Jangan suka nyemil, ntar gendut, lho! Cukup sering saya mendengar nasihat yang satu ini saat para perempuan pada ngumpul. Kadang terpengaruh juga sih mengingat berat badan saya gampang sekali naik. Tapi bagaimana lagi, kalau nulis tak sambil nyemil selalu berasa ada yang kurang. Jadi saya pun mulai berburu cemilan sehat dan cemilan sehat itu harus enak… hahaha. Untunglah sekarang tak perlu bingung lagi karena saya sudah menemukan cemilan sehat Inti Gandum Indofood.

Kandungan Gizi Cemilan Sehat Inti Gandum Indofood

Serius ada cemilan sehat? Serius dong. Saya juga baru tahu waktu datang ke acara Fine and Healthy with Inti Gandum Indofood tanggal 14 April 2018 lalu. Acara yang diadakan di Paradigma Cafe, Jakarta, tersebut dihadari 3 narasumber keren yang akan berbagi mengenai pola hidup sehat dan gimana sih bisa tetap bisa menikmati cemilan sehat dan kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Talkshow ini dipandu oleh MC bernama Veve yang penuh semangat dan “renyah” banget sampai yang ngantuk pun bakal nyimak setiap kata-katanya… hahaha.

Bu Angel Brand Manager Indofood
Bu Angel Brand Manager Indofood.

Sebelum ketiga narasumber memasuki stage, ada Bu Angel, Brand Manager Indofood. Menurut Bu Angel, Inti Gandum Indofood adalah sandwich gandum madu pertama di Indonesia. Berbahan dasar gandum yang kaya akan serat dan bagus untuk pencernaan dan rasa manisnya berasal dari madu, bukan gula seperti camilan pada umumnya.

Makanan yang mengandung gandum biasanya mengenyangkan. Jadi kalau kita makan biskuit Inti Gandum 1-2 keping saja, kita sudah merasa kenyang. Kalau ingin makan lebih pun biskuit ini aman bagi tubuh, apalagi susu yang digunakan adalah susu skim yang rendah lemak. Ada 2 varian yang bisa dipilih, yaitu Honey Banana dan Chocolate.

Mendengar penjelasan Bu Angel, saya langsung berbinar-binar dong, secara saya suka sekali biskuit manis. Cocok sekali Inti Gandum Indofood ini jadi cemilan sehat yang akan menemani saya menulis naskah atau artikel. Teman-teman yang biasa bekerja di malam hari (kerjanya ngalong) pasti tahulah godaan terbesar bekerja malam adalah lapar dan mengantuk. Kalau ada “temannya” kopi pahit dan biskuit yang manisnya karena madu, wah sip banget nih. Dalam pikiran saya, pulang dari acara ini saya akan langsung beli buat persiapan menulis malam hari.

Yuk Hidup Sehat dengan Cemilan Sehat Inti Gandum

Eits, tunggu dulu. Saya belum waktunya pulang karena masih ada sesi talkshow. Selanjutnya, Veve, pembaca acara yang lincah dan penuh semangat, memanggil ketiga narasumber, yaitu Lisa Namuri yang merupakan seorang ahli di bidang fitness, sekaligus instruktur yoga dan pilates, Dr. Haekal Anshari M. Biomed, dan Sabai Dieter istrinya Ringgo Agus Rahman, seorang artis. Setelah ketiganya duduk manis di stage, acara talkshow pun dimulai. Lisa Namuri menjadi pembicara pertama.

Menurut Lisa, tubuh adalah investasi seumur hidup yang harus terus dijaga. Caranya, belajarlah memahami apa yang dibutuhkan tubuh. Sehat itu berawal dari pikiran. Pikiran yang sehat tentu akan membuat tubuh juga sehat, dan sebaliknya, jika pikiran kusut melulu ditambah dengan stres yang tak ada habisnya, jangan heran kalau perlahan tubuh sering merasa sakit. Dengan kata lain, kita perlu menjaga ketenangan dan kejernihan pikiran sehingga tubuh akan selalu terasa bugar dan sehat.

“Love your body, love your mind, and love your soul. Pikiran yang dipaksakan terus bekerja akan jenuh dan menjadi tak stabil. Tubuh yang terus bekerja tanpa henti tanpa peduli apa kebutuhan tubuh yang sebenarnya juga membuat tubuh rentan terkena penyakit. Bekerja keras boleh, tetapi jika tak mendengarkan tubuh kita sendiri, kelak pencapaian impian pada akhirnya tak tentu mendatangkan kebahagiaan karena kita sudah terlanjur lelah atau malah sakit. Hiduplah secara seimbang.”

– Lisa Namuri –

Kandungan Gizi Cemilan Sehat Inti Gandum Indofood
Narasumber di Acara Fine and Healthy with Inti Gandum Indofood

Saran Lisa Namuri untuk menyeimbangkan hidup, kita perlu banyak aktivitas olah tubuh, salah satunya berolahraga. Yoga bisa jadi pilihan dalam hal ini karena yoga adalah olah tubuh yang menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa. Rajin yoga tidak hanya akan menyehatkan tubuh, tetapi juga membantu menjaga kesehatan jiwa dan pikiran kita. Istimewanya jenis olahraga yang satu ini, siapa pun bisa melakukannya. Tak perlu melakukan gerakan sulit dulu, cukup duduk tenang, mata terpejam, bernapaslah secara teratur, selaraskan pikiran dan jiwa, sudah cukup. Gerakan lainnya, lakukan saja peregangan, seperti mengangkat kedua tangan ke atas kemudian memiringkan tubuh ke kiri dan ke kanan bergantian, dan sebagainya.

