Sudahkah kamu mengenal digital marketing dan memanfaatkannya bagi perkembangan diri secara profesional? Apakah digital marketing ini hanya bermanfaat bagi pelaku usaha atau pebisnis saja?

Tunggu. Sebelum kita mengenal lebih jauh apa itu digital marketing dan memanfaatkannya, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu situasi saat ini.

Peningkatan Pengguna Internet di Indonesia

Perkembangan teknologi internet yang sedemikian pesat mengubah kehidupan masyarakat modern saat ini. Internet tak lagi berperan sebagai media referensi, namun hampir semua aspek kehidupan manusia sudah mulai memanfaatkan internet secara penuh, mulai dari bersosialisasi, melalui berbagai transaksi finansial, pencarian data terkini, mencari peluang kerja, bahkan termasuk melakukan marketing atau pemasaran.

Dari data yang dihimpun globalwebindex.com pada 2018 lalu menyebutkan bahwa dalam sehari orang bisa menggunakan internet kurang lebih 6 jam.

Sementara jika dilihat dari data yang dihimpun Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2018 lalu menyebutkan bahwa pengguna internet telah mencapai 171,17 juta jiwa dari 264 juta jiwa populasi penduduk di Indonesia atau sekitar 64,8 persen. Jumlah ini telah mengalami peningkatan dari yang sebelumnya di tahun 2017 hanya sekitar 54,86 persen dari jumlah populasi.

Mengenal Digital Marketing
Penetrasi Pengguna Internet Berdasarkan Data APJII

Pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia menjadi “lahan subur” bagi yang bisa memanfaatkan peluang ini, baik yang hendak menawarkan produk maupun jasa. Peluang terbuka lebar baik untuk pelaku usaha, pebisnis, maupun profesional yang hendak mengenalkan profesinya kepada masyarakat luas.

Terbukanya peluang pasar yang sedemikian luas ini pula yang kemudian menciptakan begitu banyak profesi baru, yang sebelumnya mungkin tak terpikirkan, seperti blogger, vlogger, selebgram, digital analist, social media strategist, e-marketer, affiliator, dan sebagainya.

Jadi, apa itu digital marketing?

Mengenal Digital Marketing

Pemasaran atau marketing adalah kegiatan atau proses mengomunikasikan, memberi informasi, memasarkan, produk ataupun jasa kepada orang lain dengan tujuan untuk menciptakan konsumen (ketertarikan orang untuk mengonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan).

Sementara digital marketing atau pemasaran digital adalah proses atau upaya memasarkan produk dan jasa dengan memanfaatkan media internet, bisa melalui website, blog, sosial media, maupun platform lainnya seperti e-commerce.

Digital marketing yang memanfaatkan internet sebagai medianya ini bisa memiliki jangkauan yang lebih luas untuk mendapatkan lebih banyak konsumen.

Beberapa jenis pemasaran digital atau digital marketing, antara lain:

  • Website/blog dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), atau Social Media Marketing (SMM).
  • Email Marketing
  • Referral Marketing
  • Video Marketing

Untuk jenis-jenis digital marketing, kapan-kapan kita bahas terpisah ya.

Mengenal Digital Marketing
Promosi Produk Craft Memanfaatkan Media Sosial

Alasan mengapa digital marketing perlu diketahui dan dipelajari saat ini lebih pada manfaat yang bisa didapatkan. Jika dalam pemasaran konvensional yang terjadi hanyalah hubungan antara sales dan konsumen (hubungan terbatas), maka melalui digital marketing hubungan menjadi lebih luas, bahkan bisa membuka peluang produk dan jasa akan memiliki “penggemar” militan.

Nanti para penggemar militan inilah yang dengan sukarela mengomunikasikan kelebihan produk atau jasa tersebut berdasarkan pengalaman sendiri melalui sosial media, baik milik pribadi maupun milik perusahaan. Hasilnya, akan ada lebih banyak orang yang mengenal produk atau jasa tersebut, bahkan bisa jadi nantinya mereka menjadi pengguna setia pula.

Pada awal tulisan ini, saya ada mengungkapkan satu pertanyaan, “Apakah mengenal digital marketing hanya perlu dilakukan oleh pelaku usaha atau pebisnis saja?”

Ternyata, setiap orang dengan profesi apa pun, perlu sekali mengenal digital marketing. Alasannya tentu saja agar dapat memaksimalkan penggunaan internet secara profesional, yang nantinya akan membantu pula peningkatan kualitas dan kapasitas diri.

Contoh sederhananya: jika kamu memiliki skill mumpuni sebagai seorang motivator, bagaimana caranya agar orang lain mengenalmu sebagai seorang motivator? Atau kamu adalah seorang penulis buku, bagaimana caramu memberitahu kalau kamu penulis buku dan sekarang bukumu telah tersedia di toko buku? Nah di sinilah peran digital marketing.

Mengenal Digital Marketing
Promosi Buku Secara Digital

Pertanyaan terakhir, seberapa banyak kamu mengenal digital marketing dan sudahkah memanfaatkannya dengan maksimal?

1,304 total views, 3 views today

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here