Inspirasi Rumah Minimalis Berdasarkan Tipe Hunian

Inspirasi Rumah Minimalis Berdasarkan Tipe Hunian

Inspirasi Rumah Minimalis Berdasarkan Tipe Hunian – Rumah merupakan kebutuhan dasar manusia sehingga pemenuhan akan kebutuhan ini dirasa wajib. Di dalam rumah, kita akan tinggal bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Tapi, rumah seperti apa sih yang aman dan nyaman untuk ditinggali?

Setiap orang, saya maupun kamu, tentu memiliki desain rumah impian yang didambakan. Kalau saya sih lebih menyukai rumah sederhana dengan desain yang unik.

Rumah dengan desain minimalis juga oke saja, nanti tinggal interiornya disesuaikan dengan selera saya sehingga rumah itu nyaman untuk didiami. Kalau kamu suka desain rumah yang seperti apa? Apakah rumah mewah dengan desain elegan?

Beberapa tahun terakhir, desain minimalis sedang naik daun. Mungkin karena desain ini mudah diaplikasikan pada hunian tipe apapun, baik kecil, sedang, maupun besar. Biaya yang murah dan pengaplikasian yang simple tadi membuat banyak orang menerapkan desain minimalis pada huniannya.

Apakah kamu salah satu orang yang menginginkan rumah dengan desain minimalis? Sudah tahu bagaimana cara mendesain rumah minimalis? Jika belum, hari ini saya akan memberikan beberapa inspirasi rumah minimalis berdasarkan tipe hunian.

Desain Rumah Minimalis Tipe 21

Rumah Tipe 21

Desain rumah minimalis pertama kita khususkan untuk tipe rumah favoritnya orang Indonesia. Iya, dengan harga rumah yang semakin mahal maka hunian yang mungil, harga lebih bersahabat, namun nyaman untuk ditinggali, bisa dijadikan pilihan.

Rumah tipe 21 memang berukuran sangat kecil sehingga memilih desain rumah minimalis menjadi pilihan yang bijak. Desain minimalis lebih sederhana dan simpel sehingga rumah berukuran kecil ini akan terasa lebih luas dan tidak sesak.

“Less is more.” Inilah filosofi dari rumah minimalis. Untuk itu, hindari gimmick yang tidak perlu pada desain rumah minimalis tipe 21 milikmu. Penambahan ornamen yang berlebihan dan tidak penting akan memakan lebih banyak biaya saat membangun rumah tersebut, dan ketika jadi malah rumah jadi terasa lebih sempit. Sayang kan kalau begini?

Biasanya, rumah minimalis tipe 21 dibangun dengan satu garasi terbuka atau carport, satu kamar tidur, satu ruang multifungsi (terdiri dari dapur, ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu), satu kamar mandi, dan taman belakang serta taman depan.

Kenapa disebut ruang multifungsi? Tujuannya: untuk mengurangi sekat pada ruangan, membuat tiap-tiap ruang terasa lebih luas, serta pengurangan sekat ini akan membuat sirkulasi di dalam rumah menjadi lebih baik.

Rumah minimalis tipe 21 yang hanya memiliki luas 21 meter persegi ini, cocok bagi kamu yang masih tinggal sendirian. Artinya, belum punya pasangan, apalagi memiliki anak.

Desain Rumah Minimalis Tipe 36

Rumah Tipe 36

Desain rumah minimalis tipe 36 termasuk favorit kebanyakan masyarakat Indonesia. Bagi pasangan yang baru menikah atau keluarga dengan hanya memiliki 1-2 anak, maka rumah tipe ini memiliki ukuran yang lebih ideal.

Sama halnya seperti rumah tipe 21, banyak orang memilih membangun rumah minimalis tipe 36 karena biayanya yang murah dan desain yang simpel. Luas tanah rumah tipe 36 cukup beragam dibandingkan ukuran rumah tipe 21, yakni 60 meter persegi, 72 meter persegi, hingga 120 meter persegi.

Rumah minimalis tipe 36 umumnya dibangun dengan satu kamar tidur utama berukuran 3×3 meter dan satu kamar tidur anak berukuran 3×2 meter, satu kamar mandi, dapur, dan ruang tamu yang juga bisa berfungsi sebagai ruang keluarga. Kadang, terdapat pula halaman di depan atau di belakang rumah yang bisa difungsikan sebagai taman.

