D-Flora lipstik untuk bibir hitam – Sebagai perempuan berpembawaan tomboi, saya termasuk cuek untuk urusan penampilan dan kecantikan, bahkan saya minim sekali pengetahuan mengenai produk-produk kecantikan. Namun sejak menjadi blogger atau freelancer dua tahun belakangan, masalah kecantikan dan penampilan cukup mengusik saya, apalagi saat ada teman yang bilang, “Mon, pakai lisptik dong biar cantik. Bibir hitam begitu masa dipamerin ke mana-mana.” Pertama dengar kalimat ini, rasanya gimana gitu, malu juga sih punya bibir hitam. Di saat yang sama, ini saya anggap sebagai saran positif yang mendorong saya untuk cari tahu cara mengatasi bibir hitam dan apakah ada lipstik untuk bibir hitam?

Penyebab Bibir Hitam

Sebenarnya saya sudah sadar bibir saya hitam sejak SMP. Ketika itu, teman-teman perempuan saya mulai disibukkan dengan tren pakaian terbaru, model rambut terkini, produk perawatan kecantikan, dan lip balm apa yang mau dipakai ke sekolah. Melihat saya yang tak terlalu tertarik dengan pembicaraan mereka, ada beberapa teman dekat yang menegur dan bilang kalau bibir saya hitam dan itu perlu perawatan biar tidak semakin hitam. Waktu itu, saya tetap cuek dan berpikir hal-hal berkaitan dengan kecantikan tak terlalu penting. Buat apa tampil cantik kalau hampir sepanjang hari saya mandi keringat.

Ya, waktu saya habis untuk latihan basket karena saya terpilih sebagai anggota tim junior basket di kotamadya tempat saya tinggal. Lapangan basket persis berada di depan rumah. Pulang sekolah saya harus cepat-cepat ganti baju, makan, kemudian latihan basket hingga sore hari. Magrib hanya untuk mandi, makan malam, kemudian ikut lagi latihan bersama tim senior. Tidak hanya latihan basket yang harus dilakukan seminggu 4 kali, saya juga ikut kegiatan keagamaan, juga ikut pelajaran tambahan. Kebayang kan sibuknya? Lalu kapan saya bisa memikirkan masalah penampilan dan perawatan wajah dan bibir?

Tapi ternyata, akibat di masa remaja yang lebih banyak menghabiskan waktu di bawah terik matahari dalam waktu lama itulah yang menjadi salah satu penyebab bibir saya hitam. Memang agak terlambat saya tahunya karena baru-baru ini saja saya mencari berbagai informasi berkaitan dengan penyebab bibir hitam. Penting kan cari penyebab kenapa bibir bisa hitam terlebih dahulu baru cari lipstik untuk bibir hitam yang cocok saya gunakan. Nah, hasil pencarian saya menyebutkan beberapa penyebab bibir hitam, antara lain:

1. Paparan Sinar Matahari

Saat membaca penyebab pertama ini, saya langsung berpikir, mungkin saja memang karena terlalu sering berada di bawah terik matahari makanya bibir saya jadi hitam. Kebayang dong main basket mulai jam 2 siang hingga sore sekitar jam 5, panasnya seperti apa, mana lagi ditambah saya belum mengenai produk pelindung kulit dan bibir terutama. Sering berada di bawah sinar matahari juga membuat bibir jadi kering, pecah-pecah, dan pengelupasan kulit bibir bisa pula menyebabkan bibir menghitam dan ini tentu saja mengganggu penampilan. Harus cari lipstik untuk bibir hitam yang warna cocok demi menutupi bibir tersebut.

2. Kurang Perawatan

Perawatan kulit, termasuk bibir, harusnya memang dilakukan sedini mungkin. Saya benar-benar terlewat mengenai hal ini di masa remaja saya sehingga tak heran kalau bibir hitam jadi masalah utama saya saat ini. Bisa sih ditutupi dengan lipstik untuk bibir hitam, tapi perlu memilih warna lipstik untuk bibir hitam yang tepat juga biar warnanya bisa pas dan bikin cantik. Harusnya kalau sering berada di bawah terik matahari seperti saya dulu, saya perlu menggunakan krim tabir surya atau lipglos pelindung bibir yang mengandung SPF atau emolien yang mampu menjaga kelembabab bibir.

