Solusi Sakit Maag – Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi bubuk kopi. Karena ada lebih dari 50 negara yang membudidayakan pohon kopi dengan dua varietas unggulan, yaitu Arabika (Coffee arabica) dan Robusta (Coffee Canephora), maka bisa dipastikan banyak orang mengenal kopi. Saya pribadi mengenal kopi saat SMA.

Ketika itu, saya tinggal di asrama putri di Malang. Setiap musim ulangan tiba, saya dan teman-teman sering belajar hingga larut malam. Kopi jadi andalan kami karena memang kami jadi tahan melek dan bisa tetap fokus belajar. Kebiasaan minum kopi terus berlanjut hingga saat ini. Ya, kopi jadi teman setia saya dalam menyelesaikan berbagai tulisan. Sayangnya, saya termasuk penikmat kopi yang juga sering mengalami gangguan lambung. Mau tak mau saya harus cari solusi sakit maag. Apakah ada cara mengatasi sakit maag dan gangguan lambung, terutama bagi orang yang gemar minum kopi?

Penyebab Sakit Maag dan Gejala Sakit Maag

Sebelum kita membahas tentang solusi sakit maag panjang lebar, ada baiknya kita tahu dulu penyebab sakit maag dan bagaimana gejala sakit maag yang sering dirasakan, namun malah sering pula diabaikan kebanyakan orang.

Jadi ceritanya, waktu SMA dulu saya sih minum kopinya tak banyak. Hanya malam hari atau pagi hari sebelum sekolah, itu pun hanya kopi sachet yang dibeli di minimarket di jalan Kawi, Malang. Sejalan dengan waktu dan semakin sering saya mencoba berbagai jenis minuman kopi, saya pun jadi tahu, ada banyak jenis minuman kopi dengan ciri khas masing-masing, termasuk efek yang saya rasakan setiap saya mencicipinya.

Dibalik rasa kopi yang pahit, terutama untuk bubuk kopi yang digiling sendiri dari biji kopi, sebenarnya ada rasa lain. Kebetulan saya punya teman cewek yang berprofesi sebagai tester kopi (saya lupa sebutannya apa), yang harus mencicipi banyak kopi dulu sebelum biji kopi didistribusikan ke salah satu gerai kopi ternama. Dari dia saya banyak belajar, bahkan pernah pula ikutan mencoba. Ada kopi yang dibalik rasa pahitnya memiliki rasa vanila, wangi apel Malang, manis, asam, dan sebagainya. Nah beberapa kali waktu saya mencicipi minuman kopi dengan base flavour berasa asam, perut saya mendadak terasa tak enak. Asam lambung naik dan menyebabkan kembung.

Solusi mengatasi sakit maag
Sakit Maag dan Gangguan Lambung

Gejala sakit maag yang sering saya rasakan, antara lain:

  • Refluks atau cairan dari lambung yang berasa asam naik ke kerongkongan.
  • Nyeri dan rasa panas di ulu hati atau di bagian tengah dada.
  • Mual dan kembung.
  • Sering bersendawa

Dari berbagai artikel kesehatan, kandungan kafein pada kopi ditenggarai dapat menyebabkan cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah sehingga memicu peningkatan produksi asam lambung dan disebut-sebut sebagai penyebab sakit maag. Saat asam lambung naik ya rasanya dada dan tenggorokan panas dan seperti terbakar. Dalam dunia medis, naiknya asam lambung ini sering pula disebut GERD atau refluks asam lambung. Jika kasus terjadinya asam lambung diabaikan dan kondisi menjadi lebih parah maka bisa menyebabkan peradangan pada lambung.

Awalnya, saya sempat percaya kalau kopi adalah penyebab meningkatnya asam lambung dan jadi pencetus sakit maag. Saya sempat berhenti minum kopi waktu sakit maag yang saya rasakan tak kunjung reda. Anehnya, saat saya tak minum kopi, sakit maag tetap bisa datang. Saya jadi berpikir, apakah benar hanya kopi yang jadi penyebabnya? Lalu karena penasaran dan tak ingin berlama-lama berpisah dengan kopi, saya pun mencari tahu lebih banyak mengenai penyebab sekaligus solusi sakit maag. Ternyata, penyebab sakit maag itu ada banyak lho.

Dari berbagai sumber saya mengetahui bahwa ada beberapa penyebab sakit maag, antara lain:

  • Obesitas.
  • Makan berlebihan dan terlalu cepat.
  • Terlalu banyak (sering) konsumsi makanan berlemak dan berminyak.
  • Kecemasan dan stres yang berlebihan.
  • Berlebihan dalam konsumsi cokelat, minuman soda dan alkohol, minuman mengandung kafein.
  • Merokok.
  • Efek samping dari konsumsi obat anti-inflamasi.
  • Gaya hidup kurang sehat dan sering begadang.

