Pinjaman Modal Usaha Manfaat dan Cara Mendapatkannya – Kemajuan dunia usaha saat ini terbentang luas dan membuka banyak sekali peluang. Sayang jika kita tidak ikut memanfaatkan kesempatan ini dan berperan serta di dalamnya. Membuka usaha memang dibutuhkan persiapan, terutama dalam hal modal.

5 Persiapan Penting untuk Memulai Usaha

Untuk memulai usaha ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Persiapan ini perlu dilakukan agar usaha bisa berjalan dengan lancar. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Ide Usaha

Untuk menentukan ide usaha yang tepat maka perlu berpikir out of the box. Carilah ide usaha yang bisa memenuhi kebutuhan orang banyak. Contohnya nih: ketika suatu kota begitu padat dan sering macet, orang pasti butuh transportasi yang cepat dan murah, maka muncullah ojek online.

Ide lain, misalnya: distribusi dokumen antar perusahaan yang bisa dalam 1 hari sampai, katering sehat sesuai golongan darah, jasa dekorasi, toko kebutuhan harian siap antar, laundry 1 hari selesai, bisa juga terkait usaha makanan.

Pinjaman Modal Usaha
Pinjaman Modal Usaha di Aspire

2. Bisnis Plan

Buat bisnis plan yang jelas sebelum memulai usaha. Dalam bisnis plan ini perlu dicatat dengan detail mengenai siapa target pasar, lokasi usaha, kebutuhan modal, tenaga kerja, pemasaran, juga langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menjalankan usaha.

3. Lakukan Survei

Perlu sekali melakukan survei terkait ide usaha yang telah ditetapkan di awal. Dari survei ini kita bisa sekaligus menganalisis perilaku konsumen terkait dengan ide usaha tersebut, termasuk di dalamnya kemampuan daya beli konsumen, kompetitor, dan sebagainya.

4. Usaha yang Unik

Setelah mantap dengan satu ide usaha yang hendak dijalankan, maka selanjutnya perlu membuat usaha tersebut menjadi unik dan mudah diingat. Buatlah nama usaha yang berbeda dengan kebanyakan yang sudah ada di luar sana.

Desain interior tempat usaha yang kekinian dan bisa memikat konsumen untuk datang. Selain itu tentu saja mengutamakan kualitas, baik kualitas produk, rasa, cara penyajian, pemasaran, maupun layanan.

Beberapa Jenis Pinjaman Modal Usaha yang Perlu Diketahui

Sebelum melakukan peminjaman uang, perlu diketahui terlebih dahulu terkait jenis-jenis pinjaman yang hendak dilakukan. Cari tahu terlebih dahulu pula kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setelahnya, baru tetapkan pilihan jenis pinjaman seperti apa yang dibutuhkan.

Beberapa jenis pinjaman modal usaha, antara lain:

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit tanpa agunan menjadi pilihan pinjaman modal yang tak membutuhkan jaminan apa pun. Jadi pemilik usaha bisa melakukan pengajuan pinjaman tanpa perlu mengagunkan properti atau barang penting lainnya untuk mendapatkan pinjaman.

Syarat pengajuan KTA ini biasanya lebih mudah, yaitu cukup dengan rekening tabungan 3 bulan terakhir, slip gaji, dokumen usaha yang mau dijalankan, KTP, NPWP, dan mengisi formulir pengajuan pinjaman modal usaha.

2. Kredit Multiguna

Kredit multiguna prosesnya lebih cepat dari pengajuan pinjaman KTA. Jika KTA membutuhkan pemeriksaan kolektibilitas kredit, maka untuk kredit multiguna tidak perlu ada pengecekan lagi. Karena sebagai peminjam, pemilik usaha akan menyertakan jaminan yang membuat kreditur lebih mudah memberikan dana untuk dipinjamkan.

3. Pinjaman Online

Saat ini ada kurang lebih penyedia pinjaman online yang telah terdaftar di OJK, yaitu kurang lebih 100.940 pada 2017 lalu. Artinya, terbuka cukup besar peluang untuk mendapatkan suntikan dana dengan cara melakukan pinjaman online.

