Wajah Cantik dan Sehat Bersama Kusuma Beauty Clinic – Semua perempuan ingin cantik. Di masa lalu, pernyataan ini pernah saya tertawakan. Ketika itu, salah satu teman saya yang memang hobi sekali dandan berkata begitu dan saya dengan gigih membantahnya dengan mengatakan, “Buat apa cantik kalau tak pandai? Daripada sibuk mengurus wajah dan penampilan, mending sana rajin belajar biar nanti naik kelas!”

Tomboi Tetap Harus Cantik

Sejak menjadi influencer dan bergabung dengan banyak komunitas, lalu mulai berinteraksi dengan sesama influencer lain, saya yang PD banget dengan ketomboian saya, perlahan mulai merasa minder. Teman-teman influencer saya cantik-cantik, penampilan mereka oke semua hingga foto-foto di feed Instagram mereka pun jadi bagus, belum lagi kulit wajah mereka selalu bersih dan terawat. Saya jadi sempat merasa menyesal, kok dulu tak mau belajar ya cara merawat diri dan berdandan. Hiks.

Sampai suatu hari, ada salah satu teman influencer menegur saya terkait dengan cara saya berpenampilan. Katanya, “Kamu itu loh udah punya modal wajah yang manis, bebas jerawat pula. Tinggal dirawat itu wajah biar tak makin banyak fleknya, lalu belajarlah dandan. Belajar juga untuk memadupadankan pakaian.”

Teguran itu membuat saya terusik juga sih. Diam-diam sejak itu saya mulai cari-cari info terkait perawatan wajah, cara membersihkan wajah yang benar, dan mulai juga pakai sunblock untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Oh ya, saya juga mulai membiasakan diri menggunakan lipstik, tapi memilih warna lipstiknya yang soft banget atau sesuai dengan warna bibir saya.

Wajah cantik dan sehat bersama Kusuma Beauty Clinic
Foto Before Perawatan di Kusuma Beauty Clinic. Wajahnya Kusam sangat

Mengenal Kusuma Beauty Clinic

Melihat perubahan yang saya lakukan, teman yang pernah menegur saya itu terlihat senang. Ia juga memberi masukan tentang padu padan pakaian. Beberapa kali saya ikuti sarannya dia untuk ganti gaya berpakaian, dan ternyata oke juga. Yah, walau lebih seringnya tetap pakai jeans belel dan kaos.

Suatu hari, teman yang sama menyarankan saya untuk pergi facial. Katanya, salah satu treatment yang perlu dilakukan agar kulit wajah cantik dan sehat adalah rutin melakukan facial.

Saya pun bertanya tahapannya dan langsung menyesal telah bertanya, karena ketika dia cerita tentang proses membersihkan komedo, saya langsung memilih mundur teratur. Saya kurang suka acara pencet-pencet komedo. Dari yang saya dengar, proses ini bisa saja terasa sakit. Duh… nggak deh.

Akhir Mei 2019 lalu, saya mendapat info tentang Kusuma Beauty Clinic, klinik kecantikan yang sudah berdiri di Indonesia kurang lebih 20 tahun dan memiliki treatment yang bagus untuk merawat dan mempercantik wajah.

Klinik yang didirikan oleh Dr. Indriati Kusuma ini katanya juga punya produk-produk lengkap untuk setiap jenis kulit, pelayanan yang bagus karena ditangani langsung oleh dokter dan tenaga ahli bidang kecantikan, serta pastinya berkualitas.

Ah, masa sih sebagus itu? Jadi tak hanya mendengar kabar saja, saya tak lupa berburu lebih banyak informasi lagi, seperti membaca berbagai review atau pengalaman orang lain yang sudah pernah melakukan perawatan di Kusuma Beauty Clinic, tanya ke teman-teman, juga mencari informasi dari media sosial serta website resmi Kusuma Beauty Clinic.

Dari informasi yang saya dapatkan di websitenya disebutkan, Kusuma Beauty Clinik ada di beberapa lokasi di Jakarta, yaitu di Citra Garden, Pluit Village, Puri Indah, Modern Land, dan Pondok Indah. Nah bisa nih saya coba ke Kusuma Beauty Clinik Pondok Indah saja yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal saya.

