Suka cari tempat unik buat selfie yang kekinian? Ke mana biasanya kamu mencari tempat-tempat unik ini? Pernah tidak kamu mencoba melihat sekelilingmu? Adakah tempat unik yang bisa dijadikan lokasi selfie di dekat rumah? Saya baru saja menemukan tempat selfie unik bernama Brown Canyon di dekat rumah kami di Semarang

Brown Canyon Semarang
Brown Canyon Semarang

Setelah suami diizinkan keluar dari rumah sakit pasca operasi, aku selalu mengajak suami jalan-jalan ke luar rumah.

Menurutku, orang yang baru pulih dari sakit sebaiknya tidak terus berkurung di rumah agar masa pemulihannya jadi lebih cepat.

Nah, dengan misi agar kondisi suami pulih lebih cepat itulah aku suka ajak dia jalan-jalan di sekitar kompleks perumahan. Kadang kami cuma jalan kaki mengelilingi kompleks, kadang kami naik motor sehingga bisa sedikit lebih jauh jalan-jalannya.

Pewe di Brown Canyon Semarang
Pewe di Brown Canyon Semarang

Saking seringnya jalan-jalan antara Pucanggading, Tlogosari, Klipang, lama-lama aku bosan karena pemandangan yang aku lihat cuma itu-itu aja. Lalu mertuaku cerita, katanya di dekat kompleks perumahan Pucanggading, ada lokasi selfie unik dengan pemandangan yang menarik. Namanya, Brown Canyon. Setelah diberitahu arah jalan menuju ke lokasi Brown Canyon Semarang itu, kami pun berangkat.

Aku beneran nggak nyangka, ternyata lokasi Brown Canyon dekat banget dengan perumahan Pucanggading. Hanya sekitar 20 menit berboncengan naik sepeda motor, kami sudah tiba di lokasi. Untuk panduan mencapai lokasi ini, kamu jalan aja dulu menuju perumahan Pucanggading. Kalau sudah tiba di depan tugu selamat datang perumahan ini, kamu tinggal lurus saja dan perhatian arah lalu-lalang trus pengangkut pasir. Nah, jalan yang dilalui truk-truk pengangkut pasir itulah yang akan mengantarkan kamu ke lokasi Brown Canyon.

Lokasi Brown Canyon ini terletak di desa Rowosari, Tembalang, berbatasan dengan perumahan Pucanggading Mranggen. Lokasi ini sebenarnya adalah tempat pengerukan tanah dan batu. Dulu, menurut cerita papa mertuaku, tebing-tebing cadas yang memenuhi Brown Canyon adalah perbukitan. Karena banyak wilayah di Kota Semarang membutuhkan batu dan pasir untum pengurukan dan perluasan wilayah, maka perbukitan itu mulai dikeruk sedikit demi sedikit. Hasil pengerukan itulah yang saat ini menyisakan tebing-tebing berbentuk unik dan sangat bagus saat diabadikan dalam bentuk foto.

Meski namanya Brown Canyon, lokasi ini jelas berbeda dengan Green Canyon yang ada di Amerika. Penggunaan kata “Brown” sepertinya berasal dari warna tebing-tebing cadas yang memang kecokelatan. Sayangnya, di lokasi Brown Canyon kita tidak akan menemukan aliran sungai. Hanya ada danau olahan (galian yang akhirnya menampung air hujan), tebing-tebing cadas, truk pengangkut, dan berbagai alat berat.

Monica di Brown Canyon Semarang
Monica di Brown Canyon Semarang

Jika ingin berkunjung ke sini dan agar menghasilkan foto-foto yang unik, alangkah baiknya berkunjung di pagi hari sampai sebelum pukul 10 pagi, atau sore sekitar pukul 3-5. Usahakan untuk tidak datang sesaat setelah hujan. Jalan yang masih berupa tanah merah cukup berbahaya di lintasi jika dalam keadaan basah. Kalau pergi di siang hari terik, kita akan berhadapan dengan truk-truk yang mengangkut batu dan pasir serta debu-debu yang cukup bikin mata pedih.

Nah, sudah siap selfie di Brown Canyon Semarang? Langsung cus aja ya ke lokasi. Oh ya, berkunjung ke sini tidak membutuhkan bayar karcis dan sebagainya layaknya kita berkunjung ke tempat wisata lho.

1,155 total views, 1 views today

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here