Pengalaman Liburan ke Bali Saat Lebaran

Libur lebaran pasti jadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Selain untuk merayakan hari raya Idul Fitri bagi yang merayakan, liburan ini juga jadi liburan untuk semua orang. Untuk kamu yang tahun ini mau liburan ke Bali saat Lebaran, ini tips dan beberapa tempat wisata di Bali yang bisa kamu kunjungi.

Tahun lalu, saya dan suami memilih tidak mudik. Tetapi, kami memutuskan pergi liburan ke Bali saat Lebaran. Dari Jakarta kami naik pesawat malam dan tiba di Bali tengah malam. Untungnya, kami sudah sewa mobil dengan sopir untuk menjemput kami di bandara. Jadi, kami bisa langsung menuju ke salah satu hotel di Bali, tepatnya di Denpasar.

Hotel tempat kami menginap di Denpasar lokasinya cukup strategis. Mesti sudah tengah malam, suasana di sekitarnya masih ramai. Saya dan suami pun memutuskan untuk ngopi-ngopi sebentar di salah satu kafe yang menghadap ke Pantai Kuta.

Nah, di sinilah kami berkenalan dengan wisatawan dari Austria, Anna namanya. Kebetulan kami sharing meja dengannya karena kafe malam itu penuh sekali. Anna lalu bercerita kalau dia sudah tinggal satu bulan di Bali dan besok akan kembali ke negaranya. Dan selama satu bulan itu, waktu liburannya paling banyak ia habiskan di Ubud.

Air terjun Tukad Cepung Bali

Menurutnya, Ubud merupakan wilayah paling strategis di Bali karena lokasinya yang berada di tengah-tengah pulau. Kalau mau eksplorasi berbagai destinasi wisata di Bali, lebih mudah dan lebih dekat kalau kita jalan dari Ubud. Selain itu, suasana Ubud jauh lebih menyenangkan untuk tinggal lama. Budaya keseharian masyarakatnya lebih kental, pokoknya lebih eksotis.

Saya setuju dengan cerita Anna karena kebetulan pada liburan sebelumnya saya pernah memilih stay lama di Ubud. Cukup banyak destinasi wisata menarik di sana.

Destinasi Wisata Dekat Ubud Bali

1. Obyek Wisata Pura Hindu

Ada banyak Pura Hindu di Ubud yang bisa dikunjungi karena memang eksotis banget. Selain itu, di Pura tersebut kadang ada pertunjukan berbagai kesenian, seperti Tari Kecak, Barong, dan sebagainya. Pada liburan sebelumnya, saya menginap di hotel yang ada di Jalan Sriwedari. Dari hotel cukup berjalan kaki sekitar 15 menit untuk mengunjungi salah satu pura terdekat demi menonton pertunjukan tari dan kesenian ini.

2. Desa Tenganan Pegringsingan Desa Wisata di Bali

Desa Tenganan Pegringsingan merupakan salah satu desa wisata di Bali yang wajib untuk dikunjungi, karena ini adalah salah satu dari tiga desa Bali Aga, atau desa yang masih mempertahankan kehidupan tradisional dalam keseharian mereka.

Selain ke Desa Tenganan Pegringsingan, bisa sekalian ke Taman Ujung, Pantai Jasri atau Rumah Cokelat. Lokasi semua tempat wisata tersebut saling berdekatan. Mau naik motor atau naik mobil, aksesnya mudah.

desa pegringsingan

3. Tukad Cepung dan Bukit Campuhan

Destinasi wisata di Bali yang dekat dengan Ubud selanjutnya, yang wajib dikunjungi kalau liburan ke Bali saat Lebaran adalah Tukad Cepung. Air terjun dalam goanya unik dan cantik banget. Kalau mau pemandangan hijau di sore hari, pergi saja ke Bukit Campuhan di sore hari.

Di Bukit ini, kita bisa menikmati alam sambil jalan santai atau berolahraga. Jangan lupa, mampir di salah satu kedai yang jual kepala muda di sana ya. Asyik banget lho menikmati sore di Campuhan sambil minum kelapa muda.

