Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah – Semua perempuan pastilah ingin cantik, begitu pula saya. Namun bagi saya yang minim pengetahuan tentang cara merawat wajah secara modern, maka saya lebih senang menggunakan cara-cara alami yang dulu sering diajarkan mama ketika saya remaja, salah satunya adalah dengan menggunakan masker wajah.

Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah
Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah. Image: freepik.com

Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah

Ada beberapa bahan alami yang dulu sering mama buat untuk digunakan sebagai masker wajah, salah satunya adalah air cucian beras.

Serius bisa pakai masker wajah dari endapan air cucian beras? Iya, benar. Menurut mama endapan dari air cucian beras itu bagus untuk memudahkan flek yang banyak menghiasi pipi saya.

Dulu sih saya langsung pakai saja tanpa bertanya. Namun akhir-akhir ini saya penasaran, apa sih yang ada di dalam kandungan air cucian beras sehingga bagus kalau dijadikan masker.

Saya pun mulai mencari referensi melalui berbagai artikel di internet dan menemukan ternyata memang banyak sekali manfaat baik dari air cucian beras untuk kesehatan kulit wajah.

Kandungan Nutrisi dalam Masker Wajah dari Air Cucian Beras

Beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam air cucian beras, antara lain:

  1. Hal paling sering yang mama sebutkan setiap saya tanya tentang manfaat pakai masker dari air cucian beras adalah bisa memudahkan flek hitam yang banyak menghiasi pipi saya. Hal ini karena di dalam endapan air cucian beras yang berwarna putih itu, ada kandungan oryzanol dari beras yang mampu mengurangi pigmentasi kulit, termasuk memudahkan flek hitak di wajah.
  2. Beras terkenal kaya akan vitamin B kompleks yang dikenal dengan nama inositol. Nah, inositol ini ternyata bagus untuk meremajakan kulit mengingat kemampuannya dalam merangsang pertumbuhan sel.
  3. Inositol yang bekerja sama dengan ferulic acid, kandungan lain yang juga ada pada beras, sangat bagus untuk menyamarkan garis-garis halus yang muncul di wajah. Contoh garis-garis halus ini seperti garis-garis yang muncul di dahi karena kebiasaan mengerutkan dahi.
  4. Khasiat lain dari ferulic acid, mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan diri, juga mampu mengecilkan pori-pori wajah.
  5. Karena saya memiliki jenis kulit yang tak berjerawat, dulu saya tak berpikir masker dari air cucian beras ini bisa untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Namun ternyata dari berbagai sumber yang saya baca, masker wajah dari air cucian beras juga mampu mengatasi kulit yang berjerawat karena mengandung zat yang bernama allantoin dan pitera. Kedua zat ini juga bisa lho mengurangi peradangan akibat jerawat.
Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah
Masker Wajah dari Air Cucian Beras. Image: National Geography

Cara Membuat Masker Wajah dari Air Cucian Beras.

Membuat masker wajah dari air cucian beras ini sangat mudah. Jadi setiap hendak memasak nasi, pasti kamu akan mencuci beras, kan? Air cucian beras yang pertama kali biasanya masih kotor, jadi langsung buang saja. Untuk air cucian yang kedua bisa digunakan kalau memang sudah terlihat bersih. Jika belum bersih, maka gunakan air cucian beras yang ketiga.

Air cucian beras yang hendak dijadikan masker sebaiknya ditempatkan di satu wadah. Mama saya dulu punya mangkuk khusus dari tanah liat untuk air cucian beras yang dibuatnya di pagi hari, kemudian mengendapkannya beberapa jam di kulkas. Ketika saya pulang sekolah, saya akan mengeluarkan mangkuk itu dari kulkas, membuang air di dalam mangkuk secara perlahan agar endapan berwarna putih yang ada di dasar mangkuk tidak ikut terbuang.

Endapan putih dari air cucian beras itulah yang kemudian saya oleskan ke wajah, dan membiarkannya hingga kering seperti masker. Nanti setelahnya, baru saya cuci muka dengan air hangat sampai bersih.

Tapi ingat, untuk membuat masker wajah dari air cucian beras, pastikan juga kualitas beras yang kamu gunakan, ya, jangan sampai berasnya mengandung bahan kimia, zat pemutih, atau bahan kimia berbahaya lainnya. Selain bisa mengganggu kesehatan tubuh karena mengkonsumsi nasi dari beras tersebut, juga bisa membuat kulit wajah rusak lho.

Merawat Kecantikan dengan Menggunakan Masker Wajah berbahan alami seperti masker wajah dari air cucian beras ini mudah dan murah pula. Selain itu, bisa dilakukan sendiri di rumah sembari mengisi waktu luang. Saya pun akhir-akhir ini mulai lagi menggunakannya setelah sekian lama melupakan khasiat baik dari air cucian beras ini.

6,484 total views, 2 views today

21 COMMENTS

  1. Saya juga ngerasain manfaat dari air rendaman beras ini saat berusaha menghilangkan jerawat, bisa buat wajah lebih seger kalau dilakukan secara rutin….

  2. Ibuku dulu sering banget buat masker dari endapan cucian beras mbak dan buat awet muda sih. Lihat artikel ini jadi pengen buat juga karena endapan air beras itu mengandung banyak zat bermanfaat untuk wajah.

