tempat wisata di Batu Malang yang lagi hits kali ini benar-benar membekas dalam hati. Audi yang sudah remaja, membuat kami jadi berasa muda. Tanpa malu ikut bermain dan berteriak bersamanya. Setelahnya, tertawa lebar sambil saling ledek jika salah satu dari kami ketahuan ketakutan.

Apakah hanya ada 5 tempat wisata di Batu Malang yang lagi hits ini saja? Tidak. Masih banyak tempat wisata lain di Batu Malang yang wajib dikunjungi. Sayangnya, waktu kami sangat terbatas. Mungkin lain kali kami akan kembali ke sini lagi, bertiga, bersama-sama.

1,407 total views, 6 views today

22 COMMENTS

  1. Batu ini ngangenin banget sih. Udaranya bersih, tempat wisata buat anak2 banyak, makanan juga enak2.

    Aku dulu mikir transportasi yg agak sulit selain rental mobil. Nggak kepikiran naik bus dari Sby-Malang. Dan naik angkot. Maybe kapan2 bisa dicoba

  2. Wisata Batu Malang komplit banget ya, perut kenyang dan bergizi, mata juga dimanjakan alam yang cantik dan objek wisata kekinian yang gemerlap. Semakin penasaran ngunjungin Malang.

  3. Wah novelnya jadi penasaran nih. Sementara saya tahu Selecta saat kecil sewaktu sering main Monopoli, hehehe…
    Semoga suatu saat bisa main ke Malang dan Batu juga. Amin.

  4. Menyenangkan sekali baca kisahnya, Mbak. Seru bertiga bersama anak dan suami liburan bersama. Momen langka karena tinggal berjauhan di beda kota ini semoga kian menghangatkan hubungan keluarga. Berasa bahagia sebagai orang tua. Melihat anak bahagia sungguh membuat orang tua lebih bahagia lagi.
    Tempat wisata di Batu keren-keren, bikin pengen ke sana juga, he he.

  5. Suka banget baca pengalaman perjalanan sama Audi mbak. Aku juga rencananya pengen jalan jalan ngeteng gini sama anak anak. Lebih kerasa edukasinya terkait navigasi. Karena sekarnag gampang aja ya tinggal sewa ojol jadi gak keasah keterampilan navigasi anak.

    Pas banget baca ini jadi teringat lagu belum jadi juga rencanaku mbak hihi

    Btw asyik banget ya, ke tempat wisata di Malang. Udah lama diajak kakak ke sana belum ada budgetnya.

  6. Suka banget baca pengalaman perjalanan sama Audi mbak. Aku juga rencananya pengen jalan jalan ngeteng gini sama anak anak. Lebih kerasa edukasinya terkait navigasi. Karena sekarnag gampang aja ya tinggal sewa ojol jadi gak keasah keterampilan navigasi anak.

    Pas banget baca ini jadi teringat lagu belum jadi juga rencanaku mbak hihi

    Btw asyik banget ya, ke tempat wisata di Malang. Udah lama diajak kakak ke sana belum ada budgetnya.

  7. Waktu ke Malang aku gak sempat ke Alun-alun mbak, tapi suamiku penasaran sama ketannya jadi pesan pakai go food deh 🙂 Kapan-kapan ke Malang lagi deh sama anak-anak juga

  8. Banyak pesona destinasi wisata di kota malang ya layak banget untuk dikunjungi ya mba.. semoga suatu hari nanti aku bisa mengunjungi lima destinasi wisata diatas

  9. Cuban rondo itu ternyata lebih cantik dari bayanganku kak, dulu tuh sering diceritain ama mbah soal kemistisan cuban rondo ini, jadi bayanganku mah sereeeemmm gitu

  10. aku di antara semuanya, paling pingin rasanya ke cuban rondo. yang lain sudah terbayang bakalan kayak apa tapi yang cuban rondo kayaknya lebih berpetualang gitu ya. asyik kayaknya

  11. Saya bikin komen lagi, ya. Takut ngilang tadi pakai komputer.
    Senang bisa lihat keluarga kecil bahagia dengan kisah perjalanan wisatanya yang seru. Benar, kok, kalau punya anak yang sudah remaja gitu kita bisa merasa muda lagi karena dapat energi positif yang dialirkan anak.
    Anak muda pasti senangnya pada wahana yang seru dan bikin sport jantung, tapi berbahagialah Mbak bisa dekat dengan anak dan suami untuk merasakan momen terbaik.❤

  12. Saya bikin komen lagi, ya. Takut ngilang tadi pakai komputer.
    Senang bisa lihat keluarga kecil bahagia dengan kisah perjalanan wisatanya yang seru. Benar, kok, kalau punya anak yang sudah remaja gitu kita bisa merasa muda lagi karena dapat energi positif yang dialirkan anak.
    Anak muda pasti senangnya pada wahana yang seru dan bikin sport jantung, tapi berbahagialah Mbak bisa dekat dengan anak dan suami untuk merasakan momen terbaik.❤

  13. Temen-temen yang pernah ke Malang bilang hal yang sama tentang Malang yang dingin dan banyak tempat wisata gt. Tapi aku penasaran sama Rumah susu ini pasti makanannya enak-enak semua dan sehat ya,, duh jadi pengen kesana deh.

  14. Baru sekali ke kota Malang, ngunjungi Batu Night itu Mba, enak bgt emang disana. Tapi belum sempet maen ke Cuban Rondo yg cantik itu . Masih banyak spot yg belum dikunjungi ternyata 🙂

  15. Wah keren-keren ya tempat wisata di Batu Malang. Jadi pengen ke sana juga deh apalagi yang ada air terjunnya itu. Soalnya lumayan lama juga nih saya gak rekreasi ke air terjung btw jadi penasaran juga dengan novel punya Mbak Monika. Judulnya apa ya?

  16. Seneng ya mba bisa liburan bareng lengkap sekeluarga gini. Apalagi anak lanang udah gede banget gitu ya mba, jadi kayak teman papa mamanya. Bisa mengeksplorasi tempat-tempat wisata di Malang dan seseruan bareng ya.

  17. Mb monika..jadi salfok sesaat. Itu yang di foto atas yang megang kamera, anaknya ya mba?

    Btw aku belum pernah ke Malag hiks, parah bangret ya. Padahal wisatanya ok ya, juga low budget nih. Harus diwujudkan ah ke sana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here