Manfaat Content Marketing dan Kenapa Konten Penting

Home » Tips Menulis » Manfaat Content Marketing dan Kenapa Konten Penting

Apa tujuan dari content marketing? Tujuan dan manfaat content marketing adalah untuk menyediakan informasi, mengedukasi, membangun hubungan yang kuat, serta membangun brand awareness.

Agar manfaat dari pembuatan content marketing bisa tercapai, kita harus memenuhi 3 prinsip penting dalam membuat konten, yaitu, konsisten, relevan, dan bermanfaat bagi audiens. Yuk, baca penjelasannya di artikel ini.

Kenapa Konten Penting dalam Kegiatan Pemasaran?

1. Elemen Penting dalam Pemasaran

Konten adalah elemen penting dalam kegiatan pemasaran karena dapat membantu membangun brand awareness dan engagement dengan audiens.

Dalam era digital yang terus berkembang, konsumen cenderung mencari informasi terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian produk atau layanan.

Oleh karena itu, penting bagi brand untuk memiliki konten yang relevan dan bermanfaat untuk konsumen.

2. Manfaat Content Marketing Memperkuat Posisi Brand

Konten yang kita buat dengan baik akan memperkuat posisi brand, meningkatkan kredibilitas, dan dan membuat konsumen lebih percaya terhadap produk atau layanan yang kita tawarkan.

Konten yang berkualitas juga dapat membantu meningkatkan konversi dan mengurangi biaya promosi.

Dalam pemasaran konten, Anda bukan hanya mencoba untuk menjual produk atau layanan, tapi juga memberikan nilai tambah bagi pengguna secara konsisten.

3. Memberikan Nilai Tambah

Prinsipnya ketika memutuskan menerapkan content marketing, kita tak hanya mencoba menjual produk dan layanan bisnis saja, tetapi kita juga bisa memberikan nilai tambah bagi audiens.

Termasuk membantu mereka menemukan solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang sedang mereka hadapi.

Dengan cara ini, kita secara tak langsung membangun hubungan jangka panjang dengan audiens dan membuat mereka lebih loyal terhadap brand, produk, maupun layanan bisnis yang kita tawarkan.

Selain tujuan dan manfaat content marketing di atas, masih banyak lagi manfaat menerapkan pemasaran menggunakan strategi konten yang baik.

konten berkualitas

Manfaat Content Marketing

1. Meningkatkan Brand Awareness

Content marketing dapat meningkatkan brand awareness dan membantu memperluas jangkauan pasar secara organik.

Apalagi saat ini kebiasaan konsumen sudah berubah, di mana mereka terbiasa mencari informasi, berbelanja, membandingkan harga, dan sebagainya, dari berbagai konten yang ada di internet.

Dengan menyediakan konten yang berkualitas dan relevan, kita bisa menjadi pilihan utama bagi konsumen yang membutuhkan produk atau layanan yang ditawarkan.

2. Meningkatkan Engagement

Ingin membangun interaksi dan engagement dengan konsumen? Terapkan content marketing. Alasannya sudah jelas lho, melalui konten kita bisa bisa menginspirasi, mengedukasi, bahkan menghibur.

Semakin banyak audiens yang engaged dengan konten yang kita sediakan, semakin tinggi kemungkinan mereka mempertimbangkan untuk membeli dan menggunakan produk maupun layanan yang kita tawarkan.

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Adanya konten yang berkualitas dan informatif dapat membantu brand memperbaiki citra dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Untuk itu, sampaikan informasi yang berguna dan bermanfaat sehingga konsumen merasa terbantu dengan konten yang kita sediakan. Dengan cara ini, kita dapat membangun hubungan jangka panjang.

Di saat yang sama, konsumen juga akan menganggap kalau situs web dan media sosial beserta seluruh konten yang kita sediakan sebagai sumber yang berharga dan dapat diandalkan.

pemasaran konten

4. Menghemat Biaya Promosi

Beriklan itu mahal lho dan hanya berlaku dalam jangka pendek. Sementara menyediakan konten yang berkualitas jauh lebih murah dan bisa terus menerus diakses konsumen.

