7 Cara Menulis Caption Instagram – Sejak sosial media booming, banyak sekali pengguna internet yang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, seperti untuk memperluas networking, untuk memasarkan produk/jasa, mendapatkan peluang serta penghasilan, dan masih banyak lagi.

Hal yang sama juga dilakukan oleh brand, baik perusahaan besar maupun perusahaan baru berkembang, yang saat ini memanfaatkan sosial media sebagai media untuk promosi maupun branding. Saat ini ada kurang lebih satu miliar pengguna Instagram di dunia dengan kurang lebih 95 juta postingan setiap harinya.

Dengan jumlah pengguna dan postingan sebanyak ini maka memang bisa dikatakan sosial media menjadi wadah yang paling tepat untuk mengekspresikan diri, membangun personal branding, bahkan menjadi alat digital marketing yang bagus. Salah satu sosial media yang saat ini sedang naik daun dan banyak penggunanya adalah Instagram

Beberapa waktu lalu, saya ada berdiskusi dengan saudara perempuan saya yang senang sekali meng-upload foto-foto di Instagram dengan alasan untuk menyimpan momen. Tapi kemudian ia kebingungan untuk menulis caption Instagram. Menurutnya, setiap foto yang di-upload ke Instagram itu harus ada caption-nya.

Kenapa Foto di Instagram Butuh Caption?

Ada banyak ungkapan yang menyebutkan kalau foto bisa mengungkapkan sejuta makna dan sejuta cerita. Ini memang benar. Tapi ketika foto diunggah ke Instagram dan tidak diberikan caption yang sesuai maka foto itu jadi berkurang maknanya, bahkan jadi tak terlalu menarik lagi.

Sebagus apa pun foto, tetap diperlukan caption yang sesuai agar bisa menarik perhatian pengikut kita di Instagram, juga mengundang follower tersebut untuk terlibat, entah dalam bentuk membeli Like atau memberi komentar. Semakin banyak keterlibatan yang terjadi maka akan semakin mudah foto unggahan ini ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya, dan otomatis juga bisa menambah follower.

Keberadaan caption di Instagram untuk setiap foto yang diunggah memberi manfaat cukup besar, antara lain:

  • Memperkenalkan dan memberi informasi tambahan terkait foto yang diunggah.
  • Mengundang rasa penasaran hingga orang lain ikut mencari tahu lebih banyak (terkait promosi, branding, etc).
  • Meningkatkan keterlibatan hingga nanti bisa ikut menaikkan pamor dari foto tersebut.
  • Menjangkau pengikut baru, yang artinya bisa menambah jumlah pengikut akun Instagram kita.

“Coba lihat deh, foto-foto di feedku ini kurasa bagus. Tapi karena tak ada caption-nya, orang jadi kurang paham maksud dari foto ini. Dan ini membuat sedikit sekali jumlah like dan komennya. Gimana sih cara menulis caption Instagram?”

Begitulah keluhan adik perempuan saya ketika kami sedang bertemu dan berbincang. Ia sungguh belum tahu cara menulis caption Instagram. Memang sih, menulis caption Instagram itu bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Susah kalau belum terbiasa. Tapi kalau sudah terbiasa dan tahu caranya, ya jadi gampang menulis caption untuk Instagram. Jadi, bagaimana caranya menulis caption Instagram yang menarik?

7 Cara Menulis Caption Instagram

1. Judul Caption

Coba perhatikan tampilan foto di feed Instagram kamu. Instagram hanya menyediakan ruang sedikit sekali untuk menampilkan tulisan di bagian awal ini. Nah manfaatkan ruang tersebut untuk menuliskan judul yang menggugah rasa penasaran atau mengundang orang lain untuk mencari tahu lebih lanjut dan akhirnya melakukan klik.

7 Cara Menulis Caption Instagram
Judul Caption Instagram

2. Tell a Story

Jika foto yang kamu unggah tak memiliki deskripsi yang jelas maka kamu perlu menceritakannya dalam bentuk caption. Berceritalah dengan singkat informasi penting apa yang ingin kamu sampaikan ke pengikutmu terkait dengan foto tersebut. Ingat, tak perlu panjang namun jangan juga terlalu pendek.

3. Instagram Menggambarkan Dirimu yang Sebenarnya

Memang sih apa yang tampil di Instagram tidak selalu yang sebenarnya, namun Instagram milik kamu ini adalah wadah yang menggambarkan dirimu dan ingin seperti apa kamu dilihat oleh pengikutmu.

Jadi, manfaatkan ruang caption pada Instagram ini untuk menyuarakan kepribadian dan branding diri kamu sekaligus memperkenalkan brand yang kamu usung (jika kamu bekerja sama dengan brand lain untuk membantu mempromosikan produk/jasa mereka). Untuk membuat caption, kamu bisa memaksimalkannya hingga 2200 karakter lho, jadi jangan pelit untuk bercerita ya.

