Bulan Desember identik dengan liburan akhir tahun. Inilah waktunya memberi apresiasi terbaik untuk hasil kerja setahun penuh yang telah saya lakukan. Bagi saya dan suami yang senang bepergian jauh, tahun ini kami merencanakan liburan yang berbeda, harus lebih menyenangkan dan lebih seru. Pas banget nih sama tagline TRAC Astra Bantu Rancang Liburan Akhir Tahun Menyenangkan yang saya jadikan judul tulisan kali ini.

Rancang Liburan Menyenangkan Jauh-jauh Hari

Oke, sebelum pergi liburan pastilah perlu banget ya merancang liburan menyenangkan jauh-jauh hari. Beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan adalah dana liburan yang cukup, penginapan, daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi, dan transportasi yang akan digunakan.

Tahun lalu, saya dan suami ke Bali tanpa persiapan yang cukup. Transportasi yang kami gunakan waktu itu pun seadanya dan sedapatnya. Alhasil, tempat-tempat wisata favorit yang sudah diidam-idamkan luput dari jadwal akibat jarak tempuh yang jauh dan hujan yang sering mengguyur Bali.

Kurangnya persiapan dalam hal transportasi selama liburan ini ternyata tidak hanya saya yang mengalami lho. Menurut Febrian, travel blogger, yang hadir dalam acara Blogger Gathering bersama Trac Astra di Eastern Opulance, Jakarta, tanggal 4 Desember 2018 lalu, juga mengatakan hal yang sama, bahwa penting banget menyiapkan alat transportasi yang mendukung sehingga liburan tak pakai ribet dan jadinya lebih menyenangkan.

TRAC Astra Bantu Rancang Liburan Akhir Tahun Menyenangkan
Blogger Gathering TRAC Astra

Sementara itu, Sri Anindiati Nursastri, editor Kompas.com, yang juga senang traveling juga berbagi pengalaman di acara yang sama. Katanya, destinasi wisata yang biasanya paling menyenangkan untuk dikunjungi adalah destinasi wisata alami, seperti yang banyak terdapat di Bali, Jogja, dan Malang.

Lalu apa yang harus dilakukan agar liburan kali ini lebih menyenangkan?

TRAC Astra Bantu Rancang Liburan Akhir Tahun Menyenangkan

Agar liburan akhir tahun kali ini lebih menyenangkan, persiapan matang penting banget nih dilakukan. Pada acara Blogger Gathering bersama TRAC kemarin saya dapat banyak sekali tips merancang liburan, antara lain:

1. Dana Liburan yang Terencana

Liburan akhir tahun itu merupakan waktunya semua orang ingin pergi berlibur. Otomatis di peak season begini, semua harga naik, mulai dari harga tiket pesawat, tiket kereta, bahkan harga hotel pun jadi lebih mahal dibandingkan saat low season. Kita perlu benar-benar memperhitungkan ketersediaan dana. Jangan sampai masih dalam masa liburan udah kehabisan dana. Bisa kacau dong liburannya.

2. Booking Penginapan

Penginapan adalah hal penting kedua yang perlu ditentukan, dipilih, dan dilakukan pemesanan jauh-jauh hari untuk menghindari fully booked. Jangan sampai sudah sampai di kota tujuan, lalu kita malah menghabiskan banyak waktu hanya untuk mendapatkan penginapan. Sayang banget kalau sampai hal ini terjadi. Jadi, manfaatkan saja aplikasi pesan hotel atau langsung pesan saja di website hotel yang menjadi tujuan kita jauh-jauh hari.

3. Destinasi Wisata

Pernah tidak sih pergi liburan ke suatu kota, lalu begitu tiba di kota tersebut bingung mau ke mana? Nah kebingungan seperti ini bisa terjadi akibat kita tidak merencanakan dan membuat daftar destinasi wisata mana saja yang hendak dikunjungi. Menyusun daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi juga ada triknya tersendiri untuk mengefektifkan waktu. Misalnya nih, mau eksplor Bali. Tempat wisatanya di kelompokkan jadi: tempat wisata di Denpasar, tempat wisata di Ubud, tempat wisata di Singaraja, dan sebagainya. Dengan menyusun daftar tempat wisata seperti ini, waktu kita tidak habis di perjalanan lho.

