Hingga hari ini, masih banyak teman-teman penulis yang kebingungan bagaimana cara mengirim naskah ke suatu penerbit. Begitulah kebanyakan isi inbox yang saya terima akhir-akhir ini. Pertanyaan ini biasanya akan disusul dengan pertanyaan berikutnya, “Tema apa saja ya, yang disukai penerbit A? Bagaimana mencari tahu tema-tema yang disukai mereka?”
Website Penerbit BIP
Sumber: penerbitbip.id
Di zaman modern dengan mudahnya akses internet sebenarnya harus kita manfaatkan dengan baik. Ada banyak artikel yang mengulas tentang cara mengirim naskah ke penerbit tertentu, begitu pula dengan tema-tema yang saat ini dibutuhkan (disukai) penerbit. Masalahnya, mau tidak kita sedikit berusaha keras mencari dan mengumpulkan informasi mengenai hal tersebut.
Cara Mengirim Naskah ke Penerbit
  1. Buka website masing-masing penerbit dan cari tahu ketentuan yang telah ditetapkan. Ada ketentuan yang sama, tetapi banyak pula yang memberi syarat berbeda dalam hal penerimaan naskah.
  2. Pada website masing-masing penerbit biasanya juga telah tercantum alamat atau email untuk pengiriman naskah. Ada penerbit yang mensyaratkan naskah harus dikirim dalam bentuk hardcopy, tetapi ada pula yang mau menerima naskah dalam bentuk softcopy.
  3. Beli buku yang telah diterbitkan penerbit yang hendak dituju. Biasanya di halaman belakang atau di bagian belakang pembatas buku, sudah tercantum persyaratan pengiriman naskah.
  4. Alamat penerbit juga ada yang tercantum di back cover buku yang mereka terbitkan.
  5. Manfaatkan media sosial untuk memperluas jaringan pertemanan. Semakin luas jaringan pertemanan, biasanya kita bisa lebih mudah mendapatkan informasi mengenai penerbit yang sedang membutuhkan naskah dengan tema tertentu.
  6. Bergabung dengan grup kepenulisan atau grup dari penerbit tertentu untuk mengetahui (termasuk mencari tahu) informasi berkaitan dengan penerimaan naskah.
Website Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Sumber: gramedia.tumblr.com
Cara Mengetahui Tema yang Disukai Penerbit
  1. Cari dan baca buku-buku terbitan penerbit yang ingin dituju. Cari di sini bisa dengan cara meminjam di perpustakaan terdekat atau membeli bukunya.
  2. Jalan-jalan ke toko buku dan lihat rak best seller, recomended, dan new arrival. Biasanya buku-buku yang berada di rak tersebut merupakan tema-tema yang saat ini sedang dicari penerbit.
  3. Buka website penerbit dan lihat-lihat tema buku seperti apa yang banyak mereka terbitkan.
  4. Cari tahu lebih banyak dengan mengikuti media sosial dari penerbit.
Website Penerbit Grasindo
Sumber: grasindo.id

 

939 total views, 3 views today

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here