Cara Atasi Speech Delay Pada Anak Bersama Dini.id ini saya tuliskan sebagai catatan pengalaman dan sedikit berbagi cerita. Jadi beberapa tahun lalu, Max, ponakan laki-laki yang tinggal di Surabaya, kok sudah berusia 2 tahun tampak malas untuk bicara.

Ketika itu, saya memang sering bolak-balik Surabaya dan tinggal di rumah adik. Seingat saya, Kakaknya Max dulu usia 2 tahun sudah cerewet setengah mati. Berbeda banget sama Max yang jarang mengucapkan kata-kata.

Kekhawatiran saya akan Max yang irit ngomong pun saya ungkapkan ke ipar saya, mamanya Max. Ternyata ipar saya juga menyadari hal tersebut.

Max lebih senang menunjukkan jarinya kalau menginginkan sesuatu ketimbang daripada berusaha mengucapkan kata-kata. Kami berdua jadi mulai mengamati Max dan menghitung jumlah kosakata yang dia ucapkan.

Dan memang, ternyata untuk usia 2 tahun, jumlah kosakata Max sangat terbatas. Kami pun membawa Max ke dokter anak untuk berkonsultasi dan akhirnya kami tahu kalau Max harus mendapatkan terapi khusus untuk atasi speech delay atau keterlambatan berbicara pada anak.

Tolak Ukur Perkembangan Bicara Pada Anak

Kebanyakan orang tua, termasuk saya dulu di masa lalu ketika anak saya sendiri masih kecil, sering mendengar kalau anak yang terlambat bicara bukanlah hal besar. Katanya, tiap anak memang punya masa sendiri untuk mulai bisa bicara.

Di saat yang bersamaan, saya juga sering mendengar, bahkan melihat sendiri, orang tua yang menerapkan berbagai mitos sebagai cara atasi speech delay pada anak. Ada yang dengan mengerukkan ke lidah anak, ada yang kasih banyak pisang, dan sebagainya. Padahal semua mitos itu ternyata tidak benar lho.

Di masa kini, ketika perkembangan dunia kedokteran dan arus informasi yang sedemikian pesat, akhirnya saya ketahui kalau sebenarnya orang tua harus benar-benar memperhatikan tahap perkembangan kemampuan bicara pada anak.

Dr. Anggia Hapsari, SpKJ (K), Psikiater Konsultan Anak & Remaja, mengatakan bahwa ada tolak ukur untuk melihat perkembangan kemampuan bicara pada anak. Misal, saat usia 12-13 bulan, anak seharusnya sudah memiliki satu hingga dua kosa kata sederhana, selain kata mama dan dada.

Kenapa penting memperhatikan perkembangan kemampuan bicara dan berbahasa pada anak? Karena dari sinilah kita bisa melihat bagaimana sisi kognitif dan intelektual anak mengalami perkembangan. Lalu, hasil pengamatan ini akan jadi penentuan juga untuk melihat tahap perkembangan anak selanjutnya.

Gangguan terlambat bicara atau speech delay pada anak tidak boleh dibiarkan. Jika dibiarkan, anak memiliki risiko terkena depresi, ansietas atau kecemasan, dan dalam kondisi yang lebih parah bisa terkena gangguan jiwa. Duh, seram ya. Jangan sampai deh hal ini terjadi.

Mungkin sekarang ada yang bertanya-tanya dalam hati? Memangnya bisa mengalami stres, depresi, atau bahkan gangguan jiwa? Ternyata bisa lho.

Ini terjadi karena anak-anak yang mengalami speech delay tidak bisa mengungkapkan perasaannya dengan jelas, apakah mereka sedang merasa takut, sedih, marah, dan sebagainya.

Cara Atasi Speech Delay
Aspek Perkembangan Anak. Sumber: dini.id

Faktor Penyebab Speech Delay

Ini salah satu pertanyaan yang saya dan ipar saya ajukan ketika kami membawa Max ke dokter. Apa sih penyebab anak mengalami keterlambatan bicara?