3. Alergen dan Bahan Kimia pada Produk Kosmetik

Ada banyak sekali produk kosmetik di pasaran yang bisa kita beli. Namun dalam membeli kosmetik, terutama lipstik, kita harus benar-benar teliti melihat kandungan bahannya. Hindari lipstik yang mengandung bahan kimia berbahaya. Ingat, kulit bibir itu sangat sensitif dan kadar alergen dalam tubuh tiap orang berbeda. Ada yang tahan dengan lipstik merek A, tetapi ada yang ternyata alergi dengan lipstik tersebut. Sebelum membeli lipstik untuk bibir hitam juga perlu melakukan tes alergen demi mencegah terjadinya alergi pada bibir. Selain itu, menggunakan lipstik di bibir dalam jangka waktu lama dan membiarkan sisanya terus menempel pada bibir tanpa dibersihkan juga bisa membuat bibir jadi hitam.

4. Kafein

Banyak orang beranggapan bahwa kafein hanya terdapat dalam kopi, padahal ada juga teh atau minuman kombinasi lainnya yang mengandung kafein. Kafein memiliki sifat diuretik, yaitu meningkatkan jumlah pengeluaran zat-zat terlarut dan air dari dalam tubuh (melalui urine). Otomatis tubuh membutuhkan lebih banyak asupan air ketika kita mengkonsumsi kafein demi mencegah dehidrasi yang menyebabkan kulit mengalami kekeringan. Lebih bagus lagi mengurangi asupan kafein harian demi mendapatkan kulit yang sehat dan bibir yang indah.

5. Hiperpigmentasi dan Rokok

Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang menjadi lebih gelap akibat produksi melanin berlebih atau dikenal juga dengan sebutan flek dan noda hitam. Terjadinya hiperpigmentasi bisa dipicu akibat kita sering berada di bawah paparan sinar matahari tanpa pelindung atau bisa juga disebabnya karena rokok. Ketika merokok, bibir menjadi terkena panas yang akibatnya produksi melanin bertambah banyak. Itu sebabnya, banyak pula perokok yang memiliki bibir hitam.

6. Hormon

Setiap perempuan pasti punya hormon estrogen di dalam tubuhnya. Penurunan kadar estrogen akibat gaya hidup yang kurang sehat bisa berdampak pada terganggunya kondisi kulit dan membuat kulit kehilangan kelembaban. Kulit bibir itu sensitif banget. Kalau hilang kelembabannya, akan menyebabkan kering, pecah-pecah dan terkelupas, yang akhirnya membuat bibir hitam.

D-Flora Lipstik untuk Bibir Hitam dan Cara Mengatasi Bibir Hitam
D-Flora Lipstik Warna Deep Pink

Cara Mengatasi Bibir Hitam

Setelah mengetahui penyebab bibir hitam, berikutnya yang saya cari adalah cara mengatasi bibir hitam. Ada banyak artikel yang mengulas berbagai cara mengatasi bibir hitam. Beberapa saya rangkum sebagai berikut:

  1. Gunakan tabir surya atau lip balm yang mengandung SPF 25 ke atas saat berada di area terbuka atau terkena sinar matahari.
  2. Saat memilih lipstik untuk bibir hitam, perhatikan kandungan bahan yang biasanya dicantumkan pada kemasan. Hindari lipstik yang mengandung asam ricinoleic, asam lemak dipentaerythritol, tar batubara, dan isopalmityl diglyceryl sebacate yang bisa menyebabkan alergi pada bibir dan membuat bibir jadi hitam.
  3. Lakukan perawatan dan scrub secara rutin. Merawat bibir perlu dilakukan seperti misalnya melakukan pemijatan di area bibir untuk memperlancar aliran darah dan merangsang produksi kolagen yang membantu mencerahkan kembali bibir hitam. Pemijatan bisa pula dilakukan sembari melakukan scrub pada bibir hitam. Gunakan bahan alami untuk scrub, seperti gula dicampur madu atau mentega. Melakukan perawatan juga bisa menggunakan bahan-bahan alami, antara lain dengan mengoleskan madu setiap malam, mentega, perasan lemon, dan sebagainya.
  4. Hindari pemicu bibir hitam. Sudah tahu rokok dan kafein serta penggunaan lipstik berbahan kimia berbahaya bisa membuat bibir hitam, maka hindari pemicu-pemicu ini.
  5. Pilih warna lipstik yang bisa menyamarkan bibir yang berwarna kehitaman. Bibir hitam jelas mengganggu penampilan sebagian besar perempuan dan perlu cara tepat untuk mengatasinya, yaitu dengan memilih lipstik untuk bibir hitam yang warnanya bisa serasi atau sesuai dengan warna bibir. Tidak semua warna lipstik bisa diaplikasikan di bibir hitam. Sebelum mengulas tentang warna yang cocok, pilih dulu lipstik dengan merek terpercaya yang memiliki kandungan bahan yang bagus untuk menjaga kesehatan dan kelembabab bibir.

