Kebiasaan saya kalau sedang jenuh dengan naskah yang saya tulis, saya akan berselancar di internet, cari bahan tulisan, blogwalking, atau main di Instagram. Tanpa sengaja saya menemukan foto teman-teman yang sedang berolahraga di area Allianz Ecopark Ancol dan ikut Allianz Sweat Challenge. Katanya di sana asyik banget untuk olahraga karena lokasinya yang penuh dengan pepohonan hijau serta banyak spot keren yang bisa dikunjungi begitu kegiatan olahraga selesai. Saya jadi makin penasaran dan mencari tahu lebih banyak. Memangnya seperti apa sih Allianz Ecopark Ancol? Siapa saja yang boleh ikut Sweat Challenge yang diadakan setiap dua minggu itu?

Foto: daffana.com

Allianz Ecopark Ancol

Allianz Ecopark adalah lahan seluas 34 hektar yang masih jadi satu dengan kawasan Ancol. Dulunya, area ini merupakan Padang Golf Ancol, yang kemudian dialihfungsikan menjadi tempat rekreasi keluarga. Berkunjung ke tempat ini membuat kita menikmati alam, pemandangan indah, mendapatkan nilai edukasi, dan merasakan berbagai petualangan di fasilitas yang telah disediakan. Kenapa? Karena Allianz, yang merupakan perusahaan asuransi kesehatan Indonesia, telah mengubah lahan ini menjadi beberapa area yang menarik untuk dikunjungi, seperti Eco Care, Eco Art, Eco Nature, bahkan zona Eco Energy.

Beberapa fasilitas yang terdapat di Allianz Ecopark, antara lain:

Outbondholic

Outbondholic berada di lahan seluas 1.5 hektar yang terbagi dalam dua sirkuit outbond: sirkuit untuk anak-anak (usia 6 – 12 tahun) serta sirkuit untuk remaja dan dewasa (usia 12 tahun ke atas). Masing-masing sirkuit memiliki empat zona dengan pengalaman outbond berbeda (zona hijau, zona biru, zona hitam, dan zona merah). Tiap zona menawarkan kurng lebih 8 permainan dan peserta akan didampingi tim profesional. Salah satu permainan yang patut dicoba di sini adalah Flying Fox dengan panjang 480 meter dan ketinggian kurang lebih 7 lantai gedung bertingkat.

Faunaland

Di Faunaland, kita akan dibawa menikmati alam berkonsep Papua, yang merupakan perpaduan antara benua Australia dan Asia. Di area ini terdapat berbagai jenis flora dan fauna, yang dikelola dengan memperhatikan seni budaya daerah yang ditampilkan. Mengajak keluarga berjalan-jalan di area ini akan dapat menambah pengetahuan mengenai jenis-jenis tumbuhan dan hewan.

Rumah Energi

Rumah Energi dibangun sebagai bentuk dukungan terhadap pemanfaatan energi yang ramah lingkungan. Di sini, kita akan diajak mempelajari berbagai jenis energi alternatif, seperti pupuk cair dan padat organik, biogas, lampu organik bertenaga minyak kelapa, solar cell, bahkan mempelajari tester pupuk organik dari urine kelinci. Oh ya, kita juga bisa belajar cara membuat lampu organik loh. Akan ada pemandu berpengalaman yang memberi penjelasan membuat lampu tersebut dengan bahan-bahan, seperti gelas kaca, minyak goreng, sumbu, air bersih, dan pewarna. Yuk ajak anak-anak mengunjungi Rumah Energi sekalian belajar memanfaatkan dan mengembangkan energi alternatif untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.

