Judul : Oppa & I
Penulis : Orizuka dan Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Tahun : Desember 2011
Tebal : 156 Hal
ISBN : 9786029832532
 
Park Jae In
“Oppa”
Apa panggilan itu tidak terdnegar lucu? Terutama setelah kau pergi meninggalkanku begitu saja lima tahun lalu? Sekarang saat bertemu lagi, apa yang membuat senyummu selebar itu? Apa kau senang melihatku seperti ini?
Park Jae Kwon
Jae In-a
Kau dulu menggemaskan, tetapi sekarang mengapa begini? Siapa yang membuatmu susah, katakan pada Oppa! Oppa tak akan membiarkan siapa pun menyakitimu! Oppa akan melindungimu!
***
Ini buku Korea-koreaan yang pertama kali kubaca. Itu pun karena aku sedang mencoba mencari referensi novel Korea agar bisa menuliskan novel Korea milikku sendiri. Kisah di dalam novel ini bukanlah kisah cinta-cintaan antara sepasang kekasih seperti kebanyakan buku Korea yang mulai beredar. Kisah di buku ini tentang kasih sayang dan cinta antara kakak dan adik yang sempat terpisah dan kemudian bertemu kembali.
Oppa & I menceritakan tentang Jae-Kwon dan Jae- In yang merupakan anak kembar “pengantin” atau anak kembar yang terdiri dari satu anak perempuan dan satu anak laki-laki. Hubungan keduanya sangat dekat. Jae-Kwon dan Jae-In saling menyayangi. Hingga suatu ketika kedua orang tua mereka memilih untuk bercerai karena ayah mereka harus pulang kembali ke Korea, sementara ibu mereka tidak ingin ikut.
Jae-In dan Jae-Kwon pun terpisah. Jae-Kwon dibawa oleh ayahnya pindah ke Korea dan meninggalkan ibu serta Jae-In yang sangat marah dan sedih. Sedangkan Jae-In terpaksa ikut dengan ibunya dan menemani ibunya.
Lima tahun kemudian, ternyata ayah dan ibu mereka malah memilih untuk berbaikan kembali karena ibu Jae-In akhirnya menyetujui untuk ikut pindah ke Korea. Jae-In kembali merasakan keterpaksaan harus mengikuti ibunya pindah ke Korea dan bertemua dengan kakak yang sudah pernah mengkhianati dan menyakitinya.

 

Secara garis besar, novel ini sangat bagus untuk dibaca karena tema yang diusung adalah kasih sayang di dalam keluarga dan tentang memaafkan seseorang yang berarti di dalam hidup kita. Saat membaca buku ini, aku cukup nyaman karena rangkaian katanya sederhana dan tidak terlalu banyak deskripsi atau narasi yang tidak perlu. Beralur cepat hingga tidak membosankan dan secara keseluruhan cerita mengalir dan membuat buku ini asyik untuk diselesaikan dengan segera.

913 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here