Bukit Campuhan

4. Candi Tebing Gunung Kawi

Yang paling menarik dari pengalaman liburan ke Bali kali ini, saat saya mengunjungi Candi Tebing Gunung Kawi. Candi ini dipahat di tebing batu cadas, dan memahatnya tidak menggunakan alat lho. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, candi ini dipahat oleh orang sakti bernama Kebo Iwa yang memahat tebing batu cadas itu hanya dengan menggunakan kuku. Wow banget, kan?

Selain 4 destinasi wisata yang saya tuliskan di sini, ada lebih banyak lagi tempat menarik di sekitar Ubud yang perlu dicari dan dieksplorasi untuk mengisi liburan. Dari percakapan saya dengan Anna, ada cukup banyak tempat wisata baru. Ada pula air terjun tersembunyi yang masih sangat asli dan baru saja ditemukan.

Candi Tebing Gunung Kawi Bali

Bercakap-cakap dengan Anna malam itu membuat saya berpikir ulang, mau eksplorasi destinasi wisata di sekitar Denpasar saja, atau kembali menghabiskan waktu di Ubud. Saya masih ingin berburu destinasi wisata unik di Ubud yang berbeda dari yang biasanya dikunjungi orang kebanyakan.

Di saat yang sama, saya sempat ragu. Mengganti itinerary secara mendadak artinya juga mengganti hal-hal lain yang telah kami persiapkan sebelumnya. Selain itu, biasanya masa peak-season libur Lebaran begini pastilah sulit mencari akomodasi, juga transportasi.

Duh, gimana dong?

Liburan ke Bali Saat Lebaran Tetap Nyaman dengan Traveloka

Karena berniat mengubah itinerary liburan di Bali, malam itu saya langsung cari-cari informasi lagi mengenai akomodasi di Ubud, juga transportasi. Lalu saya teringat dengan Traveloka dan mulailah saya mencari-cari di situsnya.

Setelah mendapatkan semua yang saya butuhkan, malam itu saya bisa tidur dengan nyenyak. Keesokan paginya, saya bangun dengan penuh semangat untuk memulai petualangan baru di Bali. Apa saja yang saya dapatkan di Traveloka sampai saya sebahagia itu?

1. Transportasi

Untuk transportasi dari Denpasar menuju Ubud, saya bisa sewa mobil melalui Traveloka dengan harga terjangkau, bahkan lengkap dengan driver. Saya juga bisa memilih jenis mobil apa yang hendak saya sewa.

Saya tak perlu ribet lagi masalah transportasi menuju Ubud atau selama di sana. Dengan sewa mobil, pastinya jauh lebih praktis ya untuk jalan-jalan bersama keluarga.

2. Akomodasi

Masalah akomodasi pun bisa terselesaikan dengan mudah. Kami akan menginap di hotel dulu untuk satu dua malam dan memasukkan kebutuhan akan extra bed juga sebagai tambahan saat booking hotel di Bali.

Dengan booking hotel duluan di Traveloka, saya tak perlu pusing cari-cari hotel. Saya juga tak perlu menghabiskan waktu hanya untuk mengunjungi hotel demi hotel mencari yang kosong. Sebab, biasanya kebanyakan hotel bakal penuh karena memang sekarang musim liburan.

Enaknya lagi, ada fitur pay at hotel. Ini sangat membantu banget bagi orang seperti saya yang sengaja tak ingin menggunakan kartu kredit (saya sudah meninggalkan penggunaan kartu kredit sejak 5 tahun lalu).

booking hotel di Traveloka

3. Vila

Setelah menikmati liburan di hotel, saya ingin ganti suasana dengan stay di vila. Dari cerita Anna, saya tahu cukup banyak vila di Ubud yang unik dan bikin suasana liburan makin asyik. Stay di vila selama beberapa hari saat liburan di Bali juga bisa membuat saya bisa menikmati privasi.

Ya, dong. Menginap di vila jauh lebih bebas pastinya dibandingkan dengan menginap di hotel. Dan sebelum tidur semalam, saya sudah memilih vila yang akan saya tempati selama liburan di Bali.

Ini pengalaman liburan ke Bali saat Lebaran yang pernah saya alami ya, siapa tahu berguna bagi kamu yang ingin pergi liburan ke Bali di Lebaran tahun ini. Bagusnya sih, sebelum tiba di Bali, kamu sudah mempersiapkan semuanya, mulai akomodasi maupun transportasi selama di Bali. Jadi begitu tiba sudah tersedia semuanya.