Proses pengajuan pinjaman online jauh lebih mudah dibandingkan dua jenis pinjaman modal usaha sebelumnya. Cukup siapkan saja KTP, NPWP, slip gaji, dan Kartu Keluarga. Jumlah pinjaman dan bunga juga beragam serta bisa dipilih sesuai kebutuhan.

pinjaman modal usaha
Kelebihan Aspire

Pinjaman Modal Usaha Manfaat dan Cara Mendapatkannya

Terkait masalah modal, memang ada cukup banyak hal yang mesti dipikirkan dan dipertimbangkan. Modal usaha memegang peranan penting dalam menjalankan usaha. Untuk itu, perlu benar-benar melakukan perhitungan matang terkait ketersedian modal.

Bagusnya modal ini tersedia dalam jumlah yang cukup untuk operasional usaha selama minimal 6 bulan. Jadi ketika usaha masih sepi karena baru mulai dan belum banyak pelanggan, usaha tetap bisa berjalan dengan lancar. Tentu saja perlu ditingkatkan lagi sistem pemasarannya agar usaha cepat dikenal dan bisa segera memiliki pelanggan tetap.

Saat ini cukup banyak lho penyedia pinjaman modal demi memulai usaha maupun untuk memperbesar usaha. Tetapi tetap saja kita perlu berhati-hati untuk memilih penyedia pinjaman usaha. Usahakan melakukan pinjaman pada perusahaan yang telah terdaftar di OJK.

Pinjaman Modal Usaha
Pinjaman Online yang Mudah dan Cepat

Ada cukup banyak manfaat yang bisa dilakukan ketika melakukan pinjaman modal usaha, seperti:

  • Ketersediaan modal bisa terpenuhi dengan lebih cepat.
  • Usaha bisa segera dijalankan sesegera mungkin begitu perencanaan sudah matang.
  • Bunga pinjaman dan angsuran yang perlu dibayarkan bisa disesuaikan dengan kemampuan.
  • Proses lebih cepat dan lebih mudah.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal usaha?

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di Aspire

Aspire adalah salah satu platform fintech yang bisa memberikan pinjaman modal usaha kepada siapa pun yang ingin memulai usaha, atau kepada pemilik usaha yang sudah berjalan dan sedang membutuhkan tambahan modal.

Pengajuan pinjaman online di Aspire sangat mudah, tanpa perlu mengurus berbagai dokumen yang ribet, dan tidak pula membutuhkan waktu lama. Ini cocok sekali lho untuk pemilik usaha kecil menengah yang sedang membutuhkan pinjaman modal usaha.

Kelebihan lain yang dimiliki Aspire tentu saja telah terdaftar di OJK serta menawarkan kredit bunga rendah, bahkan tersedia pula bunga 0% untuk syarat dan ketentuan tertentu. Saat ini, Aspire telah beroperasi di Indonesia, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Nah, jika saat ini kamu sedang ingin memulai usaha baru ataupun sebagai pemilik usaha, dan sedang membutuhkan pinjaman modal usaha, maka bisa mempertimbangkan untuk melakukan pinjaman online. Tapi sekali lagi, melakukan pinjaman modal ini perlu dipertimbangkan dengan cermat ya dan disesuaikan pula dengan kebutuhan serta kemampuan dalam melakukan pembayaran.

pinjaman modal usaha

Semoga tulisan tentang Pinjaman Modal Usaha Manfaat dan Cara Mendapatkannya bisa bermanfaat.

2,476 total views, 9 views today

SHARE
Previous articleInilah 6 Cara Mudah Setting Jam Tangan Pintar Anak
Next articleCara Mudah Untuk kesuburan Pria

69 COMMENTS

  1. Pinjam meminjam uang secara online memang harus bijak dan cermat ya. Jangan sampai ujungnya merugikan
    Masalah saya untuk terjun ke dunia bisnis ini malas masih bingung mau bisnis apa. Secara di kampung, selalu saja diikuti oleh tetangga. Hahaha…
    Meski rezeki tidak tertukar tapi kalau saingan dagang selalu ada depan rumah kok ya jadi malas ya hehehe

