Adakah cara bahagia yang bisa meningkatkan kualitas hidup? Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tentu kita tidak bisa menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa menyebabkan stres.

Misalnya saja stres karena terjebak macet, pekerjaan menumpuk, tugas akhir kuliah yang tidak kelar kelar, dan lain sebagainya. Pastinya hal ini akan mengurangi rasa bahagia dalam menjalani hari-hari kamu bukan?

Berbagai hal yang disebut tadi bisa memicu otakmu untuk memproduksi hormon stres yang ditandai dengan makin cepatnya nafas, jantung berdegup kencang, serta otot-otot yang kaku atau kurang regang.

Walau begitu, jarang orang menyadari bahwa dirinya sebenarnya mengalami stres dan kurang bahagia karena merasa telah terbiasa dengan aktivitas yang menjemukan tersebut. Namun saat rasa stres telah memuncak, barulah kita kelimpungan dan akhirnya berpikir bagaimana cara untuk bisa bahagia.

Satu lagi, banyak orang yang berpikir bahwa kebahagiaan selalu berasal dari luar diri kita. Artinya, mereka selalu bergantung ke orang lain untuk bisa bahagia. Padahal bahagia itu sendiri bisa berasal dari diri kita sendiri tanpa selau bergantung ke orang lain loh. Pengen tahu bagaimana cara bahagia untuk meningkatkan kualitas hidupmu? Ini nih caranya!

Cara Bahagia untuk Meningkatkan Kualitas Hidupmu

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyenangkan diri. Tentunya hal ini akan mengurangi tingkat stres dan membuat harimu jadi lebih berwarna. Cara sederhana dan praktis ini ternyata efektif untuk memunculkan rasa bahagia loh.

  1. Move On dan Fokus ke Masa Depan

Meski terlihat sepele, namun faktanya banyak loh orang yang terlalu fokus ke masa lalu dibandingkan memikirkan masa depannya. Mereka terlalu meratapi masa lalu dengan kisah kegagalan di segala aspek kehidupannya. Entah itu asmara, karir, bisnis dan lain sebagainya hingga mengorbankan kebahagiaannya di masa mendatang.

Tentu saja hal ini akan membuat mereka kesulitan bahagia karena memiliki beban yang masih dirasakan. Move on dan melupakan masa lalu dan justru menjadikannya bahan introspeksi untuk memperbaiki diri lebih baik ketimbang meratapinya.

2. Santai dan Jangan Terlalu Overthinking

Terlalu khawatir dan merasakan kecemasan yang berlebih ternyata juga menjadi salah satu penyebab stres loh. Apalagi jika kamu merasa cemas pada hal-hal yang kurang jelas. Misalnya seperti mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi secara berlebihan sampai menimbulkan ketakutan. Maka dari itu, lebih baik kamu selalu positif thinking dan nikmati hidupmu dengan santai. Karena hidup akan terus berjalan meski ada berbagai masalah yang menghadang.

3. Selalu Bersyukur

Bersyukurlah atas apapun yang kamu miliki karena hal ini akan membuatmu terhindar dari sifat dengki, iri, dan cemburu dengan sesuatu yang orang lain punya. Dengan selalu bersyukur di berbagai situasi dan kondisi, kamu akan selalu mempu menerima keadaan dan hati lebih lapang. Namun bersyukur ini bukan berarti kamu harus pasrah sama keadaan loh.

Bersyukur berarti kamu akan iklas dan menerima apa yang terjadi dalam hidupmu kaena percaya ada rencana indah dibaliknya jika kamu tetap mau berusaha. Hal lain yang perlu disyukuri pula adalah kehidupan yang baik saat ini, bahagia bersama pasangan, anak-anak sehat, dan lain-lain. Bahagia tidak melulu terkait materi lho.

Jika kurang bersyukur atas apa yang kamu miliki, bisa saja hidupmu akan terasa penuh tekanan dan rasa iri. Apalagi jika orang-orang di sekitarmu terlihat jauh memiliki segalanya dibandingkan dirimu. Hal ini tentu malah akan menjadi beban bukan?

4. Berlibur dan Mencari Hiburan

Bagi orang di jaman sekarang, mungkin saja yang dimaksud hiburan adalah menonton film, main game, dan lain lain. Padahal ada cara bahagia untuk meningkatkan kualitas hidup jadi lebih baik, seperti mengagendakan untuk berlibur bersama keluarga, atau pun bersama teman dan orang-orang kesayangan.

Atau jika tidak ingin ribet, tidak ada salahnya nih kalau kamu memutuskan untuk me time ke tempat yang buatmu nyaman misal ke sauna, salon untuk cewek, bengkel untuk cowok dan sebagainya.

5. Meditasi

Meski sederhana tapi teknik ini cukup efektif loh buat dijadikan salah satu cara bahagia. Luangkan sedikit waktumu kira kira 10 menit untuk duduk rileks dan melatih pernapasan. Aktifitas meditasi ini perlu dilakukan rutin loh biar kamu makin tenang dan terhindar dari stres.

Nah, udah tahu kan gimana cara bahagia buat meningkatkan kualitas hidupmu? Jangan lupa juga nih selalu jauhkan dirimu dari hal hal yang bisa memicu stres. Karena stres sangat memperngaruhi mood dan rasa bahagia seseorang loh!

501 total views, 22 views today

SHARE
Previous articleBerburu Penginapan di Lembang untuk Liburan Mendatang
Next articleTips Sehat di Situs Informasi Kesehatan SehatQ.com

1 COMMENT

  1. biar bisa bahagia dengan cara berkhualitas it simple sebenarnya ya kak. cuma kadang kitanya yang sering buat ribet sendiri. bhaya lagi kalo kadang kurang bersyukur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here