4. Transportasi yang Akan Digunakan Selama Liburan

Jika bepergian dengan keluarga, jelas lebih enak kalau naik mobil. Atau kalau rombongan besar, ya mending naik bis saja. Kalau cuma berdua, pilihan bisa dengan sewa motor atau mobil. Masalahnya, jika sewa motor, seperti yang tahun lalu saya lakukan, ternyata untuk menempuh perjalanan dengan lokasi yang jauh ternyata cukup melelahkan. Lebih enak sewa mobil.

Untuk sewa mobil ini pun lebih nyaman jika dilakukan jauh-jauh hari loh. Karena jika tidak, bakal sulit mendapatkan mobil sesuai keinginan dengan harga terbaik pula. Dalam acara ini pun, Febrian lebih menyarankan menggunakan jasa penyewaan mobil seperti TRAC Astra demi mendapatkan liburan yang menyenangkan. Mau pilih nyetir sendiri atau pakai supir, ya itu kita yang tentukan. Selain bisa menyewa mobil, di TRAC Astra juga bisa menyewa bus bagi yang liburannya rombongan. Kebetulan di acara ini hadir pula Bapak Lutfi, TRAC Bus Service Branch Manager, dan Bapak Agus Riyadi, Chief Operating Officer TRAC.

“Ada banyak promo yang disiapkan TRAC untuk membantu siapa pun yang sedang merancang liburan akhir tahun, bahkan ada bonus gratis sewa mobil lepas kunci bagi yang meminjam lebih dari satu hari,” kata Agus Riyadi di acara Blogger Gathering TRAC tanggal 4 Desember 2018 lalu.

TRAC Astra Bantu Rancang Liburan Akhir Tahun Menyenangkan
Promo Trac Astra

Mengapa Harus Memilih TRAC Astra untuk Liburan Akhir Tahun Menyenangkan?

Pertanyaan “mengapa harus memilih TRAC Astra untuk liburan akhir tahun menyenangkan” juga sempat terlintas dalam pikiran saya. Untungnya sebelum saya sempat bertanya, Pak Agus Riyadi, memberikan cukup banyak informasi penting nih, antara lain:

  1. Tersedia pilihan self drive atau menggunakan driver saat sewa mobil di TRAC.
  2. Usia mobil yang disewakan maksimal 3 tahun dan semuanya dalam kondisi terawat, baik kebersihan kabin maupun “kesehatan” mesin.
  3. Banyak paket promo dan diskon hingga harga sewa jauh lebih murah.
  4. Ada asuransi bagi penumpang selama menggunakan mobil dari TRAC.
  5. Jaminan mobil pengganti ketika mobil mengalami masalah atau kecelakaan dalam perjalanan, termasuk tersedia layanan emergency service 24 jam non stop.
  6. Biaya sewa mobil sudah termasuk asuransi, parkir, bahan bakar, dan driver (jika memilih menggunakan driver)
  7. Uang sewa akan dikembalikan penuh jika pelanggan melakukan pembatalan di H-2, atau dua hari sebelum waktu yang telah disepakati mau menggunakan mobil.

Jadi, sudah punya rencana liburan ke mana? Manfaatkan saja TRAC Astra untuk Bantu Rancang Liburan Akhir Tahun Menyenangkan ya.

4,787 total views, 345 views today

1 COMMENT

  1. Saya nih yang sering liburan tanpa rencana, kalau mau jalan ya jalan aja. Maklum kalo pergi biasanya emang suka sendiri dan di perjalanan atau di lokasi suka ketemu temen. Tapi itu dulu, jaman masih kuliah, kalo sekarang ya harus direncanakan karena sudah ada buntutnya. Otomatis harus mikirin kenyamanan anak-anak juga. Kendaraan sih emang yang sering banget jadi masalah. Boleh juga nih promo TRAC di liburan akhir tahun ini. Makasih infonya, mbak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here