  2. Pinjam meminjam uang secara online memang harus bijak dan cermat ya. Jangan sampai ujungnya merugikan
    Masalah saya untuk terjun ke dunia bisnis ini malas masih bingung mau bisnis apa. Secara di kampung, selalu saja diikuti oleh tetangga. Hahaha…
    Meski rezeki tidak tertukar tapi kalau saingan dagang selalu ada depan rumah kok ya jadi malas ya hehehe

  3. Pinjam meminjam uang secara online memang harus bijak dan cermat ya. Jangan sampai ujungnya merugikan
    Masalah saya untuk terjun ke dunia bisnis ini malas masih bingung mau bisnis apa. Secara di kampung, selalu saja diikuti oleh tetangga. Hahaha…
    Meski rezeki tidak tertukar tapi kalau saingan dagang selalu ada depan rumah kok ya jadi malas ya hehehe

  4. Sekarang makin mudah mau ngapa-ngapain, ya. Termasuk kalau mau buka usaha dan nggak punya modal, dimudahkan sama layanan dari Aspire begini. Aku selalu mikir kalau orang-orang yang ada di balik fintech gitu pasti anak muda atau milenial hehe.

  5. Sepakat banget mba bahwa sebaiknya memilih perusahaan terkait pinjaman dana di perusahaan yang telah terdaftar di OJK. Senangnya jika dibantu memudahkan untuk pinjam dana untuk usaha ya mba

  6. Sekarang orang dimudahkan banget ya untuk dapatkan modal usaha tinggal jenis usahanya aja nih harus benar2 unik tapi everlasting agar selalu diingat orang 🙂

  7. Modal usaha dalam memulai sebuah bisnis memang sangat penting ya mbak, harus banyak info tentang modal pembiayaan usaha yang bisa digunakan dan tentunya yang benar benar kredibel atau memiliki reputasi baik dan yang paling penting terdaftar resmi di OJK

  8. Persiapan melakukan usaha, ini yang aku butuhkan, kak Monic…
    Soalnya anak-anak di sekolah kan ada waktunya business day, suka bingung gitu…mau mulai darimana.
    Dan yang terpenting dari semua itu adalah modal.
    Semoga Aspire bisa membantu banyak pengusaha kecil dan menengah yaa…dengan segala keistimewaannya.

  9. Aspire ini ternyata gak cuma di Indonesia aja yaa. Udah terdaftar OJK pula,
    Sekarang mudah sekali ya mendapatkan pinjaman buat usaha. Hal ini bagus tapi kita sendii harus bisa memproyeksikan kapan kta bisa balikin utang kita. Jangan sampai bisnis belum untung kita malah sibuk mencicil utang gtu.

  10. Nah..penting sekali nih dibaca untuk yg akan atau sedang memulai bisnisnya.. TFS mba, akan kukasih lihat ke kerabat yg berencana membuka bisnis kecil2an di rumah..

  11. emang bisnis tuh sering kendalanya di modal

    modal cekak mau berbisnis gimana juga gak leluasa
    untung ada spire yang bisa kasih pinjaman modal
    terus klo udah dapat pinjaman pebisnis juga harus udah punya rangka bisnis yang jelas sih

    minimal biar bisa bayar pokok pinjamannya

  12. Sekarang sudah semakin dimudahkan dengan banyaknya variasi pinjaman. Tapi tetep kudu nanya sm diri juga ya kak gimana balikinnya

  13. Infonya bermanfaat banget, jadi si peminjam punya gambaran utuh tentang badan peminjamnya. Semoga juga mereka sebelumnya jadi sudah memiliki rencananya bagaimana Cara mengembalikan pinjamannya.

  14. Jika ingin menekuni bidang usaha yang unik, biasanya nggak bisa banyak item ya mba. Karena biasanya berkaitan dengan hobi. Rata-rata emang per produknya tinggi sih karena dibuat khusus dan penuh kreativitas.
    Bagi para pengusaha yang membutuhkan suntikan modal, bisa jadi pertimbangan nih mengajukan pinjaman via Aspire.