Saya baru-baru ini menemukan D-Floral lipstik untuk bibir hitam produk kecantikan dari K-Link. D-Floral lipstik ini memiliki kandungan bahan organik (alami) yang bermanfaat untuk menjaga bibir tetap sehat dan cantik alami. Kandungan D-Floral lipstik untuk bibir hitam, antara lain:

  • Jojoba oil yang bermanfaat menjaga kelembaban bibir sehingga bibir tak cepat kering dan pecah-pecah. Otomatis kalau bibir lembab terus, jadi tidak semakin menghitam. Selain itu, jojoba oil juga membantu bibir menjadi terlihat lebih berisi dan lembut serta mencegah terjadinya reaksi alergi.
  • Kandungan kolagen pada D-flora lipstik untuk bibir hitam adalah membantu menjaga kelembabab dan elastisitas bibir, mengembalikan warna alami bibir, serta menghilangkan warna kehitaman pada bibir kalau digunakan secara rutin.
  • Vitamin A, E, dan C memiliki manfaat yang hampir sama bagi tubuh jika digunakan secara rutin. Khusus untuk vitamin E yang terdapat dalam D-Flora lipstik untuk bibir hitam adalah menjadi pelindung bagi bibir dan membantu memperbaiki kerusakan sel-sel pada bibir yang telah terjadi. Vitamin E juga mampu melembutkan, mengencangkan, dan mengurangi pecah-pecah dan kering pada bibir.

Pilihan Warna D-Flora Lipstik untuk Bibir Hitam

Ada cukup banyak warna yang bisa diaplikasikan pada bibir untuk menutupi bibir hitam dan biar terlihat cantik. Beberapa warna yang disarankan bagi pemilik bibir hitam, antara lain:

  1. Lipstik dengan warna bold dan tegas, seperti warna burgundy dan deep wine, maka warna hitam pada bibir jadi tak terlihat lagi dan penampilan pun jadi terlihat elegan.
  2. Untuk acara-acara glamour yang diadakan pada malam hari, kita bisa menggunakan warna yang lebih menyala, seperti warna merah. Ini jika kita memiliki kepercayaan diri yang tinggi ya untuk mengaplikasikan warna merah pada bibir. Saya pribadi sih kurang cocok untuk warna ini secara kepercayaan diri saya tak setinggi itu dan saya kurang suka hadir di acara pesta glamour. Tetapi beberapa teman yang suka mengaplikasikan lipstik berwarna merah ternyata terlihat cantik dan seksi loh.
  3. Warna orange ataupun coral juga bagus sebagai pilihan lipstik untuk bibir hitam karena warna dasar dari orange dan coral bisa menetralisir pimentasi di bibir hitam. Artinya, warna-warna tersebut bisa menyatu sekaligus menutupi warna kehitaman pada bibir.
  4. Gunakan warna-warna nude atau coklat yang akan terlihat natural dan alami pada bibir hitam. Perhatikan, warna nude bukan coklat muda ya. Selama ini banyak yang beranggapan nude di sini artinya coklat muda. Padahal penggunaan warna coklat muda, juga warna pink, peach, atau warna-warna lain yang lebih muda kurang cocok dengan bibir hitam karena warna kehitaman bibir akan tetap terlihat dibalik polesan lipstik.
  5. Hindari lipstik dengan formula sheer, lipgloss sheer, atau lipstik semi-opaque karena warna bibir yang hitam juga akan tetap terlihat.
  6. Agar pengaplikasian lipstik untuk bibir hitam bisa maksimal, gunakan koreksi terlebih dahulu dengan memoleskan concealer atau corector berwarna orange.

Saya pribadi jatuh hati dengan D-Flora lipstik untuk bibir hitam karena penggunaan yang rutin bisa membantu saya mengembalikan warna alami bibir saya. Memang sih penggunaan lipstik ini tak bisa bertahan lama karena kandungan bahannya yang alami dan memang dikhususkan untuk menjaga kesehatan bibir. Untuk warna dasarnya sendiri sebenarnya bisa bertahan selama 2-4 jam. Cuma kalau habis makan biar bibir cantik kembali, tak ada salahnya dioles ulang D-Flora lipstik ke bibir.

D-Flora Lipstik untuk Bibir Hitam dan Cara Mengatasi Bibir Hitam
Deep Pink D-Flora Warnanya Soft dan Cocok untuk Bibir Hitam Saya

Oh ya, satu lagi nih yang penting. Menggunakan D-Flora lipstik untuk bibir hitam ini juga membuat bibir saya jadi lebih lembut dan kelembabannya tetap terjaga. Keluhan bibir kering dan pecah-pecah tak lagi saya rasakan. Pilihan warnanya cukup banyak dan sesuai untuk bibir hitam, antara lain: Nude, Red Heart, Red Blood, Deep Pink, Red Pink, dan Peach.