Tips buat kamu yang ingin membangun rumah minimalis tipe 36:

  • Hindari penggunaan sekat yang berlebihan.
  • Maksimalkan bukaan yang ada pada rumah.
  • Penggunaan ventilasi dan jendela berukuran besar sangat disarankan agar sirkulasi udara lebih baik dan bisa mendapatkan pencahayaan alami juga dari luar.

Desain Rumah Minimalis Tipe 45

Rumah Tipe 45

Rumah minimalis berikutnya yang bisa kamu pilih adalah rumah tipe 45. Meski luasnya sedikit lebih besar dari tipe 21 dan 36, harga rumah tipe 45 tidak terpaut jauh dari dua “adiknya” tersebut. Di pasaran saat ini, harga rumah tipe 45 berkisar antara Rp350 juta hingga Rp500 juta-an.

Dengan luas bangunan 45 meter persegi, rumah tipe 45 biasanya memiliki luas tanah antara 72 meter, 96 meter, hingga 120 meter persegi. Mungkin karena luasnya yang lumayan inilah banyak pasangan dengan anak lebih dari dua, atau mungkin ada anggota keluarga lain yang tinggal bersama mereka, memilih rumah tipe ini agar bisa mendapatkan hunian dengan ruang-ruang yang lebih leluasa.

Rumah tipe 45 biasanya memiliki 3-4 kamar tidur dengan ukuran paling besar 3×3 meter, 1-2 kamar mandi, dapur (merangkap ruang makan), serta ruang tamu dan ruang keluarga. Untuk sisa luas tanah lebih yang ada di depan atau di belakang rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat taman kecil, atau buat carport satu mobil dan satu motor.

Beberapa tips desain minimalis pada rumah tipe 45, antara lain:

  • Jangan menambahkan ornamen yang tidak penting meski ukuran rumah lebih besar dan tetap berpegangan pada pakem rumah minimalis.
  • Hindari pemakaian perabot yang berlebihan atau perabot dengan tekstur dan pola berlebihan.
  • Letakkan perabot di sudut atau menempel pada dinding agar ruang gerak di dalam rumah menjadi lebih leluasa.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Rumah 2 Lantai

Nah ini nih sempat terpikir oleh saya. Andai saya hanya memiliki luas tanah yang terbatas, tapi ingin punya lebih banyak ruang di rumah minimalis saya maka solusi yang bisa saya pilih adalah membuat rumah minimalis 2 lantai.

Dengan cara ini, saya bisa mensiasati kebutuhan ruang, mengingat saya berasal dari keluarga besar. Saya ingin kalau orangtua atau adik-adik saya beserta keluarga masing-masing berkunjung, bisa menginap di rumah saya.

Ciri khas rumah minimalis 2 lantai adalah menggunakan dak beton, mengikuti bentuk dasar (berbentuk kotak), polos atau tanpa ornamen, dan menggunakan maksimal dua kombinasi material. Pada dasarnya, penambahan lantai dua pada rumah mirip dengan membangun rumah pertama kali, namun pastikan pondasi lantai dasar dirancang untuk dua lantai.

Jadi kalau kamu berencana punya rumah minimalis 2 lantai, namun saat ini dana membangun rumah masih terbatas, maka pastikan saja dulu pondasi lantai dasar sudah dirancang untuk rumah 2 lantai. Di kemudian hari, kamu tinggal melakukan renovasi untuk menambah satu lantai lagi.

Lantas, bagaimana jika pondasi rumah saat ini terlanjur tidak dirancang untuk dua lantai? Tenang, kamu masih bisa menambahkan lantai rahasia di rumahmu.

Caranya, bikin saja double storey void. Dengan begitu, kamu jadi memiliki ruangan tambahan yang terletak di antara lantai dasar dan langit-langit, semacam lantai 1,5.

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin membangun double storey void:

  • Lihat terlebih dahulu apakah tipe rumah dan ketinggian ceiling memungkinkan untuk penambahan double storey void.
  • Tipe rumah yang cocok untuk ditambahkan double storey void adalah rumah tipe 45 atau tipe yang lebih besar.
  • Rumah tipe 21 dan tipe 36 kurang cocok jika ditambahkan double storey void karena akan membuat rumah jadi terasa lebih sempit.
  • Desainlah atau langit-langit cukup tinggi supaya sirkulasi udara di dalam ruangan lancar dan membuat ruangan terlihat lebih lebar.

Desain Rumah Minimalis Tipe 70

Rumah Tipe 70

Rumah minimalis tipe 70 termasuk kategori rumah dengan ukuran sedang. Luas bangunannya sekitar 70 meter persegi, dan biasanya cukup untuk keluarga yang beranggotakan antara 4-6 orang. Rumah minimalis tipe 70 ini termasuk tipe rumah yang banyak penggemarnya, terutama masyarakat kalangan menengah ke atas.

