Kursus Full Stack Developer di Hacktiv8

Bikin website? Gampang! Pakai blogspot dan WordPress sudah bisa. Dulu saya berpikir seperti ini. Mana ada dalam pikiran saya berusaha mengenal apa itu full stack developer, cari pengalaman belajar programming untuk pemula dan ikut kursus full stack developer di Hacktiv8.

Mesti begitu, saya sadar kalau ilmu dan pengetahuan yang saya miliki terkait teknologi dan pemrograman sungguh nol besar. Padahal beberapa tahun terakhir, pesatnya pertumbuhan startup, e-commerce, juga perusahaan berbasis teknologi di Indonesia membuka banyak peluang kerja baru yang sayang kalau tidak dimanfaatkan. Mungkin, ini mungkin ya. Saya terlalu terlena berada dalam zona nyaman karena memiliki suami yang serba bisa. Pokoknya saya tahu beres saja.

Pandemi dan Pentingnya Adaptasi Teknologi

Tahun 2020, awal masuknya masa pandemi di Indonesia, memasak semua orang menyesuaikan diri. Banyak kegiatan yang kemudian beralih ke online dan transformasi digital membuat percepatan teknologi di segala bidang melaju kencang.

Setiap orang, termasuk saya, dituntut untuk secepatnya mengikuti perubahan zaman dan beradaptasi dengan teknologi. Di masa lalu, profesi programmer kalah keren dengan cita-cita menjadi dokter. Hari ini, programmer dicari-cari dan ditawari bayaran tinggi.

Belajar programming untuk pemula

Saya bersyukur, intuisi membimbing langkah saya untuk bersiap diri. Beberapa bulan di tahun 2019, persiapan demi persiapan saya lakukan, membuat blog, belajar digital marketing, belajar SEO, belajar semua printilan yang dibutuhkan di dunia digital.

Langsung mengerti dan pintar gitu? Ya tidak semudah itu juga, Ferguso, apalagi kalau segala sesuatunya belajar secara otodidak. Pernah beberapa kali memaksakan diri ikut kursus berbayar yang harganya sebesar biaya hidup layak kami berdua untuk 6 bulan. Tapi ya begitu, hanya dasarnya saja, dan belum bisa benar-benar dipakai buat kerja.

Penasaran dengan Profesi Web Developer

Terlalu nyaman dengan kondisi yang serba drag and drop serta cukup instal plugin membuat saya terlena. Yah, di sisi lain, saya punya suami yang siap sedia ngurusin semua hal terkait blog-blog berbasis WordPress milik kami.

Memasuki 2021 dan setelah browsing sana sini melihat berbagai website yang canggih, saya bertemulah dengan berbagai website canggih dengan tampilan yang rapi, kecepatan luar biasa waswus, UI/UX ciamik, pokoknya saya jadi pengen tahu bagaimana caranya supaya bisa punya website seperti itu.

And Pewe, si ayang yang saya aku-aku sebagai suami, pun berkata, “Yakin mau belajar back-end developer dan front end developer? Itu coba WordPress dan Blogspot dioprek dulu sampai khatam. Wong utak-atik HTML aja kamu bolak-balik berantakan.” Oh ya, dia tertawa, tapi tidak sungguh menertawakan ketidakmampuanku, karena kemudian dia lanjut bicara, “Udah, kamu fokus di konten dan strategi, biar aku bagian teknis dan eksekusi. Tiap orang punya skill masing-masing. Jangan serakah mau bisa semua.”

Hmmm… okey. Memang sejak memutuskan terjun ke dunia digital dan menjadi freelancer, blogger, dan content writer, kami berdua bagi tugas sesuai dengan skill kami masing-masing. Dan it’s work! Everything ok dan kami baik-baik saja meski kondisi pandemi mengobrak-abrik banyak sektor di Indonesia. Tapi udah dibilang, fokus pada skill yang dimiliki, rasa penasaran mendorong saya untuk mencari tahu lebih banyak tentang apa itu full stack developer dan sekalian mencari informasi tempat kursus full stack developer yang memungkinkan aku bisa belajar programming untuk pemula.

Mengenal Full Stack Developer

Di awal tulisan saya ini kan sudah saya katakan kalau perkembangan teknologi dan pertumbuhan perusahaan rintisan atau startup di Indonesia amat sangat pesat hingga membuka banyak sekali peluang, khususnya bagi orang-orang yang punya talenta dan skill mumpuni di bidang technology and application and software development. Nah, fokus saya ada pada kata “peluang” yang sayang sekali kalau dilewatkan.

