Baran Energy Sumber Energi Terbarukan di Indonesia yang ekstra hemat dan pastinya menjamin ketersediaan energi listrik setiap saat. Bagi saya, dan sepertinya juga bagi banyak orang, listrik adalah hal penting yang akan menunjang produktivitas dan kenyamanan hidup. Hal lain, ketersediaan listrik juga menjadi sesuatu yang krusial bagi orang yang phobia gelap seperti saya… hahaha.

Ya, masa kecil saya penuh dengan pengalaman tak menyenangkan berkaitan dengan gelap. Di Banjarmasin, kota kelahiran yang menjadi tempat menghabiskan masa kecil dan masa remaja saya, menjadi salah satu kota dengan kasus listrik mati cukup sering. Dalam seminggu, bisa 3-4 kali listrik mati. Kadang sebentar, kadang seharian. Kalau listrik mati siang hari, maka ada banyak pekerjaan yang tertunda (saya dulu suka lihat pekerja di bengkel papa yang malah duduk-duduk santai begitu listrik mati). Produktivitas jadi terganggu.

Hal yang sama juga akan berakibat sama kalau listrik mati malam hari. Saya dan kebanyakan anak yang tinggal di Banjarmasin, terpaksa belajar di malam hari menggunakan lilin ketika listrik mati. Pekerja yang terbiasa bekerja di malam hari pun jadi tak bisa bekerja. Belum lagi, kasus kebakaran rumah seringpula terjadi di malam hari ketika listrik mati. Sebabnya, gara-gara lilin yang jatuh sementara pemilik rumah tertidur lelap.

Pengalaman tak menyenangkan di masa kecil dan masa remaja berkaitan dengan listrik membuat saya sempat berpikir, ada tidak sih sumber energi terbarukan yang ekstra hemat dan kebutuhan akan listrik bisa terpenuhi setiap saat?

Listrik Murah, Bahkan Gratis, Ada Tidak ya?

Oke, masalah listrik mati adalah pengalaman tak menyenangkan di masa lalu (yang sepertinya belum bisa teratasi dengan baik karena kasus listrik mati di kota kelahiran saya itu masih saja sering terjadi hingga saat ini). Saat ini, masalah lain berkaitan dengan listrik adalah biaya bulanan untuk bayar listrik yang cukup mahal, belum lagi kalau terjadi kenaikan harga dasar listrik.

Ketika saya tinggal di rumah adik di Perumahan Nirwana Eksekutif, Surabaya, dalam sebulan adik membayar listrik kurang lebih 1 juta rupiah. Lalu saat harga dasar listrik mengalami kenaikan maka nilai yang sama hanya bisa digunakan untuk 15-20 hari saja. Artinya, butuh tambahan biaya lagi agar listrik bisa tetap menyala di rumah tersebut. Kebayang tidak, kalau dihitung kembali, biaya untuk listrik dalam setahun nilainya bisa kurang lebih 15 juta.

Tahun 2015, di masa pemerintahan Presiden Jokowi, gaung mengenai pembangunan energi terbarukan di Indonesia mulai terdengar. Presiden meminta kepada BUMN terkait juga masyarakat Indonesia untuk mencari, menemukan, dan menghasilkan energi lain yang tidak bergantung pada fosil (batubara dan minyak bumi). Sebagai salah satu perwujudan revolusi industri 4.0 dan untuk membantu upaya pemerintah menemukan dan menghasilkan energi terbarukan di Indonesia itulah lahir Aldebaran, karya anak bangsa yang ingin membuat Indonesia lebih baik, dengan sumber energi terbarukan bebas fosil.

Baran Energy Sumber Energi Terbarukan di Indonesia yang Ekstra Hemat

Pada 9 November 2018 lalu, saya berkesempatan bertemu dengan Pak Victor Wirawan, CEO dan pemilik PT Aldebaran Rekayasa Cipta, juga bertemu Pak Dihar Dakir, Cooperate Secretary di perusahaan yang sama. Dari acara bertema, “Cara Baru Mengkonsumsi Energi Tanpa Fosil” saya pun mengenal Baran Energy sumber energi terbarukan di Indonesia yang ekstra hemat.

Baran Energy Sumber Energi Terbarukan di Indonesia
Victor Wirawan

Wait, sebelum saya bahas mengapa menggunakan Baran Energy jadi sumber energi terbarukan di Indonesia yang ekstra hemat, mending kita bahas dulu apa itu Baran Energy ya.

