Beberapa bulan terakhir setiap membaca berita di media online, saya cukup sering menemukan berita mengenai anak-anak yang terkena kanker, bahkan di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Leukemia atau kanker darah, menjadi kasus nomor satu. Kepala Instalasi Anak RS Kanker Dharmais, dr. Haridini, mengatakan bahwa setiap anak berpotensi terkena penyakit kanker (seperti yang dimuat di laman Depkes.go.id). Itu sebabnya penting sekali mengenalkan pola hidup dan makan makanan sehat sedini mungkin kepada anak-anak. Selain itu, perlu pula kewaspadaan orangtua dalam mengenal 6 jenis kanker pada anak agar ketika mengetahui tanda-tandanya bisa langsung mengambil tindakan untuk melakukan pemeriksaan.

Mengenal 6 Jenis Kanker Pada Anak

Dulu, saya pernah mengira kalau penyakit kanker hanya bisa menyerang pada orang dewasa akibat akumulasi pola hidup dan pola makan yang kurang sehat. Namun ternyata perkiraan saya ini salah, karena anak-anak pun bisa terkena penyakit kanker yang penyebabnya bisa karena mutasi gen. Maksud dari mutasi gen ini adalah terjadi perubahan DNA dari sel tubuh anak sejak dilahirkan, atau bahkan sejak anak masih dalam kandungan.

Agar bisa mengenali gejala, penyebab, dan cara pengobatan kanker, terlebih dahulu perlu diketahui 6 jenis kanker pada anak, sebagai berikut:

1. Leukemia

Leukemia atau yang dikenal juga dengan nama kanker darah, adalah penyakit kanker yang menyerang sel darah putih. Pada penderita penyakit ini, sumsum tulang belakang sebagai penghasil sel darah putih memproduksi sel darah putih melebihi batas normal dan akibatnya sel darah putih bisa ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Jika produksi sel darah putih berlebihan maka akan mengganggu fungsi sel darah lain.

2. Retinoblastoma

Retinablastoma adalah salah satu jenis kanker pada anak yang menyerang retina yang posisinya terdapat di dinding bola mata bagian belakang. Penyakit yang satu ini lebih sering terjadi pada anak usia dini, bahkan sejak dalam kandungan dengan persentasi terdeteksi sebelum anak usia 4 tahun kurang lebih 90 persen. Dengan kata lain, retinoblastoma jarang menyerang orang dewasa.

Ketika terjadi kanker pada anak jenis retinoblastoma ini, sel-sel mata yang dikenal dengan nama retinoblas tidak dapat berubah menjadi sel matang, tetapi terus membelah diri sehingga membentuk kanker pada retina. Untuk mengetahui gejalanya, bisa dilihat di gejala dan penyebab retinoblastoma.

3. Neuroblastoma

Inilah jenis kanker pada anak berikutnya. Neuroblastoma adalah kanker langka akibat berkembangnya sel-sel saraf yang belum matang pada anak-anak sehingga menyebabkan pendarahan di sekitar mata dan membuat mata jadi lebih menonjol. Bahkan menurut dr. Haridini, Kepala Instalasi Anak RS Kanker Dharmais, Neuroblastoma bisa terjadi sejak anak dilahirkan.

4. Limfoma Maligna

Limfoma Maligna adalah kanker yang menyerang sistem limfatik yang menghubungkan kelenjar limfe atau kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Akibat dari jenis kanker pada anak yang satu ini maka sistem kekebalan tubuh anak menjadi sangat terganggu. Gejala penyakit kanker pada anak bernama Neuroblastoma ini sangat bergantung pada bagian tubuh yang diserang. Jika menyerang bagian dada maka gejala yang muncul nyeri di bagian dada, sesak napas, dan perubahan pada mata (ukuran pupil menjadi berbeda dan kelopak mata turun).

5. Osteosarkoma

Dari jenis kanker pada anak lainnya, kanker yang satu ini adalah jenis kanker yang paling banyak ditemukan menyerang anak-anak. Osteosarkoma dikenal juga dengan nama kanker tulang yang terjadi pada tulang panjang di bagian lengan atau kaki dan biasanya di bagian yang dekat lutut atau bahu. Meski begitu, bagian lain di tubuh tetap bisa terserang Osteosarkoma.

6. Karsinoma Nasofaring

Karsinoma Nasofaring adalah kanker yang menyerang bagian nasofaring, yaitu bagian belakang hidung dan area belakang langit-langit tenggorokan. Jenis kanker pada anak yang satu ini sulit terdeteksi karena gejalanya kadang seperti sakit tenggorokan biasa. Kanker jenis ini biasanya karena mutasi gen yang di luar kendali dan menyebabkan jaringan di sekitarnya terganggu dan akhirnya menyebar ke bagian tubuh lain.

Mengenal 6 jenis kanker pada anak ini perlu banget dilakukan setiap orang tua agar bisa mendeteksi saat ada gejala dan bisa menanggulanginya dengan segera. Meskipun gejala awal yang muncul kadang mengecoh, seperti leukemia yang keluhan awalnya hanya demam dan tak nafsu makan, tetapi dengan mengenal lebih jauh mengenai penyakit-penyakit ini maka harapan untuk sembuh dan pulih kembali berpeluang lebih besar dibandingkan ketika penanganan baru dilakukan setelah stadium sudah lanjut.

4,162 total views, 3 views today

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here