Jadi, dari yang awalnya penasaran bagaimana cara kerja seorang web developer, rasa penasaran saya bertambah untuk mengenal apa itu full stack developer, termasuk front-end developer dan back-end developer.

Jika front-end fokus pekerjaannya lebih ke segala sesuatu yang terlihat mata dari web, aplikasi, dan berbagai fitur di dalamnya, maka back-end lebih fokus ke semua hal yang berada di “belakang” website atau aplikasi dan tidak bisa terlihat user.

Sederhananya, front-end developer lebih ke tampilan antar muka, termasuk UI/UX, sedangkan back-end lebih ke database, server, security, structure, dan sebagainya. Tapiii… baik mau jadi front-end maupun back-end developer, jelas harus menguasai yang namanya HTML, CSS, bahasa pemrograman, seperti JavaScript, JSON, Document Object Model (DOM), framework JavaScript, MySQL, dan sebagainya.

Dan belum apa-apa, saya sudah pusing luar biasa… ini baru membaca lho, belum mencoba!

Pengalaman Kursus Full Stack Developer di Bootcamp Hacktiv8

Dengan berkembangnya era disrupsi, pastinya tidak mudah diterima oleh semua orang, termasuk saya. Ada kesulitan-kesulitan yang harus saya hadapi. Kalau terus beralasan tidak bisa, kemudian menunda untuk belajar atau bahkan lebih memilih untuk meninggalkan proses belajar, ya akan tertinggal dan tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.

Proses pembelajaran itu tidak bisa instan. Semua butuh proses dan pemahaman yang baik untuk menghadapi kesulitan yang berujung pada pemecahan masalah. Karena di dalam proses belajar itulah saya akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan kesulitan, tapi pasti akan diiringi juga ketersediaan solusi.

Jadi, berawal dari rasa penasaran bagaimana proses web dev bikin website yang beda dari yang sudah ada. Penasaran bagaimana cara bikin homepage web atau theme web dan semua perintilannya, termasuk cara kerja bermacam kode hingga berfungsi secara otomatis, saya pun bergabung dengan kelas Bootcamp Full Stack Javascript Immersive Hacktiv8.

Review Hacktiv8

Sebenarnya, belajar dasar pemrograman dan berurusan dengan coding bisa dipelajari secara otodidak, namun Pewe selalu bilang kalau butuh usaha 10x lipat dibandingkan mengikuti mengikuti kelas yang materi pembelajarannya sudah terstruktur. Nanti semuanya jadi gampang.
Tapi gampang bagi Pewe, jungkir balik bagi saya, terutama karena saya bukan orang yang suka dengan permainan angka dan logika.

Di hari pertama mengikuti Bootcamp Hacktiv8 tanggal 6 Desember 2021, ya saya jungkir balik. Cukup setengah mati saya mengikuti setiap materi. Bahkan Pewe yang kasih motivasi biar saya tidak menyerah dan mau coba sendiri sampai kesal sendiri, karena saya tidak cepat mengerti… hahaha.

Beruntungnya, para pengajar di Hacktiv8, terutama Kak Seven, sabar banget dan mau memandu step by step, bahkan kasih tambahan sesi di luar kelas juga untuk yang belum paham. Helpful banget pokoknya.

Oh ya, karena namanya bootcamp, kelasnya setiap hari. Saya ikut di kelas khusus yang penyelenggaraannya dari tanggal 6 Desember 2021 – 10 Desember 2021, mulai jam 9 pagi hingga jam 4 sore secara intensif. Sesi kelas untuk materi terbagi menjadi 2, yaitu 09.00 – 10.30, lalu break, dan lanjut lagi pada 13.00 – 14.30. Setelahnya, ada sesi diskusi lagi untuk memahami materi dan mencoba sendiri. Malamnya wajib mengerjakan PR yang harus sudah terkumpul sebelum sesi kelas hari besoknya.

Belajar programming untuk pemula

Sekolah Coding Bootcamp Pertama di Asia yang Tergabung dalam CIRR

Hacktiv8 memiliki program bootcamp coding pertama di Asia yang tergabung dalam Council on Integrity of Results Reporting (CIRR). CIRR merupakan standar global, yang dikembangkan oleh banyak sekolah coding, yang percaya bahwa memberikan transparansi nilai dalam hasil pembelajaran sangat penting.

