Tak terasa ya, usia Republik Indonesia tercinta ini sudah 74 tahun. Kalau diibaratkan dengan usia manusia, seharusnya di usia ini sudah mapan nih negara kita. Namun ada fakta lain yang saya dapatkan pada acara KRL Commuter Line Rayakan HUT ke-74 Republik Indonesia kemarin.

Hasil pembangunan negeri kita ini ternyata masih sering mengalami pengrusakan secara sengaja oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Duh, sayang sekali ya. Hayo, coba yang sering naik kereta antar daerah atau naik KRL Commuter Line, pernah tidak mengalami sendiri kereta yang ditumpangi dilempari dengan batu?

Saya pernah beberapakali mengalami sendiri ketika naik kereta dari Jakarta ke Purwokerto. Persis di jendela sebelah kiri kepala saya, ada batu yang menghantam jendelanya dengan suara keras. Untung saja jendela itu tak pecah, hanya retak sedikit. Waktu naik kereta dari Palembang menuju Lampung pun juga mengalami hal yang sama.

KRL Commuter Line Rayakan HUT ke-74 Republik Indonesia
Ngopi Bareng Cinta KRL

Bu Wiwik Widayanti, Direktur Utama PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) meminta kepada seluruh masyarakat, baik yang sering menggunakan komuter line atau kereta pada umumnya maupun masyarakat umum, untuk merawat dan menjaga kereta yang merupakan milik bersama ini. Berhenti untuk melakukan pengrusakan terhadap kereta.

Kenapa perlu berhenti melakukan vandalisme pada kereta? Ya, biar kereta yang sudah bagus akan terus bagus dan bermanfaat buat semua orang. Sementara KCI sebagai pengelola kereta komuter bisa fokus melakukan pengembangan-pengembangan lainnya, bukannya bolak-balik disibukkan dengan perbaikan kereta akibat pengrusakan tadi.

KRL Commuter Line Rayakan HUT ke-74 Republik Indonesia

Untuk merayakan HUT ke-74 Republik Indonesia, KRL Commuter Line mengadakan berbagai program yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna KRL Commuter Line. Program tersebut dimulai dengan acara Ngopi Bareng KCI.

Nah di acara Ngopi Bareng KCI yang diselenggarakan pada 15-16 Agustus 2019 kemarin, seluruh pengguna KRL Commuter Line bisa menikmati kopi gratis yang tersedia di 5 stasiun, yaitu Stasiun Palmerah, Stasiun Juanda, Cakung, Sudirman, dan Bogor. Ada 32.000 gelas kopi gratis yang disediakan.

KRL Commuter Line Rayakan HUT ke-74 Republik Indonesia
Ada Boy William di Acara Ngopi Bareng Cinta KRL

Untuk mendapatkan kopi gratis, kita cukup menunjukkan Kartu Multi Trip (KMT), mengunduh aplikasi KRL Access, atau dengan follow akun Instagram dan Youtube KCI. Bahkan pada tanggal 15 Agustus 2019 di Stasiun Juanda juga ada hiburan berupa live musik serta bisa bertemu dengan Boy William, itu loh cowok ganteng yang hits banget.

Lalu pada hari ini, 17 Agustus 2019, ada program menarik lainnya. KRL Commuter Line bikin program Rp1,- ke mana pun naik KRL Commuter Line. Saya yang hari ini juga meluangkan waktu untuk jalan-jalan memilih naik KRL Commuter Line dong.

Dari Stasiun Pondok Ranji, saya berangkat bersama mantan pacar saya. Duh, kebayang nggak sih naik KRL Commuter Line bareng mantan pacar. Tiba di Stasiun Tanah Abang dan mau pindah ke jalur kereta yang akan membawa kami ke Stasiun Kota Jakarta, ternyata lokasi tunggu penumpang penuh sekali. Saya sampai berpikir, ini semua orang sepertinya pada meluangkan waktu untuk jalan-jalan mumpung bisa ke mana pun Rp1,-

Benar saja. Kata Bu Wiwik Widayanti, Direktur Utama PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), hingga pukul 12.00wib, sudah ada kurang lebih pengguna KRL Commuter Line yang memanfaatkan program Rp1,- tadi. Program ini berlangsung seharian, mulai pukul 08.00wib hingga 17.00wib. Kalau jam 12 siang saja sudah sekitar 300ribu orang, berapa ya kira-kira jumlah pengguna KRL Commuter Line jam 5 sore nanti.

