Libur Lebaran sudah di depan mata, tinggal hitungan hari lagi saja, kamu sudah melakukan persiapan apa? Kalau saya sih pengen lagi liburan ke Bali. Berdasarkan pengalaman liburan ke Bali saat Lebaran di tahun-tahun lalu, ada cukup banyak lho persiapan yang perlu dilakukan agar liburan jadi lebih menyenangkan.

Mengapa perlu persiapan? Hal ini karena waktu liburan yang diberikan oleh perusahaan, instansi, lembaga, maupun sekolah, jauh lebih panjang dibandingkan momen perayaan keagamaan lainnya.

Itu makanya, hampir semua orang, termasuk saya, akan memanfaatkan momen liburan ini untuk pergi berlibur atau mudik ke kampung halaman agar bisa bertemu dengan sanak saudara dan kenalan lama.

Pengalaman Liburan di Bali Saat Lebaran
Pengalaman Liburan di Bali Saat Lebaran

Pengalaman Liburan di Bali Saat Lebaran

Tahun lalu, saya dan keluarga memilih tidak mudik, tapi pergi liburan ke Bali saat Lebaran. Dari Jakarta kami naik pesawat malam dan tiba di Bali tengah malam. Untungnya, kami sudah sewa mobil dengan supir untuk menjemput kami di bandara dan bisa langsung mengantarkan kami ke salah satu hotel di Bali, tepatnya di Denpasar.

Hotel tempat kami menginap di Denpasar lokasinya cukup strategis, dan mesti sudah tengah malam, suasana di sekitarnya masih ramai. Saya dan keluarga memutuskan untuk ngopi-ngopi sebentar di salah satu kafe yang menghadap ke Pantai Kuta.

Nah, di sinilah kami berkenalan dengan wisatawan dari Austria, Anna namanya. Kebetulan kami sharing meja dengannya karena kafe malam itu penuh sekali. Anna lalu bercerita kalau dia sudah tinggal satu bulan di Bali dan besok akan kembali ke negaranya. Dan selama satu bulan itu, waktu liburannya paling banyak ia habiskan di Ubud.

Menurutnya, Ubud merupakan wilayah paling strategis di Bali karena lokasinya yang berada di tengah-tengah pulau, sehingga kalau mau eksplorasi berbagai destinasi wisata di Bali, lebih mudah dijangkau dari Ubud. Selain itu, suasana Ubud jauh lebih menyenangkan untuk tinggal, budaya keseharian masyarakatnya lebih kental, pokoknya lebih eksotis.

Saya setuju dengan cerita Anna karena kebetulan pada liburan sebelumnya pun saya pernah memilih untuk stay di Ubud. Cukup banyak destinasi wisata menarik yang bisa dijangkau dengan lebih mudah di Ubud.

Destinasi Wisata Dekat Ubud Bali

1. Obyek Wisata Pura Hindu

Ada banyak Pura Hindu di Ubud yang bisa dikunjungi karena memang eksotis banget. Selain itu, di Pura tersebut kadang ada pertunjukan berbagai kesenian, seperti Tari Kecak, Barong, dan sebagainya. Pada liburan sebelumnya, saya menginap di hotel yang ada di Jalan Sri Wedari dan dari hotel cukup berjalan kaki sekitar 15 menit untuk mengunjungi salah satu pura terdekat demi menonton pertunjukan tari dan kesenian ini.

Pengalaman liburan di Bali saat Lebaran
Pura Puseh Bali

2. Desa Tenganan Pegringsingan Desa Wisata di Bali

Desa Tenganan Pegringsingan merupakan salah satu desa wisata di Bali yang wajib untuk dikunjungi, karena ini adalah salah satu dari tiga desa Bali Aga, atau desa yang masih mempertahankan kehidupan tradisional dalam keseharian mereka.

Pengalaman liburan di Bali Saat Lebaran
Desa Tenganan Pegringsingan

Selain ke Desa Tenganan Pegringsingan ini, bisa pula sekalian ke Taman Ujung, Pantai Jasri atau Rumah Cokelat yang lokasinya masih berdekatan dan bisa dijangkau dengan mudah dari Ubud, baik dengan naik mobil atau naik sepeda motor.

3. Tukad Cepung dan Bukit Campuhan

Destinasi wisata di Bali yang dekat dengan Ubud selanjutnya, yang wajib dikunjungi kalau liburan ke Bali saat Lebaran adalah Tukad Cepung, air terjun dalam goa yang unik dan cantik banget pemandangannya atau pergi ke Bukit Campuhan di sore hari. Menikmati pemandangan sambil berjalan santai atau bisa sekalian berolahraga.