Tinggal pilih lipstik untuk bibir hitam dengan warna yang cocok aja sih. Andai ingin menggunakan warna peach, di tips yang saya bagikan di atas sudah dijelaskan pula bagaimana cara mengatasi bibir hitam dan biar penggunaan lipstik bisa maksimal. Kamu juga mau coba D-Flora lipstik untuk bibir hitam ini? Gampang, registrasi member dulu aja, lalu tinggal beli deh di K-link Store. Titip beli di saya juga boleh kok. Dijamin bakal suka dengan lipstik organik yang bikin sehat bibir ini.

5,070 total views, 109 views today

39 COMMENTS

    • Kita sama berarti ya, bibir hitam suka bikin nggak pede. Makanya pas kenalan sama D’Flora lipstik jadinya suka banget. Di bibir lembut dan bikin lembab. Semoga deh pemakaian rutin bisa menyamarkan warna bibir yang hitam

    • Benar, Mbak, lipstik D’Flora ini termasuk lipstik berbahan alami, jadi tak cuma bermanfaat untuk memperindah bibir, tapi juga bisa untuk merawat bibir jadi lebih sehat dan lebih cantik

    • Tuh kan bener. Aku pun pas nyoba pertama kali langsung berpikiran seperti ini, Kak Dian. Begitu diulaskan ke bibir, cukup dua kali ulasan saja, warna hitam di bibir langsung tak kelihatan lagi. Kandungan bahannya yang alami juga bisa merawat bibir, jadinya cocok banget deh sebagai lipstik untuk bibir hitam

    • Tidak salah sih, cuma lucu aja kalau cowok pakai lipstik. Kalau mau pakai lip balm aja, kak, biar bibir para perokok yang warnanya juga sering kehitaman dan kering, bisa dirawat dan tak jadi lebih hitam. Cobain deh, Kak, pakai lipbalm aja

    • Nah, coba dirawat saja bibirnya, Mas Joe, biar lembut dan tak kehitaman. Cowok kan juga perlu jaga penampilan biar pas bikin foto untuk Instagram jadi makin keren. Coba deh pakai lipbalm aja karena lipstik untuk bibir hitam buat cowok belum tersedia warna khusus nih, kecuali Mas Joe mau pakai warna merah atau pink ya tak apa sih dicoba

    • Wah iya kah? Mau coba ah untuk yang warna Nude-nya nanti kapan-kapan. Soalnya pas nyoba D’Flora memang suka dengan lipstik untuk bibir hitam dari K-link ini. Kelembabab bibir jadi terjaga dan harapannya sih kalo pakai rutin bisa mengembalikan warna natural bibir

  1. Teman saya juga mengalami hal yang sama mbak, mungkin karena dia menggunakan warna warna cerah jadi tampak berbeda, kalau menggunakan nude dan kecokelatan sepertinya lebih aoft dan anggun. Tengs infonya ku akan menyuruhnya membaca ini deh!

  2. Pangliing…
    Kak Mon cakkeeep, mashaAllah.
    Memang jadi perempuan itu yaa…asyiknya begini yaa…
    Ulik kosmetik sana sini, kalau ketemu jodohnya, klop.

    Jadi pingin tampil cantik alami juga laa…

  3. Wsrna nya sangat cantik dan natural. Saya suka minum kopi beberapa kali dalam seminggu. Memang bibir agak hitam. Perlu dicoba niy saran nya agar kembali merona warna nyam thanks for sharing.

  4. Bagian bibir termasuk yang sering luput saya abaikan. MAkanya mungkin itu penyebabnya bibir agak hitam. Boleh juga nih kapan-kapan saya coba produknya. Apalagi kandungannya alami. Pastinya lebih meyehatkan 🙂

  5. Benerrr, bibir hitam bikin ga pede, apalagi kalau salah pilih warna lipstik, rrr, malah tambah ga enak diliat. Dan bener, warna warna bold ternyata pas banget sama bibir hitam, aku suka banget warna warna burgundy or deep wine, selain looks bold, juga coverage ke warna bibirku yang ga terlalu cerah.

    D Flora kasih pilihan yang pas banget ya, supaya bibir hitam ga semakin menghitam, huhuhu

  6. Wah pas banget nih artikelnya..emang kebetulan lagi mo nyari lipstik untuk ponakan yg bibirnya agak menghitam. 11 12 lah sama mbk monica yg tomboi ini hehehe. Tapi kalo pake lipstik kan jadi keliatan sisi feminimnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here