Masih menurut dr. Anggia, penyebab speech delay ini salah satu faktor utamanya adalah faktor lingkungan yang deprivasi. Faktor ini terjadi akibat orang-orang yang berada di lingkungan sekitar anak terlalu menuntut anak memiliki suatu kemampuan yang sebetulnya belum tentu mampu dikuasai anak seusianya.

Contohnya nih yang banyak terjadi, ada orang tua yang ingin anaknya mampu berbahasa asing sejak kecil. Jadi, anak mulai dijejali dengan beragam bahasa sebagai pembelajaran. Padahal anaknya masih usia 1-2 tahun.

Nah, kalau anaknya tak ada gangguan speech delay ya tak akan jadi masalah. Kalau ada, maka jadinya kacau balau dan anak jadi kebingungan.

Terlalu memaksa anak untuk bisa melakukan sesuatu tanpa melihat kemampuan dan kondisi anak jelas bisa membuat anak memiliki rasa takut dan cemas yang berlebihan.

Atau bisa saja orang tua melihat anak saudara yang sudah lancar berbicara bahasa Inggris di usia 1 tahun, lalu memaksa anak juga harus bisa. Kasihan anaknya lho. Kita sebagai orang tua tak bisa memaksakan anak menguasai sesuatu karena kemampuan kognitif tiap anak berbeda satu dengan yang lainnya.

Anak bisa jadi akan merasa takut juga, takut tak disayang, takut dimarahi kalau tak bisa melakukan sesuatu, dan sebagainya. Akibatnya, interaksi sosial anak pun terpengaruh dan akan semakin memburuk jika tak lekas ditangani.

Dari banyak pelajaran yang kemudian saya dapatkan setelah masa terapi yang dilalui Max, akhirnya saya bisa melihat bahwa pondasi utama berkembangnya kemampuan verbal anak itu berasal dari interaksi anak dengan orang-orang terdekatnya, terutama orang tua dan saudara.

Anak akan belajar banyak kosa kata baru dari bercanda dan bermain dengan orang tua, saudara, atau teman sebayanya. Semakin anak bisa berinteraksi maka akan semakin terasah kemampuannya dalam berbicara dan berkata-kata.

Dari lingkungan terkecil yakni keluarga, anak jadi mengenal kata baru dan maknanya. Itulah sebabnya yang wajib diberikan orang tua ialah kebersamaan dalam bermain, bukannya mainan yang banyak dan mahal harganya.

Bagi anak, bermain adalah salah satu cara untuk belajar. Orang tua yang menemani kegiatan menyenangkannya ini bisa membantu anak dalam mengarahkan mana hal-hal baik, termasuk kosa kata dan perbuatan, yang kemudian dicontohnya. Dengan adanya interaksi dua arah bisa membantu berkembangnya kemampuan emosionalnya.

Cara Atasi Speech Delay Pada Anak Bersama Dini.id

Selain sering mengajak anak ngobrol dan bermain bersama, salah satu solusi yang bisa dipilih orang tua untuk melakukan stimulasi dan intervensi dalam tumbuh kembang anak yaitu Dini.id.

Dini.id adalah startup yang khusus dirancang untuk memberikan program stimulasi dan intervensi dalam tumbuh kembang anak dengan memadukan antara teknologi, ilmu psikologi, orang tua, dan tim ahli.

Beberapa program Dini.id, antara lain:

  1. Sistem assessment online gratis di website www.dini.id yang dapat mengidentifikasi keterlambatan dan potensi dalam perkembangan anak.
  2. Kelas stimulasi dan intervensi sambil bermain yang dilakukan di playground-playground mitra yang dirancang untuk mengaktifkan neuron dalam otak sehingga meningkatkan perkembangan kognitif dan menjadi dasar perkembangan tahap selanjutnya terutama untuk belajar.
  3. Program assesment, observasi & investigasi berkala yang disupervisi oleh psikiater dan psikolog klinis untuk mengoptimalkan perkembangan anak yang berbeda-beda dan unik.
Cara Atasi Speech Delay Pada Anak
Kelas dan Program di Dini.id

Dengan stimulasi dan intervensi dalam tumbuh kembang anak, diharapkan speech delay yang terjadi pada anak akan menghilang.

Semoga dengan stimulasi dan intervensi dalam tumbuh kembang anak, speech delay dapat teratasi dan anak jadi lebih lancar bicara.

