Saat mendengar ada jalan tol yang akan dibangun untuk menghubungkan Serpong dan Balaraja, saya pun cari info tentang Progres Pembangunan Tol Serpong-Balaraja di BSD City.

Pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia saat ini semakin keren ya. Ada banyak daerah yang sebelumnya masih sulit diakses jadi bisa lebih mudah karena sudah adanya jalan, termasuk jalan tol.

Akhir Agustus 2019 lalu, saya road trip dengan beberapa teman dari Jakarta menuju Bali. Kami sengaja traveling kali ini secara road trip, menggunakan mobil, untuk mencoba jalan tol yang sudah terhubung dari Jakarta hingga Probolinggo. Ternyata dengan adanya jalan tol ini, perjalanan darat jadi lebih cepat.

Bayangkan saja, kami keluar dari Jakarta sekitar jam 4 sore tanggal 29 Agustus 2019. Sempat mengalami macet karena memang ada beberapa ruas jalan tol yang masih dalam pembangunan hingga Karawang. Dan tahu tidak, kami tiba di daerah Kuta-Bali, kurang lebih jam 9 malam.

Nah, dari pengalaman mengalami sendiri betapa semakin mudahnya bepergian dari satu wilayah ke wilayah lain di Indonesia inilah, saya jadi semangat juga mengikuti pemberitaan mengenai pembangunan jalan tol. Daerah mana lagi nih yang akan terhubung dengan adanya pembangunan jalan tol ini.

Progres Pembangunan Tol Serpong-Balaraja di BSD City

Pembangunan tol Serpong menuju Balaraja, salah satu wilayah di Kabupaten Tangerang ini digagas dengan harapan bisa mengakomodasi perkembangan wilayah di sekitar BSD City. Sebagai the first integrated smart digital city, BSD City melalui Sinar Mas Land mengutamakan aspek mobilitas yang bisa membantu setiap orang mudah ke mana pun, termasuk transportasi yang digunakan.

Pembangunan jalan tol Serpong-Balaraja dilaksanakan atas kerja sama Sinar Mas Land melalui PT. Trans Bumi Serbaraja dengan PT. Wijaya Karya Tbk sebagai kontraktornya.

Pembangunan Tol Serpong-Balaraja atau disebut Tol Serbaraja ini, adalah salah satu contoh proyek pembangunan jalan tol yang diinisiasi pihak swasta dalam rangka mendukung program pemerintah dalam membangun jaringan jalan di berbagai wilayah di Indonesia.

Konstruksi Tol Serbaraja direncanakan akan rampung seluruhnya pada 2024. Pembangunan ini terbagi dalam 3 seksi, meliputi:

  • BSD City-Legok: 11,3km
  • Legok-Tigaraksa selatan: 10.7km
  • Tigaraksa Selatan-Balaraja: 17.8km

Pembangunan kontruksi sudah dilaksanakan sejak bulan Juli 2019 lalu dan diharapkan pembangunan seksi 1 kurang lebih 10km sudah selesai pada 2021. Hal ini lebih cepat bisa direalisasi karena sebagian besar lahan adalah milik investor.

Untuk terus meningkatkan aspek mobilitas yang akan memudahkan pergerakan dan transportasi masyarakat, Sinar Mas Land juga terus melakukan berbagai pengembangan dan perbaikan jalan, serta kemudahan dalam berlalu lintas yang diawasi secara real-time dan digital dengan menggunakan Command Centre BSD City.

BSD City menyediakan fasilitas terbaik bagi warga dengan akses jalan tol dan infrstruktur dalam kawasan yang baik. Hal ini turut didukung dengan keberagaman fasilitas transportasi publik yang tersedia di BSD City, mulai dari kereta listrik Commuter Line untuk perjalanan lintas kota/area, hingga layanan shuttle bus gratis BSD Link yang menghubungkan landmarks di BSD City.

Dalam kawasan tertentu seperti BSD Green Office Park, transportasi jarak pendek juga dilengkapi dengan Grab Wheels, layanan electronic scooter satu-satunya di Indonesia. Hal ini menjadikan BSD City kawasan yang unggul, baik untuk hunian, maupun untuk komersial.

Menteri PUPR Tinjau Langsung Progres Pembangunan Tol Serbaraja di BSD City

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR), Basuki Hadimuljono, tanggal 20 September 2019 telah berkunjung ke lokasi pembangunan proyek jalan tol Serbaraja. Proyek jalan tol yang akan menghubungkan area Serpong dan Balaraja yang berada di Kabupaten Tangerang ini dicetuskan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang dan diprakarsai oleh Sinar Mas Land pada 2012.

Kehadiran Menteri PUPR disambut oleh Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land dan Saleh Husin, Managing Director President Office Sinar Mas serta Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang.

“Jalan tol ini sepenuhnya dilaksanakan dengan skema investasi dan prakarsanya dari investor. Konstruksi seluruhnya direncanakan rampung pda 2024. Untuk Seksi 1 sekitar 10 km direncanakan selesai pada 2021 karena sebagian besar lahan dimiliki investor, sehingga proses konstruksi bisa berjalan lancar.”
– Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum&Perumahan Rakyat Republik Indonesia –

Semoga Progres Pembangunan Tol Serpong-Balaraja di BSD City berjalan dengan lancar ya.

3,737 total views, 5 views today

13 COMMENTS

  1. serius itu waktu tempuh Jakarta – Bali roadway cuma segitu mbak? aku jadi gagal paham ahahaha tapi memang infrastruktur jaman sekarang makin maju dan memudahkan kita semua ya

  2. Jalan tol emang bikin perjalanan lebih singkat ya kak..
    Aku juga senang, klo perjalanan darat lbh crpat skrg..

    Tapi jadi jarang bisa mampir ke tempat2 jajanan biasanya

    Haha

  3. Alhamdulillah, ikut seneng deh dengan pembangunan banyak jalan tol di mana-mana. Jangankan di deket ibu kota, bahkan daerahu aja kini sudah ada jalan tol. Bikin gampang ke mana2 dan bisa ngindarin macet. Semoga nanti bisa semakin banyak lagi. Supaya mau ke mana pun bisa sangat mudah 🙂

  4. Wah keren BSC City semakin memanjakan banyak ornag dengan fasilitas yang semakin maju. Dan ini tentunya membuat akses ke berbagai tempat jadi semakin mudah yaa

  5. Memang mbak dengan adanya jalan tol i berbagai ruas jalan jadi semakin emmudahkan kita ya… Mempersingkat waktu temnpuh juga jika jharus keluar kota… Mantap deh pokoknyaa…

  6. Semoga pembangunan jalan tol yang terus di giatkan oleh Pemerintah berdampak baik untuk berbagai sektor lainnya. Seperti sektor perdagangan, pariwisata.

  7. Wah, semakin lancar ya ke mana-mana. Perjalanan juga semakin singkat dan menyenangkan. Semoga bisa dimanfaatkan dengan optimal ya, dan berdampak secara ekonomis juga kepada masyarakat di sekitarnya.

  8. Kalau uda jadi asik banget nih ngurangi macet jadi lebih cepet sampe. secara aku kalo hari kerja mau kesana mikirna panjang, ga tahan macetna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here