Tapi kalau mau on the spot menentukannya pun saya rasa masih oke kok. Partner Travelokasi sangat banyak sehingga ketersediaan akomodasi dan transportasi masih tetap bisa didapatkan di sana. Selamat berlibur bersama keluarga dan orang-orang tersayang ya. Oh ya, kalau mau referensi destinasi wisata lainnya, coba cek ini deh: Tegenungan Waterfall, Pantai Lebih, Blangsinga Waterfall, Tegalalang Rice Terace.

Sedang mengikuti pelatihan prakerja untuk meningkatkan skill

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

34 pemikiran pada “Pengalaman Liburan ke Bali Saat Lebaran”

1. Banyak yang menghabiskan libur lebaran di Bali….karena Bali selain menyuguhkan keindahan alamnya, tempat wisatanya juga nyaman dikunjungi. Apalagi sejak ada Traveloka, semuanya dapat tercover berkat aplikasi ini. Mau pesan hotel, sewa mobil dan drivernya…tak perlu ribet lagi….hanya dg klik aplikasi Traveloka, pilih sesuai kebutuhan maka kita akan dapat kan yang kita inginkan. Selamat berlibur di Bali ya mbak….

Balas
    • Setuju banget. Pas libur lebaran banyak yang ke Bali. Ngangenin selalu memang di sana, mana transportasi maupun akomodasi juga mudah di sana apalagi kalau pesannya manfaatin Traveloka. Jadi pengen ke Bali nih akunya

2. Pokokna mah Ubud masih menjadi destinasi favoritku, mbak. Adem dan budaya asik buat dinikmati hehehe. Btw Bukit Campuhan boleh juga tuh, boleh lah buat next destination klo aku ke Bali.

• Sama berarti kita ya. Favorit mesti Ubud. Suasana di sana emang lebih adem dan banyak destinasi wisatanya juga. Terus kalau nginap di Ubud, eksplorasi ke sisi Bali yang mana pun jadi lebih dekat

Balas
  3. Baca tulisan ini bikin kangen banget sama Bali. Masih banyak banget tempat yang belum aku kunjungi.

• Yuk ke Bali lagi. Memang sih Bali ini selalu ngangenin. Dan setiap ke sana juga selalu nemu tempat baru, makanya pengen terus kembali ke sana

4. Ubud masih the best jadi destinasi wisata kalo saya ke Bali, banyak kenangan terukir di sana (ah ciyee ahahaha). Alamnya indah banget dan suasana pedesaan itu bikin otakku fresh. Eksplore kemanapun di daerah ubud itu dekat, kalau mau ke Denpasar juga gak jauh. Pernah seminggu di Ubud rasanya tuh masih belum puas. Pengen ke sana lagi.. hehehe..

Balas
  5. Wah, baca tulisan ini jadi kangen Bali lagi. Yuk ikut aja bareng ke Bali naik mobil nanti akhir tahun. Kita senang-senang bareng

6. Kalau ke Bali, gw paling suka ke Ubud. Tempatnya bagus ya di sana. Udaranya juga lebih sejuk. Ke mana-mana dekat juga.

• sama dong. Paling suka memang di Ubud, strategis tempatnya, kuliner banyak, dan udaranya lebih sejuk juga

Balas
  7. bali kayaknya masih jadi primadona wisata ya, nunggu tiket promo kira2 nyampe gak ya ke bali sekeluarga, kalo ga tiket promo, nabungnya kudu lama, heuheu

8. Tiga x ke Bali blm pernah ke tempat2 ini hanya di Pantai Kuta doank karena ngelatih cucu berselancar, trus rehat di hotel. Malamnya dinner di Gili Trawangan. Kudunya mah pake jada pwmandu x ya, biar bisa melihat keindahan Bali yg memesona wisatawan LN dan lokal juga.

