Beberapa waktu lalu saya pernah menuliskan pengalaman saya berkaitan dengan upaya pemenuhan kebutuhan protein harian dengan cara yang mudah dan murah. Kamu bisa baca tulisannya di SO GOOD Solusi Kebutuhan Protein.

Hari ini, saya akan bercerita lagi mengenai SO GOOD, tetapi kali ini ceritanya berkaitan dengan filosofi dan makna yang terkandung di balik logo baru dan simbol-simbol yang ada di logo tersebut. Memang sih, saya sempat terkejut waktu membeli SO GOOD sekitar akhir bulan Januari 2018 lalu. Kemasannya beda banget dengan sebelumnya, bahkan logonya juga ganti. Katanya sih, penggantian kemasan dan logo baru SO GOOD untuk produk yang lebih baik dan segar. Inilah yang ramai diperbincangkan teman-teman saya di lini massa. Benarkah demikian?

Peluncuran Secara Resmi Kemasan dan Logo Baru SO GOOD

Beruntungnya, saya bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan benar tidaknya penggantian kemasan dan logo baru SO GOOD untuk produk yang lebih baik dan segar, langsung dari sumber terpercaya, yaitu dari Pak Soegiono selaku Head of Marketing & New Business Development PT SO GOOD Food, dalam acara peluncuran secara resmi kemasan dan logo baru SO GOOD.

Acara ini diselenggarakan di The Hook, Jakarta, pada 27 Februari 2018 lalu dengan mengundang teman-teman Blogger dan media. Selain Pak Soegiono, hadir pula sebagai pembicara, yaitu Andi Prasetyo (Head of Japfa Foundation), Maria Harfanti (Duta Gizi Japfa Foundation), dan Prof. Hardinsyah MS. PhD (Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia).

Kemasan dan Logo baru SO GOOD
Narasumber di Acara Peluncuran Kemasan dan Logo Baru SO GOOD. Foto: dok.pribadi

Eits, tunggu dulu. Sebelum membahas lebih jauh ulasan ketiga narasumber, saya ingin cerita yang lain dulu nih. Jadi, konsep yang diusung SO GOOD dalam acara di The Hook berbeda sekali dengan acara-acara sejenis yang pernah saya datangi. Saat tiba di lokasi acara, kami tidak langsung bisa memasuki ruangan selepas registrasi, melainkan diminta terlebih dahulu melakukan sesi foto di booth foto yang telah disediakan.

Booth-nya lucu sehingga hampir semua undangan tertarik untuk difoto di sana. Saya juga dong, tak mau ketinggalan, meski sempat sedikit minder karena outfit teman-teman keren-keren banget, bahkan ada yang bedakan dan lipstikan dulu sebelum di foto, sementara saya tampil apa adanya ala saya. (Maksudnya ala saya di sini, saya tampil polosan karena emang tidak bisa dandan. Jangankan pakai alis atau pemulas pipi, pakai lipstik aja kadang suka belepotan *tutup muka*). Untungnya fotografernya keren, jadi foto saya juga tetap bisa keren … hahaha.

Tepat jam 10.00 WIB, saya dan teman-teman Blogger yang telah selesai foto diminta masuk ke ruangan. Di dalam ruangan The Hook, kami boleh memilih tempat duduk sendiri, kemudian bisa langsung menikmati coffee break. Coba tebak apa nih menu coffee break kami? Ya tentu saja, produk-produk SO GOOD seperti Chicken Nugget, Chicken Stick, Shumai Furai, Golden Money Bag, juga Premium Sausage ala SO GOOD.

Semua undangan bebas ambil sepuasnya (soalnya saya lihat beberapa ada yang tambah sampai beberapa kali :p), dan ketika isi di piring habis, petugas The Hook cepat-cepat mengganti dengan piring penuh produk SO GOOD berikutnya. Ini nih yang saya maksud beda banget dengan acara sejenis yang makanannya malah pesan di tempat acara, sementara SO GOOD menyajikan makanan ala mereka sehingga seluruh undangan benar-benar bisa merasakan secara langsung nikmatnya produk-produk mereka.

Kegiatan lain yang saya lakukan setelah menikmati produk SO GOOD dan dua gelas kopi, saya ikut teman-teman lain berfoto di area belakang ruangan. Di sana, produk-produk SO GOOD dipajang dengan sangat artistik. Hampir semua produk ada di sana sehingga saya dan teman-teman lain jadi mengenal produk-produk SO GOOD yang terbagi dalam dua kategori, yaitu SO GOOD Siap Olah dan SO GOOD Siap Masak.

Filosofi Dibalik Kemasan dan Logo Baru SO GOOD

Sekitar jam 11 acara utama pun dimulai. Pembicara pertama adalah Pak Soegiono selaku Head of Marketing & New Business Development PT SO GOOD Food. Beliau mengatakan dalam perjalanan perusahaan produk makanan ini, yang berdiri sejak tahun 1999, selalu didukung berbagai pihak yang memiliki visi dan misi yang sama, yaitu ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga Indonesia.