Di artikel ini saya sertakan juga video tentang Mengatasi Speech Delay pada Anak Usia Dini yang sudah saya tonton. Isinya benar-benar bergizi dan bisa jadi inspirasi juga bagi orang tua yang saat ini sedang mencari cara atasi speech delay pada anak.

Semoga dengan tulisan tentang cara atasi speech delay pada anak bersama dini.id ini bisa menambah pengetahuan baru serta membuat kita jadi lebih mengerti bahwa stimulasi dan intervensi dalam tumbuh kembang anak adalah sangat penting. Harapan terakhir, semoga speech delay yang terjadi pada anak akan bisa diatasi segera.

3,111 total views, 2 views today

SHARE
Previous articleTips Bekerja Freelance Bagi Suami Istri
Next articlePenginapan di Penang Dekat GeorgeTown

36 COMMENTS

  1. Kasihan juga ya.. masih kecil sudah memendam perasaan saat orang-orang menuntutnya melebihi kemampuannya.

  2. Start up yang menarik untuk tumbuh kembang anak. Salut ama pencetus dini.id. Speech delay bisa dicegah dengan banyak komuniikasi dan interaksi langsung yang dilakukan orangtua dan orang lain di sekitar anak. Semakin sering anak diajak berbicara, semakin cepat juga ia akan menyerap dan belajar kosakata.

  3. Wah udah ada start upnya ya kak yaitu dini.id, sehingga dapat melakukan penerapan cara mengatasi speech delay pada anak bersama Dini.id ya. Tetapi memang anak seusia itu harus banyak interaksinya dimulai dari keluarga sie kak terutama ibu kali ya, pokoknya orang rumah, sehingga interaksinya sering dan buat anak cerewet dalam ngomong ya, tidak malas dalam.berkata2.

  4. Dengan adanya dini.id semoga makin mempermudah para orangtua yang memiliki kendala ini ya, bener tuh perlu assesment biar anak itu kembali berani, ternyata faktor terbanyaknya itu ya karena anak terlalu bamyak diberi tekanan, stres, jdi takut juga ya. Helpful nih dini.id

  5. Mba Monica, aku benar-benar terima kasih untuk informasinya ini. Aku langsung daftar loh ini. Pengen cobain juga yg dipake startup dini ini. Jadi ceritanya salah satu anak kembarku itu sudah 1 tahun, tapi belum kunjung bisa babbling. Beda sama sodara kembarnya. Pas aku konsul ke DSA, dokter bilang meski baru 1 tahun tapi si adek harusnya sudah bisa babbling, minimal ngomong papa mama dada tata, dll. Jadi dokter memang merencanakan jadwal terapi mulai bulan depan. Sebulan ini saya disuruh semakin aktif lagi menstimulasinya di rumah. Semakin cepat penanganannya, semakin cepat pula kita mengantisipasinya. Yah, namanya juga usaha ya, segala cara harus dicoba. Meski pun saya yakin tahap perkembangan anak-anak itu beda. So, thank u ya mba.

  6. bener banget ada anak sepupu sy ketahuan speech delay sdh usia 2 thn.. untung cepat diterapi..memang bnr si anak.ini ternyata dipaksa berbahasa inggris dari usia 1 thn sdngkan.kemampuan terbatas jdnya malah ga mau ngomong sama sekali..

  7. Wah keren banget mbak. Ada tips nya juga. Btw anakku dulu juga lambat ngomongnya. Untungnya Alhamdulillah bisa lancar. Sampai sekarang

  8. Di desa upaya untuk membuat anak bisa bicara dengan mengeruk lidah anak pakai emas masih sering dilakukan. Biasanya dilakukan di hari tertentu. Efektif tidaknya tergantung kepercayaan.
    Masih belum banyak yg tau kalau ada staruo yg bisa memantau perkembangan bicara pada anak

  9. Bagus iiih…skrng ada start-up speech delay. Zaman dulu, anakku juga agak telat, dianya udh berusaha, tapi celat & blm jelas. Ke dokter, yg disalahin ibunya (aku…hiks). Kurang interaksi katanya…Nuduh, ibunya kerja ya. I.y.a.a… 😢