Perawatan di Kusuma Beauty Clinic terbagi menjadi tiga kategori yaitu:

  1. Clear Skin
  2. Beauty Sculpting
  3. Slimming

Ketiga perawatan ini tentunya bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk penjelasan masing-masing kategori treatment, teman-teman bisa baca sendiri di website Kusuma Beauty Clinic ya, soalnya kalau saya tuliskan di sini bakal panjang banget nanti cerita saya.

Wajah cantik dan sehat bersama Kusuma Beauty Clinic
Kusuma Beauty Clinic Pondok Indah

Wajah Cantik dan Sehat Bersama Kusuma Beauty Clinic

Setelah tahu ada lokasi Kusuma Beauty Clinic yang dekat dengan rumah dan harga treatment-nya pun terjangkau, saya memberanikan diri untuk mampir ke sana. Ini akan jadi pengalaman pertama saya melakukan treatment ke klinik kecantikan.

Dengan diantar Babang ojek online, saya tiba dengan selamat di Kusuma Beauty Clinic Pondok Indah, yaitu tepatnya beralamat di Jl. Metro Pondok Indah No. 28. Kav. UF13, Pondok Indah. Jakarta Selatan.

Masuk ke ruangan, perasaan gugup menerpa saya. Iya, saya datang sendirian, dengan kondisi lecek karena udara Jakarta hari itu panas banget, dan saat melihat dokter yang sedang duduk di meja dengan customer service-nya, saya makin minder. Dokternya masih muda dan cantik banget.

Wajah cantik dan sehat bersama Kusuma Beauty Clinic
Ruang Tunggu Kusuma Beauty Clinic

Saya mampir dulu ke sofa di ruang tunggu yang memang disediakan bagi pengunjung. Tak jauh dari saya, ada dua perempuan yang sepertinya sedang mengantri untuk mendapatkan treatment juga. Sambil melepas jaket, tanpa sengaja saya mendengar percakapan dua perempuan itu. Salah satu dari mereka sepertinya sudah sering melakukan perawatan di klinik Kusuma dan puas dengan hasilnya, makanya hari ini dia mengajak temannya itu untuk melakukan perawatan juga.

Mendengar percakapan itu, saya sedikit lega. Minimal sudah ada testimoni yang saya dengan langsung kalau klinik Kusuma bagus dan bisa bikin wajah cantik dan sehat. By the way, perempuan yang bilang sering ke klinik ini punya wajah yang berjerawat, dulu parah banget dan sekarang wajahnya sudah mulai bersih berkat rajin perawatan.

Saya pun mendaftarkan diri dulu, memasukkan nama dan data diri, memilih treatment Facial Bluelight, kemudian diminta menunggu sebentar. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya jika baru pertama kali datang ke klinik kecantikan untuk melakukan treatment, lakukan konsultasi dulu untuk menentukan perawatan yang tepat bagi wajah kita.

Kebetulan saat kunjungan pertama saya ini, saya bertemu dengan dr. Anna. Beliau dengan senang hati menerangkan segala hal mengenai perawatan dan jenis kulit saya, serta treatment yang tepat.

Kusuma Beauty Clinic
Salah satu ruang perawatan di Kusuma Beauty Clinic

Dua perempuan yang tadi menunggu akhirnya dipanggil masuk ke ruang perawatan. Tak sampai 15 menit, giliran saya yang dipanggil untuk memulai perawatan wajah.Β Tahap perawatan di Kusuma Beauty Clinic yang saya lalui, yaitu:

1. Wajah dibersihkan

Langkah pertama yang dilakukan oleh terapis adalah membersihkan wajah saya terlebih dahulu. Jadi wajah diberi susu pembersih, dipijat-pijat perlahan, kemudian diberi toner. Ya sama sih seperti saya membersihkan wajah di rumah. Untungnya saya tak menggunakan make-up sehingga proses pembersihan wajah berlangsung lebih mudah. Dan memang terapis juga mengatakan kalau mau melakukan treatment sebaiknya tidak menggunakan make-up berlebihan.