  15. Penting banget untuk menentukan pinjaman ya mbak Monica, apalagi sekarang sudah menjamur pinjaman. Dengan mudah hp kita dihubungi untuk ditawarkan pinjaman. Nice info nih mbak:)

  16. Alhamdulillah, ikut seneng ih sekarang tuh banyak fintech yang bantu para pengusaha baru buat dapetin modal, yang penting kita nya aja pinter-pinter pilih fintech yang sesuai ya kak

  17. Menarik juga ya dengan bunga 0%. Bisa membantu para calon wirausahawan nih. Memang sebaiknya pinjaman ini jangan memberatkan supaya mereka bisa membayarnya.

  18. Sebelum usaha ide mau ngapain memang sangat penting ya Mbak Monica. Itu yang kulakuin dulu sebelum buka warung. Hanya lanningnya kadang tak sesuai harapan. Tapi tetap bisa jalan. Untuk modal, semampunya dengan memikirkan ide yang muncul. Jadi meminimalkan pinjaman biar nggak berat di kemudian hari.

  19. kalo pinjaman di aspire itu ada batasanya g mb monic, semisal maksimal 30 juta. Terus adakah bunganya juga kalo telat jatuh tempo dalam penulasan pinjamanya?

  20. Makasih kak, infonya… Sering banget punya ide usaha, tapi ujung-ujungnya batal saat survey dan bikin planning. Belum lagi bakal modal usaha yang setelah dihitung ternyata kurang, tapi ga berani ambil pinjaman modal. Mungkin aku perlu mempelajari lagi mengenai pinjaman modal biar nanti berani buat memulai usaha hehe.

  21. Empat hal yg diperlukan utk memulai usaha 1. Ide Usaha 2. Bisnis Plan 3. Lakukan Survei 4. Usaha yang Unik sementara untuk permodalannya saat ini pinjaman on line sudah banyak… tapi tetap dibutuhkan kehati hatian untuk memutuskan pinjaman on line mana yang akan kita gunakan…

  22. Bila ingin memulai usaha, memang bukan hanya punya modal saja ya, Mbak Monica. Tapi banyak hal yang harus diperhatikan dan dijalankan. Dan 4 persiapan yang harus dilakukan itu keren sekali, Mbak. terutama jeli melihat peluang. Dan kalau saya saat ini masih mencari yang sesuai saya sukai hehehe.
    Tapi zaman now soal permodalan semakin mudah. Jadi keinginan mempunyai usaha bisa seger terwujud ya, Mbak.

  23. Menjak ada Fintech, pinjam modal usaha makin gampang ya! Cuma ya itu, masih ada bnyk bgt pinjaman online yg abal2 dan masyarakat jadi tertipu.

    Mudah2an ke depan Aspire makin gencar bikin campaign ‘sadar pinjaman online’ ke masyarakat biar pada gak ketipu lagi. Apalagi pelaku UKM, kesian kalo dijerat peminjam online gak terdaftar OJK.

    Semoga Aspire bisa berkontribusi untuk mengedukasi masyarakat tentang ini.

  24. memilih pinjaman modal usaha harus selektif dan dipikirkan dengan sebaik2nya. karena utang adalah beban, perencanaan bisnis harus matang sehingga usaha bisa tumbuh sehat. makasih infonya mba

  25. Sebelum bikin bisnis emang harus banget dipikirkan baik-baik. Termasuk masalah pinjaman, harus ditimbang positif dan negatifnya. Dipikirin juga kapan tenggat bayar dan sampai kapan jangka pembayaran. Jangan bisnisnya aja jalan tapi hutang dilupain hehe

  26. Nih baru keren udah masuk OJK bearti meminjam untuk modal usaha yang bermanfaat sangatlah penting.. yukk daftar ke Aspire tempat untuk meminjam buat kita usaha.. dan pasti terjamin aman banget data” kita di simpan oleh mereka

  27. Kayaknya usaha saya yang terdahulu gagal mungkin karena kurang modal, kurang survei dan juga tidak membuat bisnis plan. Modal niat yang seadanya aja kayaknya memang kurang cukup ya jika ingin berbisnis. Untung sekarang banyak sumber pinjaman modal usaha cuma tetap harus berhati-hati dan tahu betul hitung-hitungannya supaya tidak merugi

  28. Kalau udah bicara tentang pinjaman modal usaha nih harus cermat dan tepat, gak bisa sekali survei langsung oke, karena harus mempertimbangkan hal-hal ke depannya apakah bisa menyanggupi atau tidak.
    Apalagi pinjaman secara online, harus benar-benar bijak dan teliti dalam memilih, jangan sampai salah pilih lalu rugi ya kak.