  10. ya mungkin langkah awal ortu harus sering2 ngajak ngobrol sih
    meski memang responnya lambat, tapi Inshaa Allah ada bertahap
    tapi kadang perlu juga katalis untuk mengatasi speech delay ini pada anak
    dan aku baru tau kalau dini.id ini katalisnya, hoho
    keren sih program-programnya

  11. Keren banget ini start up nya, soalnya banyak orangtua yang kurang tanggap misal ada kemampuan anak yg terlambat, mikirnya belum waktunya. Padahal untuk mengatasi keterlambatan harus mendapatkan stimulasi sejak dini.

  12. Nah iya kadang suka kasian sama orang tua yang maksa anaknya belajar hal yang sama dengan anak lain, seperti bahasa Inggris misalnya. Setiap anak kan beda-beda perkembangannya. Jadinya malah bisa ngaruh ke speech delay ya. Dan lingkungan juga memang berpengaruh untuk perkembangan anak mulai bicara dan mengenal kata. Keren ya sekarang udah ada dini.id ini 🙂

  13. Wah ternyata dulu yang dibilang orang tua kalau anak bisa jalan duluan pasti lambat ngomongnya nggak benar ya mbak, ternyata masih banyak faktor lainnya

  14. Speech delay kadang ngga disadari sama orang tua. Saya punya murid yang pernah punya riwayat speech delay. Sampai sekarang memang kosakatanya lebih sedikit daripada teman2nya. Tp alhamdulillah bisa mengerjar dengan baik.

  15. Ternyata anak yang irit ngomong ada istilah ilmiahnya ya. Memang banyak juga kasus speech delay pada anak dan umumnya orang tua tidak acuh karena menganggapnya biasa, padahal banyak efek yang ditimbulkan di kemudian hari.

  16. Dengan hadirnya startup dini.id ternyata speech delay pada anak bisa diatasi oleh pakar profesional dibidangnya, jadi anak-anak bisa kembali lancar berbicara.

  17. Kerennn… Start up – dini.id, kawan aku speech delay juga, trus jd gagap. Kbrnya karena ortunya sering memarahi.

  18. Memang, Mbak Monica. Soal anak terlambat bicara ini, bisa jadi masalah serius juga, soalnyya kan ada bisik-bisik tetangga juga. Kok anaknya belum bisa ngomong ya blabla. Makanya sejak awal bagusnya memang selalua da interaksi antara anak dengan orang tua dengan saudaranya ya, Mbak.
    Dan syukurlah sekarang ada Dini.id juga yang bisa membantu anak mengatasi masalah ini.

  19. Saya belum punya anak, tapi sering dengar kejadian speech delay anaknya teman saya. Saya simpan artikel ini, siapa tau bermanfaat untuk beberapa orang tua yang memiliki anak yang speech delay, thanks kak monic informasinya 😀

  20. Keren ya sudah ada startup seperti ini, jadi orangtua bisa memantau sudah sejauh mana perkembangan anaknya untuk lancar berbicara, dini.id merupakan solusi yang bisa membantu para orangtua buat mendeteksi speech delay pada anak

  21. Anak dengan speech delay memang perlu terapi khusus, utamanya saat sudah usia 2 tahun ke atas. Yang tak kalah pentingnya, kita sebagai orang sekitar dari si ortu yang memiliki anak speech delay, harus memberikan motivasi yang logis dan menguatkan.

    Sebelnya, ada saja yang justru malah nyalahin ortu atau memberikan saran2 yang (maaf) nggak logis blas.

  22. Sungguh berguna! Masalahnya, keponakanku sendiri mengalami yang namanya speech delay ini mbak. Awalnya kami semua panik banget karena dikira memang tidak bisa berbicara. Sudah sering sekali terapi. Tapi baru banget tahu sama cara yang mbak tulis ini. Aku akan share ke keluarga. Thanks mbak infonya.