Oh ya, ada lagi nih yang seru dan hanya ada di hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu Kartu Multi Trip (KMT) edisi HUT Ke-74 RI. Kartu ini terbatas loh jumlahnya, hanya 5.000 KMT saja. Kalau kamu ingin memilikinya, cukup dengan uang Rp50.000,- dan sudah termasuk saldo Rp15.000,-

KRL Commuter Line Rayakan HUT ke-74 Republik Indonesia
KMT Edisi Khusus Kemerdekaan HUT 74 Republik Indonesia

Selain itu, ada pula kereta tematik yang didesain khusus bernuansa hari Kemerdekaan. Satu kereta dengan 10 gerbong tersebut dipenuhi hiasan-hiasan tentang lomba yang biasanya diadakan di hari Kemerdekaan, seperti lomba makan kerupuk, balap karung, dan sebagainya.

KRL Commuter Line
KRL Commuter Line Edisi Kemerdekaan

Kalau kamu teliti, di bagian pegangan tangan juga ada barcode yang bisa kamu scan dengan ponselmu, lalu kamu bisa edit foto di situ dengan berbagai baju adat Nusantara.

KRL Commuter Line
Barcode di KRL untuk selfie pakai baju adat nusantara

Seru banget ya acara KRL Commuter Line Rayakan HUT ke-74 Republik Indonesia. Yuklah kita jaga dan rawat kereta-kereta Indonesia, baik KRL Commuter Line maupun kereta antar kota antar provinsi. Agar selanjutnya, pengembangan ke fasilitas dan infrastruktur di Indonesia bisa berlanjut. Merdeka itu adalah bagaimana kita sekarang menjadi manusia yang lebih baik termasuk merawat dan menjaga hasil pembangunan.

2,128 total views, 2 views today

34 COMMENTS

  1. Enak tuh naik KRL Commuter Line Edisi Kemerdekaan. Penasaran kalau scan Barcode bisa pakai baju adat nusantara. Kalau udah bukan Agustus gini, masih ada gak Mbak? Pengen coba

  2. Wah asiknya dapat kopi gratis. Mayan bikin melek sebelum ke kantor.
    Btw zaman kereta ditimpuk2 itu lumayan bikin trauma buat ortuku, jd aku rada lama baru boleh naik kereta 😁

    Sekarang kereta sudah sangat baik banget. Rapi, adem, gak ada pedagang masuk 😍

  3. KRL di Jakarta uda nyaman banget sih menurut aku. Soalnya kalau aku maen ke Jakarta selalu pakai KRL, karena lebih cepat dan slalu ada keretanya tanpa perlu menunggu lama.
    Setuju banget, aku selalu berharap orang-orang di Jakarta bisa belajar untuk menjad

  4. Kece bener cara KRL turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Mulai dari diskon naik KRL yg gede-gedean bgd sampai ada barcode-barcode buat nambah keseruan waktu selfi. Ikut seneng dg kemajuan KRL yg sangat signifikan. Semoga semakin baik kedepannya aamiin

  5. KMT itu cuma bisa digunakan untuk naik kereta Jabodetabek aja ya?
    Aku penasaran dengan pegangan di kereta itu, bisa scan barcode dengan ponswl ya. Trus kita bisa edit foto di situ dengan berbagai baju adat Nusantara, wahh mupeng

  6. Semoga dengan adanya commuter Line ini menambah transportasi efektif yang bisa membantu mengurai kemacetan dengan alternatif angkutan umum ya.