Setelah tahu penyebabnya, saya pun jadi tersadar. Pantas saja sih saat tak konsumsi kopi, saya tetap bisa sakit maag karena gaya hidup saya yang kurang sehat, sering begadang, suka cemas berlebihan untuk hal-hal tak penting, stres juga ketika sedang banyak deadline dan sebagainya. Gaya hidup kurang sehat ini diperburuk dengan saya jarang olahraga, padahal banyak olahraga mudah seperti jalan kaki yang bisa saya lakukan. Sering melakukan aktivitas fisik juga dapat menyehatkan saluran cerna. Sayangnya, saya jarang melakukannya. Akibatnya ya saya mudah sakit, termasuk sakit maag. Saat sakit, otomatis produktivitas jadi terganggu dan bekerja pun jadi tak nyaman. Harus ada solusi sakit maag yang bagus nih biar sakit maag tak bolak-balik kambuh. Syukurlah, ada Promag solusi  untuk mengatasi sakit maag yang cocok banget buat saya agar terbebas dari asam lambung.

Solusi sakit maag
Muhammad Aga Berbagi Cerita Dibalik Barista

Solusi Sakit Maag Agar Terbebas dari Asam Lambung

Pada 27 September 2018 lalu, bertempat di Liberica Cafe, salah satu kafe kopi di area Blok M Pasaraya, saya mengikuti acara #CeritaDibalikBarista #NikmatiHarimu bersama #Promag. Di acara ini hadir Muhammad Aga, barista peraih Indonesia Barista Championship (IBC) Maret 2018 serta Indra Sugiharto selaku Senior Brand Manager Promag. Saat saya tiba di Liberica, sudah banyak undangan yang hadir, mulai dari teman-teman media, blogger, mahasiswa dan profesional penikmat kopi, juga ada beberapa barista.

Mereka semua berkumpul untuk sama-sama mendengarkan pengalaman Muhammad Aga sebagai barista profesional dan pemilik kedai kopi Coffee Smith Jakarta Coffeeshop & Roastery. Cerita dibalik Barista menjadi sesi pertama Mas Aga, panggilan Muhammad Aga, berbagi kisahnya. Menurutnya, trend ngopi di masyarakat perkotaan, terutama untuk generasi milenial, sudah menjadi gaya hidup.

Meeting pekerjaan dilakukan di kedai kopi, nongkrong bareng teman ya perginya ke kafe kopi. Minum kopi bersama teman atau relasi menjadi kebiasaan yang dianggap dapat mempererat dan memperluas jaringan pertemanan, sekaligus menjadi pencetus inspirasi dan ide-ide. Seiring dengan meningkatkan jumlah penikmat kopi maka meningkat pula pertambahan kedai-kedai kopi. Untuk kisah Mas Aga sendiri nanti akan saya ulas pada tulisan terpisah saja ya agar tulisan ini tak terlalu panjang.

Namun sejalan dengan bertambah banyak jumlah penikmat kopi, ternyata bertambah pula jumlah orang yang sakit maag. Dari data yang telah dihimpun WHO pada 2012, penderita sakit maaf telah mencapai kurang lebih 40,8 persen dan penyakit yang satu ini masuk dalam daftar 10 penyakit terbanyak yang diderita pasien rawat inap di berbagai rumah sakit di Indonesia. Menyedihkannya, kebanyakan penderita sakit maag adalah orang-orang berusia produktif. Kebayang kan apa yang terjadi kalau penyakit ini sudah dirasakan? Produktivitas dan aktivitas kerja harian jadi terganggu.

Bagi yang memiliki gangguan asam lambung atau sakit maag, sekarang sudah ada solusi sakit maag berkat #PromagAhlinyaLambung. Dari uji klinis dan survei yang telah dilakukan, telah terbukti sejak bertahun-tahun lalu, kalau Promag efektif jadi solusi sakit maag dan meredakan nyeri lambung akibat sakit maag, peningkatan asam lambung, atau gangguan lambung lainnya. Promag mengandung formula Hydrotalcite yang dpat bekerja dengan cepat atasi sakit maag dan mampu membentuk lapisan dinding lambung sehingga mengurangi rasa nyeri akibat asam lambung.

Selain mengandung formula Hydrotalcite, Promag solusi terbaik bagi yang sering sakit maag ini juga mengandung Simethicone dan Magnesium hydroxide. Simethicone adalah obat antiflatulent yang mampu mengatasi kembung, meredakan nyeri dan rasa sakit akibat terlalu banyak gas di dalam perut, dan menghilangkan ketidaknyamanan selama sakit maag kambuh. Sementara Magnesium hydroxide adalah formula yang bekerja sebagai antasida bersama dengan Hydrotalcite yang juga bekerja sebagai antasida.