  29. Buka usaha zaman now memang harus pintar-pintar cari yg unik dan bisa lihat peluang apa yg dibutuhkan lingkungan sekitar. Kadang gak melulu harus ngikutin tren bisnis, asal konsisten dan produknya dibutuhkan, insya Allah step by step pasti ada kemajuan. Termasuk jasa fintech seperti ini, sangat memudahkan pebisnis pemula utk melakukan pinjaman, asal paham dengan risiko dan mampu mengembalikan tepat waktu.

  30. Walaupun udah dpt pinjaman, harus pinter-pinter mengelola ya, spy bisa menyicil pengembalian. Seringnya krn engga ada bussines plan, jadi macet…

  31. Wow banyak juga ya yang terdaftar di ojk, aman semua berarti itu? Buka usaha jadi mudah nih untuk permodalan, bisa ke aspire tentunya dengan persiapan matang.

  32. Saya pernah menjadi salah satu anggota perhimpunan pengusaha mikro dan kecil di Jawa Barat, untuk para wirausahawan yang ingin mendapat pengarahan yang tepat saya sarankan agar mengikuti balai diklat dan pelatihan di Dinas Koperasi dan UMKM setempat. Disana juga ada program untuk modal usaha.

  33. usaha yg unik akan jd sebuah peluang besar. betul sekali. kebetulan saya dan suami lg merintis bisnis peternakan ikan nih. modalnya dari pinjam dan tabungan, ehehe.

  34. Memang modal usaha itu penting sekali ketika ingin membuka usaha namun sekarang ini banyak cara mendapatkannya termasuk dengan pinjaman online tapi yang perlu digarisbawahi pinjam online itu juga harus hati-hati jangan sampai pinjam online ke fintech yang abal-abal dan pada akhirnya malah akan menyusahkan

  35. Aku jg lagi kepikiran untuk membuat usaha mba Monic dan bener banget sih, membuka usaha untuk menjadikan solusi bagi orang-orang yg memang merasa hal tsb masalah. Aspire benar-benar membantu dan menjadi mudah terkait pinjaman

  36. Aspire ini beneran aman, kan Mbak? Saya masih was-was kalau bicarakan pinjaman online, nih.
    Harus banyak cari tahu karena baca inu, saya kok minat ya, pinjem ke sana.

  37. banyak juga ternyata ya penyedia jasa pinjaman online, sampai ribuan jumlahnya. Pantesan saya kok sering dapat sms menawarkan pinjaman modal secara online. Yang masih bikin heran, dari mana mereka dapat no handpone saya.

    Dan dari mana mereka tahu kalau saya butuh pinjaman dana hehehe…..

  38. Ngeri-ngeri sedap sepertinya ya mbak, kalau minjam di fintech seperti ini. KArena sudah ada beberapa kasus. Tapi lebih enak pinjam dari orang terdekat dulu mbak hehe

  39. Punya usaha jaman sekarang memang perlu banget untuk terluhat unik biar jadi unik dan dilirik pasar ya. Nah, modal memang perlu dipikirkan matang matang soal jumlah dan sumbernya. Lalu, manajemen sepanjang menjalankan usaha sih yang menurut saya paling penting, agar pengembalian pinjaman lekas selesai nantinya.

  40. Satu lagi catatan saya kak monica yang menguntungkan dari Pinjol Aspire adalah pengajuan dan pengurusan yang sangat mudah, tanpa perlu mengurus berbagai dokumen yang ribet, dan tidak pula membutuhkan waktu lama..

    Jadi untuk mau berusaha, pinjolnya sudah tersedia… tinggal niat dan usaha mau maju saja yang diperlukan

  41. Pinjaman online (fintech) saat ini sangat banyak dan memudahkan dalam membangun usaha. Tetapi, meski mudah, menuntut perhitungan cermat mengenai business plan seperti yang mbak Monica sampaikan.