2. Scrubbing

Setelah wajah bersih, proses selanjutnya adalah scrubbing, yang gunanya untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati membuat wajah kusam dan jika tidak dibersihkan akan membuat proses treatment selanjutnya tidak maksimal. Saran dari terapis, jangan sering-sering melakukan scrubbing, cukup seminggu satu kali saja (jika ingin melakukannya sendiri di rumah)

Wajah cantik dan sehat bersama Kusuma Beauty Clinic
Wajah Bersih Setelah Facial

3. Penguapan

Proses penguapan dilakukan setelah scrubbing selesai. Terapi di Kusuma Beauty Clinic mengatakan kalau penguapan ini dilakukan untuk membuka pori-pori wajah, memaksimalkan pembersihan wajah, juga agar terbebas dari bakteri maupun debu. Selain itu, juga membantu proses selanjutnya, yaitu membersihkan komedo.

4. Membersihkan Komedo

Nah ini nih proses yang selama ini membuat saya menghindari treatment ke klinik kecantikan. Namun di Kusuma Beauty Clinic, ternyata prosesnya tidak semenyeramkan yang saya bayangkan. Terapisnya dengan hati-hati melakukan pembersihan komedo. Hanya saja, komedo di wajah saja tidak banyak dan saya juga tidak berjerawat, jadi cuma sebentar saja proses ini pun selesai.

5. Pemberian Serum HF

Umumnya setelah pembersihan komedo, wajah bisa saja kemerahan dan mengalami radang. Untuk mencegahnya, maka terapis memberikan serum dengan alat HF (high frekuensi). Sementara terapis mengaplikasikan serum dengan alat yang seperti di rolling di kulit wajah, saya diminta memang bagian lain dari alat itu yang bentuknya seperti pulpen. Katanya, biar serumnya bisa menyerap dengan baik. Selama pengaplikasian, ada rasa cekit-cekit seperti digigit semut gitu sih, yang artinya serum bekerja dengan baik.

6. Penyinaran

Selesai pemberian serum, kedua mata saya kemudian ditutup karena mau dilakukan penyinaran. Gunanya ya agar serum bisa terserap dan bekerja maksimal pada kulit wajah. Proses penyinaran ini kurang lebih 10-15 menit.

7. Massage dan Pemberian Toner

Selesai disinar, wajah saya kemudian dipijat lembut sambil diberi semacam toner. Pemijatan di area wajah bagus jika dilakukan secara rutin karena bisa memperlancar aliran darah di wajah, juga membantu proses regenerasi sel-sel di wajah. Pemijatan wajah ini sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri saat sedang membersihkan wajah di rumah. Setelah proses pemijatan, wajah diolesi dengan semacam minyak, kemudian saya diajak pindah ke ruangan lain.

Kusuma Beauty Clinic
Penyinaran Blue Light

8. Penyinaran Blue Light

Di ruangan yang kedua inilah proses penyinaran dengan sinar berwarna biru dilakukan. Sebelumnya mata saya ditutup terlebih dahulu. Karena penasaran dengan prosesnya, saya sempat minta tolong pada terapis untuk memfoto saya. Dan katanya, penyinaran ini berguna untuk mengencangkan, mengurangi kerutan di wajah, juga menyamarkan flek hitam. Proses penyinaran dilakukan selama kurang lebih 20 menit.

9. Masker

Tahap terakhir adalah pemberian masker. Bentuk maskernya semacam kayak gel berwarna putih dan rasanya dingin sekali di kulit wajah saya. Pemberian masker ini selama 15 menit. Dan setelah itu, treatment Facial Blue Light yang saya jalani pun selesai.

Kusuma Beauty Clinic
Maskernya dingin

Apa langsung pulang? Tidak dong. Karena perawatan selanjutnya juga perlu dilakukan di rumah, untuk itu saya butuh skincare khusus untuk jenis dan keluhan kulit yang saya alami. Saya diberi dua produk, yaitu Oxy-LG untuk serum yang digunakan di pagi hari, dan cream malam untuk mencerahkan dan mengurangi flek hitam.

Pengalaman Treatment di Kusuma Beauty Clinic

Saat saya menuliskan artikel ini, tepat sudah dua minggu berlalu sejak kunjungan saya ke Kusuma Beauty Clinic.