Saya beruntung dapat mencicipi kelas Full Stack Javascript Immersive dan bisa ikut kursus full stack developer, di mana Hacktiv8 mengusung tagline “Karir melesat dalam 16 minggu dengan menjadi Full Stack Developer. Dapatkan pekerjaan di 350 hiring partner setelah lulus”. Ini jelas luar biasa dan jadi peluang besar bagi siapa pun yang mau belajar di kelas premium sekaligus bisa mendapatkan kesempatan langsung bekerja.

Bagi saya, Hacktiv8 merupakan wadah platform edukasi yang membimbing murid-muridnya belajar dari dasar. Tidak seperti pembelajaran secara umum dan intensif di tempat lain yang lebih leluasa, Hacktiv8 lebih ke arah pembelajaran yang ketat, namun tetap menarik. Hacktiv8 berhasil menciptakan lingkungan belajar yang interaktif.

Oh ya, saya pun jadi tahu kenapa penting belajar bahasa pemrograman? Ternyata bahasa pemrograman Java Script ini sudah berkembang sejak tahun 1995 oleh Sun Microsystems. Bahasa ini bersifat multiplatform. Setiap kode program bahasa Java yang dituliskan dapat dijalankan di platform yang berbeda-beda tanpa harus ditulis ulang kembali.

Karena dapat beroperasi di berbagai platform, membuat bahasa Java sangat berguna untuk membangun beragam aplikasi, dari mulai desktop, mobile development, web development, sampai perangkat seperti microprocessor. Tapi tentu saja sebelum bisa membangun aplikasi menggunakan pemrograman Java, saya perlu menguasai dasar-dasar dari pemrograman Java.

Bootcamp Hacktiv8

Alasan Kenapa Kamu Perlu Ikut Kursus Full Stack Developer di Hacktiv8

Selain karena proses pembelajaran yang menarik, Coach Seven merupakan seorang profesional yang menerangkan bahwa ilmu coding adalah hal yang gampang-gampang susah. Hanya karena tidak mengerti saja maka saya sempat menganggap hal tersebut susah.

Begitu Coach Seven memberikan pemahaman, saya jadi bisa mengerti bahkan bisa mengerjakan tugas. Jelas ini pengalaman pertama yang luar biasa, mengingat baru kali ini saya menyentuh yang namanya Github hingga sampai bisa Deploy. Ya, ini berkat pengajar di kelas yang berdedikasi dan total banget mengajarnya karena beliau juga ingin saya bisa mengaplikasi ilmu yang sudah saya pelajari.

Alasan lain? Tentu saja ada. Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu mengikuti Coding Bootcamp terbaik di Hacktiv8:

1. Kurikulum Selalu Terupdate

Kurikulum Hacktiv8 selalu baru dan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan industri terkini. Buat kamu yang ingin mengupdate kemampuan bahasa pemrograman melalui program Hacktiv8 full stack imersif, kamu tentu bisa memiliki ilmu dan pengetahuan terbaru yang relevan dengan perubahan zaman dan transformasi digital yang kian pesat, seperti saat ini dan dalam beberapa tahun ke depan.

2. 350+ Hiring Partners

Hacktiv8 memiliki lebih dari 350 perusahaan rekanan atau mitra yang siap untuk merekrut lulusan dari Hacktiv8 setiap bulannya.

3. Growth Mindset

Siapa yang tak ingin memiliki pola pikir yang maju? Hacktiv8 memungkinkan setiap siswa untuk memiliki pola pikir growth mindset yang akan sangat berguna untuk pengembangan karir di masa depan. Hacktiv8 tidak serta merta hanya mempelajari keterampilan pemrograman saja, namun juga bantuan kecerdasan sosial dan emosional.

Setiap hari, ada jadwal atau sesi tentang upgrading pola pikir growth mindset. Seorang konselor akan mendampingi dan membimbing kita dalam sesi ini, selain materu mengenai cara meningkatkan pola pikir juga ada tentang keseimbangan psikologis.

Setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk bertanya, memahami, mengukur kemampuan, dan memberikan saran kalau perlu. Adanya kelas bimbingan growth mindset dari Hacktiv8 menjadikan nilai tambah yang baik. Suatu hal yang jarang kamu temukan di dunia pendidikan lain.

