Staycation dan kebutuhan akan akomodasi yang nyaman serta berfasilitas lengkap menjadi pilihan banyak orang ketika hendak meninggalkan rutinitas harian selama sesaat atau saat pergi berlibur. Saya termasuk salah satu dari banyak orang tersebut. Sejak mulai bisa cari uang sendiri, saya senang sekali mencoba berbagai hotel ketika bepergian ke suatu daerah, terutama karena dulu saya bekerja sebagai sales dengan area penjualan yang cukup luas. Saat ini, meski telah tak jadi sales dan lebih memilih sebagai freelance dan blogger, kebiasaan saya untuk staycation maupun berburu hotel bagus tetap saja saya lakukan. Bagi saya. bekerja dan berlibur harus sejalan demi hidup yang seimbang. Nah, baru-baru ini saya menemukan hotel yang sepertinya keren dan berfasilitas lengkap, yaitu Hotel Best Western Premier The Hive. Bagaimana sih ceritanya saya bisa berada di hotel ini? Yuk ah, ikuti cerita saya kali ini ya.

Perayaan Hari Kartini di Hotel Best Western Premier The Hive

Pada 21 April 2018 lalu, bertepatan dengan perayaan Hari Kartini, saya mendapat kesempatan bergabung dalam acara yang diselenggarakan Blogger Crony Community (BCC) bekerja sama dengan Tabloid Wanita Indonesia dan Hotel Best Western Premier The Hive. Acaranya tentu saja tak jauh-jauh dari urusan para perempuan, yaitu cooking class ditambah dengan Food Photography. Yah, walaupun saya tomboy begini, saya senang bisa hadir di acara ini karena artinya saya dapat ilmu baru berkaitan dengan masak-memasak dan fotografi.

Mengangkat tema The Hive Cook and Snap Class, undangan yang terdiri dari blogger dan dari komunitas Wanita Indonesia, diajak merayakan Hari Kartini dengan acara yang lebih bermakna. Tidak sekadar peragaan busana atau hanya makan-makan biasa, tetapi sekalian menimba ilmu agar para perempuan Indonesia semakin cerdas dan terampil dalam banyak bidang. Acara yang diselenggarakan di Cerana Meeting Room lantai 3 Hotel Best Western Premier The Hive ini dipandu MC bernama Aloysia Sekar yang lincah dan bisa menghidupkan suasana. Bahasan pertama tentu saja tentang arti Kartini bagi tiap-tiap perempuan.

Mbak Rifka Giovani Markom Hotel Best Western Premier The Hive
Mbak Rifka Giovani Markom Hotel Best Western Premier The Hive

Menurut Reylando Eka Putra, Senior Promotion Tabloid Wanita Indonesia, kartini masa kini bukan hanya bekerja saja sebagai bentuk aktualisasi diri dan mengusung adanya persamaan gender, namun juga sudah seharusnya bisa masak dan melek digital.

Sementara bagi saya, sosok Kartini adalah inspirasi yang mendorong perempuan untuk bisa melakukan banyak hal. Jangan mentang-mentang perempuan lalu tahunya cuma urusan macak, manak, dan masak (dandan, punya anak, dan masak) aja.

Banyak kok pekerjaan yang bisa dilakukan laki-laki, juga bisa dilakukan perempuan. Tinggal perempuannya aja mau atau tidak untuk melakukannya. Saya beruntung terlahir sebagai anak seorang ayah yang menempa saya begitu luar biasa. Menurutnya, perempuan itu harus mandiri dan bisa banyak hal, minimal bisa menghidupi dirinya sendiri. Itu sebabnya, masa kecil dan masa remaja saya benar-benar luar biasa, mulai dari berenang menyeberang kali, membetulkan atap, sampai mengendarai truk, saya bisa… hahaha. Eits, tapi ini menurut saya loh ya, perempuan lainnya boleh kok berpendapat berbeda. Berbeda itu indah. Kalau semuanya sama, pastilah hidup ini akan sangat membosankan.

Oke, cukup cerita tentang pikiran saya, sekarang saatnya kita cari tahu, ngapain aja sih saya di Hotel Best Western Premier The Hive?

Belajar Food Photography Bersama Photographer Senior Tabloid Wanita Indonesia

Sesi pertama dalam acara ini adalah belajar mengenai cara memotret makanan yang baik. Saat ini, hampir semua ponsel sudah dilengkapi dengan fitur kamera yang canggih. Namun secanggih apa pun kamera yang ada, jika tak disertai dengan kemampuan memotret yang baik, tentunya hasil fotonya belum tentu baik kan, ya? Karena misi diadakannya acara The Hive Cook and Snap Class ini untuk mengajak perempuan Indonesia juga melek digital, maka dihadirkanlah Mas Zulham, yang merupakan photographer senior Tabloid Wanita Indonesia.

