Tren media sosial akhir-akhir ini semakin meningkat karena media sosial saat ini tidak lagi sekadar media untuk berjejaring, tetapi juga bisa menghasilkan uang. Lihat saja betapa banyaknya orang yang hanya dengan memasang foto selfie di Instagram, kemudian bisa mendapatkan penghasilan. Kebanyakan dari mereka menggunakan kamera ponsel untuk selfie. Namun, ternyata tidak semua hasil foto selfie bagus. Nah, ini nih penyebab selfie dengan kamera ponsel hasilnya jelek.

5 Penyebab Selfie dengan Kamera Ponsel Hasilnya Jelek

1. Kamera Ponsel Jarang Dibersihkan

Sejak menjadi blogger, saya menjadi aware banget dengan foto yang saya hasilkan. Foto-foto tersebut biasanya digunakan untuk melakukan campaign di media sosial atau untuk melengkapi tulisan saya di blog. Sayangnya, selfie dengan kamera ponsel yang saya lakukan tidak semuanya berhasil dan bagus. Selidik punya selidik, ternyata kebersihan kamera di ponsel memegang peranan juga. Dengan rajin membersihkan lensa kamera di ponsel, foto selfie dengan kamera ponsel bisa jadi lebih bagus.

2. Pengaturan Kamera Kurang Tepat

Kebanyakan ponsel yang beredar saat ini telah dilengkapi kamera yang bagus dan mumpuni untuk menghasilkan foto keren. Namun kadang sayanya iseng tuh melakukan perubahan pada pengaturan kamera di ponsel. Pengaturan kamera yang kurang tepat ternyata memberi dampak besar pada hasil foto selfie dengan kamera ponsel. Jadi, kalau belum terlalu mahir mengatur settingan kamera di ponsel, mending gunakan fitur auto-nya saja.

3. Terlalu Banyak Filter yang Digunakan

Segala sesuatu yang berlebihan pastilah mendatangkan hasil yang tidak bagus. Selfie dengan kamera ponsel yang terlalu banyak menggunakan filter pun bisa membuat hasil foto jelek. Padahal jika digunakan secara tepat, filter tadi bisa memperbagus gambar/foto yang dihasilkan. Untuk itu, jika memang ingin menggunakan filter, gunakan secukupnya saja. Hasil foto yang natural jauh lebih bagus dibandingkan dengan yang difilter berlebihan.

4. Tidak Memanfaatkan Aplikasi Pihak Ketiga

Saat ini teknologi sudah sangat maju dan telah tersedia berbagai aplikasi yang siap mendukung apa pun kebutuhan kita, termasuk aplikasi untuk menghasilkan foto selfie dengan kamera ponsel yang bagus. Coba cari referensi sebanyak mungkin mengenai aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu memperbagus hasil foto. Trial and error tidak ada salahnya dan pilihlah aplikasi yang paling nyaman untuk digunakan.

5. Tidak Mentaati Aturan Rule of Third

Saya pernah ikut workshop fotografi yang pembicaranya adalah fotografer favorit saya. Beliau inilah yang mengatakan bahwa teknik dasar dari fotografi adalah rule of third, yaitu meletakkan objek di empat titik garis yang saling bersentuhan. Rule of third ini tidak hanya berlaku untuk penggunaan kamera DSLR atau mirrorless, tetapi juga berlaku saat hendak mengambil foto selfie dengan kamera ponsel.

Masih ada cukup banyak penyebab kenapa hasil foto selfie dengan kamera ponsel kurang memuaskan, seperti kurangnya pencahayaan, sudut pengambilan gambar kurang pas, dan sebagainya. Namun saya rasa, 5 hal yang sudah saya bagikan dalam tulisan ini layak untuk dicoba. Gampang-gampang susah loh mencobanya. Saya pun masih belajar. Tapi semakin sering berlatih, hasilnya pastilah akan semakin bagus.

14,819 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here