Jadi pulang dari klinik, saya masih sempat pergi ke lain tempat untuk bertemu dengan teman. Sepanjang jalan, saya menggunakan masker penutup wajah, mengingat saya tidak menggunakan pelembab dan pelindung matahari lagi. Selain itu, ya sayang saja ya, masa habis perawatan sudah terpapar debu lagi. Selain itu, wajah saya juga terasa lebih kencang sepanjang sisa hari itu.

Malam harinya, saya mulai menggunakan krim malam, besok paginya saya juga mengoleskan serum OXY-LG sebelum menggunakan sunblock. Empat hari pertama setelah menggunakan produk, kulit wajah saya banyak mengelupas begitu. Saya sempat panik dong.

Tapi paniknya hanya sebentar, karena saya bisa langsung berkonsultasi dengan menelepon klinik Kusuma Beauty Clinic Pondok Indah. Selama tidak muncul ruam kemerahan dan tidak ada rasa gatal, bisa jadi itu proses dari hasil perawatan dan penggunaan produk. Saya diminta tetap melanjutkan menggunakan dua produk skincare yang diberikan.

Kusuma Beauty Clinic
Pengunjung Ramai Ketika Saya Selesai Treatment

Setelah memasuki seminggu, pengelupasan kulit berhenti dan wajah saya jadi makin bersih, flek-flek yang tadinya banyak banget di bagian pipi mulai berkurang. Memang tidak bisa langsung bersih maksimal ya karena yang namanya flek, apalagi yang sudah menahun jelas membutuhkan perawatan lanjutan. Jadi lebih bersih begini saja sudah senang saya, apalagi kulit wajah tak lagi terlihat kusam.

Tepat dua minggu, perawatan tetap saya lanjutkan karena krim juga masih banyak. Meski begitu, saya rasa saya akan rajin mengunjungi Kusuma Beauty Clinic untuk melakukan perawatan lanjutan. Alasannya:

  1. Pelayanan yang bagus, ramah, dan profesional dari tenaga ahli yang khusus di bidang kecantikan, juga tersedianya dokter yang bisa memberi masukan untuk treatment yang tepat bagi jenis kulit wajah saya.
  2. Pelayanan after treatment yang saya alami dan bisa mengurangi kepanikan saya saat mendapati kulit wajah saya mengelupas di empat hari pertama sungguh membantu. Cukup lewat telepon saja. Cuma memang disarankan, jika sampai muncul ruam kemerahan dan gatal, mesti segera kembali ke klinik untuk konsultasi dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  3. Biaya perawatan masih terjangkau dengan memang sesuai dengan hasil yang didapatkan. Ini jauh lebih baik daripada mencoba-coba berbagai skincare secara sembarangan, kemudian mendapati malah kena alergi dan biaya yang dikeluarkan selanjutnya jadi lebih banyak, belum lagi risiko kerusakan kulit wajah.
  4. Lokasi tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dan kebetulan di Jakarta ada 5 lokasi yang bisa dikunjungi. Salah satunya, masih dekat dengan lokasi rumah saya sehingga memudahkan saya melakukan kunjungan berikutnya.

Ingin punya wajah cantik dan sehat bersama Kusuma Beauty Clinic seperti saya? Langsung saja berkunjung ke klinik kecantikan ini ya, dan kepo-in juga akun Instagramnya di @kusumabeauty.id untuk mendapatkan info perawatan kecantikan lainnya.

7,453 total views, 2 views today

45 COMMENTS

  1. Pengen jg di scrub dan disinari pke blue light nya kak, biar aku makin tamvan hehehe. Btw t4nya bersih bgt, buat foto2 jg asik tuh, kak. Cowok jg bs kan?

