Bermain-main dengan warna selalu menyenangkan bagi saya karena sejak masa sekolah dulu saya senang sekali journaling. Dulu saya tahunya sih bukan journaling ya, tapi cuma mengisi buku harian. Hanya saja buku harian saya tak melulu berisi tulisan, melainkan juga ada gambarnya dan gambar tersebut selalu saya warnai. Pernah tidak sih membayangkan gambar yang baru kita warnai tiba-tiba tampak hidup, lalu bisa diajak main bareng? Baru-baru ini saya membuktikan sendiri loh kalau karakter atau gambar yang baru kita warnai ternyata bisa terlihat hidup, bahkan bisa diajak main. Tak percaya? Simak cerita saya tentang Faber-Castell Colour to Life mewarnai hidup lebih seru.

Faber-Castell Colour to Life
Tampilan Permainan di Aplikasi Colour to Life

Faber-Castell Colour to Life

Cerita singkatnya, akhirnya saya berkenalan dengan Faber-Castell Colour to Life. Udah pada tahu, kan, tentang Faber-Castell? Harusnya udah tahu dong ya, wong saya aja mengenal produk-produknya Faber-Castell sejak masa sekolah belasan tahun yang lalu, mulai dari crayon, pensil warna, cat air, pensil gambar, pulpen, dan sebagainya.

Untuk crayon, spidol, dan pensil warna, saya punya lengkap, secara saya memang senang journaling, mindmapping dengan serangkaian warna dan berlembar-lembar kertas, bahkan ada waktu khusus buat saya untuk bermain-main dengan warna dan buku mewarnai. Ini cara saya sejenak melarikan diri dari kejenuhan dan melepaskan ketegangan akibat tekanan kerja. Namun saat melihat paket Colour to Life, saya penasaran banget karena kotaknya berbeda. Sempat sih terbersit kalau isinya pastilah spidol warna gitu. Tapi begitu kotaknya saya buka, pemikiran saya sebelumnya salah besar. Di dalam paket Colour to Life terdapat 20 pcs connector pens dan buku mewarna khusus yang disebut Augmented Reality Colouring Book (15 halaman)

Faber-Castell Colour of Life
Paket Faber-Castell Colour of Life

Augmented Reality adalah teknologi yang bisa membuat benda virtual seolah nyata dan membuat orang bisa berinteraksi dengan benda virtual tadi. Bingung? Ketika Pewe, suami saya, menerangkan mengenai hal ini, saya pun sempat bingung. Tapi waktu dia mengatakan, “Itu loh, Cha, seperti game Pokemon Go, yang bikin kita seakan bisa main-main sama setiap monster yang kita temukan. Teknologi seperti itu namanya Augmented Reality.” Oh, i see, saya langsung paham.

Jadi sederhananya, Augmented Reality adalah teknologi yang bisa menambahkan benda virtual seakan berada di dunia nyata dan kita sebagai pengguna bisa berinteraksi dengannya secara langsung. Faber-Castell memungkinkan kita berinteraksi dengan semua karakter yang tersedia di augmented reality colouring book dalam bentuk berbagai permainan, seperti: Pogo Boy, Giddy Up, Dress-Up Challenge, Balance Your Brain, dan Safe Flight.

Mewarnai Hidup Lebih Seru dengan Faber-Castell Colour To Life

Oke, sekarang saya akan cerita mengenai pengalaman saya mencoba langsung Colour to Life. Begitu paket saya buka, saya langsung memilih salah satu gambar dari 15 gambar yang tersedia. Saya sempat mencoba mewarnai secara konvensional, tapi ternyata penggunaan connector pens berbeda dengan spidol warna biasa. Connector pens kalau ditekan terlalu kuat akan membuat kertas yang sedang diwarnai bisa terkelupas. Maka saya pun mencoba memainkan pewarnaan dengan gradasi sehingga bidang gambar yang luas bisa dibagi-bagi menjadi beberapa warna, tidak hanya satu warna saja.