Untuk bisa menghasilkan foto yang bagus dan bisa menarik perhatian audience ketika diposting di media sosial, menurut Mas Zulham, ada 5 hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Komposisi

Komposisi berkaitan dengan penempatan objek pada bidang foto. Kita perlu mengatur penempatan objek ini agar foto yang dihasilkan lebih cantik dan presisi. Kemudian tempatkan ornamen pendukung, entah daun, cabe, bawang, timun, atau vas bunga, dan sebagainya. Pemilihan ornamen/objek pendukung ini harus pas dan sesuai dengan objek utama. Jangan sampai kita mau foto Grilled Salmon di tengah, lalu di sekitarnya kita taburi batu warna-warni. Kurang pas ya.

2. Angle

Angle atau sudut pandang pengambilan juga perlu diperhitungkan. Ada makanan yang bagus diambil dari atas, tetapi untuk makanan lain jauh lebih bagus diambil dari sudut pandang miring atau sedikit ke bawah. Menentukan angle akan mempengaruhi hasil foto. Jika ingin menampilkan makanan tampak secara keseluruhan, coba pula pengambilan dari atas, sementara untuk yang ingin tampilan foto berbeda dan lebih elegan, coba ambil angle dengan sudut kemiringan 30-45 derajat. Tips menentukan angle, gunakan mata kita. Kalau kita melihat dengan mata hasilnya bagus, maka dari sudut itulah kita perlu mencoba mengambil fotonya. Oh ya, ada catatan penting nih dari Mas Zulham, khusus saat memotret gelas, usahakan tidak mengambil dari atas, karena gelas akan berbentuk aneh dengan bagian atas lebih lebar sementara bagian bawah mengerucut. Ini sangat mengurangi keindahan gelas itu sendiri.

Mas Zulham dan Mas Reylando Memberi Contoh Food Photography
Mas Zulham dan Mas Reylando Memberi Contoh Food Photography

3. Pencahayaan

Dari beberapa kali mengikuti workshop mengenai fotografi, saya mendapatkan materi mengenai pentingnya pencahayaan dalam proses pengambilan foto. Kali ini, Mas Zulham pun menekankan hal yang sama. Cahaya alami sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil foto terbaik dan membuat foto tampak lebih hidup. Cahaya alami yang bisa membuat hasil foto kita lebih bagus adalah memanfaatkan cahaya matahari, terutama cahaya matahari di jam 10 pagi atau di jam 3 sore. Hindari memotret di bawah matahari yang bersinar jam 12 siang. Hasilnya pasti kurang bagus karena matahari tepat berada di atas kepala kita. Catatan berikutnya yang diberikan Mas Zulham, hindari menggunakan flash saat memotret makanan karena cahaya dari flash membuat warna makanan jadi tak natural.

4. Background

Untuk alas penempatan objek, kita bisa menggunakan apa pun asalkan sesuai dengan objek makanan yang hendak kita foto, boleh menggunakan taplak meja berhias, warna putih, atau beli saja background khusus fotografi yang sudah banyak sekali dijual di e-commerce. Untuk tampilan yang elegan, kita bisa menggunakan background hitam, sementara untuk tampilan yang lebih ceria, bisa menggunakan warna putih atau warna-warna cerah lainnya. Ups, tapi tetap perhatikan lagi komposisi warna antara background dengan warna makanan ya. Terlalu ramai warna background akan membuat keindahan objek utama berkurang.

5. Warna pada Objek Foto

Objek utama foto harus memiliki warna yang beragam. Misalnya mau foto makanan yang lebih banyak warna orange-nya, maka berilah tambahan daun seledri yang berwarna hijau, atau tomat, atau timun. Intinya sih, perbanyak warna pada objek (dengan warna yang sesuai) agar objek tampak lebih hidup. Untuk pengaturan warna ini bisa menggunakan color wheel.

6. Editing

Hal terakhir ini boleh dilakukan boleh pula tidak, yaitu proses editing. Perlu diingat, dalam mengedit foto makanan usahakan tak berlebihan. Jangan sampai nasi kuning yang seharusnya berwarna kuning jadi terlihat kebiruan karena proses editing hingga yang seharusnya makanan itu mengundang selera jadi membuat orang malas untuk menyantapnya.