7 Cara Menulis Caption Instagram
Contoh Caption Instagram

4. Call to Action (CTA)

Di dalam caption juga sebaiknya kamu masukkan call to action. Maksudnya, lakukan ajakan agar pengikutmu juga terlibat untuk memberikan pendapat, like, atau mungkin melakukan hal yang sama seperti yang kamu lakukan (sesuai dengan foto yang sudah kamu unggah).

Jika kamu ingin mempromosikan tulisan terbaru di blog, maka olah dan gunakan kata-kata yang memancing ketertarikan follower untuk mencari tahu lebih banyak dengan melakukan klik pada link blog yang diberikan. Sayangnya, link blog di bagian caption Instagram tidak bisa langsung di-klik.

Solusi untuk hal tersebut, pasang link di bio akun Instagram. Lalu pada saat menulis caption Instagram, tuliskan ajakan agar para pengikut kamu ikut melakukan klik di link yang ada di bio tersebut.

5. Gunakan Emoji dan Hastag

Ada cukup banyak emoji yang tersedia di Instagram dan bisa ditambahkan saat kamu menulis caption di Instagram. Emoji cukup membantu lho untuk menarik perhatian pengikut akun Instagram kita, juga membantu memperkuat makna dari kalimat yang kamu maksudkan. Misalnya jika ingin memperkuat hal-hal lucu di dalam caption tersebut, gunakan emoji yang menyenangkan seperti tertawa, tersenyum, dan sebagainya.

Selanjutnya, jangan lupa mencantumkan hastag saat menulis caption Instagram. Hastag merupakan salah satu elemen penting dalam caption yang bisa bermanfaat untuk memudahkan pencarian suatu topik atau bahasan tertentu, membuat kamu mudah terhubung dengan pengguna lain yang kebetulan membahas topik yang sama, dan bisa juga menarik pengguna baru yang mungkin ikut tertarik dengan topik yang kamu bahas di caption Instagram kamu.

Coba cari tahu lebih banyak ya tentang hastag populer mana saja di Instagram yang bisa kamu gunakan hingga ada lebih banyak orang bisa mengetahui postingan terbaru kamu ini.

7 Cara Menulis Caption Instagram
Sertakan CTA dan Hastag setelah story dan branding

6. Jaga Percakapan

Ketika proses mengunggah foto dan menulis caption Instagram selesai, tugas kamu sebenarnya belum selesai lho. Hal penting selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menjaga agar percakapan di postingan tersebut tetap berlanjut.

Caranya, undang pengikut kamu untuk memberi komentar atau pun like atas postingan yang baru kamu lakukan. Jangan lupa tanggapi pula komentar mereka dengan baik sehingga percakapan terus berkesinambungan.

Kenapa perlu menjaga percakapan ini? Setiap ada keterlibatan yang terjadi, entah hanya sekadar like saja yang kamu dapatkan, atau malah komen, maka postingan ini akan kembali memiliki kesempatan “naik” dan tampil lagi di feed para pengikutmu, bahkan jika angka keterlibatannya cukup tinggi maka pihak Instagram akan membantu pula memunculkan kembali postingan ini di halaman penelusuran awal.

7. Teruslah Bereksperimen

Ada banyak cara menulis caption Instagram. Antara cara yang satu dengan cara lainnya bisa saja berbeda. Di kasus lain, cara yang sama malah bisa mendatangkan hasil yang berbeda. Coba saja berbagai cara.

Teruslah bereksperimen hingga kamu menemukan caramu sendiri dalam menulis caption Instagram yang paling sesuai dengan kepribadian kamu dan terus lakukan analisis mengenai jumlah keterlibatan yang bisa kamu dapatkan dalam setiap kamu melakukan posting.

7 Cara Menulis Caption Instagram yang saya bagikan dalam artikel saya kali ini hanyalah sebagian kecil ya. Saya pun sebenarnya masih mencoba-coba berbagai cara untuk menemukan cara yang tepat dalam menulis caption Instagram yang menarik dan bisa meningkatkan keterlibatan saya dengan para pengikut saya. Jika kamu punya cara lain, jangan segan berbagi di kolom komentar. Mari berdiskusi dan belajar bersama.

2,350 total views, 21 views today

49 COMMENTS

  1. Tipsnya sangat keren Mbak Monica. Dan memang ya, saya merasa IG makin keren kalau link dicaption itu bisa link hidup. Jadi bisa langsung diklik hehehe.

    Terima kasih tipsnya, Mbak Monica

  2. Wahh makasih mbak sharingnya, aku sering gagal nulis caption yang bagus bikin postinganku malas dilirik folliwer deh hehehe besok kuterapkan deh tipsnyaa…

  3. Sumpah bener banget ini mah, ruang atas pada kepsen memang harus dikasih judul yess, mbk. Aku harus mulai membiasakan nih supaya makin heiittssss hehehe. Thanks atas ilmu baru ini, mbk.