4. Pelatih atau Instruktur yang Profesional

Menjadi murid di kelas Coach Seven selama empat hari pelatihan Full Stack Developer sangat berkesan. Instruktur sangat ramah, bisa mencairkan suasana, caranya menjelaskan juga mudah saya pahami, padahal saya tak ada background IT. Meskipun ramah, Kak Seven tetap tegas lho. Kalau kamu mengambil kursus di Hacktiv8, tidak akan ada toleransi untuk terlambat, berbohong , dan kecurangan.

Dengan ketegasan dan disiplin di sekolah coding Hacktiv8 ini, saya juga secara tidak langsung belajar untuk tumbuh dan berkembang menjadi programmer yang jujur ​​dan memiliki integritas. Coach Seven juga selalu menekankan hal-hal penting. Jangan sampai siapa pun yang ingin jadi programmer sampai dapat sebutan programmer abal-abal. Penanaman nilai-nilai attitude dari Coach Seven membekas banget di hati saya.

Kesimpulan Review Hacktiv8

Selama saya mengikuti kelas bootcamp, bahkan setelahnya, saya banyak browsing dan mendapatkan pertanyaan juga mengenai pengalaman belajar pemrograman dan full stack di Hacktiv8. Rata-rata penasaran dengan apa yang saya pelajari, atau bertanya bagaimana ikut kursus full stack developer di Hacktiv8.

Kelas Intensif Belajar Programming untuk Pemula

Dalam jangka waktu 16 minggu, semua siswa di kelas Bootcamp Full Stack Javascript Immersive akan belajar secara intensif dengan kurikulum yang terstruktur. Karena tulisan saya sudah panjang, jadi langsung lihat ke image-nya saja ya.

Kursus Full Stack Developer

Kemudahan Pembayaran di Hacktiv8 Sekolah Coding Bootcamp Terbaik

Ada 3 metode pembayaran yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan, yaitu:

  • Upfront: pembayaran terbagi dalam 3 tahapan.
  • ISA: berlaku pada fase Bootcamp di mana kita bisa melakukan pembayaran setelah kita lulus dan mendapatkan pekerjaan (sistem potong gaji).
  • Cicilan 0%: pembayaran bisa kita lakukan melalui financial partner Hacktiv8 yang sudah terdaftar di OJK.

Belajar dan Memahami Jadi lebih Cepat dengan Ikut Kursus Full Stack Developer

Apa hasil yang saya dapatkan selama 4 hari full mengikuti kelas Bootcamp Hacktiv8? Gampangnya coba baca cerita saya ini saja deh.

Pewe itu sudah lama sekali belajar dan menggunakan Github. Untuk bisa menggunakan Github pertama kali, dia butuh waktu kurang lebih 6 bulan lho, dan itu pun hingga sekarang masih gagap. Sementara saya dalam 1 hari sudah bisa bikin simple web menggunakan Github, lalu di hari ke-3, tepatnya di tanggal 8 Desember 2021, saya sudah bisa sampai paham Request, Push, dan Deploy.

Kebayang kan hasilnya? Proses belajar jadi lebih cepat karena materi pembelajaran sudah terstruktur dengan baik. Makanya kan dengan 16 minggu ikut kelas intensif, siswa Hacktiv sudah bisa mendapatkan pekerjaan.

Semoga tulisan ini bisa jadi informasi bagi siapa pun yang ingin mengenal apa itu full stack, ingin tahu pengalaman belajar di Hacktiv8, dan sedang mencari informasi tentang kelas Full Stack Javascript Immersive, kursus full stack developer, atau mau ikut Bootcamp Hacktiv8.

33 pemikiran pada “Kursus Full Stack Developer di Hacktiv8”

  1. Wuih mainnya program, keren banget mbak! Biasanya didominasi laki-laki, namun wanita pun bisa ikut kursus full stack developer. Tertarik sih saya utk ikut, hehe.

    Balas
  2. kayaknya kl aku sih, abis ikutan bootcamp Hactiv8 ini langsung benerin html blog sendiri biar lebih cakep dan SEO friendly wkwkk 🙂

    Balas
  3. asik banget yaa dengan 16 minggu ikutan klas intensifnya udah bisa dapet kerjaan bener bener bermanfaat, mau aku infoin juga ah ke temen temenku yang kemaren2 dirumahkan karena pandemic huhu

    Balas
  4. komplit juga itu kurikulumnya ya, Mba. sudah begitu opsi pembayarannya juga lebih fleksibel.. cocok buat yang kepengin upgrade skill maupun belajar skill baru seputar programming

    Balas
  5. Asyiknya pny pasangan yg kompak euy..
    Btw, pengin belajar coding jg, tp gurunya hrs yg extra sabar nih, soalnya klo udah nyangkut ama angka dan logika diriku jg agak lemot huhuhu… Daftar ikutan hacktiv8 aja kali ya..

