Menyambut Asian Games 2018 yang dimulai 18 Agustus 2018 lalu, hampir semua orang menyambut event nasional yang membanggakan ini dengan menyelenggarakan acara bertema olahraga. Tentu saja ini sebagai bentuk dukungan kepada para atlet-atlet Indonesia yang nanti akan berjuang memperebutkan medali emas. Medialogy pun tak ketinggalan. Pada 11 Agustus 2018 lalu juga ikut mengadakan acara bertema Ngumpul Sehat. Saya beruntung mendapat kesempatan untuk ikutan hadir sehingga bisa mengenal olahraga kalistenik di acara Ngumpul Sehat sambut Asian Games 2018 ini. Kenapa saya bilang beruntung, dari banyak acara yang pernah saya ikuti, acara inilah yang paling luar biasa. Mau tahu keseruan apa yang terjadi di sana? Yuk, simak cerita saya.

Asian Games 2018
Asian Games 2018 Bertema Energy of Asia

Acara Ngumpul Sehat Bersama Medialogy Sambut Asian Games 2018

Sekitar jam 11, saya sudah tiba di Kolega Coworking Space di daerah Antasari dan langsung menuju ke lantai 5, tempat diselenggarakannya acara. Setelah menikmati snack dan makan siang, acara pun dimulai. Nah di sini nih bedanya. Kebanyakan acara diselenggarakan langsung ke inti acara, Medialogy malah membuat konsep acara hari ini lain dari pada yang lain, yaitu dengan mengadakan permainan.

Bentuk permainannya, Mbak Anggie akan menyebutkan angka tertentu dan kita harus membentuk kelompok dengan jumlah sesuai angka yang disebutkan, seperti angka dua untuk dua orang bergaya seakan sedang berboncengan (yang depan pak ojek, yang belakang penumpang), angka tiga berarti dalam satu kelompok harus ada tiga orang dan memperagakan seolah dua orang sedang naik becak dan yang satu berada di belakang sebagai tukang becak, angka 4 untuk naik perahu, dan angka 5 berperan seakan naik angkot. Setiap Mbak Anggie menyebutkan angka tertentu, saya dan teman-teman blogger yang hadir tentu saja heboh berusaha mencari teman dan membuat formasi sebagai mana mestinya. Durasi permainan ini cukup lama dan kami sampai keringata. Iya, serius, kami keringatan karena kebanyakan tertawa. Permainan ditutup dengan sambung kata.

Medialogy Dukung Asian Games 2018

Ngumpul Sehat Medialogy Sambut Asian Games 2018
Ngumpul Sehat Medialogy Sambut Asian Games 2018

Acara selanjutnya dibawakan oleh Mas Rendy Doroi yang mengulas tentang sejarah Asian Games dan bagaimana perjalanan Asian Games 2018 hingga akhirnya bisa diselenggarakan di Indonesia sebagai tuan rumah mulai 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Dari penjelasan Mas Rendy ini pula saya tahu kalau persiapan menyambut Asian Games 2018 di Indonesia dilakukan dalam waktu singkat. Meski singkat sekali persiapannya, ternyata hasilnya luar biasa ya? Kalian pada lihat kan Opening Ceremony Asian Games 2018? Bagus banget, kan? Oke, kapan-kapan saya akan berbagi cerita tentang Asian Games 2018 ini di tulisan lain dalam blog ini ya. Tapi kalau kalian mau intip dikit materinya bisa sih masuk ke Materi Asian Games 2018.

Mengenal Olahraga Kalistenik Di Acara Ngumpul Sehat

Nah ini nih acara utamanya, yaitu mengenal olahraga kalistenik. Udah pada tahu belum, seperti apa sih olahraga yang satu ini? Jujur, aku pun baru tahu setelah ikut acara Ngumpul Sehat. Pembicara pada sesi ini adalah Mas Aufa, seorang coach khusus olahraga kalistenik.

Asian Games 2018 Olahraga Kalistenik
Latihan Dasar Kalistenik

Kalistenik atau dikenal juga dengan nama street workout adalah serangkaian gerakan motorik untuk membangun otot-otot tubuh hanya dengan mengandalkan (menggunakan) beban dari berat tubuh kita sendiri. Gerakannya meliputi peregangan, mendorong, mengangkat, dan tanpa menggunakan alat apa pun. Dengan kata lain, olahraga kalistenik juga bisa disebut sebagai latihan ketahanan (endurance training), latihan kekuatan (strength training), dan latihan beban. Untuk pemula, melakukan olahraga kalistenik cukup dengan melakukan gerakan dasar, seperti push-up, pull-up, squat, crunch, dan lunges.

Ada banyak manfaat melakukan olahraga kalistenik, antara lain membentuk otot, menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh, membuat tubuh menjadi lebih sehat, menjaga kepadatan tulang, dan bisa pula menurunkan berat badan.

Mas Aufa tak berpanjang lebar menerangkan secara teori karena menurutnya lebih bagus kalau praktik langsung. Jadilah setelahnya, saya dan teman-teman mempraktikkan berbagai gerakan dasar olahraga kalistenik. Gerakannya sederhana, cuma menggerakkan tangan, mengayun-ayunkan kaki, atau melakukan peregangan dengan tangan di belakang dan kepala menunduk ke arah berlawanan. Meski sederhana, kaus bagian belakang saya basah kuyup loh. Boleh nih dijadikan olahraga rutin karena kalistenik termasuk olahraga murah meriah yang bisa dilakukan di mana saja, tetapi memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Asian Games 2018
Ngumpul Sehat Olahraga Kalistenik Sambut Asian Games 2018

Hampir dua jam kami olahraga dan berlatih gerakan dasar kalistenik hingga akhirnya acara Ngumpul Sehat sekaligus mengenal olahraga kalistenik ini berakhir. Foto-foto adalah wajib hukumnya, baru setelahnya pulang ke rumah masing-masing. Sesampainya di rumah, tetap saja kisah tentang acara Ngumpul Sehat sambut Asian Games 2018 ini meninggalkan kesan yang mendalam. Setiap teringat permainan, juga becandaan yang kami lakukan di sana, tawa pasti terlontar. Luar biasa. Semoga di kemudian hari bisa ikutan lagi acara seru bersama Medialogy.

688 total views, 3 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here