Sebelum kita membahas tentang cara menerapkan digital marketing, mari lakukan penyegaran terlebih dahulu untuk pembahasan sebelumnya. Mulailah baca kembali tentang apa itu digital marketing? Perbedaan pemasaran konvensional vs pemasaran digital. Selanjutnya, alasan pentingnya menerapkan digital marketing.

Jika sudah mengingat kembali pembahasan sebelumnya, maka kali ini kita lanjutin saja membahas tentang cara menerapkan digital marketing.

Elemen Penting Dalam Digital Marketing

Ketika mendengar tentang Digital Marketing, apa yang terlintas dalam pikiranmu?

Dulu waktu pertama kali kenal dengan istilah digital marketing, pikiran yang pertama kali terlintas dalam kepala saya adalah memasarkan produk ataupun jasa melalui media sosial atau website/blog.

Kelihatannya sederhana ya. Tinggal bikin saja postingan terkait produk atau jasa yang hendak dipasarkan. Lalu selesai. Jika memiliki website atau blog, tinggal tayangkan saja tulisan di website atau blog tersebut terkait produk atau jasa kita, maka selanjutnya sudah dianggap menerapkan digital marketing.

Pemikiran seperti itu tidaklah salah. Digital marketing memerlukan sosial media dan website/blog sebagai medianya. Hanya saja, ternyata dalam praktiknya tidak cukup dengan membuat postingan saja, lalu selesai. Ada banyak elemen lain terkait digital marketing yang harus diperhatikan, bahkan diterapkan dengan benar.

Setelah membaca banyak buku dan artikel mengenai digital marketing, saya sampai pada satu kesimpulan sementara. Beberapa elemen lain yang juga perlu diperhatikan dan diterapkan dengan benar, antara lain:

  • Trafik

Traffic adalah berapa banyak orang yang berkunjung dan membaca postingan yang kita buat terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Kunjungan ini bisa berupa kunjungan di website/blog, kunjungan di akun-akun sosial media yang kita gunakan, atau bisa juga di e-commerce tempat kita memasarkan produk.

  • Konversi

Conversion atau konversi adalah jumlah pengunjung, baik pelanggan maupun calon pelanggan yang setelah membaca postingan mengenai produk/jasa yang ditawarkan, lalu menghubungi kita. Awalnya mungkin mereka hanya tanya-tanya mengenai produk dan jasa. Di akhir sesi, bisa jadi mereka malah langsung melakukan pembelian.

  • Keterikatan

Engagement atau keterikatan adalah cara kita membangun hubungan dengan sebanyak mungkin orang. Baik yang sudah jadi pelanggan maupun yang masih dalam status calon pelanggan. Keterikatan di sini bisa dibangun melalui komunikasi dua arah dengan memanfaatkan media sosial maupun blog.

Salah satu caranya, rajin-rajin jawab komentar di tiap postingan yang ada di website/blog atau sosial media yang kita gunakan untuk menerapkan digital marketing.

Sekarang, bagaimana caranya kita membangun ketiga elemen penting dalam digital marketing tadi (traffic, conversion, dan engagement)? Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam menerapkan digital marketing.

Cara Menerapkan Digital Marketing

1. SEO

Setelah memiliki website/blog dan sudah rutin melakukan posting, ternyata trafik tidak mengalami peningkatan. Bahkan setelah dilakukan penelitian, banyak konten di website/blog tidak ada pengunjungnya. Jika hal ini terjadi maka tujuan dari menerapkan digital marketing tentunya tidak akan tercapai.

cara menerapkan digital marketing
SEO adalah salah satu cara menerapkan digital marketing

Untuk mendatangkan trafik, kita bisa mulai menerapkan SEO atau Search Engine Optimization. SEO adalah kegiatan atau tindakan optimasi yang perlu dilakukan secara bertahap dengan cara yang tepat agar semua konten yang ada di blog/website bisa ditemukan di mesin pencari, terutama di halaman-halaman muda Google.

Teknik SEO ini ada banyak. Pelajari dan coba terapkan yang paling sesuai dengan yang kita butuhkan. Kalau belum memahami, kita bisa mencari orang lain dan bekerja sama dengannya. Cara lain, ajak saja para blogger untuk bekerja sama karena kebanyakan blogger saat ini sudah banyak yang bisa menerapkan teknik SEO serta bisa membantu website/blog kamu dikenal pula oleh pengguna internet lain.

2. SEM

SEM atau Search Engine Marketing adalah bentuk digital marketing yang bertujuan untuk mempromosikan website atau blog agar semakin mudah ditemukan pada mesin pencari. Semakin mudah ditemukan, maka trafik tentunya meningkat, bahkan bisa sekalian meningkatkan konversi dan keterikatan.

3. SMM

Social Media Marketing (SMM) adalah cara menerapkan digital marketing dengan menggunakan sosial media secara efektif. Mengingat saat ini pengguna internet di Indonesia juga sangat banyak yang menggunakan media sosial maka menerapkan digital marketing di sosial media masih merupakan cara efektif untuk mempromosikan produk dan jasa.

cara menerapkan digital marketing
Sosial media adalah salah satu media untuk menerapkan digital marketing

4. Email Marketing

Sesuai dengan namanya pemasaran online satu ini memanfaatkan memanfaatkan media surat elektronik. Baik itu produk maupun jasa. Pihak perusahaan bisa langsung melakukan pemasaran dengan mengirimkan pesan yang ditujukan kepada alamat surel para pelanggan. Namun sayangnya cara ini dianggap spamming oleh sebagian orang.

5. Referral Marketing

Metode referral merupakan salah satu cara terbaik menarik banyak pelanggan. Adapun referral Marketing merupakan metode mempromosikan produk atau jasa kepada pelanggan baru melalui referensi (biasanya berupa link atau tautan). Nantinya jika ada orang yang mengklik tautan atau link dan membeli barang tersebut maka anda akan mendapatkan komisi.

6. Video Marketing

Video marketing adalah salah satu cara menerapkan digital marketing dengan memanfaatkan layanan video, bisa dengan menggunakan Youtube, Instagram, Facebook, dan sebagainya. Melalui video marketing ini kita bisa mempromosikan produk atau jasa secara lebih menarik daripada hanya sekadar tulisan biasa.

Jadi, cobalah buat video pemasaran semenarik mungkin agar semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Seandainya, kamu belum benar-benar menguasai cara pembuatan video marketing, maka cara efektif berikutnya yang bisa dilakukan ajak saja kerja sama para youtuber atau vlogger.

Selain cara menerapkan digital marketing yang diulas pada artikel, masih banyak cara lain untuk menerapkan teknik digital marketing. Next di tulisan selanjutnya, semoga saya bisa menambahkan kembali hal-hal lain untuk menambah pengetahuan kita bersama ya.

661 total views, 4 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here