Setiap perempuan yang menjadi ibu adalah guru pertama bagi anak-anaknya. Ia yang akan memberi bimbingan dan pengajaran lebih banyak bagi anaknya, disamping tentu saja bimbingan dan pengajaran dari ayah, juga anggota keluarga lain yang tinggal serumah. Karena peran ibu begitu besar dalam kehidupan awal anak, terutama sebelum anak memasuki usia sekolah maka tentu saja ibu haruslah memiliki pengetahuan yang mumpuni. Syukurlah saat ini telah tersedia Modul Pintar Sisternet untuk Ibu Cerdas di Era Digital. Sudahkah Ibu tahu mengenai modul pintar Sisternet ini? Jika belum, yuk sama-sama saja kita cari tahu ya.

Modul Pintar Sisternet untuk Ibu Cerdas di Era Digital
Sisternet Wadah Bagi Perempuan untuk Saling Berbagi, Peduli dan Menginspirasi

XL Axiata Luncurkan Modul Pintar Sisternet Berbasis Online untuk Perempuan Indonesia

Bertepatan dengan acara Kelas Literasi Digital bertema Ibu Cerdas di Era Digital yang diselenggarakan 16 Desember 2018 di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, XL Axiata meluncurkan Modul Pintar Sisternet Berbasis Online untuk Perempuan Indonesia.

Tujuan dari adanya Modul Pintar Sisternet yang bisa diakses di website Sisternet agar masyarakat luas, terutama para perempuan Indonesia, bisa terus meningkatkan kapasitas diri melalui materi belajar yang bisa diakses secara online kapan pun dan di mana pun, baik melalui komputer, laptop, tablet, maupun smartphone. Ada cukup banyak materi di modul pintar tersebut yang bisa memberikan informasi mengenai berbagai hal dalam kehidupan perempuan dengan tujuan tentu saja memudahkan aktivitas harian, seperti misalnya mengenai literasi digital, parenting, kesehatan, juga keterampilan.

Modul Pintar Sisternet untuk Ibu Cerdas di Era Digital
XL Axiata Luncurkan Modul Pintar Sisternet

Dian Siswarini selaku Presiden Direktur XL Axiata mengatakan bahwa teknologi digital memberikan kesempatan yang luas bagia siapa pun untuk menciptakan berbagai sarana yang berguna mempermudah aktivitas, salah satunya untuk mengakses berbagai materi peningkatan keahlian serta penyebaran informasi positif. Untuk itulah, XL Axiata menghadirkan Modul Pintar Sisternet tersebut demi mendukung para perempuan Indonesia mendapatkan materi belajar yang bisa diakses secara online kapan pun mereka membutuhkan.

Sisternet sendiri adalah wadah berbasis platform yang menjadi “rumah” bagi para perempuan untuk sama-sama saling menginspirasi, mendukung, dan berbagi, dengan tujuan meningkatkan kemampuan diri agar menjadi perempuan yang berdaya, baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat.

Sejak dibentuk 4 tahun lalu, ada kurang lebih 13 ribu perempuan yang telah mengikuti kelas-kelas program Sisternet yang dikenal dengan nama Sisternet Academy. Beberapa kelas program Sisternet, antara lain Kelas Literasi Digital, Kelas Kreatif Inspiratif, juga Kelas Aparatur Negara. Selain melakukan kelas tatap muka, Sisternet juga secara aktif melakukan edukasi melalui media sosial sehingga yang belum bisa hadir di kelas tatap muka bisa mengikuti melalui media sosial tersebut.

Modul Pintar Sisternet untuk Ibu Cerdas di Era Digital
Kerjasama XL Axiata Melalui Program Sisternet dan Kementerian

Dian Siswarini juga menambahkan hingga saat ini program Sisternet telah secara aktif menjalin kerjasama dengan kementerian-kementerian demi menyampaikan pesan maupun informasi positif yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Beberapa kementerian yang dimaksud, antara lain: Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Dalam peluncuran Modul Pintar Sisternet ini, Dra. Rosarita Niken Widiastuti Msi. selaku Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengatakan bahwa kementerian, terutama Kominfo membutuhkan dukungan dari banyak pihak untuk menyampaikan pesan terkait program-program pemerintah, termasuk program edukatif dan positif, seperti yang dilakukan XL Axiata melalui program Sisternet.

“Kami mengapresiasi program Sisternet yang dilaksanakan secara komprehensif dan mampu menjangkau masyarakat, terutama kalangan perempuan, hingga ke pelosok-pelosok daerah. Karena itu, kami sangat mendukung inisiatif untuk meluncurkan Modul Pintar Sisternet yang bisa menjadi sarana penyebaran informasi sekaligus edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat.”

– Dra Rosarita Niken Widiastuti, Msi., Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika –

Modul Pintar Sisternet untuk Ibu Cerdas di Era Digital

Apa saja sih yang ada dalam modul pintar Sisternet? Jika membuka website dengan alamat www.sisternet.co.id/modulpintar, maka kita akan menemukan 5 kategori utama, yaitu Ibu dan Anak, Literasi Digital, Perencanaan Keuangan, Entrepreneurship, dan Kategori Lain. Dalam setiap kategori tersebut kita bisa memilih modul pintar yang mana dulu yang ingin kita baca dan kita pelajari.

Modul Pintar Sisternet untuk Ibu Cerdas di Era Digital
Modul Pintar Sisternet Berisi Materi Belajar yang Bisa Diakses Secara Online dari mana pun dan kapan pun

Misalnya ingin mengetahui tentang Gejala Stunting Anak maka kita bisa mengakses kategori Ibu dan Anak. Modul mengenai stunting pada anak telah tersedia di sana, begitu pula tentang imunisasi lengkap yang mesti didapatkan anak. Sementara jika ingin mengetahui cara mengelola keuangan, dana pendidikan, atau dana untuk traveling, kita bisa masuk ke kategori Perencanaan Keuangan.

Modul Pintar Sisternet tersebut dibuat oleh para pakar di bidangnya serta komunitas masyarakat yang memiliki visi yang sama. Kita tinggal menyesuaikan saja modul yang mana yang saat ini sedang kita butuhkan. Jangan lupa jika memiliki waktu, ikutlah sesekali kelas-kelas program Sisternet, juga akses berbagai informasi positif lainnya di akun media sosial Sisternet, yaitu:

Facebook: @sisternet_ID
Twitter: @sisternetid
Instagram: @sisternetid
Youtube: Sisternet ID Official

Semoga dengan tersedianya modul pintar Sisternet untuk ibu cerdas di era digital ini bisa membuat kita, para perempuan Indonesia, semakin cerdas, memiliki kemampuan mumpuni untuk menunjang kehidupan sehari-hari, dan untuk berkarya secara positif bagi diri sendiri, bagi keluarga, serta bagi masyarakat, tak lupa juga bagi Indonesia.

15,121 total views, 5 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here