  2. Cantik itu dirawat bukan diedit itu bener banget ya. Perubahan dari wajah Mba Monic before dan after memperlihatkan bahwa perawatan itu memang penting.
    Segera sisihkan budget ah biar bisa perawatan juga hehehe

  3. Senang banget kalau uda treatment ya, mbak. Serasa menjadi ratu sehari tanpa harus memikirkan apa2, hihi.
    btw, aku baru denger klinik ini. Tempatnya sangat nyaman dan rapih ya, mbak.
    Jadi penasaran pengen cobain di blue light itu tuh, mbak πŸ™‚

  4. Sejujurnya, aku belom pernah cobain treatment dengan laser-laseran hahaha..padahal mungkin seharusnya udh mulai coba ya krn sdh kepala 3 alias makin tua. 2 lokasinya lumayan deket dari rumah mama, Puri Indah dan Citra Garden, kupenasaran sama laser blue light hihihi

  5. Jadi lebih segar dan makin PD ya sekarang Mbak. Jadi makin pengen perawatan juga nih tapi belum sempat, tapi kayaknya disini belum ada klinik ini sih.

  6. Aku belum treatment habis lebaran ini. Baca artikel ini jadi pengen perawatan. Aku agak trauma sama treatment yg canggih2 tapi liat mb Monic kok santai aja hahahaha

  7. Senangnyaaa…Kak Monic.
    Abis perawatan langsung betah banget di rumah yaa, kak…heeheh…beneran sayang kena debu.
    Jadi perawatan di Klinik Kusuma idealnya berapa kali, kak?

    • Jadi konsultasikan dulu jenis kulit dan masalahnya.
      Lalu dokter spesialisnya yang menentukan jenis treatment apa yang akan dilakukan.
      Waah…teliti sekali yaa..

      Ada cream khusus yang harus dipakai kah, kak Moon…pasca treatment?

  8. Akupun udah cobain treatment disana. Enak kakkkk. Pengen lagi. Muka auto cerah. Komedo keangkat semua. Pelayanannya emang juara banget. Dan aku ngarepin Kusuma Beauty buka Cabang di Bekasi.

  9. Akunya jadi ngiler nyawang mba Monic perawatan wkwkwk
    ini ditemanin kesayangan nggak mba? Aku pengen dong hehhee perawatan bareng Kusuma
    Buka cabang di Pekalongan dong hahaha, biar deketan kalo perawatan

  10. Nah, kayaknya wajahku ini juga butuh Blue Light nih mba, secara kan yaaaa udah di atas 40 umurnya. Penginnya sih garis2 halus enggak buru2 muncul di usia ini. Selain itu juga ada beberapa flek di wajah. Pengin ngilangin flek agar tampil bersih.

  11. Aku seneng banget kalau habis perawatan kayanya muka bersih. Sam akok mbak awalnya dulu aku gak pede datang ke klinik perawatan kecantikan seperti ini. Aku juga ada flek2 sedikit inih maunya dihilangkan aja

  12. Blue light nya bikin penasaran …
    Perawatan memang penting ya, apalagi untuk kaum perempuan. Tempat yg nyaman, bersih dan rapi seperti ini pasti banyak disukai

  13. Mbak Monic makin bersih dan cerah habis facial, apalagi setelah selesai perawatan ya, penasaran cari foto selesai maskeran… Saya jadi pingin facial nih, hehehhehe…

  14. Kalo abis treatmen wajah jadi enak ya mbak, seger dan kalo dielus2 berasa lembut gitu.
    Apalagi kalo kliniknya juga udah berpengalaman, udah 20 tahun tandanya udah dapat kepercayaan dari pelanggannya

  15. Pas melihat maskernya kok aku ikut merasa dingin maknyeeess gitu, ya. Hahaha. Pingin juga treatment, tapi lagi berjerawat padahal niiihhh. Btw, foto afternya mana nih, mbak. Hihihi

  16. Segar banget mba liatnya, apalagi nyobainnya ya.
    Saya belum pernah nih perawatan gini di salon.

    Kayaknya kudu nyobain deh, biar kulit kinclong dan segar πŸ™‚

  17. Merawat wajah ke klinik kecantikan memang tidak bisa sembarangan. Makanya rederensi teman sangat dibutuhkan karena berkaitan dengan keoercayaan sekaligus promosi
    Wajah kusam bikin kita tidaka PD.
    Soal cekit-vejit mungkin produkdibutuhkanyang teercaya
    Cantik itu incestasi, kita buyuh pembekalan agar bisa neraeat diri.