Pengalaman Liburan di Bali Saat Lebaran
Bukit Campuhan

4. Candi Tebing Gunung Kawi

Yang paling menarik dari pengalaman liburan ke Bali saat Lebaran yang sudah pernah kami lalui sebelumnya adalah mengunjungi Candi Tebing Gunung Kawi.

Candi Tebing Gunung Kawi ini adalah candi yang dipahat di tebing batu cadas, dan memahatnya tidak menggunakan alat lho. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, candi ini dipahat oleh orang sakti bernama Kebo Iwa yang memahat tebing batu cadas itu hanya dengan menggunakan kuku. Wow banget, kan?

Pengalaman Liburan di Bali Saat Lebaran
Candi Tebing Gunung Kawi

Selain 4 destinasi wisata yang saya tuliskan di sini, ada lebih banyak lagi tempat menarik di sekitar Ubud yang perlu dicari dan dieksplorasi untuk mengisi liburan. Dari percakapan saya dengan Anna, ada cukup banyak tempat wisata baru, air terjun-air terjun tersembunyi yang masih sangat asli dan baru saja ditemukan, atau wisata alam lainnya yang sangat indah maupun juga menantang.

Bercakap-cakap dengan Anna malam itu membuat saya dan keluarga berpikir ulang, mau eksplorasi destinasi wisata di sekitar Denpasar saja, atau kembali menghabiskan waktu di Ubud dan berburu destinasi-destinasi unik di sana yang berbeda dari yang biasanya dikunjungi orang kebanyakan.

Di saat yang sama, saya sempat ragu. Mengganti itinerary secara mendadak artinya juga mengganti hal-hal lain yang telah kami persiapkan sebelumnya. Selain itu, biasanya masa peak-season libur Lebaran begini pastilah sulit mencari akomodasi, juga trasnportasi.

Duh, gimana dong?

Liburan ke Bali Saat Lebaran Tetap Nyaman dengan Traveloka

Karena berniat mengubah itinerary liburan di Bali, malam itu saya langsung cari-cari informasi lagi mengenai akomodasi di Ubud, juga transportasi. Lalu saya teringat dengan Traveloka dan mulailah saya mencari-cari di situsnya.

Setelah mendapatkan semua yang saya butuhkan, malam itu saya bisa tidur dengan nyenyak dan besok paginya bangun dengan penuh semangat untuk memulai petualangan baru di Bali.

Apa saja sih yang saya dapatkan di Traveloka sampai saya sebahagia itu?

  1. Transportasi

Untuk transportasi dari Denpasar menuju Ubud, saya bisa sewa mobil melalui Traveloka dengan harga terjangkau, bahkan lengkap dengan driver. Saya juga bisa memilih jenis mobil apa yang hendak saya sewa.

Saya tak perlu ribet lagi masalah transportasi menuju Ubud atau selama di sana. Dengan sewa mobil, pastinya jauh lebih praktis ya untuk jalan-jalan bersama keluarga.

2. Akomodasi

Masalah akomodasi pun bisa terselesaikan dengan mudah. Karena saya liburan ke Bali saat Lebaran begini beserta keluarga maka pastinya butuh akomodasi yang bisa memenuhi kebutuhan untuk satu keluarga, termasuk ke tersediaan tempat tidur, juga kenyamanan kami.

Pengalaman Liburan di Bali Saat Lebaran
Pesan Hotel dan Vila Bisa Melalui Traveloka

Keputusannya, kami akan coba menginap di hotel dulu untuk satu dua malam dan memasukkan kebutuhan akan extra bed juga sebagai tambahan saat booking hotel di Bali ini. Dengan booking hotel duluan dengan memanfaatkan Traveloka, saya tak perlu pusing cari-cari hotel, atau menghabiskan mengunjungi hotel demi hotel untuk mencari yang kosong (yang biasanya kebanyakan bakal penuh karena memang sekarang musim liburan).

Enaknya lagi, ada fitur pay at hotel. Ini sangat membantu banget bagi orang seperti saya yang sengaja tak ingin menggunakan kartu kredit (saya sudah meninggalkan penggunaan kartu kredit sejak 5 tahun lalu).

3. Vila

Setelah menikmati liburan di hotel, saya dan keluarga juga ingin ganti suasana dengan stay di vila. Dari cerita Anna, saya tahu cukup banyak vila di Ubud yang unik dan bikin suasana liburan makin asyik. Stay di vila selama beberapa hari saat liburan di Bali juga bisa membuat seluruh keluarga saya menikmati privasi.

Ya, dong. Menginap di vila jauh lebih bebas pastinya dibandingkan dengan menginap di hotel. Dan sebelum tidur semalam, saya pun sudah memilih vila yang akan saya tempati selama liburan di Bali saat Lebaran.