Pembicara kedua adalah dr. Heikal Anshari. Beliau menitikberatkan pada pentingnya asupan nutrisi harian yang berpedoman pada pedoman gizi seimbang yang saat ini sedang digalakkan pemerintah Indonesia. Udah pada tahu dong ya apa itu Pedoman Gizi Seimbang, jadi saya tak perlu lagi menjelaskan panjang lebar di sini.

Dengan pola makan yang teratur dan asupan gizi yang seimbang, kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik, apalagi kalau ditambah dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup (minimal 8 gelas air per hari), juga mengurangi asupan gula, garam, dan lemak. Perlu diingat, mengurangi di sini bukan berarti menghilangkan ya. Bagaimana pun tubuh tetap butuh asupan GGL (gula, garam, lemak), namun ada batas maksimum harian yang perlu diperhatikan.

Tips Aktivitas Fisik Sederhana
Tips Aktivitas Fisik Sederhana

Sama seperti Lisa Namuri, dr. Haekal juga mengingat kita tetap perlu lebih banyak beraktivitas fisik di sela-sela kesibukan bekerja agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Lakukan peregangan ringan, jangan malas berjalan ke pantry untuk mengambil minum apalagi sampai minta tolong office boy terus, keluar kantor saat jam istirahat dan berjalan-jalan di taman untuk memperlancar peredaran darah juga bagus untuk dilakukan.

Cara lain agar tetap aktif bergerak, sering-seringlah naik tangga, jangan naik lift melulu. Hal penting berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan tubuh akan istirahat dan tidur malam yang cukup. Kebutuhan tidur malam ini tak bisa digantikan dengan tidur di siang hari, karena hanya di malam hari tubuh melakukan proses detoksifikasi alami. Jika kita melewatkan waktu tidur malam, maka proses ini akan terganggu dan akumulasi racun di dalam tubuh bisa berbahaya bagi kesehatan.

Tips yang diberikan Sabai Dieter untuk tetap rutin berolahraga meski sibuk adalah bermain dengan anak. Ia berbagi cerita betapa seringnya ia mengajak anak berjoget-joget sambil mendengarkan lagu anak. Ini juga bisa mendatangkan keringat dan bikin hati jadi senang. Ia juga memperhatikan asupan makanan untuk seluruh anggota keluarganya agar kesehatan semuanya tetap terjaga.

Zumba dan Yoga yang Bikin Fresh

Talkshow selesai, namun acara belum berakhir karena seluruh undangan akan diajak olahraga bersama dulu. Sesi pertama diisi dengan zumba terlebih dahulu. Musik yang menghentak dan gerakan yang dinamis bikin keringat saya mengucur. Saya lihat teman-teman yang lain juga begitu. Keringat, namun tetap bersemangat hingga sesi berakhir. Bagi saya, gerakan-gerakan zumbanya cukup mudah untuk diikuti dan nanti diterapkan sendiri di rumah. Tinggal putar lagu berirama rancak, lalu goyangkan anggota tubuh sampai berkeringat.

Kandungan Gizi Cemilan Sehat Inti Gandum Indofood

Nah ini nih yang lumayan bikin ngos-ngosan. Yoga. Saya tak menyangka ternyata gerakan sederhana yoga malah menguras habis tenaga saya. Padahal Lisa Namuri yang memandu kita hanya memberikan gerakan-gerakan yang kelihatannya mudah. Faktanya, gerakan mudah tadi kalau diikuti dengan penyelarasan jiwa dan pikiran, ditambah pengaturan napas, wah… keringatannya malah melebihi ber-zumba ria. Anehnya, abis yoga tubuh dan pikiran jadi lebih segar dan perasaan jadi lebih riang.

Nyobain Cemilan Sehat yang Enak

Tadi di awal saya ada cerita kan, ya, kalau saya mau beli biskuit ini sepulangnya dari acara. Tak tahunya waktu mau pulang, saya dan seluruh undangan dapat bingkisan yang isinya cemilan sehat Inti Gandum Indofood. Senang banget. Saya dan beberapa teman yang masih memilih menghabiskan malam minggu di Paradigma Cafe pun mengobrol di dekat taman sambil menikmati cemilan sehat ini. Rasanya enak. Manis dan gurihnya juga pas. Dan yang paling saya suka, gandumnya terasa banget, beda sama camilan lain yang lebih berasa tepung. Kalian mau coba juga? Cuslah langsung ke mini market terdekat karena cemilan yang satu ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko atau bisa juga beli secara online.

1,198 total views, 1 views today

6 COMMENTS

  1. Aku setuju banget sama saran dari Mbak Lisa Namuri untuk menyeimbangkan jiwa, raga, dan pikiran. Sedang berusaha keras untuk itu nih, Mbak. Btw desain Tips Aktifitas Fisik Sederhana-nya kece, Mbak! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here