  7. waaah asik banget yaa bisa dapet kopi gratis hhihihihihi,
    btw sampe sekarang aku belum pernah nih naik KRL hihhi, semoga sempet naik nih kalo nanti pas ke Jakarta hihihihihi

  8. Aku ingat, pernah juga naik KA dan pas ada pelemparan ke jendela. Beruntung jendela tdk pecah dan ada tirai. Tapi asli deg2an gak habis2.. Semoga vandalisme & hal buruk begitu semakin hilang..

  9. Wah Mba sampai beberapa kali mengalami kereta yg ditumpangi dilemparin..duh kebayang deh..semoga jgn sampe terjadi lg..semua bs menjaga kereta api ya..

  10. Belum pernah sekalipun saya ikut ngopi bareng ini. Padahal penasaran juga sama eventnya. Apalagi KRL termasuk moda transportasi umum favorit karena cepat dan bebas macet 🙂

  11. Kereta sekarang udah jauh banget sama jaman dulu, khususnya di JABODETABEK ya. Sekarag aku udah puas sih cuma menghindari di jam sibuk aja kadang-kadang. Wah untuk memperingati HUT RI bayar tiketnya murah banget ya.
    Kalau dilempar aku pernah tapi udah lama banget waktu CL belum kaya sekarang, dulu jamannya KRD gitu

  12. Mau ikut acaranya secara aku pengguna setia commuterline hahaha. Tapi perubahan commuterline jauh lebih baik dan beradab kok. Inget tahun 2003 aku naik Jakarta Bogor masih goletan di lantainya karena penuh

  13. Wahh ada bagi kopi gratis ya, kira2 kapan lagi nih kemarin belum sempat euy. Btw KRL itu salah satu transportasi idola saya meski kadang kalau berangkat jam kantor penuh tapi bebas macet itu menjadi pilihan saya naik ini.

  14. Menjaga dan turut merawat commuter tugas kita bersama, apalagi saya atau teman2 yang biasa menggunakan moda transportasi ini tiap harinya. Ada banyak kemudahan yang dihadirkan Alhamdulillah

  15. aku sukaaa dengan segala progress yang dilakukan oleh KAI. Bikin perjalanan kita menggunakan kereta makin nyaman.. dan seru bangeeet ini perayaannya

  16. masih ada ya ternyata yang berani-beranian lempar batu ke kereta yang lagi jalan begitu, duuuh semoga kedepannya ga ada lagi ya, bahaya banget juga kan

  17. Terbayang membludak nya pengguna KRL, secara pada aji mumpung selagi bayar Rp.1 saja ya
    Plus dibarengi acara ngopi wah mantap sekali itu

  18. Terbayang membludak nya pengguna KRL, secara pada aji mumpung selagi bayar Rp.1 saja ya
    Plus dibarengi acara ngopi wah mantap sekali itu

  19. Seru banget dengan KA Commuter ini mbak, dulu waktu tinggal di Jakarta masih sering pakai kereta kemana-mana soalnya praktis banget. Semoga makin banyak orang yang sadar untuk merawat transportasi umum ini mbak.

  20. Alhamdulillah sekarang fasilitas dan layanan kereta makin baik. Saya jarang naik kereta, dulu pernah takut kena vandalisme pas naik kereta alhamdulillah nggak, jangan sampai deh.
    Terakhir naik kereta bulan Juli kemarin pas mau balik Bali 😊

  21. Commuter line bikin waktu tempuh dari Bogor ke Jakarta lebih singkat. Tarifnya juga murah. Semoga sih bisa ditambah jumlah keretanya biar gak berdesakan hehe. Ada pembagian kopi Gratis ya, tapi aku gak kebagiaan hehe

  22. Berharap bisa juga rasakan naik Commuter Line
    Apalagi karena tarif murah jadi daya tarik tersendiri
    Pun nyaman kalau bawa dua anak, satu sudah balita satunya lagi masih batita hehe

  23. Dulu sering, ya, ada lempar-lempar batu gitu. Ngeri banget. Dari cerita ibuku, pernah ada yang sampai dilarikan ke rumah sakit. Untungnya, sekarang di jalur krl Jabodetabek udah nggak ada yang kayak gitu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here