Tahun ini, SO GOOD meluncurkan kemasan dan logo baru SO GOOD dengan desain yang lebih fresh, yang dipersembahkan bagi para pelanggan setia (keluarga Indonesia), juga para ahli yang telah menginspirasi sehingga PT SO GOOD Food terus memproduksi produk-produk yang mengandung protein berkualitas, praktis, dan lezat.

Pada logo baru SO GOOD, logo lama yang berbentuk kotak dengan sentuhan warna biru tua dan hijau tetap dipertahankan karena logo ini sudah lama dikenal masyarakat Indonesia dan memiliki makna sebagai produk yang berkualitas sangat baik. Logo lama ini dipertajam dengan pemberian lingkaran berwrna emas yang memiliki arti trust (kepercayaan). Dengan kata lain, lingkaran emas menunjukkan bahwa SO GOOD selalu ingin menjaga kualitas sekaligus menjaga kepercayaan yang telah diberikan konsumen setia yang terus menggunakan produk SO GOOD hingga saat ini.

Sekarang perhatikan kembali logo baru SO GOOD. Antara lingkaran emas dan logo kotak SO GOOD terdapat background warna hijau. Arti dari pemberian warna hijau ini adalah fresh dan natural, SO GOOD akan terus berinovasi demi menciptakan pembaharuan yang segar dan dinamis.

Kemasan dan Logo Baru SO GOOD
Kemasan dan Logo Baru SO GOOD

Di logo yang baru, ada simbol-simbol yang ditambahkan, seperti simbol protein (ikan, udang, ayam, daging, dan telur), simbol ahli yang menginspirasi (topi chef dan alat masak), serta simbol kepuasan pelanggan (senyum dan jempol). Ketika kelompok simbol ini ingin menunjukkan bahwa SO GOOD mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan gizi seimbang, SO GOOD merupakan ahli dalam memberikan pengalaman gizi kuliner protein hewani seimbang, dan banyaknya pelanggan yang telah puas berkat kehadiran SO GOOD sebagai sumber protein berkualitas.

SO GOOD selalu ingin memberikan yang terbaik, khususnya dalam memberikan solusi protein berkualitas untuk membangun & memenuhi gizi bangsa.

– Soegiono, Head of Marketing & New Business Development PT SO GOOD Food –

PT SO GOOD Food Bersinergi Dengan Japfa Foundation Untuk Mendukung Gaya Hidup Sehat dan Pemenuhan Gizi Seimbang

Pembicara selanjutnya adalah Pak Andi Prasetyo, Head of Japfa Foundation, yang memberi penjelasan mengenai Japfa Foundation dan program-programnya yang ternyata selaras dengan visi PT SO GOOD Food untuk mengedukasi dan melakukan sosialisasi gaya hidup sehat dengan pemenuhan gizi seimbang harian.

Japfa Foundation berdiri sejak tahun 2015 dan bertindak sebagai Corporate Foundation PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk dan entitas terkait. Visi Japfa Foundation adalah memaksimalkan potensi generasi muda melalui pengembangan pendidikan, nutrisi, dan olahraga dengn fokus mengangkat pentingnya nutrisi bangsa melalui program-program peningkatan gizi dan kesehatan dasar.

Kami percaya dua faktor tadi (peningkatan gizi dan kesehatan dasar) adalah landasan penting untuk memberi kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk tumbuh sebagai anak yang memiliki tubuh juga pikiran sehat sehingga siap berkembang dengan potensi terbaik yang mereka miliki. Japfa Foundation juga menerapkan inisiatif advokasi untuk mendukung dan mempertahankan peningkatan nutrisi dan kesehatan dasar melalui program-program seperti melek nutrisi keluarga, membangun kesadaran melalui media sosial, dan inovasi terkait lainnya.

– Andi Prasetyo, Head of Japfa Foundation –

Pak Andi juga memperkenalkan Maria Harfanti, Duta Gizi Japfa Foundation, yang ikut hadir dalam acara peluncuran resmi kemasan dan logo baru SO GOOD di The Hook. Maria telah mengemban tugasnya sebagai Duta Gizi sejak 2016 dengan tugas utama, mensosialisasikan kepada masyarakat luas mengenai gaya hidup sehat melalui pola konsumsi gizi seimbang setiap hari.

Menurut Maria yang telah menjalani gaya hidup sehat, menjaga kesehatan tubuh melalui konsumsi gizi seimbang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh, antara lain berat badan jadi ideal, kinerja kognitif bagus, meredakan stres, menjaga mood, dan yang paling penting mencegah penyakit berbahaya.