Rumah Lebah

Rumah lebah adalah area penangkaran dan pengembangbiakan lebah madu. Di sini kita bisa mempelajari berbagai jenis lebah dan pola hidup mereka, serta pengetahuan lain yang berkaitan dengan lebah dan madu. Jadi saat tiba di Rumah Lebah, kita akan mendapat materi edukasi mengenai lebah, mulai dari cara hidup, jumlah lebah dalam satu koloni, jenis-jenis dan morfologi lebah, fase metamorfosis, dan manfaat lebah. Lalu kita akan diminta mengenakan pengaman wajah, kemudian diajak ke area lebah untuk melihat secara langsung koloni lebah sekaligus mencoba menggunakan alat ekstraksi madu dari sarang lebah tanpa merusak sarang.

Bermain Kano

Ada danau di area Ecopark dan di sini kita bisa menyewa kano untuk mengelilingi danau. Asyik sekali kan habis olahraga lalu berkano ria di danau bersama keluarga atau orang tersayang.

Paintball

Area paintball terbagi lagi menjadi 3 zona, yaitu battle savana, battle village, dan battle field. Kita bisa uji adrenalin dalam pertempuran yang seolah sungguhan. Lama waktu pertempuran kurang lebih 60 menit dan tiap zona memiliki misi yang berbeda untuk diselesaikan peserta. Pemain akan dipinjamkan seragam perang, mendapat briefing cara menggunakan senjata, menembak, sistem permainan, dan hal-hal penting berkaitan dengan peraturan permainan. Setelah selesai, peserta langsung bisa memulai pertempuran.

Eco Market

Eco Market hadir setiap akhir pekan dan hari libur nasional. Kita bisa berbelanja buah dan sayur bebas pestisida di sini dan merupakan pasar organik terbesar di Jakarta. Selain itu, ada pula bazaar tanaman hias dan kerajinan tangan, demo pembuatan keramik, penampilan musik akustik. Untuk yang mau ikut senam pagi, datang aja lebih pagi ke area ini ya. Eco Market buka mulai pukul 6 pagi dan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB.

Learning Farm

Learning farm adalah area edukasi yang bisa dijadikan tempat bermain sambil belajar bagi anak-anak. Di sini ada pelajaran cara berkebun. Kita akan diajari cara bercocok tanam, menggunakan pupuk organik, bahkan cara memanen sayuran. Lalu ada pula area tempat kita bisa kasih makan hewan-hewan yang dipelihara di sana, seperti monyet, angsa, beruang, juga rusa.

Area Ecopark Allianz Ancol ini kan luas sekali. Untuk mengelilinginya kita bisa sewa sepeda, ATV, buggy, atau eco track. Kita bisa olahraga jalan kaki atau joging sambil menikmati pemandangan sekitar yang indah. Tak lupa, foto-foto juga di spot-spot keren yang instagramable banget.

Allianz Sweat Challenge

Acara yang satu ini merupakan persembahan Allianz untuk mendukung program terciptanya kesehatan keluarga Indonesia. Acaranya dikemas dalam kegiatan olahraga bersama yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Siapa pun bisa datang dan ikut berolahraga bersama dengan GRATIS. Kita cukup bayar tiket masuk di gerbang Ancol saja. Program acara Allianz Sweat Challenge cukup banyak. Kita bisa lihat di jadwal yang tersedia.

Gambar: https://www.allianz.co.id/program-allianz/acara/allianz-sweat-challenge-running-exercise/8373

Untuk tanggal 10 Maret 2018 nanti, akan ada Running Exercise. Gratis juga acara ini, namun kita harus mendaftarkan diri dulu di website Allianz Sweat Challenge. Oh ya, biar langsung bisa nemu lokasi acara, disarankan masuk melalui pintu Allianz Ecopark sisi depan Hotel Mercure.

Setelah membaca seluruh informasi ini, saya jadi pengen ikutan nih. Hari Minggu wajib jalan-jalan ke Allianz Ecopark Ancol dan ikut berolahraga di sana. Kalian bagaimana? Mau ikut jugakah? Kalau mau ikut, segera daftarkan diri ya. Sampai bertemu hari Minggu nanti.

1,260 total views, 8 views today

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here