6 Tanda Melahirkan yang Penting untuk Diketahui – Namanya wanita ketika mengetahui dirinya mengandung pastilah senang sekali. Inilah yang dialami dan dirasakan adik perempuan saya. Selama masa kehamilan, ia begitu menjaga kandungannya karena ingin anaknya lahir sehat. Masa-masa sembilan bulan akhirnya terlampaui dan begitu mendekati hari melahirkan, kepanikan mulai dirasakan adik saya. Ia terus bertanya-tanya tentang 6 tanda melahirkan yang perlu ia ketahui, bahkan mencari cukup banyak informasi baik melalui buku maupun internet. Pas bertemu dengan saya, ia pun bercerita mengenai keenam tanda tersebut.

6 Tanda Melahirkan yang Penting Diketahui

Mengapa penting sekali bagi calon ibu untuk mengetahui tanda-tanda melahirkan? Agar persiapan yang dilakukan bisa optimal sekaligus bisa mencegah terjadinya hal-hal yang bisa membahayakan keselamatan ibu dan bayi. Dengan mengetahui 6 tanda melahirkan paling tidak memiliki pengetahuan apa saja yang nanti dialami pada saat proses melahirkan. Keenam tanda melahirkan tersebut, yaitu:

1. Perut Bagian Bawah Lebih Terasa Berat

Jika sebelumnya semua bagian perut yang membesar dan beratnya terbagi rata, maka semakin dekat masa melahirkan akan terjadi sedikit perubahan, perut akan terlihat agak turun, lebih terasa penuh dan terasa lebih berat pada bagian bawah. Hal ini disebabkan karena posisi bayi sudah turun dan berada di dekat jalan lahir. Dengan turunnya posisi bayi, nafas ibu hamil yang tadinya sedikit berat akan jauh lebih ringan karena bayi tak lagi menekan diafragma. Sekarang yang terjadi, frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering akibat posisi bayi menekan kandung kemih.

2. Rasa Nyeri pada Bagian Bawah Perut atau Selangkangan

Karena posisi bayi semakin turun maka bagian bawah perut, tepatnya bagian perut yang dekat dengan selangkangan, jadi terasa nyeri. Biasanya rasa nyeri ini akan semakin terasa mendekati hari melahirkan, atau kurang lebih 3-4 hari menjelang melahirkan. Memang ketika rasa nyeri ini muncul membuat tidur jadi tak nyaman dan emosi jadi tak stabil. Sabar saja, kan sebentar lagi juga tiba waktunya melahirkan.

3. Keluar Lendir Darah

Ada sebagian calon ibu yang mengkhawatirkan munculnya lendir atau bercak darah ketika mendekati masa kelahiran. Kemunculan lendir yang ada darahnya ini memang bisa terjadi dengan banyak penyebab, misalnya ibu terlalu lelah dan cemas, bisa pula terjadi gangguan medis yang butuh penanganan segera. Jika mengalami hal ini, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Hanya saja perlu diketahui kalau keluarnya lendir mendekati hari melahirkan atau antara seminggu hingga 4 hari, maka ini barulah tanda melahirkan dan calon ibu perlu waspada.

4. Gerakan Janin Melamban

Ketika proses melahirkan semakin mendekat maka gerakan janin akan melambat. Hal ini dikarenakan kepala bayi sudah turun ke bawah dan siap untuk keluar. Sehingga posisi bayi sudah tepat dan juga merasa nyaman. Gerakan melamban ini paling terjadi juga ketika bayi benar bena akan keluar. Biasanya hal ini terjadi sehari sebelum prosen melahirkan atau beberapa jam akan melahirkan.

5. Air Ketuban Pecah

Perlu diwaspadai ketika calon ibu mengalami mendadak seolah terkencing dengan cukup deras padahal sebelumnya tidak merasa mau kencing, maka inilah yang disebut air ketuban pecah. Jika mengalami air ketuban pecah maka inilah tanda melahirkan yang patut diwaspadai dan sang ibu harus segera dibawa ke rumah sakit atau ke bidan untuk mendapatkan penanganan medis. Jangan sampai terlambat. Air ketuban yang pecah dan tak segera mendapatkan penanganan bisa menyebabkan keracunan pada janin.

6. Kontraksi yang Sangat Hebat

Jika mengalami kontraksi yang sangat hebat maka segera pergi ke rumah sakit. Namun penting diketahui apakah kontraksi ini hanyalah bohongan atau kontraksi yang sesungguhnya. Tanda melahirkan dengan kontraksi bisa dilihat dari frekuensi terjadinya kontraksi. Kalau terjadinya jarang dan waktu terjadinya berjauhan, maka ini bukan tanda melahirkan. Jika frekuensi terjadinya kontraksi sangat sering dengan jeda waktu yang singkat maka segeralah ke rumah sakit.

Tidak hanya 6 tanda melahirkan ini saja yang perlu diketahui. Masih ada tanda-tanda melahirkan lainnya. Perlu sekali bagi calon ibu untuk mencari sebanyak mungkin informasi mengenai persiapan melahirkan. Sama halnya seperti yang dialami adik saya, ketika ia sudah memiliki cukup informasi dan pengetahuan mengenai tanda melahirkan dan proses melahirkan, ia jauh lebih tenang dan lebih siap.

3,240 total views, 328 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here