Oh ya, selain model pewarnaan secara konvensional, kita juga bisa berkreasi dengan bebas loh, misalnya dengan menambahkan ornamen, hanya mengarsir (mewarnai dalam bentuk garis-garis), bahkan kalau bisa bikin doodle, coba deh pada bidang di luar karakter, bikin doodle saja biar pewarnaan lebih seru dan mengasyikkan dan hasil pewarnaan lebih bervariasi.

Faber-Castell Colour to Life
Hasil Pewarnaan Colour to Life saya

Teorinya begitu, praktiknya, saya tak benar-benar melakukannya. Duh, maafkan ya. Ini karena saya sungguh tak sabar untuk langsung mencoba teknologi Augmented Reality yang ditawarkan Colour to Life ini. Ketika karakter sudah selesai diwarnai, saya pun cepat-cepat mengunduh aplikasi Colour to Life dari playstore, menginstalnya di smartphone, kemudian langsung melakukan scanning. Sempat gagal ketika proses scanning karena posisi smartphone yang saya pegang agak miring. Bidang gambar pun tak seluruhnya masuk di frame layar ponsel. Solusinya, saya mengarahkan kamera terlebih dahulu ke tempat lain, kemudian kembali melakukan scanning. Di percobaan kedua, proses scanning berhasil dan saya pun bisa mulai memainkan game Pogo Boy.

Faber-Castell Colour to Life
Scanning Berhasil di Aplikasi Colour to Life

Game Pogo Boy adalah permainan yang melatih koordinasi mata dan tangan. Tombol pada kiri layar untuk melompat satu kali, sementara tombol pada kanan layar melompat dua kali. Kita perlu mengambil keputusan dengan cepat apakah harus melompat satu kali atau dua kali karena waktu yang tersedia terbatas. Kalau waktunya habis, permainan pun berakhir. Hati-hati pula saat melompat ya, karena begitu karakter tercebur ke air, ya permainan juga akan berakhir. Mau main lagi? Gampang, tinggal ulang saja proses scanning dan setelahnya bisa main lagi.

Colour to Life
Bermain Pogo Boy di Colour to Life

Saya penasaran banget sih mau nyobain permainan lain, namun untuk bisa memainkan permainan lain, saya perlu mewarnai karakter lainnya. Ah, mendadak saya merasa sayang untuk melakukannya sendirian karena tiba-tiba saja saya teringat dengan Alexa, keponakan kesayangan yang juga senang sekali mewarnai dan menggambar. Rencananya, Faber-Castell Colour of Life punya saya ini akan saya bawa kalau main ke rumahnya minggu depan biar kami bisa mewarnai dan bermain bersama. Saya yakin dia pasti suka, wong saya aja suka banget kok.

Mau tahu lebih banyak tentang Faber-Castell Colour to Life? Kamu bisa nonton video dari Youtube untuk mengetahui lebih banyak mengenai Colour to Life, termasuk cara unduh aplikasi, cara take foto, bahkan cara memainkannya.

Untuk mendapatkan produk Faber-Castell Colour to Life gampang banget kok, kamu bisa beli secara online di Tokopedia, atau saat lagi jalan-jalan, mampir saja di Gramedia atau toko buku terdekat di kotamu. Yuk jadikan hidup lebih berwarna dengan Colour to Life.

Faber-Castell Colour to Life
Pewe Iseng Nyobain Colour to Life juga. (Pssst… pesawat saya berwarna abu-abu karena belum diwarnain itu loh… hahaha)

179 total views, 1 views today

9 COMMENTS

  1. Jadi serasa seorang animator ya nggak karena bisa bikin gambar yang kita buat seperti benda benda hidup dan berinteraksi langsung dengan kita karena teknologi Augmented reality dari fabel castel

  2. Gemesiiiinn….. aku juga bakal buru-buru nyelesein warnanya biar cepet bisa main game. Connector pens nya Faber Castle sih aku punya komplit sampai 2 set di rumah. Suka banget buat ngewarnain. Ah tapi Faber Castle memang selalu paling pas dipakai buat mewarnai, mau pensil warnanya atau pun connector pennya

  3. wah sebuah inovasi..menggabungkan kegiatan mewarnai, kreativitas, teknologi AR dan bermain game. Anak mesti punya ini Faber Castle di rumah..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here