  23. Kadang yang kita anggap biasa kayak speech delay tetapi ujung-ujungnya bermasalah juga. Mungkin dini.id bisa membantu orang tua yang mengalami hal demikian agar lebih aware dan tahu cara mengatasinya, ya. 💪

  24. jaman baheula mah kalo anak-anak speech delay itu masih pake cara-cara yang ga ada bukti ilmiahnya mba Monic..kalo hadirnya start up untuk speech delay gini, kan jadinya super membantu banget.

  25. Kenzo speech delay, mbak Mon. Salahku karena sering kasih tontonan dan buku yg pakai bahasa inggris, sekolahnya pun pakai bahasa Inggris, sementara di rumah pakai bahasa Indonesia. Jadinya dia bingung bahasa, dia lagi ikut terapi speech delay sama dokter tumbuh kembang anak. Malah jadinya lebih lancar membaca daripada lancar ngomong

  26. Saya pernah dengar cerita teman yang anaknya kena speech delay dan perlu terapi. Dia sekali melihat proses terapinya, tapi setelah itu nggak mau, nggak tega katanya. Saya sebenarnya penasaran, nggak teganya kenapa, tapi nggak sampai hati juga buat bertanya.

  27. Speech Delay ini memang harus ditangani sejak dini. Orang tua atau keluarga harus perhatian sama anak kalau ada tanda-tanda harus segera diatasi…
    Saya punya tetangga, kata keluarga dan orang-orang di sekelilingnya, orang ini pendiam… Begitu coba berkomunikasi, eh ternyata speech delay, padahal usianya sudah tiga puluh tahun. Orangnya sendiri nggak sadar kalau itu gangguan perkembangan…

  28. sangat di rekomendasikan banget nih dini.id karena tempat untuk mengatas speech delay pada anak.. saya pun mendapatkan informasi yang baru agar bisa mengatas sejak sekarang jika punya anak nanti

  29. Duh saya jadi rada worry nih Mbak soalnya anak saya sudah mau umur 2 tahun tapi kosa kata yang dia tahu juga masih irit. Semoga aja nggak sampai speech delay karena efeknya juga ngeri ya Mbak bisa sampai bikin anak stresa atau depresi gitu.

  30. Orang tua harus memperhatikan anaknya jikalau ada tanda-tanda speech delay bisa segera ditangani…

    Tetangga saya mengalami speech delay, sekarang usianya tiga puluhan. Walau sudah dewasa tapi sepertinya dia sendiri tidak sadar kalau mengalami speech delay… saya kasihan padanya…

  31. Menarik ini. Sampe ada teorinya kan kalau anak usia dini itu sebaiknya diajarkan mother tongue dulu baru ntar agak besar diajarkan bahasa asing. Cuma dikasus twrtentu yg anaknya emang udah nunjukin kelancaran berbicara, bisa diperkenalkan lah dikit-dikit bahasa asing lainnya. Dini.id bisa membantu bgt untuk para ibu dgn batita..

  32. dulu ponakanku sempat ada yang begini mbak, tapi karena mungkin faktor orangtuanya yang kurang proaktif melatih anaknya, tetapi entahlah kini anaknya sudah bisa dibilang gak delay lagi

  33. speech delay emang srg bikin org tua panik, apalagi buat mereka yang gak tau harus diapakan jika ditemui hal begini,,

    untungnya byk solusi dan pembelajaran yang bisa dilakukan untuk ngatasinnya ya kak

  34. Aku suka gemes mbak, sama orangtua yang acuh sama perkembangan anaknya. Pengen ngasih tau tapi kok ya takut disemprit duluan. Hehe. Dulu aku pernah diginiin waktu ngasih tau kalau anaknya ada kemungkinan speech delay, katanya “ya silahkan kamu kasih uang ke aku buat konsultasi ke dokter” wkwk kesel deh.
    Nah kalau sekarang aku tinggal kasih tau aja soal web dini.id ini, biar ga kena semprit.

  35. Menatimulasi saraf dan perkembangn bicara pada anak harus dilakukan setiap hari, dan biasanya yng bisa melakukan tersebut adalah para ibu, dan wajib diingat perkembangan anak yang satu dengan yang lain berbeda-beda jadi sebagai orang tua sudah sewajarnya tidak perlu terlalu khawatir terhadap tumbuh kembang anak yang sedikit terlambat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here