Apa Itu Artikel dan Fungsi Artikel?

Kamu pasti sudah sering menemukan artikel, baik di media online (tulisan di berbagai website), koran, majalah, bahkan di buku kumpulan artikel. Setiap pembuatan artikel pasti memiliki tujuannya masing-masing. Cari tahu yuk, apa itu artikel dan apa fungsi artikel?

Apa Itu Artikel?

Menurut KBBI, pengertian artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya.

Sementara menurut Wikipedia, arti artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu dan dipublikasikan di media online maupun media cetak (koran, buletin, atau majalah). Tujuan pembuatan artikel untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

  • Webster’s Collegiate Thesaurus. Artikel adalah karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran, survey.
  • Menurut Sumandiria (2004), artikel adalah tulisan lepas yang berisi opini atau pendapat mengenai suatu masalah. Bersifat aktual dan kontroversial dengan tujuan mempengaruhi, memberi informasi, meyakinkan bahkan untuk menghibur para pembaca.
  • Pengertian artikel menurut Andi Baso Mappatoto (1994), artikel adalah karya tulis lengkap, tulisan nonfiksi, dan karangan tertulis yang panjangnya tak tentu.
  • Rilan E. Wolseley menyebutkan artikel adalah karangan tertulis yang memiliki panjang yang ditentukan, dengan tujuan menyampai gagasan yang berisi fakta untuk meyakinkan, menghibur serta memberikan pendidikan bagi pembaca.

Tujuan dan Fungsi Artikel

Tujuan dan fungsi artikel bisa kita lihat dari dua sudut pandang, yaitu fungsi artikel bagi penulis/pembuat artikel dan fungsi artikel bagi pembacanya. Berikut penjelasannya:

Tujuan dan Fungsu Artikel bagi Penulis Artikel

  • Salah satu fungsi artikel adalah memberi informasi mengenai suatu topik dan menawarkan solusi, nasihat, atau untuk menyelesaikan masalah.
  • Menyampaikan gagasan, opini, pendapat mengenai topik tertentu kepada masyarakat luas (pembaca).
  • Membuka pikiran dan memperluas wawasan dan pengetahuan.
  • Mempengaruhi pembaca mengenai suatu hal dan mendorong mereka untuk berpikir, bertindak, atau mengambil keputusan sesuai yang disarankan.
  • Fungsi artikel juga untuk memunculkan topik atau isu tertentu untuk menarik perhatian masyarakat.
  • Berbagi inspirasi mengenai orang, cerita, perkembangan zaman, produk, tren, dan sebagainya.
  • Membagikan hasil pemikiran yang mendalam secara ilmiah dan sistematis.
  • Mempromosikan produk, jasa, layanan bisnis, atau sebagai bagian dari penerapan strategi digital marketing.

Fungsi Artikel bagi Pembaca

  • Mendapatkan informasi sesuai kebutuhan maupun solusi untuk mengatasi masalah.
  • Artikel menjadi sumber pengetahuan yang bisa membuka wawasan dan memberi pencerahan.
  • Menjadi sarana hiburan dan inspirasi.
  • Membaca artikel juga bisa memberi masukan saat mau mengambil keputusan.

Contoh Artikel

Contoh Artikel Review Aplikasi

contoh artikel apa itu reseller

Contoh Artikel Informasi

contoh artikel informasi

Bagi pembaca, membaca artikel berguna untuk menambah wawasan, pengetahuan, atau mendapatkan informasi. Bahkan artikel juga berfungsi membantu pembaca menemukan solusi atas permasalahan yang sedang mereka hadapi. Sementara bagi pebisnis, keberadaan artikel berguna untuk pemasaran dan promosi. Setelah tahu pengertian dan fungsi artikel, cari tahu juga Ciri-ciri artikel, yuk.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

14 pemikiran pada “Apa Itu Artikel dan Fungsi Artikel?”

  1. Kalo dipikir-pikir jadi penulis artikel itu ga gampang ya kak, kan harus riset, menulis sesuai EYD, bisa mempengaruhi orang dan sebagainya. Tapi kalau udah passion ya bisa dijalani..

    Balas
  2. Fungsi artikel itu memang sangat banyak ya, Mbak. Kalau saya pribadi sebagai penulis, artikel jadi referensi penting saat saya akan menulis sesuatu. Saat membaca artikel, saya tidak hanya mendapatkan suatu manfaat atau solusi, tapi juga bisa dapat ide-ide untuk menulis artikel baru.

    Balas
  3. Aku baca2 artikel juga kadang bisa dapat inspirasi untuk tulisan selanjutnyaa, bisa melihat sudut pandang orang lain dari artikel2 jugaa yaa mba Mon

    Balas
    • Kalo pengalaman aq, aq sering baca2 artikel buat sumber referensi tulisan yang mau aq buat. Soalnya aq mesti riset KW dulu, cari2 info lebih lengkap tentang apa yang mau aq tulis dll gitu mbak.

      Balas
  4. Berarti artikel tergantung dari sudut pandang yang melihatnya ya, karena akan disesuaikan dengan fungsinya. Yang jelas sih lewat artikel jadi tahu dari sebelumnya tidak tahu

    Balas
  5. Makanya bagi para penulis artikel juga harus paham tujuan dari penulisan artikel tersebut apakah hanya sekedar informasi, review, marketing atau tujuan spesifik lainnya.

    Balas
  6. Menulis artikel yang bernas itu nggak mudah ya mbak
    Pastinya butuh riset dahulu
    Nulis artikel juga harus disesuaikan dengan tujuannya

    Balas
  7. Dengan membaca artikel, banyak informasi yang bisa kita peroleh
    Bahkan biasanya, sebelum menulis artikel yang akan menyertakan opini pribadi, saya lebih dulu membaca artikel-artikel lainyang memuat informasi yang saya butuhkan terkait artikel yang akan saya tulis nantinya

    Balas
  8. jadi artikel ini lebih faktual dan berdasarkan riset ya mba mon, jadi by data gak bisa mengarang bebas layaknya puisi

    Balas
  9. walaupun sudah eranya orang lebih suka lihat video, tapi somehow kalo mau cari tahu berbagai info pasti kita lebih cari info lengkapnya di artikel yaaa mba, at least aku sih begitu hihi

    Balas
  10. ada banyak jenis artikel ya mba, jadi keinget pelajaran bahasa indonesia deh. dulu tuh kami cuma dijejali ama teori kayak gini.. coba aja kalo dulu udah pada disuruh nulis artikel dan rutin. mungkin udah banyak penulis2 andal di indonesia ya 😀

    Balas
  11. kalau dipikir-pikir kayaknya budaya baca kita gak kurang-kurang amat ya, karena lahirnya banyak artikel tiap saat aja menandakan kalau orang-orang tuh pada butuh informasi dan pasti paling gampang cari lewat artikel. bahkan banyak banger artikel yang dibaca puluhan juta.

    Balas
  12. Biasanya sebelum menulis topik tertentu aku baca artikel sejenis dulu untuk referensi mbak.

    Menjadi bloger juga sebuah keuntungan tersendiri karena mau gak mau jadi baca banyak artikel dan menambah wawasan.

    Balas

Tinggalkan komentar