Itu sebabnya, manfaat content marketing salah satunya menjadi strategi promosi dan pemasaran yang efektif dan hemat biaya.

5. Memperbesar Peluang Terjadinya Konversi

Menerapkan strategi content marketing yang tepat juga dapat memperbesar peluang terjadinya konversi. Sebab, konten yang berkualitas dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk atau layanan yang kita tawarkan.

Maka, pastikan semua konten yang kita buat memang informatif, unik, bermanfaat, dan relevan dengan kebutuhan konsumen, terutama buat konten yang bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang konsumen hadapi.

Ingin mendapatkan semua manfaat dari menerapkan strategi content marketing? Jika iya, pahami dulu Faktor Penting dalam Membuat Content Marketing.

FAQ

1. Apa Bedanya antara Content Marketing dengan Iklan Tradisional?

Content marketing lebih fokus pada memberikan nilai tambah bagi pengguna tanpa terlihat seperti iklan yang terlalu memaksa.

Selain itu, content marketing dapat meningkatkan engagement dan membangun hubungan jangka panjang dengan audiens.

2. Bagaimana Cara Mengukur Kesuksesan Content Marketing?

Cara yang paling umum adalah dengan melihat metrics seperti jumlah pengunjung, lead, dan konversi yang dihasilkan dari konten yang disebarkan.

Namun, setiap brand dapat menentukan KPI dan metrics yang sesuai dengan tujuan masing-masing.

Sedang mengikuti pelatihan prakerja untuk meningkatkan skill

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

11 pemikiran pada “Manfaat Content Marketing dan Kenapa Konten Penting”

  1. Terima kasih infonya ttg content marketing ini mba.. Meskipun tidak bergerak di bidang bisnis secara langsung, akan berguna juga untukku.

    Balas
  2. Content marketing Jadi seperti soft selling ya mba, so kesannya tidak maksa kita belanja langsung tapi justru menarik perhatian

    Balas
  3. Sebelum belanja misalnya suka ceki² web si produk dulu sih daku, dan itu memang bermanfaat jadinya menambah rasa buat ingin beli. Sehingga dari sini aja memang udah kelihat ya pentingnya content marketing dilakukan oleh brand buat masyarakat

    Balas
  4. Konsistensi mungkin bagian tersulit dalam konten marketing. Dibutuhkan suatu konsep yang membuat orang mengingat brand tersebut dan terus terngiang setelah menonton iklannya.

    Balas
  5. Penting sekali nih buat yang punya usaha baik jasa maupun barang. Makasi pengetahuan yang berharga ini. Semoga banyak yang mendapatkan manfaat dari artikel ini.

    Balas
  6. Zaman digital begini, perlu sekali memanfaatkan teknologi dengan cara yang tepat dan cepat seperti Content Marketing, sehingga tujuan untuk branding dan Engagement semakin mudah dicapai.

    Balas
  7. aku masih terus belajar gimana cara membuat content marketing yang usefull dan smooth ^^ butuh latihan dan jam terbang.. tapi ada sebagian orang yang belum merasa content marketing itu penting untuk brand awereness.. 😀

    Balas
  8. Setuju, dalam membuat konten marketing kita juga harus memberi nilai tambah biar bisa beda sama yang lain. apalagi produk yang kita jual banyak kompetitornya

    Balas
  9. Di era digitalisasi seperti ini, sangat penting menguasai konten marketing ya mbak
    Biar lebih mudah melakukan promosi digital

    Balas
  10. Masih terus belajar nih kak. Apalagi pengalaman marketing begini masih awam banget hihi. Mksih sharingnya kak

    Balas
  11. Sekarang zamannya serba digital sih ya. Termasuk kalo mau meningkatkan brand awareness dll itu kudu konsisten bergerak di dunia digital, supaya nggak tertinggal sama kompetitor.

    Balas

Tinggalkan komentar