Paling menarik dalam acara ini, menurut saya, ketika Maria membagikan video kunjungannya ke pabrik pengolahan SO GOOD di Cikupa, Banten. Dari video tersebut saya bisa mengikuti perjalanan Maria yang melihat secara langsung proses pengolahan produk SO GOOD. Bahan baku utama, seperti ayam, daging, ikan, udang, dan sebagainya telah dipastikan tanpa suntik hormon, bebas formalin, dan bebas bahan pengawet.

Begitu bahan-bahan utama tiba di pabrik, langsung diolah dengan cara yang higienis dan bersih dengan proses pengolahan yang modern dan pengawasan mutu yang ketat. Dalam proses pengolahan ada tahap pemasakan dengan suhu 170 derajat Celcius selama tidak kurang dari 3 menit, kemudian dibekukan dengan cepat menggunakan Invididual Quick Frozen (IQF) untuk menjamin kesegaran, nutrisi, dan kelezatannya.

Manfaat Penting Mengkonsumsi Protein Hewani

PT. SO GOOD Food juga mengundang Prof. Hardinsyah MS. PhD, Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, hadir di acara agar dapat berbagi mengenai manfaat penting mengkonsumsi protein hewani. Menurut Prof. Hardinsyah, mengkonsumsi protein hewani secara rutin dapat membantu pertumbuhan sel-sel organ tubuh, memperbaiki sel tubuh yang rusak, membantu pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh, berperan dalam proses pembentukan otak pada janin dan balita, menjaga kualitas sel darah merah tidak mudah pecah, serta meningkatkan fungsi otak. Protein hewani bisa didapatkan dari mengkonsumsi daging sapi, daging ayam, telur, ikan, dan sebagainya.

Kebutuhan asupan protein harian yang ideal menurut Prof Hardinsyah, estimasinya sebagai berikut:

  • Kebutuhan protein 1.0-1.5g/kg BB atau 35-72g/anak sekolah dan remaja perhari.
  • Kebutuhan protein hewani 7-15g/hari atau 1-2 porsi (60-120g) perhari.
  • Protein untuk anak usia 1-18 tahun dianjurkan lebih tinggi dari yang dikonsumsi orang dewasa.

Saya sudah mencoba juga memeriksa kualitas produk pangan hewani dari PT SO GOOD Food dan saya bisa pastikan bahwa produk-produk mereka telah memenuhi standar utama, yaitu produk diolah dari daging segar, kemasannya baik dan utuh, disimpan pada suhu sesuai petunjuk/informasi pada label, ada nomor MD atau ML atau PIRT dari lembaga berwenang, ada jaminan Halal dari MUI, dan tidak kadaluarsa.

– Prof Hardinsyah MS. PhD, Ketua UMUM PERGIZI Pangan Indonesia –

Tips Memilih Pangan Protein (Lauk Pauk)

Pangan hewani mudah rusak dan berisiko tidak akan untuk dikonsumsi, begitulah menurut Prof Hardinsyah. Selain itu, pangan hewani rentan kehilangan gizi jika dalam penanganannya kurang tepat. Berikut tips memilih pangan protein yang segar:

  1. Daging Sapi

    Tampak segar, berwarna merah (tidak kebiruan), daging lunak, berserat halus, aroma natural layaknya daging segar dan tidak berbau.

  2. Daging Ayam

    Tampak segar dengan warna cerah putih kemerahan, lembut kenyal, tidak banyak mengandung air, aroma natural daging ayam (tidak berubah bau).

  3. Ikan

    Tampak segar, insang berwarna merah, dan daging kenyal ketika ditekan dengan ujung jari tidak membentuk cekungan, serta aroma berbau natural ikan, tidak berbau busuk.

  4. Pangan Hewani Kemasan Komersial

    Kemasan baik dan utuh, disimpan pada suhu sesuai petunjuk/informasi pada label, ada nomor MD atau ML, atau PIRT dari lembaga berwenang, ada jaminan Halal dari MUI, dan tidak kadaluarsa.

Dalam acara peluncuran secara resmi kemasan dan logo baru SO GOOD, saya banyak dapat pengalaman dan informasi menarik berkaitan dengan gaya hidup sehat dan pemenuhan gizi harian melalui Pola Makan Gizi Seimbang. Selain itu, jadi semakin yakin kalau produk SO GOOD berkualitas dan menyehatkan.

1,586 total views, 1 views today

7 COMMENTS

    • Idem, Mbak, sejak kecil Audiku ya suka makan chicken stick punyanya SO GOOD, dan sampai sekarang kesukaannya tetap aja. Nggak mau ganti merek. Suami juga suka. Klo malas masak ya SO GOOD wis jadi solusi… hahaha

  1. Banyak pakar bicara soal so good.jadi makin yakin.frozen food yg eksis sejak 1999 ya.pastinya sdh bnyk inovasi yg dilakukan.. Kereen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here