Pengalaman Liburan di Bali Saat Lebaran
Cari Vila di Bali Lewat Traveloka

Ini sedikit pengalaman liburan ke Bali saat Lebaran yang pernah saya alami ya, siapa tahu bisa berguna bagi kamu yang ingin pergi liburan ke Bali di Lebaran tahun ini. Bagusnya sih, sebelum tiba di Bali, kamu sudah mempersiapkan semuanya, mulai akomodasi maupun transportasi selama di Bali. Jadi begitu tiba sudah tersedia semuanya. Tapi kalau mau on the spot menentukannya pun saya rasa masih oke kok. Partner Travelokasi sangat banyak sehingga ketersediaan akomodasi dan transportasi masih tetap bisa didapatkan di sana. Selamat berlibur bersama keluarga dan orang-orang tersayang ya.

6,445 total views, 3 views today

39 COMMENTS

  1. Banyak yang menghabiskan libur lebaran di Bali….karena Bali selain menyuguhkan keindahan alamnya, tempat wisatanya juga nyaman dikunjungi. Apalagi sejak ada Traveloka, semuanya dapat tercover berkat aplikasi ini. Mau pesan hotel, sewa mobil dan drivernya…tak perlu ribet lagi….hanya dg klik aplikasi Traveloka, pilih sesuai kebutuhan maka kita akan dapat kan yang kita inginkan. Selamat berlibur di Bali ya mbak….

    • Setuju banget. Pas libur lebaran banyak yang ke Bali. Ngangenin selalu memang di sana, mana transportasi maupun akomodasi juga mudah di sana apalagi kalau pesannya manfaatin Traveloka. Jadi pengen ke Bali nih akunya

  2. Pokokna mah Ubud masih menjadi destinasi favoritku, mbak. Adem dan budaya asik buat dinikmati hehehe. Btw Bukit Campuhan boleh juga tuh, boleh lah buat next destination klo aku ke Bali.

    • Sama berarti kita ya. Favorit mesti Ubud. Suasana di sana emang lebih adem dan banyak destinasi wisatanya juga. Terus kalau nginap di Ubud, eksplorasi ke sisi Bali yang mana pun jadi lebih dekat

    • Yuk ke Bali lagi. Memang sih Bali ini selalu ngangenin. Dan setiap ke sana juga selalu nemu tempat baru, makanya pengen terus kembali ke sana

  3. Ubud masih the best jadi destinasi wisata kalo saya ke Bali, banyak kenangan terukir di sana (ah ciyee ahahaha). Alamnya indah banget dan suasana pedesaan itu bikin otakku fresh. Eksplore kemanapun di daerah ubud itu dekat, kalau mau ke Denpasar juga gak jauh. Pernah seminggu di Ubud rasanya tuh masih belum puas. Pengen ke sana lagi.. hehehe..

    • Next kita explore Singaraja ya. Banyak juga tempat seru di sana. Ayo nabung lagi biar bisa ke Bali

  4. Wah, baca tulisan ini jadi kangen Bali lagi. Yuk ikut aja bareng ke Bali naik mobil nanti akhir tahun. Kita senang-senang bareng

    • sama dong. Paling suka memang di Ubud, strategis tempatnya, kuliner banyak, dan udaranya lebih sejuk juga

  5. Tiga x ke Bali blm pernah ke tempat2 ini hanya di Pantai Kuta doank karena ngelatih cucu berselancar, trus rehat di hotel. Malamnya dinner di Gili Trawangan. Kudunya mah pake jada pwmandu x ya, biar bisa melihat keindahan Bali yg memesona wisatawan LN dan lokal juga.

  6. Beberapa kali ke Bali tapi aku belum pernah mengunjungi tempat wisata yan mbak Monica tulis di sini. MUdah-mudahan segera bisa berkunjung ke sana lagi. Bali memang selalu dirindukan & gak ada bosannya berkunjung ke sana

  7. Belum pernah liburan ke Bali. Ke Bali biasanya karna kerja aja. Hihihi. Tapi seru juga jika bisa liburan di Bali dan mendapat banyak kemudahan dengan adanya Traveloka. Liburan pun jadi makin berkesan ya

  8. Betul. Menyewa mobil itu paling bener kalau liburan di Bali, khususnya Ubud. Dulu sih dari airport ke hotel di Raya Ubud kena Rp 300 ribu. Traveloka belum punya fasilitas bookingnya. Jadi harus manual request ke hotel. Tapi jalan2nya naik motor sih. Banyak jalanan sempit soalnya. Baca ini jadi rindu Ubud deh

  9. Bali memang selalu di hati ya mba.. Rasanya selalu mau dan mauuu lagi ke sana..hehe.. TFS pengalaman libur lebaran di Bali ya mba

  10. Aku juga lebih memilih stay di Ubud daripada di Denpasar. Beberapa kali ke Bali pasti rasio menginapnya lebih banyak di Ubud dibanding Denpasar di setiap datang. Suasananya lebih tenang dan cuacanya juga lebih sejuk. Apalagi kalau dengan suami yg gak suka panas2an di laut hehehe. Ubud udah paling cucoklah.