  3. Aku pakai SK II Pitera yang terinpirasi dari khasiat air rendaman beras ini Mba. I love how it feels on my skin. Ingin juga coba yg alami tapi lebih seringnya ngga punya cukup waktu untuk siapkannya hehehe

  4. Dari bahan-bahan alami dan bebas zat kimia kaya gini juga banyak manfaatnya untuk merawat kecantikan ya mbak. Kit kan nyuci beras tiap hari ya, sebelum dibuang airnya bener juga ya kalau dijadikan masker, murah meriah tapi banyak manfaatnya

  5. Saya juga sering pake ini Mak. Tapi gak saya endapkan. Langsung pake. Antara 15 – 30 menit baru saya bilas. Alhamdulillah beneran lho flek hitam berkurang.

  6. Mba Mon, aku baru tahu banget khasiat masker cucian beras ini hahaha selama ini tahunya justru air cucian beras bisa jadi minuman 😀

    caranya mudah juga ya tinggal air cucian beras yng sudah bersih masukkan ke wadah lalu endapkan> siap mencobaaa

  7. Udah sering denger nih air cucian beras bisa buat masker cuma baru tau ternyata yang digunakan itu endapannya yah kak, ku mesti cobain dong sekali kali biar muka semakin bercahaya paripurna huahaha :))
    Thanks info menariknya kak :3

  8. Dulu pernah dengar tentang ini, kalau air beras bisa dijadikan masker wajah. Tapi kayaknya belum pernah dipraktekkan. Nanti mau praktek juga deh. Sayang hari ini udah masak nasi dan air berasnya udah dipake bilas ikan tadi, hehehh

  9. Aku pernah coba bikin. Tak tunggu sehari kok gak ada endapan. Ternyata kebanyakan air, hahaha. Nanti mau coba lagi. Lumayan buat maskeran murah meriah

  10. aku juga suka lamho pake air cucian beras buat di wajah berasa banget emang jadi lebih halus gitu, tapi kalau masker beras justru belum pernah coba. Menarik sepertinya

  11. Aku pernah denger aja sih ini masker air beras, tapi memang belum pernah aku coba.. sepertinya jaman sekarang maskeran lebih praktis ya mba.. tinggal buka bungkus masker lalu duduk manis.. kalo dulu maskeran butuh perjuangan.. tapi memang bikin happy

  12. Baca ini jadi baru inget terakhir maskeran tuh kapan ya heuheu soale lagi sibuk banget belakngan ini,, tapi lebih tepatnya lagi males sih ya hehehe. Dan biasanya juga sih aku beli sheetmask aja yang gampang dan praktis klo buat masker sendiri jarang sih.

  13. Aah…persis mas ku, kak Monic…
    Doi bilang, daripada beli SK II, mendingan ini, dek…gampang.
    Dan setelah pakai masker cucian air beras, memang kulitnya kerasa lebih kenyal siih…((lakik ini…))
    Tapi aku belum niru, karena kalo nyuci beras suka lupa aja…((belum biasa))
    Nanti deeh…aku coba.
    Hehhee…nuhun tipsnya kak Monic.

  14. Wah saya baru tahu nih Mbak. Ternyata kita bisa juga bikin masker wajah dari endapan cucian beras. Boleh dicoba nih, apalagi cara buat maskernya gampang dam praktis pula.

  15. Saya catat mbaak, ini penting banget hahaha. Anak saya lagi gandrung-gandrungnya maskerin wajah. Tapi tantangannya di kualitas beras ya. saya masih belum bisa bedain mana beras yang mengandung pemutih mana yang nggak. Berharap beras yang selama ini dikonsumsi aman dari pemutih, but who knows. Serem juga kalo ternyata mengadung pemutih dan makan setiap hari.

  16. Baru tau nih masker dari air cucian beras ini. Selama ini air cucian beras langsung aja dibuang karena dianggap kotor kan yaaa 🙂
    Oke deh, besok2 mau nyoba mengendapkan air cucian beras ini. Siapa tau nih beberapa flek hitam yang ada di wajah bisa pudar.

  17. Kalau saya malah pas nyuci beras, langsung tuh air cuciannya dipakai untuk cuci muka, bukan endapannya. Hahaa, kadang udah naro di mangkok malah lupa tuh, punya masker alami dari endapan cucian beras. Next, mau kucoba dech dan kutulis besar-besar supaya ndak lupa kalau punya stock endapan cucian beras

  18. Oh aku dulu gak takpakai masker tapi takbuat cuci muka aja hehe.
    Zaman dulu kyknya ngtrend tu di kalangan ibu2 bikin SK 2 KW dengan cara bikin dari air cucian beras plus ragi tau apa gtu haha. Gk tau beneran apa gk, tapi emang kerasa alus di wajah 😀
    Kalau skrng males bikinnya haha

  19. Aku kalo habis nyuci beras airnya dipake nyiram tanaman. Besok deh ada yg ta sisain buat maskeran. Kalo urusan beras aku suka yg organik. Atau yg gilingan tetangga.

  20. walah, biasanya air cucian beras main buang aja xD ternyata bisa dijadikan masker yaa.. biasanya kalo masker aku pakainya yang bentuknya sheet mask gitu mbak, hehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here