10 Jenis Makanan Kaya Serat

Makanan mempunyai pengaruh besar dan banyak manfaatnya untuk tubuh. Bila kita tidak pintar memilih makanan, bisa jadi makanan yang kita makan hanya sebatas mengisi perut saja. Padahal, tubuh yang sehat itu memerlukan asupan makanan kaya serat dan gizi yang cukup. Nah, pada artikel kali ini, saya akan berbagi jenis makanan kaya serat yang bisa jadi variasi menu makanan sehari-hari.

Manfaat Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Serat bisa kita temukan pada beragam jenis sayuran, buah-buahan, beberapa jenis biji-bijian, bahkan kacang-kacangan. Masing-masing jenis makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda, juga manfaat yang berbeda bagi kesehatan tubuh.

Itulah sebabnya, kita perlu memiliki pengetahuan mengenai kandungan gizi tiap jenis makanan, supaya kebutuhan gizi harian bisa kita penuh dengan baik.

Di saat yang sama, jenis makanan yang mengandung serat tinggi akan membantu kita mengurangi risiko kegemukan, diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung, dan bisa menurunkan risiko kanker usus. Selain itu, serat juga akan bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan menghindari sembelit.

Mengapa makanan dengan kandungan serat yang tinggi sering disarankan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan? Karena, konsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang cukup akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Inilah yang kemudian membantu kita mengontrol berat badan. Secara umum, makanan dengan kandungan serat tinggi berfungsi sebagai sumber vitamin dan gizi penting lainnya.

Jenis Makanan Kaya Serat untuk Pencernaan

Berikut ini beberapa daftar makanan kaya serat yang bisa kita jadikan menu makanan sehari-hari untuk menjaga saluran cerna tetap sehat, di antaranya:

1. Brokoli

Banyak di antara kita yang sudah mengenal brokoli, kan? Jenis sayur yang satu ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gram brokoli, terdapat 2,6 gram serat, kaya akan vitamin C, K, B, asam folat, potasium, bahkan zat besi.

makanan kaya serat

2. Alpukat

Hmmm… ini kegemaran saya dan Pewe nih. Buah alpukat terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan lemak baik, tinggi serat, namun tetap rendah kalori. Menikmati semangkuk alpukat potong di malam hari sebagai pengganti makan malam juga bisa membantu menjaga berat badan. Apalagi dalam 100 gram alpukat memiliki kandungan 6,7 gram serat, serta kaya akan berbagai vitamin, seperti vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan vitamin B.

3. Lentil

Pernah tahu yang namanya lentil? Jadi, lentil ini masuk dalam kategori kacang-kacangan dan banyak orang mengenalnya dengan nama kacang lentil. Kandungan protein dan serat pada kacang lentil cukup tinggi. Hal ini terlihat pada 100 gram kacang lentil memiliki kandungan 8,6 gram serat. Untuk cara konsumsinya, kita bisa mengolahnya dalam berbagai variasi resep masakan sehingga cocok untuk kita konsumsi sebagai menu makanan sehari-hari.

4. Kacang Polong

Dari website klikdokter.com, saya menemukan artikel yang berjudul Manfaat Kacang Polong untuk Penderita Diabetes. Nah, pada artikel tersebut ada pembahasan kalau kacang polong memiliki kandungan serat hingga 4 gram, protein sebanyak 4 gram, 62 kalori, dan 11 gram karbohidrat. Selain itu, kacang polong memiliki indeks glikemik sebesar 22, yang terbilang rendah. Dengan kandungan gizinya ini, kacang polong aman menjadi makanan yang kita konsumsi sehari-hari, bahkan untuk penderita diabates.

5. Raspberry

Buah raspberry memiliki kandungan vitamin C dan manganese yang cukup tinggi. Di samping itu, raspberry juga kaya akan serat yang tinggi. Dalam 100 gram buah raspberry memiliki kandungan 6,5 gram serat.

contoh buah kaya serat

6. Gandum

Gandum sebagai satu di antara keluarga biji-bijian yang paling terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan. Hal ini karena gandum memiliki kandungan serat larut yang disebut betaglukan, yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

7. Popcorn

Hampir semua orang tahu dan senang nyamil popcorn saat menonton film di bioskop atau teman minum teh di waktu luang bersama keluarga. Popcorn berbahan dasar jagung dan ternyata kandungan seratnya kurang lebih 14,5 gram dalam 100 gram popcorn.

8. Kacang Almond

Kacang almond memiliki kandungan lemak yang sangat baik untuk tubuh, vitamin E, manganese, fosfor, dan kalsium yang bagus untuk tubuh. Dalam 100 gram kacang almond memiliki kandungan 12,5 gram serat yang bagus untuk tubuh Anda.

9. Coklat Hitam

Cukup banyak referensi yang menyebutkan kalau coklat hitam mengandung antioksidan dan merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi serat. Dalam 100 gram coklat hitam terdapat 10,9 gram serat. Nah, supaya manfaat baik dari coklat bisa kita rasakan tanpa menimbulkan dampak sampingan lainnya, misalnya sampai terkena diabetes, hindari saja konsumsi coklat hitam yang mengandung gula.

10. Biji Chia

Jenis makanan kaya serat yang satu ini merupakan salah satu dari kelompok biji-bijian, berwarna hitam, dan mempunyai ukuran yang kecil. Biji chia cukup tenar sebagai makanan yang masuk daftar perlu secara rutin kita konsumsi, mengingat kandungan gizinya yang bagus untuk kesehatan. Beberapa kandungan biji Chia, sepertimagnesium, fosfor, dan kalsium pada jumlah yang tinggi. Pada 100 gram biji chia memiliki kandungan 34,4 gram serat.

