Alquran untuk negeri – Bacalah maka kamu akan mengerti. Bacalah maka kamu akan mempelajari banyak hal. Bacalah maka hidupmu akan menjadi lebih baik. Tiga kalimat ini adalah nasihat dari orang tua yang sering saya dengar sejak masa kanak-kanak.┬áMembaca membuka pengetahuan dan wawasan. Buku adalah jendela dunia yang bisa membawa kita ke mana pun demi mendapatkan pengetahuan baru, belajar dari pengalaman yang sudah dialami para pendahulu kita, sekaligus mengajarkan banyak hal baik yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari hari.

Coba ingat-ingat kembali saat masa sekolah dulu. Orang tua maupun guru sering sekali meminta kita untuk belajar. Cara belajar yang dimaksudkan adalah dengan membaca buku. Jika sebelumnya kita tak tahu bagaimana proses terjadinya hujan, maka setelah membaca buku mengenai hujan kita pun jadi mengetahui proses terjadinya hujan tersebut.

Bahkan untuk mengetahui perbuatan baik dan perbuatan buruk, kita bisa mendapatkannya melalui bacaan. Dan salah satu bacaan yang banyak mengajarkan tentang kebaikan, kisah-kisah mengenai kehidupan di masa lalu, sejarah manusia dan alam semesta, perkembangan teknologi, cuaca juga mengenai firman Allah SWT yang disampaikan kepada para rasul, adalah Alquran.

Alquran untuk negeri mendukung masyarakat gemar membaca Alquran
Membaca Membuka Jendela Dunia. Sumber: Instagram Sinar Mas: @Sinar_MasID

Perintah mengenai “Bacalah” disebutkan beberapa kali lho di dalam Alquran. Artinya, Allah pun telah memberi petunjuk kepada manusia yang ingin memiliki kehidupan yang baik di dunia agar rajin membaca, termasuk rajin membaca Alquran.

Sayangnya, hingga hari ini masih cukup banyak orang yang “belum” membaca Alquran dengan berbagai alasan, mulai dari belum punya Alquran, mau membeli harganya masih mahal, punya Alquran tapi dengan kualitas kertas dan cetakan yang kurang bagus hingga membuat pemiliknya malas membaca, atau malah alasannya tidak punya waktu akibat kesibukan sehari-hari. Ini sangat disayangkan. Padahal setahu saya, membaca Alquran adalah sunnah yang sebaiknya dilakukan setiap hari.

Alquran Untuk Negeri Wujud Sinar Mas Ikut Membangun Bangsa

Bangsa yang besar adalah bangsa yang masyarakatnya gemar membaca. Kenapa? Karena masyarakat yang gemar membaca pastilah pandai. Pandai di sini bukan saja secara intelektual, namun juga pandai dalam hal mengelola emosi, daya berpikir yang luas, serta pandai bersosialisasi. Hidup tidak melulu hanya mengenai hubungan antar manusia saja, tetapi haruslah seimbang antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam sekitarnya, dan paling utama adalah hubungan antara manusia dengan Allah SWT.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Alquran, sejak tahun 2008 Asia Pulp & Paper Sinar Mas telah menyalurkan Alquran untuk negeri kurang lebih 800 ribu mushaf Alquran, 50.000 buku panduan membaca Alquran dan Juz Amma, serta 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, yang disebarkan melalui mitra maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Penyaluran bantuan Alquran menjadi kegiatan rutin yang dilakukan APP Sinar Mas bekerja sama dengan banyak pihak, mulai dari pemerintah, mitra kerja, lembaga keagamaan, dan sebagainya, untuk mendukung pemerintah dalam upaya menyediakan Alquran bagi masyarakat.

Diharapkan ada lebih banyak orang lagi yang gemar membaca Alquran, mengambil nilai-nilai kebaikan dari dalamnya, tentang kepedulian, dan semangat untuk saling tolong menolong, berbagi, dan menjaga tali silaturahmi, kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari demi kehidupan di dunia yang lebih baik, serta sebagai bekal untuk kehidupan setelah kematian.