Dengan memasuki pembahasan mengenai proses editing, maka berakhirlah sesi belajar tips food Photography. Selanjutnya, semua undangan perlu praktik. Nah, untuk bisa praktik, saya dan undangan lain perlu menunggu sejenak karena kami akan memasuki sesi cooking class terlebih dahulu. Coba tebak, kira-kira menu apa aja nih yang akan diajarkan pada kami?

Cooking Class Bersama Chef Hotel Best Western Premier The Hive

Sesi cooking class dibawakan oleh Chef Mulyadi Makmur dari Hotel Best Western Premier The Hive. Ada 4 menu makanan yang akan diajarkan chef ganteng ini kepada kami, yaitu: Tomato Cream Soup, Seared Salmon with Cream Sauce, Chicken Roasty and Baked Potato dan yang terakhir ada Special Fried Ice Cream.

Chef Mulyadi, Chef Hotel Best Western Premier The Hive
Chef Mulyadi, Chef Hotel Best Western Premier The Hive

Selama Chef Mulyadi mendemonstrasikan cara memasak setiap menu, kami diizinkan maju untuk melihat prosesnya lebih dekat, mengambil gambar, juga sekaligus bertanya jika ada bahan-bahan atau cara pengolahan yang tak kami pahami. Untungnya, keempat menu tersebut cara pengolahannya cukup sederhana (kalau dilihat ya, entah kalau nanti saya praktikkan sendiri di rumah) dan Chef Mulyadi menerangkannya keren banget. Beliau menerangkannya dengan bahasa yang mudah dipahami, juga sabar banget menjawab setiap pertanyaan dari para perempuan yang berdiri mengelilinginya.

Kamu mau coba juga memasak 3 dari 4 menu yang didemonstrasikan Chel Mulyadi? Ini nih saya sertakan saja resepnya ya.

Tomato Cream Soup

Bahan:
• Tomato fresh
• Tomato paste
• Cream cooking
• Onion
• Bay leaves
• Salt
• White pepper

Cara Membuat:

  • Blanch tomato selama 15 menit lalu buang biji dan kulit selanjutnya diblender. Blanch di sini adalah memasukkan tomat ke air panas yang baru mendidih, kemudian memindahkannya ke mangkok berisi air es untuk membuat tomat menjadi lebih lunak.
  • Panaskan pan untuk menumis bawang dan pasta tomat lalu tambahkan daun salam dan air kaldu secukupnya.
  • Masukkan tomat yang sudah diblender ke pan. Aduk rata. Masak kurang lebih 15 menit, lalu tambahkan garam, lada dan cream.
  • Tomato cream soup siap disajikan
Tomato Cream Soup
Tomato Cream Soup

Seared Salmon With Cream Sauce

Bahan:

  • Norwegian fresh salmon.
  • Cream cooking.
  • Carrot.
  • String bean.
  • Zucchini.
  • Potato.
  • Onion.
  • Butter cooking.
  • Oregano.
  • Salt.
  • White pepper

Cara Membuat:

  • Marinate and pan seared salmon selama 20 menit.
  • Blanch and saute vegetables lalu beri garam dan lada.
  • Panaskan sauce pan lalu tambahkan butter dan tumis garlic dan tambahkan cream , garam dan lada putih secukupnya.
  • Siapkan piring. Seared salmon with cream sauce siap disajikan.
Seared Salmon with Cream Sauce
Seared Salmon with Cream Sauce

Chicken Roasty and Baked Potato

Bahan:
• Half spring chicken
• Brown sauce
• Cream cooking
• Potato
• Carrot
• Zucchini
• String bean
• Oregano
• Olive oil
• Salt
• White pepper

Cara Membuat:

  • Bersihkan ayam dan marinate dengan bumbu lalu pan fried sampai matang.
  • Blach sayuran dan tumis menggunakan butter dan berikan rasa.
  • Panggang kentang sesuai dengan yang diinginkan lalu tambahkan garam dan lada.
  • Panaskan sauce dan tambahkan cream secukupnya.
  • Chicken roasty and baked potato siap disajikan.
Chicken Roasty and Baked Potato
Chicken Roasty and Baked Potato

Setelah seluruh makanan tersaji, undangan dipersilakan melakukan praktik food photography. Kami pun bergantian memotret makanan satu persatu. Hasil foto kemudian kami posting di akun Instagram masing-masing dengan menggunakan hastag WIxTheHive. Kerennya ini acara, hasil foto terbaik mendapatkan hadiah voucher menginap di Hotel Best Western Premier The Hive. Penentuan pemenang dilakukan oleh Faradila, yang merupakan Social Media Executive.