Itulah daftar makanan tinggi serat yang bisa kita masukkan dalam menu makanan harian untuk dikonsumsi secara rutin. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu.

23 pemikiran pada “10 Jenis Makanan Kaya Serat”

  1. huaa baru tahu klo popcorn kaya serat
    nggak salah brarti ya mbak mon klo sering ngemil pop corn sambil ngedrakor hehe
    btw hampir semua makanan kaya serat yg ditulis disini da pernah kumakan , kecuali biji chia

    Balas
  2. Yang paling sering saya dan anak-anak makan cuma brokoli mbak, soalnya gampang ditemuin di pak sayur hehe. Kalo alpukat.. sukanyaa bawa dari tempat mbahnya anak anak di desa haha.. (maunya gratisan :D)

    Balas
  3. Eh, coklat hitam termasuk makanan kaya serat?

    Huwaaaa… Baru tahu!!!!

    Gak nolak pokoknya. Apa pun yang serba cokelat, sini kasih aku ^^

    Balas
  4. Eh,baru tau kalo kandungan serat pada popcorn tuh tinggi. Dan lebih sehat lagi kalau tanpa garam atau msg ya sepertinya.

    Balas
  5. Brokoli sering tuh ada di menu sehari-hari. Bisa dimasak macem-macem. Baru tahu lho pop corn bagus untuk pencernaan. Bikin ah, buat camilan sambil nonton…

    Balas
  6. Selain pengingat untuk rutin konsumsi serat, dapat pengetahuan baru daku tentang kacang lentil. Sehingga jadi banyak pilihan agar asupan serat terpenuhi

    Balas
  7. Popcorn itu kesukaan banget. Apalagi kalau lagi nonton drakor atau anime. Tahu popcorn mengandung serat yang cukup, aku jadi senang.

    Baru kali ini tahu ada kacang kacangan yang namanya Lentil. Butuh cari tahu lebih banyak ini sih

    Balas
  8. Senang banget kalau ternyata Popcorn kayak akan serat. Camilan andalan buat nemenin nonton drakor atau anime kesukaan.

    Btw aku baru tahu nih ada kacang kacangan yang namanya Lentil.

    Balas
  9. Wah jadi nambah pengetahuan nih kacang lentil dan biji Chia termasuk makanan kaya serat ya, hmm udah bener nih saya dan anak-anak suka banget ngemil lentil di sela-sela kegiatan, memperbanyak asupan makanan berserat ya ^^

    Balas
  10. Trims mba Monica sharingnya, sungguh menambah ilmu saya. Konsumsi serat emang sangat penting dan tidak bisa disepelekan. Ternyata cokelat juga kaya serat wahh, baru tau saya. Thx 4 sharing, keep on writing mba Mon <3

    Balas
  11. Beberapa bahan di atas ada yg belum pernah aku lihat secara langsung, seperti raspberry dan biji chia. Makanan yg kaya serat memang perlu kita konsumsi, karena bagus utk pencernaan. Sayangnya di jaman sekarang, seringnya kita mau yg praktis dgn beli makanan cepat saji yg kadang ngga baikbutk kesehatan

    Balas
  12. Saya selalu memastikan makanan berserat bisa dikonsumsi setiap hari. Salah satu alasannya supaya pencernaan bisa tetap sehat. Yang paling dikonsumsi sih alpukat. Mungkin karena rasanya yang enak dan juga mengenyangkan.

    Balas
  13. kalo konsumsi alpukat padahal udah kasih susu cream tetap aja masih pahit, padahal saya suka banget hehe cuman belum pernah coba makan rasberyy itu rasanya gimana yaa

    Balas
  14. Semua yang ada di list artikel ini saya suka, terutama popcorn wih menu wajib nih kalau nonton atau ngemil-ngemil sambil main laptop, kirain hanya snack biasa ternyata juga kaya serat ya.

    Balas
  15. Makanna yang kaya sera emang sangat dibutuhkan pencernaan sepaya kerjanya jadi bagus. Aku sendiri berusaha untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari. kadang juga tubuh auto merespon jika kekurangan

    Balas
  16. Aku baru dengar kacang lentil. Ini bentuknya gimana ya? Langsung google dong. Dan ternyata benar mengandung serat tinggi dan kaya protein juga.

    Balas
  17. selain lentil dan coklat hitam saya konsumsi sering kak Mon, beberapa saya konsumsi untuk makanan harian. selain berserat semuanya sehat ya

    Balas
  18. Salah satu resolusi tahun ini: mulai mengonsumsi chia seeds. Klaimnya sebagai super food benar-benar memotivasi untuk menambahkannya dalam makanan / minuman sehari-hari. Gak ada rasanya kayaknya ya.

    Balas
  19. Brokoli jenis makanan kayak akan serat ternyata. Saya suka banget brokoli mbak suka di rebus dicampur tahu rebus juga pake kecap. Cobain resepnya mbak enak banget hehe.

    Balas
  20. Mbak maaf, aku mau memastikan, emang alpukat rendah kalori ya mbak?
    Yg aku tangkap dari ilmu MPASI itu alpukat tinggi kalori loh, makanya aku mau memastikan, takutnya aku salah tangkap info karna aku sering ngasih alpukat ke anakku sbg MPASInya dan aku masukkan ke kategori makanan tinggi kalori

    Balas
  21. Dari sekian makanan serat diatas saya cenderung lebih sudah makan kacang almond yang memiliki berbagai nutrisi untuk diri sendiri.

    Balas

Tinggalkan komentar