Solusi meredakan Sakit Maag
Promag Solusi Sakit Maag Agar Terbebas Asam Lambung

Indra Sugiharto, Senior Brand Manager Promag, mengatakan ada 4 varian Promag yang bisa menjadi solusi bagi penderita sakit maag, yaitu:

  1. Promag Tablet

Progmag tablet sudah ada sejak 45 tahun dan menjadi solusi sakit maag terpercaya yang banyak digunakan orang-orang dengan gangguan lambung. Fungsi obat ini mampu menetralisir kelebihan asam lambung yang bisa menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman di perut, serta mampu mengurangi gas berlebih di saluran pencernaan

2. Promag Fruity

Promag fruity memiliki komposisi yang sama dengan Promag tablet dan tetap bermanfaat sebagai solusi bagi yang sering sakit maag atau sering mengalami peningkatan asam lambung. Hanya saja beda Promag Fruity ini ada rasa buah anggur.

3. Promag Cair

Inovasi terus dilakukan Promag untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan solusi sakit maag yang ampuh sehingga tetap dapat produktif dalam bekerja dan berkarya. Bagi para milenial yang mobile banget maka Promag cair sebagai solusi yang bisa meredakan gangguan lambung. Kandungan dan manfaatnya tetap sama seperti produk Promag lainnya, hanya saja dikemas dalam bentuk obat cair sehingga praktis digunakan.

4. Promag Double Action Solusi Sakit Maag

Promag Double Action mengandung 800mg Kalsium karbonat, 165mg Magnesium hidroksida, dan 10mg famotidine yang bekerja lebih cepat untuk menurunkan dan menetralisir produksi asam lambung saat sakit maag kambuh.

Jika mundur ke beberapa tahun lalu, saya pribadi sudah sejak SMA mengenal Promag sebagai ahlinya lambung dan solusi sakit maag yang cocok banget setiap gangguan lambung menyerang saya. Karena kemasannya praktis, Promag selalu ada di dalam tas dan mudah dibawa saat bepergian ke mana pun. Apalagi saat ini saya berprofesi sebagai freelancer yang banyak bepergian dengan tekanan deadline padat merayap. Kadang stres juga melanda, belum lagi kegiatan ngopi yang jalan terus baik saat sedang bekerja, saat meeting dengan teman atau rekan kerja, atau hanya sekadar nongkrong. Ngopi jalan, produktivitas lancar, dan saya tak perlu lagi khawatir gangguan lambung karena bisa segera diatasi dengan Promag.

Kamu juga sering mengalami sakit maag atau gangguan lambung? Agar kamu tetap bisa #NikmatiHarimu dan terbebas dari asam lambung, cobain deh Promag sebagai solusi sakit maag.

9,122 total views, 213 views today

29 COMMENTS

  1. Kalo udah gada sakit maag, minum kopi hajaaar aja yaak. Aahh promag jadi temen paling setia saya deh. Kemana-mana saya bawa nih promag. Simpel banget dan praktisnya itu lho.

  2. Biasanya saya konsumsi promagh kaloau puasa…baru deh nyaman perutnya dari lapar… Kalo gak makan Promagh.. ada rasa nyerinya gitu kalo perut kosong

  3. bener banget ini kalau lagibcemas dan stress maag aku sering kambuh. Padahal sudah jaga makan, makanya akunselalu siap promaag

  4. Promag ini juara banget, semacam A*ua si air mineral itu.
    Semua orang ingat namanya, mau beli yang lainpun nyebutnya Promag hehehe

    Dulu saya suka nyetok ini waktu ngekost, maklum anak kosan suka kurang makan hahaha

  5. aku klo sakit maag dulu sampe ulu ati sakit..n tahaknya gk enak trus bisa muntah 🙁 biasanya klo makan telur yg di goreng di teplon atau telur2 cabe..

  6. Gejala nomor 2 sampai 4 kerap daku rasakan.. Makanya selalu daku siapkan promag dalam tas dan pola makan diatur lebih baik, biar nggak sakit lagi mag nya

  7. Promag selalu ada di kotak P3K.. Karna saya memang punya asam lambung sejak jaman ngekost. Paling suka nyediain yg cair.. tinggal minum. Tp yg palibg mudah dibawa yg tablet.. mmg bnr2 cpt meredakan nyeri asam lambung

  8. Penikmat kopi ini memang lambungnya beda2, saya malah terbiasa bgt ngopi jenis apapun dengan posisi perut kosong.

    Tapi oke juga nih buat jaga2 kalo kekuatan lambungku mulai menipis, ada Promag Fruity juga ternyata 😀

  9. Aku kalau minum kopi sachetan suka sakit perut, tapi kalau racikan enggak mbak. Knp ya… (malah nanya haha).
    Btw aku pernah jg minun kopi trus ngrasa mual, kyknya asam lambung, akhirnya minum promaag sembuh😁

  10. Sakit maag saya kumat kalo sudah stress atau telat makan. Baru kemarin dia kumat lagi dan saya coba Promag. Ajib…sekira setengah jam kemudian, sakit maagnya sembuh 😀

  11. Tapi meskipun kak mon udah tau solusi sakit maag, please stop dulu sampai sehat kembali ya. Nanti kalau udah sembuh kita ngopi-ngopi cantik bareng lagi. Sambil bekel promag buat jaga-jaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here