    Sering kali orang gagal berbisnis dan menumpuk hutang gara-gara business plan masih separo matang, padahal sudah mulai jatuh tempo bayar cicilan fintech.

  42. Niat untuk melakukan pinjaman hendaknya dipikirkan dengan matang dan bijak. Pemanfaatannya juga disesuaikan dengan tujuan agar semuanya bisa berjalan sesuai harapan.

  43. Aku inginnya sih punya modal dari KTA. Wah keren tuh kalau pinjaman modal di Aspire bunganya bisa sampai 0%, jadi bisa benar-benar membantu untuk modal usaha. Coba aku mau kepoin nanti, karena ku sudah punya ide usahanya termasuk bisnis plannya, tinggal modalnya aja hehehe

  44. Dengan banyaknya pinjol, memudahkan kita untuk membuka peluang usaha. Namun sebelum pinjam modal usaha di pinjol sebaiknya kenali dulu. Terutama pinjol tersebut sudah terdaftar di OJK Agar aman. seperti yg telah beroperasi di beberapa negara di kawasan asia tenggara, termasuk Indonesia

  45. Tips untuk menulai usahanya itu boleh banget nih Mbak. Yang pasti seperti yang Mbak sebutkan di atas, salah satu tipsnya memang usaha yang hendak kita bangun harus unik (lain dari yang lain) ya agar peluang untuk sukesnya juga semakin besar

  46. Buka usaha zaman sekarang jauh lebih mudah ya. Yang butuh modal pun sekarang mau cari pinjaman juga gampang. Tinggal hati-hati Aja milih pemberi pinjamannya ya. Harus yang udah terpercaya.

  47. Pinjaman online itu memang terasa menggoda ya, apalagi kadang diming-iming syarat yang mudah
    Nah, kalau niatnya buat modal usaha, kitanya harus benarbenar komit menjadikan modal usaha
    Jangan sampai tergoda untuk membiayai keinginan yang lain

  48. Saya juga ingin membuat sebuah usaha, tips dari Mbak mencerahkan saya. Dan memang setiap usaha itu butuh modal, sebelum meminjam modal di pinjaman online atau di manapun, baiknya usahakan cari pemodal atau orang yang bisa diajak kerja sama dulu sih, menurut hemat saya

  49. Btul t mbak. Sblum. Memulai usha kta harus merhatiin ke 5 hal yg udh mbak mbak monic tulis. Gx bsa usha asal2an doank. Persiapan dananya jg pnting. Karna modal jga hal yang paling utama untuk memulai.

  50. Btul t mbak. Sblum. Memulai usha kta harus merhatiin ke 5 hal yg udh mbak mbak monic tulis. Gx bsa usha asal2an doank. Persiapan dananya jg pnting. Karna modal jga hal yang paling utama untuk memulai.

  51. dengan adanya pinjam modal secaraonline mudah-mudahan bisa dimanfaatkan parapelaku UMKM. Apalagi seperti Aspire ini yang sudah terdaftar di OJK yang biasanya cukup terjamin. dan lebih bagus lagi kalau ternyata bunganya bisa 0%, pasti banyak yang tertarik

  52. Yang penting jgn lari ke pinjaman online yang bunganaya mencekik kayak yg byk berisi dar di pasaran skrg ya mbakkk.

    Suka kesel aku krna ada pinjol yang mudah bgt cairin dana itu.

  53. Wahhh kalo kek gini jadi pengen pinjem nih buat modal usaha ku di rumah, sapa tau bisa meminjam disini secara tidak langsung kan.. Apalagi peminjamannya sistemnya seperti ini jadi tergiur banget deh LD

  54. Sesuai dengan perkembangan jaman yang kian maju, sekarang apa-apa emang sangat dimudahkan. Tapi tetap harus cermat dan bijak. Tentunya harus sudah terdaftar di OJK, selain lebih terjamin bagi peminjam, urusan kedepan agar sesuai rencana si peminjam juga sangat butuh perhitungan matang. Ya mudah-mudahan lancar aja sih doa saya,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here