K-Link Berbagi Spirit Ramadhan. Judul di atas pastilah langsung membuat semua yang membacanya berpikir, “Halah, Monica menulis review lagi nih.” Benar sih, saya tak memungkiri hal ini karena memang awal penyebab saya membagikan tulisan kali ini karena mengikuti suatu acara, yaitu acara K-Link Berbagi Spirit Ramadhan bersama 500 anak yatim yang acaranya diselenggarakan di K-Link Tower, Jakarta. Namun ada beberapa hal yang menarik ketika saya mengikuti acara tersebut, antara lain tentang berbagi kebahagiaan.

K-Link Berbagi Spirit Ramadhan
K-Link Membagikan Santunan Bagi Anak Yatim dan Yayasan Panti Asuhan. Foto: Mira Utami

Anak-anak adalah cermin yang mampu menunjukkan apa sebenarnya kebahagiaan sejati itu. Coba lihat bagaimana ekspresi seorang anak ketika mendapati ada seseorang yang memberinya hadiah. Ekspresi kebahagiaan yang tulus, yang memancar dari hati betapa ia senang diberi hadiah, meski hadiah tersebut hanyalah sebutir permen atau sebatang pensil.

Anehnya, ketika melihat ekspresi bahagia terpancar di wajah sang anak, kita pun otomatis merasa bahagia. Ada kehangatan yang menyelinap di dalam hati dan membuat kita ingin berbagi lebih banyak kebahagiaan lagi.

Di acara K-Link Berbagi Spirit Ramadhan kemarin yang saya ikuti, betapa kebahagiaan menyebar sedemikian pekat. Senyum merekah di bibir setiap anak. Celoteh khas anak-anak terdengar dari segala penjuru. Dan air mata saya tak mau berhenti mengalir ketika mengingat di antara anak-anak itu, hampir semuanya telah kehilangan salah satu atau bahkan kedua orang tua yang seharusnya masih memberikan kasih sayang kepada mereka.

K-Link Berbagi Spirit Ramadhan

500 anak yatim? Ketika mendengar jumlah anak-anak yang akan hadir dalam acara K-Link Berbagi Spirit Ramadhan yang diselenggarakan tanggal 7 Juni 2018 lalu, saya sempat bertanya-tanya dalam hati. Benarnya jumlahnya akan sebanyak itu? Faktanya, memang sebanyak itulah yang hadir.

K-Link Berbagi Spirit Ramadhan Bersama 500 Anak Yatim
K-Link Berbagi Spirit Ramadhan Bersama 500 Anak Yatim

Ballroom yang tadinya kosong perlahan terisi. Bus demi bus datang membawa rombongan anak-anak dan para pendamping mereka. Ada yang berusia di bawah satu tahun dan masih digendong salah satu pendamping, ada yang telah berusia remaja dan duduk di bangku SMP. Semuanya duduk rapi secara lesehan, sama seperti saya dan teman-teman blogger dari Komunitas Indoblognet dan para undangan yang juga duduk lesehan.

Acara K-Link Berbagi Spirit Ramadhan ini dimulai sekitar pukul 4 sore dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ust. Bushari Narito. Setelahnya, beberapa perwakilan anak-anak tersebut naik ke panggung untuk unjuk kebolehan dengan menyanyikan lagu dengan suara mereka yang merdu. Juga ada games kecil untuk menjawab pertanyaan. Anak yang bisa memberi jawaban dengan benar akan mendapatkan hadiah.

Presiden Direktur K-Link Indonesia, Dato DR. H. Md. Radzi Saleh juga hadir bersama rombongan. Dato Radzi Saleh dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau juga anak yatim dan anak-anak yatim tak boleh minder apalagi sampai berkecil hati dan berputus asa. Anak yatim adalah anak yang disayang Allah, sama seperti Nabi Muhammad yang juga terlahir sebagai anak yatim sejak kecil. Semuanya boleh dan berhak meraih kebahagiaan serta kesuksesan. Untuk dapat mencapainya, teruslah berusaha pantang menyerah. Saling membantu dan tolong menolong agar berkat Allah terus melimpah.

K-Link Berbagi Spirit Ramadhan
Dato H. Md. Radzi Saleh. Foto: Mira Utami Indoblognet

Ketika tiba waktu berbuka, semua undangan, mulai dari seluruh anak yang hadir, media dan blogger, juga undangan lainnya, berbuka puasa bersama. Berbagai hidangan tersedia, penganan kecil, kurma, bahkan makanan utama seperti bakso, soto, siomay, dan sebagainya boleh dinikmati bersama tanpa terkecuali. Anak-anak juga mendapatkan bingkisan serta santunan dari K-Link Indonesia.

Jangan Menghitung Jumlah yang Dibagi, Tapi Teruslah Berbagi

Sesaat sebelum acara benar-benar berakhir, saya dan teman-teman blogger serta media sempat ikut press conference bersama Dato Radzi Saleh. Ada salah satu teman media yang bertanya, berapa sih jumlah dana yang disalurkan untuk acara hari ini? Dan berapa seluruh total dana yang memang sengaja dialokasikan untuk amal, mengingat tidak hanya sekali ini saja K-Link berbagi kebahagiaan kepada banyak sesama yang membutuhkan dan dalam berbagai bentuk bantuan.