Alquran untuk negeri wujud Sinar Mas Ikut Membangun Bangsa
Donasi Alquran untuk Negeri di Masjid Istiqlal Jakarta

Dua program bantuan yang baru-baru ini dilaksanakan adalah Alquran untuk negeri yang dilakukan di awal bulan Ramadhan 2018 lalu. Serah terima Alquran diberikan kepada Masjid Istiqlal, Jakarta. Penyerahan Alquran untuk negeri ini dilakukan oleh Saleh Husin selaku Managing Director Sinar Mas kepada Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar, yang didampingi para tokoh dan jemaah yang hadir menjelang ibadah salat tarawih dimulai hari itu.

“Kami berharap keutamaan membaca dan mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan dapat berlangsung semakin kuat dengan telah tersedianya cukup banyak Alquran. Inilah komitmen kami sebagai bentuk dukungan langkah pemerintah memperluas ketersediaan Alquran bagi masyarakat.”

– Saleh Husin, Managing Director Sinar Mas, yang dimuat di sinarmas.com –

Penyaluran Alquran untuk negeri juga dilakukan di Main Office Indah Kiat Pulp & Paper, yang merupakan unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Jumlah Alquran yang disalurkan kurang lebih 4.000 mushaf Alquran, termasuk Alquran Braille bagi umat muslim berkebutuhan khusus. Pada acara ini juga dihadiri muspida setempat serta mengundang ratusan anak yatim.

Kualitas dan Proses Produksi Alquran Terbaik Sinar Mas

Sesuai yang diberikan bagi orang lain haruslah yang terbaik dan bermanfaat. Saya diajarkan seperti itu sejak dulu. Apa yang kita berikan kepada orang lain adalah seperti kita memberikannya untuk diri sendiri. Pastilah yang terbaik. Pastilah yang berguna dan bermanfaat.

APP Sinar Mas, melalui unit usahanya dengan nama Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang memperhatikan dengan baik kualitas pencetakan kitab suci dan buku agama, serta Alquran. Proses pengolahan kertas hingga pencetakannya mengedepankan nilai halalan toyyiban, yaitu halal dan baik. Halal di sini meliputi serangkaian proses panjang mulai dari pemilihan bahan baku dan peralatan yang akan digunakan, proses pembuatan kertas, proses pencetakan, bahkan proses penyimpanan dan distribusi. Ini karena pada Alquran tersebut akan dicetak kalam atau firman-firman Allah SWT.

Pencetakan Alquran untuk negeri ini dilakukan pada Qur’an Paper (QPP) Sinar Tech yang merupakan kertas berwarna dengan daya serap tinta yang bagus, tingkat kecerahan warna maksimal, namun teksturnya tetap halus. Spesifikasi yang dikedepankan adalah High Smoothness (tingkat kehalusan tinggi), High Opacity (tidak berbayang meski dicetak bolak-balik hingga meningkatkan kualitas keterbacaan tulisan), High Average (pori-pori kertas menyebar secara merata sehingga setiap titik dan huruf Alquran tercetak maksimal di setiap bagian). Dengan kualitas yang terjaga dengan baik, Alquran produksi APP Sinar Mas ini juga diekspor ke berbagai negara di Asia dan Afrika.

Alquran Untuk Negeri Wujud Sinar Mas Ikut Membangun Bangsa
Alquran Untuk Negeri Wujud Sinar Mas Ikut Membangun Bangsa

Semoga dengan adanya program Alquran untuk negeri wujud Sinar Mas Ikut Membangun Bangsa ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan Alquran, dan mendorong semakin banyak orang untuk tekun membaca Alquran, mempelajarinya, mengamalkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, saling berbagi dan tolong menolong, menjaga tali silaturahmi antar sesama manusia, serta semakin mendorong setiap orang untuk mendekatkan diri pula pada Sang Pencipta Allah SWT.

324 total views, 1 views today

2 COMMENTS

  1. iya benar mbak monic, membaca alquran banyak manfaatnya termasuk melembutkan hati yg keras ­čÖé salut dengan sinar mas yg punya program alquran untuk negeri, insya allah berkah, yg memberi dapat pahala dan pahalanya gak akan putus selama alquran tsb rutin dibaca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here