  4. Dulu 2015-2016 aku tim caption berisi quote mba tapi sejak 2016 beralih ke tim caption berjudul dan tell story. Aku tim anti upload foto no caption atau caption super pendek wkwk krn sbnrnya IG bs jd lahan berbagi menurutku. Makasih mba Movic sharing nyaaa

  5. Kalau pakai emoji dan hashtag daku sering mbak Mon, contohnya #SemangatCiee hehe.. Cuma yang belum pernah dilakukan adalah pakai judul, karena belum kepikiran aja

  6. Cn’t agree more dengan semua yang mba monic tulis. Caption yang bagus memang membawa pengaruh pada engagement sih meskipun yang pertama kali dilihat tetep fotonya. Aku udah menerapkan beberapa hal di IG-ku, laaff

  7. Daging banget ini ilmunya Mbak.
    Noted! Selama ini saya pun upload masih seadanya, belum terlalu memperhatikan poin2 yg Mbak tulis nih. Oohh ternyata bagusnya kalimat awal itu judul gitu ya yg menggugah rasa penasaran orang 🙂

  8. Wah beneran mantul nih ilmunya. Mantap. Selama ini aku kalau bikin caption yaudah gitu aja tok beres. Gak pake ilmu apapun. Setelah baca ini aku jadi tau ilmu nulis caption yg bagus gimana. Thank you mbak monic

  9. Saya seringnya lupa pakai call to action nih mba, asyik ngomong sendiri hahaha.
    Padahal, iseng pakai CTA gitu ngaruh banget, teman-teman jadi pada aktif di komen.

    Keren deh sharingnya mba.
    Jadi semangat mau upload lagi dan menaikan ER hehehehe

  10. Jaga percakapan ini yg masih saya lewatkan. Soalnya sinyal selalu tidak stabil. Kalau ada notifikasi terkait komentar di IG selalu lambat balas.

  11. aku baru tau soal kasi judul caption. Kadang instagram itu ngga ngefek ya, kalau pakai enter. jadinya niat mo kasi judul malah kata berikutnya nempel di sampingnya.

  12. Saya baru aktif main Instagram setelah punya ponsel yang menunjang. Soal caption pada mulanya saya bingung apa dan bagaimana harusnya. Bahkan pemberian tagar juga saya masih awam.
    Baca tulisan ini bikin saya harus belajar banyak karena berkaitan dengan pekerjaan. Ya, sebagai pekerja digital harus memahami teknik seperti yang dipaparkan Mbak Monica di atas.
    Saya masih belajar dan berharap bisa lebih baik. Terima kasih sudah berbagi ilmu.😍

  13. wah kereen, menulis caption instagram pun ada tekniknya <3
    tapi belakangan ini, aku lebih suka sharing di story sih daripada di feed IG, hehe..

  14. Oh ternyata caption Instagram juga butuh judul ya mbak, kalau di awal menarik orang akan membaca captionnya sampai tuntas ya. Terima kaish banget ilmunya mbak.

  15. Kadang bingung juga sih mau nulis caption apa, tapi mau unggah foto hahaha
    Makasih mba sharingnya

  16. Sebenarnya niih…kak Moon..kalau di IG itu baiknya ada jadwal posting juga ga siih….demi menjaga engagement?
    Aku sekarang sedang gak bisa posting kehidupan pribadi, jadi posting itu kalau bener-bener ada kerjaan.
    Gitu bagus gak kak Moon?

  17. Mbak Monica makasih banyak sharingnya. kadang aku tu suka udahlah, yang penting aku nulis. tapi pernah juga berpikir keras, Instagram yang terbuka ini kan ditujukan kepada masyarakat nitizen di seluruh dunia. masa iya, sajiannya foto-foto ala kadarnya bahkan foto yang kadang tidak jelas, kan kasihan yang lihat. terus juga tentang caption juga saya berpikir, semua orang baca dan semua orang bakal tahu bagaimana cara penyampaiannya gitu ya. Wah harus benar-benar diperhatikan nih nulis caprtion dan unggah foto di Ig, meski Ig sendiri tapi kalau sudah terbuka itu santapan umum kan ya, kecuali di private si

  18. aku sedih kadang nulis caption panjang lebar suka dianggurin pemirsah hahahha yang penting tepat dan kena sasaran aja sama fotonya bagus hehe

  19. Kemarin udah mulai lho Mbak, saat post IG pakai judul gitu.
    Yang hastagnya nih, saya masih minim banget, paling hastagnya yg sering dipakai aja, hihihih.
    Sekali lagi makasih tipsnya ya Mbak 🙂

  20. Dulu tuh saya nggak pernah mikirin caption tiap upload foto di IG. Ada foto bagus, ya upload aja. Malah cuma nyeritain tentang fotonya doang atau malah cuma hashtag2 doang :D. Sekarang, bener-bener diperhatiin deh kalau mau upload, kudu mikirin caption-nya apa 😀

  21. Aku sih gak suka foto di ig yang gada caption, tapi juga kurang suka kalau captionnya kepanjangan. Klo isinya step-step seperti resep, tips, dan sejenis lainnya ok. Tapi klo caption yang cerita ngalor ngidul, agak males baca xixixi. Simpel, pas, menarik ..kusuka deh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here