Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah – Semua perempuan pastilah ingin cantik, begitu pula saya. Namun bagi saya yang minim pengetahuan tentang cara merawat wajah secara modern, maka saya lebih senang menggunakan cara-cara alami yang dulu sering diajarkan mama ketika saya remaja, salah satunya adalah dengan menggunakan masker wajah.

Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah
Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah. Image: freepik.com

Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah

Ada beberapa bahan alami yang dulu sering mama buat untuk digunakan sebagai masker wajah, salah satunya adalah air cucian beras.

Serius bisa pakai masker wajah dari endapan air cucian beras? Iya, benar. Menurut mama endapan dari air cucian beras itu bagus untuk memudahkan flek yang banyak menghiasi pipi saya.

Dulu sih saya langsung pakai saja tanpa bertanya. Namun akhir-akhir ini saya penasaran, apa sih yang ada di dalam kandungan air cucian beras sehingga bagus kalau dijadikan masker.

Saya pun mulai mencari referensi melalui berbagai artikel di internet dan menemukan ternyata memang banyak sekali manfaat baik dari air cucian beras untuk kesehatan kulit wajah.

Kandungan Nutrisi dalam Masker Wajah dari Air Cucian Beras

Beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam air cucian beras, antara lain:

  1. Hal paling sering yang mama sebutkan setiap saya tanya tentang manfaat pakai masker dari air cucian beras adalah bisa memudahkan flek hitam yang banyak menghiasi pipi saya. Hal ini karena di dalam endapan air cucian beras yang berwarna putih itu, ada kandungan oryzanol dari beras yang mampu mengurangi pigmentasi kulit, termasuk memudahkan flek hitak di wajah.
  2. Beras terkenal kaya akan vitamin B kompleks yang dikenal dengan nama inositol. Nah, inositol ini ternyata bagus untuk meremajakan kulit mengingat kemampuannya dalam merangsang pertumbuhan sel.
  3. Inositol yang bekerja sama dengan ferulic acid, kandungan lain yang juga ada pada beras, sangat bagus untuk menyamarkan garis-garis halus yang muncul di wajah. Contoh garis-garis halus ini seperti garis-garis yang muncul di dahi karena kebiasaan mengerutkan dahi.
  4. Khasiat lain dari ferulic acid, mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan diri, juga mampu mengecilkan pori-pori wajah.
  5. Karena saya memiliki jenis kulit yang tak berjerawat, dulu saya tak berpikir masker dari air cucian beras ini bisa untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Namun ternyata dari berbagai sumber yang saya baca, masker wajah dari air cucian beras juga mampu mengatasi kulit yang berjerawat karena mengandung zat yang bernama allantoin dan pitera. Kedua zat ini juga bisa lho mengurangi peradangan akibat jerawat.
Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah
Masker Wajah dari Air Cucian Beras. Image: National Geography

Cara Membuat Masker Wajah dari Air Cucian Beras.

Membuat masker wajah dari air cucian beras ini sangat mudah. Jadi setiap hendak memasak nasi, pasti kamu akan mencuci beras, kan? Air cucian beras yang pertama kali biasanya masih kotor, jadi langsung buang saja. Untuk air cucian yang kedua bisa digunakan kalau memang sudah terlihat bersih. Jika belum bersih, maka gunakan air cucian beras yang ketiga.

Air cucian beras yang hendak dijadikan masker sebaiknya ditempatkan di satu wadah. Mama saya dulu punya mangkuk khusus dari tanah liat untuk air cucian beras yang dibuatnya di pagi hari, kemudian mengendapkannya beberapa jam di kulkas. Ketika saya pulang sekolah, saya akan mengeluarkan mangkuk itu dari kulkas, membuang air di dalam mangkuk secara perlahan agar endapan berwarna putih yang ada di dasar mangkuk tidak ikut terbuang.

Endapan putih dari air cucian beras itulah yang kemudian saya oleskan ke wajah, dan membiarkannya hingga kering seperti masker. Nanti setelahnya, baru saya cuci muka dengan air hangat sampai bersih.

Tapi ingat, untuk membuat masker wajah dari air cucian beras, pastikan juga kualitas beras yang kamu gunakan, ya, jangan sampai berasnya mengandung bahan kimia, zat pemutih, atau bahan kimia berbahaya lainnya. Selain bisa mengganggu kesehatan tubuh karena mengkonsumsi nasi dari beras tersebut, juga bisa membuat kulit wajah rusak lho.

Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah berbahan alami seperti masker wajah dari air cucian beras ini mudah dan murah pula. Selain itu, bisa dilakukan sendiri di rumah sembari mengisi waktu luang. Saya pun akhir-akhir ini mulai lagi menggunakannya setelah sekian lama melupakan khasiat baik dari air cucian beras ini.

1,476 total views, 47 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here