Selain lomba foto, ada juga lomba peragaan busana. Dress code hari ini memang batik sih dalam rangka memperingati Hari Kartini. Jadi, kami pun bergantian tampil memeragakan batik yang kami kenakan, bergaya seolah sebagai peragawati yang berjalan di catwalk. Kebayang nggak sih saya yang tomboi ini berlenggang-lenggok… hahaha. Sungguh, ini ujian berat buat saya, tapi saya tetap mencobanya. Hitung-hitung ikut berpartisipasi dan mencoba menjadi perempuan sebagai mana mestinya. Hasilnya, saya berjalan seperti serdadu dan bergaya seperti pelawak Gogon. Dua pemenang akhirnya terpilih. Juri untuk lomba fashion show ini adalah Director of Sales Marketing, Novi S. Manullang.

Di acara yang juga disponsori oleh Traveloka & TOZA Juice, Mbak Rifka Giovani selaku Marcom BWPTH, kasih informasi asyik nih kalau di Best Western ini ada paket menu yang ramah di kantong loh. Nama paketnya: Aneka Masakan Janda (Jawa-Sunda). Harganya cuma IDR 100.000, nett dan bisa dinikmati setiap hari Senin hingga hari Jumat mulai pukul 18.00pm-21.00pm. Bisa tuh ajak orang kesayangan untuk dinner di sini. Colek suami ah…

Paket Aneka Masakan Janda
Paket Aneka Masakan Janda. Sumber: website Best Western Premier The Hive

Impian Menginap di Hotel Best Western Premier The Hive

Interior hotel yang menyambut saya ketika tiba di sini sudah membuat saya jatuh hati, padahal saya hanya melangkahkan kaki melalui lobi hingga ke lokasi acara di Cerana Meeting Room lantai 3. Saya jadi terpikir untuk suatu hari bisa menginap di sini, istilahnya staycation-lah ya. Pasti nyaman dan asyik banget. Keinginan ini jadi semakin menggebu-gebu saat saya mencari tahu lebih banyak dengan mengunjungi website Best Western Premier The Hive.

Hotel bintang 5 ini berlokasi di kawasan strategis Cawang, kurang lebih 20 menit berkendara dari Kelapa Gading dan 10 menit berkendara dari Bandara Halim Perdanakusuma. Di sekitarnya banyak terdapat pusat perbelanjaan, kantor-kantor pemerintah, juga perusahaan-perusahaan multinasional. Ada 5 tipe kamar yang bisa dipilih kalau mau menginap di sini, yaitu: Superior Twin, Deluxe Twin, Deluxe Double, Super Deluxe, Corner Suite dan Junior Suite, dengan fasilitas di tiap tipe kamar kurang lebih: AC, free Wi_Fi, 43-inch flat screen LED TV. welcome drink berupa teh dan kopi, juga tersedia mineral water, safe deposit box, bathroom with rain shower, complimentary bath product, hair dryer, key card access system.

Kamar di Hotel Best Western Premier The Hive
Kamar di Hotel Best Western Premier The Hive

Kenapa Best Western Premier The Hive cocok untuk staycation? Ada fasilitas kolam renang outdoor, Bhuvana Spa Luxe, Fitness Center, Miele Bar & Lounge dan masih banyak lagi. Saya membayangkan kalau nanti berkesempatan menginap di sini, bakal puas deh menikmati semua fasilitasnya, sekalian honeymoon lagi asyik nih :p

Fasilitas di Hotel Best Western Premier The Hive
Fasilitas di Hotel Best Western Premier The Hive
Hotel Best Western Premier The Hive
Hotel Best Western Premier The Hive

Kenapa Best Western Premier The Hive cocok untuk staycation? Ada fasilitas kolam renang outdoor, Bhuvana Spa Luxe, Fitness Center, Miele Bar & Lounge dan masih banyak lagi. Saya membayangkan kalau nanti berkesempatan menginap di sini, bakal puas deh menikmati semua fasilitasnya, sekalian honeymoon lagi asyik nih :p

Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket dan fasilitas yang tersedia bisa menghubungi:

Best Western Premier The Hive
Alamat: Jl. DI. Panjaitan Kav. 3-4, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13340
Reservasi: (021) 29821888

Website: www.bwpremierthehive.com
Facebook: BWPREMIERTheHive
Instagram: @bwpthehive
Twitter: @bwpthehive
Youtube: youtube.com/c/bwpthehive
Blog: infothehive.blogspot.com

Jadi, kapan kamu mau menginap di Hotel Best Western Premier The Hive? Jangan lupa ajak-ajak saya yak…

1,291 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here