Tahu apa jawaban Dato Radzi? Beliau mengucap Allahu Akbar dan menggelengkan kepala sambil tertawa. Ia kemudian menoleh ke panitia penyelenggara acara dan berkata, “Saya harus ngomong apa kalau ditanya begini?” Lalu beliau melanjutkan bahwa kegiatan amal yang dilakukan oleh K-Link Indonesia telah dilakukan sejak awal dan beliau sama sekali tak pernah menghitung berapa biaya yang dikeluarkan atau dianggarkan untuk kegiatan sosial ini. Pokoknya kalau ada yang membutuhkan bantuan tinggal kontak K-Link Care Foundation yang merupakan yayasan nirlaba khusus untuk mengelola semua kegiatan CSR K-Link. Inilah bentuk komitmen K-Link untuk turut serta membantu menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat luas.

K-Link Berbagi Spirit Ramadhan
Foto Bersama Setelah Press Conference. Foto: Mira Utami

Ada banyak sekali kegiatan amal yang telah dilakukan K-Link Care Foundation dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mulai dari penyediaan peluang bisnis rumahan melalui pemasaran berbagai produk yang dikeluarkan K-Link, penyediaan dana bantuan beasiswa bagi anak-anak yatim dan anak dari keluarga kurang mampu, menjadi penyandang dana bagi 200 anak panti asuhan K-Link Darul Ihsan yang berlokasi di Prambanan, Yogyakarta, juga ada sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Menurut Datu Radzi, beliau sama sekali tak terlalu memperhitungkan dana amal yang telah disalurkan karena beliau berfokus pada berapa banyak kebahagiaan yang bisa beliau bagikan kepada banyak orang.

Saat mendengar perkataan Pak Radzi tentang berbagi kebahagiaan untuk lebih banyak orang ternyata membuat hatinya ikut bahagia, hati saya seolah mengiyakan. Benar sih, kebahagiaan itu kita yang menciptakan, bukan menunggu campur tangan orang lain untuk bahagia. Cara mendapatkan kebahagiaan ternyata bisa juga dengan berusaha membahagiakan orang lain dengan melakukan hal-hal sederhana. Memangnya apa sih yang diberikan kepada anak-anak yatim yang hadir di acara ini? Apakah besar sekali? Tidak juga menurut saya.

Ketika melihat ada satu anak yang maju untuk mengambil hadiah (setelah anak itu menjawab pertanyaan dengan benar) hadiah kecil yang diterimanya membuat tawa merekah sedemikian lebar di wajahnya. Sorot kebahagiaan yang terpancar sungguh bukan kepura-puraan. Kebahagiaan kecil yang menyebar cepat dan meninggalkan jejak bahagia pula pada sekitarnya, pada orang-orang yang melihat kejadian sepele sekadar menerima hadiah tadi. Kamu pasti pernah merasakannya juga, kan, perasaan bahagia ketika melihat wajah seseorang yang begitu bahagia setelah menerima hadiah kecil?

K-Link Indonesia Peluang Usaha Rumahan Bagi Siapa Saja

Sebelum pulang ke rumah masing-masing saat acara telah sepenuhnya berakhir, seluruh anak yatim mendapatkan bingkisan dalam bentuk tas sekolah dan isinya, juga kue-kue, selain tentu saja santunan yang diberikan kepada masing-masing yayasan yang menaungi anak-anak tersebut. Sementara bagi blogger dan media, K-Link ternyata juga menyiapkan bingkisan lho, dua produk K-Link yang pastinya akan sangat bermanfaat.

Bingkisan yang saya terima adalah produk shampo K-Care Honey and Goat Milk dan K-Wonderland Care Conditioner. Keduanya termasuk produk kecantikan keluaran K-Link, selain tentu saja masih banyak lagi produk lain, seperti kebutuhan rumah tangga, kesehatan, produk kosmetik dan produk lain yang kualitasnya sudah pasti premium.

K-Link Berbagi Spirit Ramadhan
Produk K-Link K-Care Honey & Goat Milk Shampoo dan K-Wonderland Conditioner

K-Care Honey and Goat Milk Shampoo mengandung madu dan susu kambing yang bagus untuk menutrisi rambut dan menjadikan rambut lebih halus, lembut, dan terawat dengan baik. Perawatan menjadi semakin sempurna dengan dilengkapi dengan conditionernya. Di dalam conditioner ini terdapat minyak zaitun, aloe vera, dan arginine yang akan memulihkan rambut rusak dan rapuh menjadi lebih sehat dan tak lagi bercabang.

“Sejak 2002, K-Link Indonesia menjadi salah satu pemain bisnis MLM Syariah yang diperhitungkan. Terbukti, telah memberi peluang bisnis usaha rumahan bagi ibu rumah tangga dan peluang usaha bisnis online terutama bagi anak-anak muda yang memiliki bisnis kreatif.”

– Dato DR. H. Md. Radzi Saleh, Presiden Direktur K-Link Indonesia –

K-Link Berbagi Spirit Ramadhan ini semoga bisa menginspirasi lebih banyak orang untuk berbagi kebahagiaan dan membuat hidup menjadi lebih bermakna karena bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan uluran tangan. Sukses selalu untuk K-Link Indonesia.

1,129 total views, 2 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here