    Balas
  6. Wah ada 350 partner jadi kita nggak hanya kursus belajar gitu tapi siap siap juga direkrut. Nggak perlu binggung lagi pastinya ya mba . Apalagi proses pembayaran juga bertahap dan sesuai dengan kemampuan kita

    Balas
  7. senangnya Hacktiv8 selalu update kurikulum dan bacanya jadi ikut seneng mba belajar bahasa pemograman Java kebayang susahnya tapi bisa dilalui cepet github pun cepet ruaar biasaa keren mba. Selamat ya ^-^

    Balas
    • Wah ikut kelas hactiv 8 ini menjanjikan banget ya mba, soalnya juga bekerja sama dengan 350 perusahaan rekanan atau mitra yang memungkinkan kita buat berkembang kariernya disana. Ikut kelas hactiv 8 ini bisa jadi rekomendasi buat saya dan temen-temen lainnya nih

      Balas
  8. keren banget, Mba. Ilmunya tingkat tinggi ini yaa
    Dan sebagai awam, jujur saya baru dengar tentang kursus ini
    Semoga setelah ikutan kursusnya, ilmunya dapat diterapkan

    Balas
  9. Seruuuu banget Kak Mon! Salut aku, selaku update dan upgrade skill…. Menginspirasi banget kak!

    Balas
  10. Seru banget kyknya ya bootcamp kodingnya bisa diikuti oleh siapa aja bahkan yang awalnya gak ada backgrund programmer sama sekali ya mbak. Seru bisa nambah ilmu bahkan kenalan baru nih. APalagi skill-nya lumayan bermanfaat nih kalau mau diseriusin lbh jauh lg ya.

    Balas
  11. Mantap nih udah selangkah lebih maju di dunia digital berkat Hacktiv8, ya. Moga makin berkibar karya2nya

    Balas
  12. Klo urusan pemograman aq nyerah mb, pusing sendiri liatnya. Aq serahin ke teman yg anak Ti ajalah 😂
    Gag smua2 harus bisa kan 😂 tp yo penasaran jg si

    Balas
  13. Kebayang tugasnyaaa.. ngeriii deh ini.. kalo yg udah punya dasar sm bhasa koding gampang aja ya…yg br belajaran ky saya itu beraatt

    Balas
  14. Jadi pada intinya, karena “terlena punya suami yang serba bisa dan tahu beres” akhirnya ps teknologi berkembang pesat jadi sadar kalau belajar bahasa pemograman ternyata penting banget

    Balas
  15. Enaknya klo di hacktiv8 misal udah selese kursus udah banyak mitra yang siap menampung kemampuan kita. Jarang ada tempat kursus yang punya mitra sebanyak Hacktiv8 ini

    Balas
  16. Asal kita mau adaptasi cepat, belajar apapun juga terasa nikmat ya kak. Apalagi kursus full stack developer gini. Kesannya emang ribeeet banget. Tapi kalo mau belajar sungguh2, pasti ada jalan kok.

    Apalagi belajar di Hacktiv8, aku banyak baca2, ternyata instrukturnya keren2 loh. Ngajarnya juga bisa disesuaikan dgn siswanya. Jangan takut bertanya sekaligus konsultasi kalo ada permasalahan. Instrukturnya pasti mau jwab.

    Kerennya lagi, Hacktiv8 ini udh pny sertifikasi CIRR, alias diakui global. Bahkan Hacktiv8 juga satu2nya lembaga kursus yang pny sertifikasi ini di Asia Tenggara. Gokiiill. Lulusannya pasti langsung diserap dunia kerja tuh.

    Balas
  17. Saat ini programmer memang punya peluang yang cukup besar untuk bekerja di perusahaan-perusahaan ternama. Siapapun bisa jadi programmer ya Mba, bahkan seorang blogger sekalipun bisa. Asal ada kemauan dan konsisten. Sekolah programmer juga sudah banyak, salah satunya Hacktiv8 ini.