  18. Lihat kak Monic perawatan wajah jadi mupeng, udah lama banget nggak pergi ke klinik buat perawatan wajah, sejak jadi IRT nggak bisa ke mana-mana, aku malah paling seneng sesi membersihkan komedo, walaupun sakit tapi setelahnya hapy banget komedo menghilang dari hidung hehe

  19. Samaan..mulai peduli dgn penampilan wajah tuh semenjak jd blogger. Jd banyak gaul sama tmn2 tukang dandan hehe…
    Skrg jg udah mulai nih sesekali ke klinik..he..

  20. Aku penasaran dengan treatment blue light nya hihi sepertinya kalo rutin kesana kulit bakalan remaja terus ya kak monic. Semoga Kusuma Beauty segera buka cabang di BSD biar dekett.

  21. Mantep banget di Pekalongan andai ada Kusuma pengen coba juga ah
    merawat kecantikan, sesekali biar suami makin jatuh cinta wwkwk
    wanita juga ingin tampil menggoda dong ya, tapi hanya untuk kesaayangan.

  22. Wah, sempat mengelupas ya mba wajahnya? Trus gimana, udah membaik kah sekarang?
    Tentunya wajah jadi berasa lebih segar ya setelah treatment. Duh, jadi mupeng pengin melakukan perawatan wajah juga nih. Udah bertahun2 deh kayaknya enggak ngerawat wajah di beauty clinic. Cuma dibersih2in doang di rumah. πŸ™‚

  23. aku lagi cari tempat treatment nih mbak, pengen perawatan wajah.. mungkin facial juga udah setahun yang lalu kya nya xD makasih ya mba untuk rekomendasinya ^^

  24. Saya emang lagi nyari tempat trestment buat kulit wajah nih. Cuma masih bingung pilih yang mana, karena ada banyak banget. Terima kasih sudah sharing pengalamannya Mba. Bisa jadi pertimbangan ku nanti nih hehe

  25. Mbak Mon pas foto before nya kelihatan banget lelah, tekun sih bekerjanya, hihi.. Syukurlah selesai treatment hasilnya kece ya, yang bagian usai facial kelihatan segeran dan glowing

  26. Perawatannya lengkap banget. Kudu luangkan waktu nih kalau ke sini. Anak titip sama ayahnya dulu, hehe. Saya pengen juga merasakan me time di tempat perawatan Kusuma Beauty Clinic

  27. Treatment blue light lagi tren ya mba, aku makin penasaran pengen cobain dengan klaim mengencangkan dan menghilangkan kerutan di wajah..btw seminggu itu mengelupasnya banyak mba? aku suka serem kalau kelupas-kelupas gitu apalagi tanganku suka gatel pengen ngelopek2 yang ngelupas πŸ˜€

  28. Tahapannya lengkap banget ya mbak… Pantas kalau hasilnya maksimal. Saya dulu ketika masih rajin facial, hasilnya memang berbeda dengan sekarang yang tidak pernah facial. Jadi emak-emak tu jadi males keluar rumah buat ngurus wajah. Padahal penting banget sih.. Baca artikel ini kok jadi pengen facial lagi… Sayang di Jogja belum ada Kusuma Beauty Clinic.

  29. Akupun kpingin lagi kak, kesini enak bngt dah gitu sabar yg ngelayaninnya,, dokter juga baik diajak curhat, gak pelit ilmu ngasih tips cantik

  30. Cantik dambaan wanita. Dengan perawatan setidaknya kita menjaga karunia tuhan. Panik memang kalau kulit mengelupas. Ternyata tidak apa apa. Alhamdullilah

  31. Kulit wajah yang sehat adalah aset masa depan. Bonusnya cantikkkk.. Kalo pun punya anak gadis, kita jadi seperti kakaknya, bukan ibunya hehehe.. Kalo jalan bareng jadi kayak kakak adik. Menjadi tua itu pasti, tetap cantik di usia senja itu pilihan πŸ™‚

  32. Aaaakkk..mukanya langsung glowing gitu lho mbaa. Kusuka dan kumau juga nyobain.
    Mana itu tempatnya super nyaman keliatannya. Double pengeeenn..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here