Dengan luasan yang ideal, kamu bisa lebih bebas mendekorasi tiap-tiap ruangan dengan gaya interior sesuai keinginan, bahkan bisa pula mengkonstruksi ulang dan menjadikannya sebagai rumah 2 lantai.

Tapi ingat, hindari menggunakan perabotan yang terlalu berlebihan jika yang sebenarnya kamu inginkan adalah rumah dengan desain minimalis. Pemilihan perabotan yang kurang tepat akan membuat rumah terasa sesak dan jadi tak nyaman.

Pemilihan cat juga mempengaruhi lho sehingga patut diperhatikan. Pilihlah warna cat yang netral, seperti putih, abu-abu, warna-warna pastel, sehingga ruangan akan berkesan luas. Warna-warna netral ini juga akan membuat ruangan terlihat simpel, namun tetap elegan.

Selain itu, penggunaan warna-warna netral akan menciptakan kesan dingin yang membuat orang betah tinggal di dalamnya. Ingin bermain-main dengan warna yang lebih cerah? Boleh-boleh saja. Pilihlah warna-warna cerah yang calm dan tidak mencolok.

Dengan luas tanah yang cukup besar, maksimalkan penggunaan lahan dengan baik sehingga tak ada yang tersia-siakan. Bisa lho menambahkan taman agar rumah jadi berkesan modern dan asri. Bisa pula menambahkan gazebo, tempat bersantai bersama keluarga di waktu luang.

Beberapa tips membangun rumah minimalis sesuai dengan tipe rumah yang barusan kamu baca ini hanyalah sebagian kecil. Masih banyak sih tips-tips lain.

Kalau kamu masih butuh inspirasi desain rumah minimalis berdasarkan tipe hunian, kamu bisa membacanya di situs properti terbesar dan terpercaya, www.99.co/id. Selain berbagai artikel yang bisa memberi inspirasi, kamu juga bisa melakukan jual beli properti. Selamat membangun rumah minimalis!

5,952 total views, 1 views today

View Comments (16)

  • Kalau di Jakarta hunian type 21atau bahkan lebih kecil lagi karena modelnya petakan cukup laku lho. Mu ngkin krn harga tanah mahal ya. Beruntung rumahku di cileungsi tipe 36 tp luas tanahnya 105 jd kaya hunian tipe 45 ya hehe. Tinggal cari dana buat renov deh ngintip desainnya di sini aja.

  • Dsain rumah minimalis ini emang penting bgt buat tau. Jd nanti gak gagap lagi klo udah ada tanah n mau bangun. Boleh nih, ide double storey nya boleh dicoba nih Mba.

  • Kalau luas tanah hanya sedikit memang agak sulit ya mau otak atiknya. Baru tau ada double storey tadi untuk meninggikan rumah meski tadinya tidak dirancang untuk dijadikan rumah tingkat.

  • Aku suka yang tipe 36, Mbak. Sayang, karena aku masih serumah sama bapak ibuk, impian mengubah rumahku ke gaya minimalis harus kukubur dalam-dalam. Natr deh kalau ada rezeki pengen bangun sendiri di tempat lain.

  • Aku beberapa kali nih liat website 99 ini buat cari rumah. Mayan lengkap ternyata

  • Huhuhu baca tulisan soal rumah minimalis tuh kadang bikin saya menghela napas panjang. Pasalnya saya pengen sekali segera punya rumah. Lelah ngontrak terus.

  • Wah, bagus2 ide desain huniannya. Lumayam bs jadi referensi nanti kalau mau buat rumah

  • Suka banget lihat desain rumah dg berbagai tipe....jadi pengen punya rumah sendiri dg desain minimalis.. tapi untuk memiliki sebuah rumah minimalis butuh dana yg tidak sedikit...hrs mulai nabung dr skrg supaya nanti bisa mewujudkan impian mempunyai hunian yang asri dan nyaman....TFS mbak...

  • Rumah buat saya adalah tempat pulang yang paling nyaman. Saya tipe orang yang tidak neka neko memimpikan rumah yang megah dan luas. Cukup untuk ditinggali dengan ruang yang memenuhi kebutuhan serta satu lagi yang penting, satu dan dua ruang terkoneksi dan tidak banyak sekat apalagi untuk saya yang suka dengan ruang minimalis.

  • Yups emang favorit banget sih tipe 36 ini soale pas buat keluarga kecil dan budgetnya pun ga terlalu mehong.