Jadi awalnya, Pak Victor menjelaskan betapa saat ini Indonesia memiliki 3 tantangan besar berkaitan dengan listrik, yaitu harga listrik yang terus mengalami kenaikan, listrik sering mati, dan masalah terakhir adalah lingkungan dan polusi. Solusi atas semua permasalahan tersebut tidak hanya menjadi tugas pemerintah saja, tetapi juga menjadi tugas kita sebagai warga negara. Artinya, jika kita punya ide-ide yang bagus, kenapa tidak kita coba wujudkan demi membuat ketiga masalah itu bisa diatasi dan Indonesia pun bisa jadi lebih maju.

Karena ingin ikut berkontribusi membuat Indonesia jadi lebih baik maka Aldebaran hadir dengan Baran Power. Baran Power adalah energi terbarukan tanpa fosil yang memanfaatkan angin dan matahari sebagai sumber energi. Caranya menggunakan solar panel yang bisa menampung sumber energi dari angin dan matahari yang kemudian disalurkan ke rumah, ke industri bahkan bisa untuk mobil.

3 Produk Baran Energy Sumber Energi Terbarukan

Ada 3 produk unggulan Baran Energy yang menjadi sumber energi terbarukan di Indonesia dan bisa dimanfaatkan siapa pun. Ketiga produk tersebut adalah Baran Power, Baran EV, dan Baran Properti

1. Baran Power

Pada kategori Baran Power, terbagi lagi menjadi dua yang disesuaikan dengan kegunaannya, yaitu Baran Powerwall dan Baran Cube.

Sumber Energi Terbarukan di Indonesia
Baran Powerwall Sumber Energi Terbarukan di Indonesia

Baran Powerwall berbentuk minimalis dan karena desainnya yang stylis bisa ditempatkan di dinding ruangan rumah. Agar lebih mudah membayangkan, bentuknya sedikit lebih besar dari powerbank, hanya saja sumber energinya tidak dari listrik, melainkan dari solar panel. Bagaimana jika cuaca mendung? Jangan khawatir. Solar paner menyerap energi dari cahaya matahari, bukan dari panasnya. Meski mendung, tetap ada cahaya, kan? Artinya, proses pengisian energi di solar panel tetap berlangsung. Sementara jika cuaca terik maka pengisian ke solar panel menjadi semakin baik.

Baran Energy Sumber Energi Terbarukan di Indonesia
Baran Cube. Sumber gambar: baran-energy.com

Baran Cube berbentuk lebih besar, seukuran kontainer kalau dilihat di gambar. Dan dengan ukurannya yang besar ini maka kemampuannya menyimpan energi terbarukan juga lebih banyak dan mampu memenuhi kebutuhan listrik dalam skala besar, misalnya untuk industri, pertambangan, usaha, properti dan sebagainya.

2. Baran EV

EV singkatan dari Electric Vehicle. Jadi Baran EV adalah mobil listrik. Kehadiran mobil listrik ini merupakan salah satu mimpi Pak Victor yang hendak ia wujudkan dengan mewujudkan mobil listrik Indonesia. Memang sih saat ini mengenai industri mobil listrik di Indonesia masih terkait dengan proses regulasi, namun Baran EV tetap akan diproduksi, namun untuk pemakaian pribadi dulu.

Baran Energy Sumber Energi Terbarukan di Indonesia
Baran EV

3. Baran Properti

Baran Energy yang mengusung tagline lifestyle, simple, dan powerfull berharap semua produknya bermanfaat bagi masyarakat Indonesia demi mendapatkan sumber energi terbarukan yang jauh lebih hemat. Cukup dengan investasi awal untuk membeli salah satu produk Baran Power, misalnya Baran Powerwall maka bisa menghemat banyak biaya listrik bulanan.

Baran Energy Sumber Energi Terbarukan di Indonesia
Baran Property

Apakah mungkin listrik gratis di Indonesia?

Pak Victor Wirawan, pemilik akun Instagram @victorwirawan, mengatakan bisa banget kita menikmati listrik gratis. Tahun depan Alderan akan meluncurkan Baran Properti, hunian yang sumber energinya telah menggunakan sumber energi terbarukan hingga bisa menikmati listrik gratis. Pembelian hunian ini juga cukup meringankan karena bisa dicicil selama 15 tahun. Untuk produk-produk dan informasi mengenai Baran Energy lainnya bisa pula disimak di akun Instagram Baran Energy. Bisa pula meluncurk ke akun Facebook Baran Energy.

Jadi bagaimana nih pendapat teman-teman mengenai Baran Energy Sumber Energi Terbarukan di Indonesia yang Ekstra Hemat? Yuk urun rembuk di kolom komentar ya. Saya sih pengen banget tahun depan bisa tinggal di rumah yang sudah dilengkapi dengan Baran Powerwall.

8,429 total views, 5 views today

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here