Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak Harga Ramah di Kantong – Suka makan suki dan barbeque? Saya suka banget. Sejak tinggal di Jakarta, saya dan suami senang sekali berburu kuliner yang berbau Jepang atau Korea semacam suki dan barbeque. Sayangnya, untuk menikmati menu seperti ini tak bisa sering-sering. Lumayan banget soalnya harganya untuk sekali makan.

Minggu lalu, Mbak Diah Woro dan Mas Jun menghubungi saya dan bilang ada tempat makan enak di Cempaka Putih dengan menu suki dan barbeque. Mereka mengajak saya untuk kulineran bareng. Wah saya tentu saja mau. Jadilah saya janjian sama mereka di waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak Harga Ramah di Kantong
Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak Harga Ramah di Kantong

Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak Harga Ramah di Kantong

Hari Sabtu, 9 Februari 2019, saya meluncur ke daerah Cempaka Putih, tepatnya ke Jalan Cempaka Putih 1, Jakarta Pusat. Di depan Hotel Kawanua, Daily Inn, saya melihat tulisan “Brotta Suki”. Dalam hati langsung membatin, “Nah ini nih Brotta Suki BBQ tempat makan enak harga ramah di kantong.”

Eits, tapi itu kan katanya. Saya harus masuk dan buktiin sendiri. Masuk ke Brotta Suki, hal pertama yang saya rasakan, tempat makan ini feel like home. Iya, suasananya homey banget. Di dalam sudah ada beberapa teman yang hari ini bakal bareng-bareng sama saya nyobain menu di Brotta Suki BBQ.

Saya lalu di arahkan ke salah satu meja dengan dua kursi panjang. Kalau dilihat, satu meja ini bisa untuk 4 orang. Tapi kemarin itu, saya hanya duduk berdua dengan Mbak Tina Sindy… Hehehe. Maksudnya biar puas makannya.

Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak Harga Ramah di Kantong
Set Suki

Tak lama kemudian hidangan pun disajikan, paket suki (Set Suki) dengan 11 isi, seperti irisan daging, sayuran, crab stick, chikuwa, shrimp ball, meat ball, fish ball, chicken siomay, enoki, dan tofu. Sementara untuk menu barbeque ada daging sapi (40rb), daging ayam (35rb) dan seporsi ikan gindara (35rb).

Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak Harga Ramah di Kantong
Beef Roll Enoki di Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak

Kita juga bisa pesan menu lain yang tak kalah menarik, beef roll enoki, crab claw, atau cheese ball. Selanjutnya, pelayan mengantarkan alat untuk masak suki dan barbeque. Waktu alat itu diletakkan di meja, saya langsung keheranan. Tempat masaknya beda banget dengan yang biasa saya lihat.

Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak
Crab Claw enak banget ini

Kalau di tempat lain, suki dan barbeque dimasak di tempat terpisah, sehingga ada 2 alat masak di meja. Di Brotta Suki BBQ, alat masaknya cuma satu lho, merebus dan memanggang dilakukan di satu tempat. Hayo kebayang tidak?

Dari berbincang dengan Mas Febri dan Mbak Riri, suami istri pemilik Brotta Suki BBQ, alat masak yang bernama Mokata ini memang khusus mereka datangkan dari Thailand. Di bagian tengah panci, kita bisa memanggang daging sapi atau pun ikan, sembari menunggu rebusan suki matang. Lelehan mentega dan bumbu barbeque memang akam bercampur dengan kuah, dan ini menambah cita rasa kuah kaldu sukinya.

Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak Harga Ramah di Kantong
Mokata

Oh ya, ada 2 pilihan kuah untuk suki tom yam atau original. Teman-teman yang lain banyak yang memilih tom yam. Saya dan Mbak Tina sepakat memilih kuah original saja. Nanti kalau memang mau cicipin yang tom yam, tinggal pindah ke meja sebelah… Hahaha.

Brotta Suki Tempat Makan Enak yang Benar-benar Enak

Okay, karena ini memang jam makan siang dan perut sudah keroncongan, saya dan Mbak Tina langsung dong menuangkan suki kami ke kuah untuk direbus. Semua pokoknya dimasukkan dulu.

Sambil menunggu suki matang, kami berdua mulai bakar-bakar daging dan ikan gindara. Daging sapi bakar ini enak banget dan pas sekali dengan bumbunya yang berasa manis gurih. Ikan gindaranya juga enak, tak berbau amis khas ikan karena dipastikan ikan yang tersedia di Brotta Suki adalah ikan segar. Daging ikan yang lembut dan bumbu yang gurih manis bikin saya susah berhenti untuk menyuapkan potongan ikan demi potongan ikan.

Puas menyantap barbeque, saya penasaran nyobain sukinya. Jadilah saya mulai menyendokkan kuah kaldu ke mangkuk kecil, ambil sayuran, enoki, dan fish ball. Kuahnya gurih dan rasa kaldunya pas banget.

Tambahan lelehan dari bumbu barbeque yang masuk ke kuah membuat cita rasa kuah semakin lengkap. Mau lebih lezat? Ada bawang putih goreng yang siap melengkapi. Untuk yang suka pedas, tinggal tambahkan sambal dan irisan cabe. Lengkap wis.

Satu paket suki dengan 3 porsi menu barbeque (daging sapi, daging ayam, dan ikan gindara), ternyata berlebih banget untuk makan dua orang. Artinya, menu ini sebenarnya bisa banget dimakan untuk 3-4 orang. Porsinya besar soalnya.

Saya juga sempat mencicipi kuah tom yam dan rasanya soft banget. Pas di lidah saya karena tidak terlalu asam. Menurut Mbak Riri dan Mas Febri, bumbu dan kuah di Brotta Suki BBQ ini hasil dari banyak percobaan yang mereka lakukan hingga menemukan cita rasa yang pas untuk lidah orang Indonesia kebanyakan.

Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak Harga Ramah di Kantong
Mas Febri dan Mbak Riri Pemilik Brotta Suki BBQ

Racikannya ini juga hasil dari penjelajahan Mas Febri dan Mbak Riri yang rupanya juga penggemar suki BBQ. Pemilik Brotta Suki ini juga bercerita bahwa mereka membuka Brotta Suki adalah hasil dari kegemaran mereka berburu dan menikmati makanan khas Jepang dan Korea ini.

Karena makan di luar cukup menguras kantong, mereka pun mendapat ide untuk membuka sendiri kedai makan dengan menu kegemaran mereka, enak, cita rasa sesuai yang mereka inginkan, namun dengan harga ramah di kantong. Maka jadilah Brotta Suki ini. Awalnya, saya sempat mengira kalau Brotta Suki berasal dari sebutan “brother” dan “sister”. Ternyata, bukan. Brotta Suki diambil dari “Broth” yang artinya “kaldu”.

Brotta Suki BBQ Tempat Makan Enak Harga Ramah di Kantong
Suki dan Barbeque di Brotta Suki BBQ

Brotta Suki jadi satu-satunya tempat makan suki dan barbeque di wilayah Cempaka Putih yang memang pusat beragam kuliner. Pas banget nih buat yang suka makan bbq dan suki, tak perlu jauh-jauh lagi ke tempat lain. Langsung cus ajalah ke Brotta Suki BBQ tempat makan enak dengan harga ramah di kantong.

6,258 total views, 1 views today

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here