Tahun baru selalu menjadi momen tepat untuk menyusun impian sekaligus langkah-langkah pencapaiannya sehingga kehidupan jadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Setelah kemarin melakukan evaluasi akhir tahun, kini saatnya saya menyusun resolusi tahun baru ala saya.

Kenapa sih penting banget (buat saya) menyusun resolusi tahun baru? Resolusi adalah impian atau tujuan yang hendak dicapai. Serupa saat hendak melakukan perjalanan, maka sebelum menempuh perjalanan kita sudah tahu tempat yang dituju dan cara menuju ke sana. Hidup juga begitu. Dalam menjalaninya, perlu ada tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Dengan menetapkan tujuan-tujuan tadi maka saya bisa lebih fokus dalam menjalani hari-hari saya di tahun baru ini.

Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru

Dalam menyusun resolusi tahun baru, ada beberapa tips yang saya terapkan, antara lain:

  1. Tidak Harus Resolusi Baru 

Resolusi tidak harus benar-benar baru atau mulai dari nol. Bisa banget melanjutkan resolusi tahun lalu yang belum sempat direalisasikan. Coba cari tahu dulu penyebab resolusi tersebut tidak terwujud. Mungkin karena keterbatasan kemampuan, belum memiliki waktu dan kesempatan, belum punya ilmunya. Cari solusi agar tahun ini resolusi yang tertunda bisa terwujud.

 2. Terukur dan Sesuai Kemampuan

Bermimpilah maka selanjutnya jalanmu akan terbuka. Dulu saya pernah membaca kalimat ini sebagai satu pedoman untuk meraih impian. Hanya saja, saat menetapkan impian atau resolusi di tahun baru ini, kita mesti memilih yang sesuai dengan kemampuan dan terukur. Artinya, impian itu masih bisa diwujudkan tanpa membuat kita stres.

3. Berdasarkan Hasil Evaluasi Tahun Lalu

Resolusi juga bisa ditetapkan berdasarkan evaluasi akhir tahun. Jika sebelumnya ada rintangan yang membuat salah satu impian kita gagal diwujudkan. Jangan patah semangat. Coba analisis kembali. Cari penyebabnya. Setelah tahu, kita bisa memasukkan kembali impian tersebut jadi resolusi tahun baru. Jangan lupa, masukkan pula langkah-langkah untuk mewujudkannya yang berbeda dari langkah sebelumnya yang telah dilakukan.

4. Buka Seluas Mungkin Diri, Hati dan Pikiran Terhadap Berbagai Kemungkinan yang Terjadi

Ketika menyusun resolusi, tuliskan saja beberapa hal penting yang ingin dicapai. Buka hati, pikiran dan diri seluas mungkin dan jangan halangi diri dengan kemungkinan negatif yang belum tentu terjadi. Misalnya nih, mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi kemudian kita terpikir masalah biaya, masalah waktu, dan sebagainya. Harusnya, tulis saja dulu. Lalu lihat peluang yang datang. Selalu ada jalan yang bisa ditempuh asalkan kita mau berusaha.

Resolusi Tahun Baru 2019 ala Saya

Dengan berpatokan pada tips menyusun resolusi tahun baru, saya pun mulai menyusun resolusi ala saya. Jadi di tahun 2019 ini, ada beberapa hal yang ingin saya wujudkan.

1. Blogging

Menjadi blogger dan berkutat dengan dunia blog memang baru saya mulai pertengahan 2017. Masih baru banget saya di dunia ini. Itu makanya, di tahun baru ini saya masukkan lagi upgrade skill di dunia blogging sebagai salah satu resolusi saya. Pencapaian yang ingin saya wujudkan sih sederhana saja, bisa memperluas networking, menjalin kerja sama dengan brand, punya penghasilan lebih dari dunia ini. Untuk mencapainya, saya perlu meningkatkan kualitas blog saya, belajar tentang SEO dan cara membuat konten, memperkuat engagement media sosial, memperbaiki kualitas tulisan, dan lebih banyak membaca untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

2. Menerbitkan Buku

Tahun lalu sebenarnya sudah ada resolusi menerbitkan buku. Cuma 2 buku aja sih padahal target saya dan ternyata belum bisa saya wujudkan (dengan berbagai alasan). Tahun ini, saya kembali ingin menerbitkan buku. Minimal dua saja. Untuk bisa mewujudkannya, saya harus sesegera mungkin mengumpulkan materi tulisan, bikin outline, dan lagi-lagi harus lebih banyak membaca buku. Semoga deh di tahun 2019 ini, saya benar-benar bisa menerbitkan buku kembali.

3. Traveling

Tahun lalu beberapakali saya traveling, baik karena pekerjaan maupun karena memang keinginan sendiri. Bali masih jadi destinasi favorit yang masuk dalam daftar tujuan traveling saya. Selanjutnya, pengen ke salah satu kota (atau dua-tiga kota) di Sumatera. Dua pulau di Indonesia yang belum pernah saya injak ya, Sumatera dan Papua. Untuk luar negeri, saya pengen ke Kuala Lumpur lagi, pengen ke Batu Cave terutama. Mungkin kalau Tuhan mengizinkan, pengen juga ke Bangkok dan Vietnam.

4. Jadi Pribadi yang Lebih Baik

Kalau dituliskan semua, saya rasa tulisan saya kali ini bakal panjang banget dengan impian-impian yang ingin saya wujudkan. Biar tak kepanjangan, inilah impian saya yang keempat, jadi pribadi yang lebih baik. Maksudnya, jadi lebih low profile, kurang-kurangi ngegas-nya, tak lagi terlalu kepala batu, membangun kepercayaan diri, memperbaiki penampilan dan cara berpakaian (ini sulit nih), hidup lebih teratur (makan dan tidur yang teratur), dan menjalankan gaya hidup sehat.

Resolusi tahun baru 2019 ala saya ini hanyalah contoh ya, siapa tahu bisa menginspirasi teman-teman lain untuk menetapkan tujuan apa saja yang ingin dicapai di tahun ini. Sungguh bermanfaat banget lho bikin resolusi di awal tahun begini biar sepanjang perjalanan kita di tahun ini lebih terarah, lebih fokus, dan kita juga jadi lebih efektif dalam bekerja. Selamat menyusun resolusi tahun baru ya.

12,264 total views, 4 views today

4 COMMENTS

  1. Tjakep resolusi 2019 Kak, kalau saya sepertinya belum ada resolusi baru. Masih pake resolusi tahun-tahun sebelumnya. Salam sukses selalu buat Kakak…

  2. traveling ke jogja mbak hehe, jogja banyak yang baru tempat wisatanya.
    banyak yg hits juga d medsos.
    resolusiku di tahun 2019 sih pengen jadi blogger yg baik dan benar..tentunya pengen banyak relasi juga, karena silaturahmi adalah segalanya hehe

  3. Bermimpilah dan jalan akan terbuka untukmu. Klo istilah lainnya, Bermimpilah dengan sungguh sungguh, semesta mendukung. Iya, Resolusi nggak harus besa dengan tahun sebelumnya. Resolusiki sama etiap tahu, kungjungi tempat wisata baru, hehehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here