    Mba Mon mah enak ada Mas Pewe (si ayang yang diaku-aku suami, wkwkwk), setidaknya setiap ngoprek coding, ada yang ngarahin. Ada yang ngajarin. Ada yang bimbing hehehehe…

    Balas
  18. Kelas Bootcamp seperti ini cocok banget buat orang yang pengen shifting kerjaan ya ke programing gitu. Diajarin langsung, beruntung sih mbak Monic udah ikutan. Yang aku suka dari bootcamp itu kadang kita bisa dapat koneksi buat ganti kerjaan baru hehe. Kalau harga kursus yaa mudah-mudahan cepat balik modal pas kita udah dapat projek kan.

    Balas
  19. Seru banget aku baca review-nya mbamon
    Aku pun sebenernya penasaran sama dunia programming itu tapi bener kata mas pewe, fokus di yang kita bisa dulu dan programming belum di ranah yang saya bisa, hihihi

    Aku jadi kepikiran nanti mau masukin anakku ke bootcamp yang buat anak, ada kan ya klo ga salah
    Biar jadi programmer sedari dini, hehehe

    Balas
  20. Ini skill yang gak akan pernah rugi untuk dikuasai apalagi ke depannya prospek profesi di industri digital itu terbuka luas banget, jd worth to learn lah belajar coding gini

    Balas
  21. Setuju! Pandemi tuh bener-bener menuntut adaptasi teknologi sih, sekarang ya apa apa serba online, meeting, belanja, ngobrol, bayar2 dll. Bakal bermanfaat banget sih update2 info dan skill yg berhubungan sama teknologi. Aku pun dari dulu udh ngerasa “iri” sama orang2 yg ambil IT, kerasa banget penting dan peluang kerjanya sekarang. Tapi sekarang yang non IT pun bisa belajar di Hactiv8 yaa

    Balas
  22. Belajar bareng Hacktiv8 ini beneran seru dan banyak pengetahuan baru, ya. Kalau buat Mba Monica belajarnya juga udah mumet dan jungkir balik, gimana dengan saya?

    Hahaha, coding atau dunia yang angka-angka itu beneran rumit. Tapi kalau mau mencobanya bisa banget ya, dapat wawasan baru dan menikmati jungkir baliknya.

    Balas
  23. What.. Jadi pengen belajar coding. Pemrograman itu sebenarnya seru kayak kalau kita nulis novel (menurutku loh Mbak..heheh). Saking asyiknya kadang emggak mau berhenti.
    Jujur, aku pengen nguprek blogku yang loadingnya lama, tapi takut rusak lagi. Dulu sok gaya diuplek sendiri, eh sempat error..

    Balas
  24. Penasaran banget pengen ikutan nih, kayanya menantang gitu ya, hehe.. Apalagi selesai kursus bisa langsung dipasarkan ya kak? hihi

    Balas
  25. Jadi penasaran pengen ikutan, kayanya menantang ya hehe.. Keren nih kursus di Hactiv8, selesai kursus bisa makin cuan ya Kak hihi

    Balas
  26. kurikulum yang selalu update itu penting banget kak karena kan dunia teknologi dan digital berkembang banget ya.. jadi bisa aja pas lagi belajar trus ada perkembangan baru beberapa pekan kemudian.

    Balas
  27. aku beneran nol besar juga nih. kayaknya mabok aku belajar coding-codingan karena lebih jago kode-kodean 😅

    Balas
  28. Seru banget ya keknya bootcamp di Hacktiv8 ini. Aku yang mendampingi anakku ikut coding games aja ikutan happy, apalagi kalau bisa ikutan bootcamp ini. Cuma masih mikir-mikir, kira-kira otakku nyampe nggak ya… hehe. Tapi memang prospek pekerjaan di IT masih terbuka lebar ya ke depannya.

    Balas
  29. Keren banget, kak Monic.. Setelah mengikuti pembelajaran di Bootcamp Hacktiv8, maka terbuka kesempatan demi kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai di bidang ini. Canggih banget Bootcamp Hacktiv8 dengan pengajar yang berpengalaman dan kurikulum yang sesuai.

    Balas
  30. Kelihatannya seru banget Mba Mon belajar pemrograman di Hacktiv8. Kurikulum yang terus update dan bisa cepat dapat kerja juga karena bekerjasama dengan ratusan perusahaan. Yang mau belajar coding dan pemrograman memang tempatnya di Hacktiv8.

    Balas

Tinggalkan komentar