  11. Di Bali tuh emang banyak banget tempat yang bisa dieksplor yah mbak, kayaknya gak pernah bosen deh. Aku belum pernah ke Ubud nih mbak, pengen nyoba nih.

    Praktis banget yah sekarang bisa booking online via Traveloka aja, bisa bayar di hotel pulak.

  12. Bikin envy aja nih ka monic.. bali bagi aku memang sudah menjadi rumah kedua kami.. damai rasanya jika sudah berlibur ke bali.. selalu banyak cerita dan memberikan suasana menyenangkan setelah berlibur disana.. apalagi dapat penginapan yang oke ya.. lengkap sudah liburan di bali.. dan bikin mau ke bali lagi dan lagi

  13. Liburan ke Bali yang kayak gini bisa terbantu dengan adanya aplikasui Traveloka. Biasanya kita bisa bimbang atau mendadak ingin ganti tempta wisata setelah dapat rekomendasi orang lain. Yah, dadakan gini tetap harus direncanakan sebelum melakukan perjalanan, semacam pemberian rencana B kalau A hahal
    Alam di Bali sangat menggoda,. Saya tertarik dengan candinya. Unik.

  14. Jadi kangen Bali aku mbak, hehe. Memang ya Bali ini dari ujung ke ujung semua lokasinya memikat hati dan pengin mengeksplore semua destinasi wisata di Bali rasanya, tapi nggak mungkin sehari dua hari ya..mungkin perlu sebulan kayak Anna 🙂

  15. Jadi kangen Bali baca ini…hehe…Bali memang luar biasa selalu ngangenin n banyak banget tpt yg bs kita eksplor ya..

  16. Aku baru sekali ke Bali, sekitar Ubud juga.
    Campuhan Ridge Bali, trek jogging tidak biasa adalah destinasi kesayangan Wisatawan.
    Aku juga sudah pernah ke sana dan sudah berbagi pengalaman di blog.

    Sepertinya ke Bali tak cukup sekali!
    Masih banyak destinasi yang harus dikunjungi.
    Yup, kudu nabung lagi!^^

  17. Duh, Bali ini, gak pernah ngebosenin ya kapan pun buat jadi destinasi liburan. Kapan pun dan suasana apa pun liburan di sana, pasti nyenengin. Ya laut dan pantainya, ya gunung dan sawahnya, ya budayanya. Jadi kepengen ke Bali lagi deeeh 🙂

  18. Terakhir ke Bali 2 bulan lalu pun aku pakai Traveloka utk booking hotel dan pesawat PP sekaligus. Traveloka sering banyak promo, malah temanku ke Jepang PP cuma 3,5 juta pakai ANA dapetdri Traveloka juga.

  19. Mbaaa…aku jadi pengin ke Bali lagi nih baca postingan ini. Manaaa aja kok selalu indah untuk dikunjungi ya.
    Itu Candi Batu Kawi amazing banget ya. Dipahat langsung di batunya euy, kereeenn…

  20. Waah…setuju banget niih kak Moon..
    Kalau semuanya dipersiapkan sejak awal, enak banget.
    Kalau bahasa jawanya, pas nyampe, tinggal Njujug.

    Kami waktu kemarin ke Bali, nyobain nginepnya di Seminyak.
    Wisata di Bali memang gak ada habisnya utnuk dieksplor.

  21. ah aku pernah ke taman ujung, bagus yaa mba lokasi wisatanya.. tapi terasa jauuuh banget, soalnya dulu kami menginap di kuta xD duh jadi kangen deh pengen liburan lagi ke bali ^^

  22. banyak juga lho mba artis yang pilih lebaran di bali sambil liburan. aku jadi penasaran deh jujur. pengen gitu ngerasain lebaran di bali sambil liburan. soalnya jadi lebih khusuk menikmati dan meresapi makna lebaran itu sendiri. kadang ya lebaran suka riweh sama printilan ini itu, saudara yang rame, jadi skip sama makna idul fitrinya

  23. wah banyak juga ya kak spot2 traveling menarik yang wajib dikunjungi. dulu sih sempet ke bali cuma 4 hari kak.. jadi ga kenyang mainnya hehehhee.. nanti mau pesen pake traveloka ah banyak diskon menariknya nih

  24. Keinginan yang belum tercapai untuk jalan-jalan ke Bali nih Kak, seru banget baca ulasan kakak. Jadi ingin segera pesan tiket lalu segera pula liburan ke Bali. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here