9. Beberapa kali ke Bali tapi aku belum pernah mengunjungi tempat wisata yan mbak Monica tulis di sini. MUdah-mudahan segera bisa berkunjung ke sana lagi. Bali memang selalu dirindukan & gak ada bosannya berkunjung ke sana

Balas
  10. Belum pernah liburan ke Bali. Ke Bali biasanya karna kerja aja. Hihihi. Tapi seru juga jika bisa liburan di Bali dan mendapat banyak kemudahan dengan adanya Traveloka. Liburan pun jadi makin berkesan ya

11. Saya udah lupa bagaimana rasanya Bali. Kayaknya udah lebih dari 10 tahun gak ke sana hihihi. Hebat ya Bali. Dari dulu sampai sekarang gak pernah pudar pesonanya

12. Pilihan tepat nih buat nyewa vila di sana. Arsitekturnya unik, ya. Aku penasaran deh sama air terjun dan bukitnya.

Balas
  13. kayaknya aku belum pernah ke ubud soalya ke bali juga udah lama banget dulu masih sma. Pengen sih kesana lagi sama keluarga

14. Di Bali tuh emang banyak banget tempat yang bisa dieksplor yah mbak, kayaknya gak pernah bosen deh. Aku belum pernah ke Ubud nih mbak, pengen nyoba nih.

Praktis banget yah sekarang bisa booking online via Traveloka aja, bisa bayar di hotel pulak.

Balas
  15. Bikin envy aja nih ka monic.. bali bagi aku memang sudah menjadi rumah kedua kami.. damai rasanya jika sudah berlibur ke bali.. selalu banyak cerita dan memberikan suasana menyenangkan setelah berlibur disana.. apalagi dapat penginapan yang oke ya.. lengkap sudah liburan di bali.. dan bikin mau ke bali lagi dan lagi

16. Jadi kangen Bali aku mbak, hehe. Memang ya Bali ini dari ujung ke ujung semua lokasinya memikat hati dan pengin mengeksplore semua destinasi wisata di Bali rasanya, tapi nggak mungkin sehari dua hari ya..mungkin perlu sebulan kayak Anna 🙂

17. Jadi kangen Bali baca ini…hehe…Bali memang luar biasa selalu ngangenin n banyak banget tpt yg bs kita eksplor ya..

Balas
  18. Wisata ke Bali udah tiga kali, tapi belum pernah mampir ke Ubud.
    Udah aku catet deh semua destinasi di atas, semoga bisa liburan ke Bali, tapi berdua ajah dengan paksuami

19. Aku baru sekali ke Bali, sekitar Ubud juga.
    Campuhan Ridge Bali, trek jogging tidak biasa adalah destinasi kesayangan Wisatawan.
    Aku juga sudah pernah ke sana dan sudah berbagi pengalaman di blog.

Sepertinya ke Bali tak cukup sekali!
    Masih banyak destinasi yang harus dikunjungi.
    Yup, kudu nabung lagi!^^

Balas
  20. Duh, Bali ini, gak pernah ngebosenin ya kapan pun buat jadi destinasi liburan. Kapan pun dan suasana apa pun liburan di sana, pasti nyenengin. Ya laut dan pantainya, ya gunung dan sawahnya, ya budayanya. Jadi kepengen ke Bali lagi deeeh 🙂

21. Terakhir ke Bali 2 bulan lalu pun aku pakai Traveloka utk booking hotel dan pesawat PP sekaligus. Traveloka sering banyak promo, malah temanku ke Jepang PP cuma 3,5 juta pakai ANA dapetdri Traveloka juga.

22. Mbaaa…aku jadi pengin ke Bali lagi nih baca postingan ini. Manaaa aja kok selalu indah untuk dikunjungi ya.
    Itu Candi Batu Kawi amazing banget ya. Dipahat langsung di batunya euy, kereeenn…

Balas
  23. Waah…setuju banget niih kak Moon..
    Kalau semuanya dipersiapkan sejak awal, enak banget.
    Kalau bahasa jawanya, pas nyampe, tinggal Njujug.

Kami waktu kemarin ke Bali, nyobain nginepnya di Seminyak.
    Wisata di Bali memang gak ada habisnya utnuk dieksplor.

Balas
  24. ah aku pernah ke taman ujung, bagus yaa mba lokasi wisatanya.. tapi terasa jauuuh banget, soalnya dulu kami menginap di kuta xD duh jadi kangen deh pengen liburan lagi ke bali ^^

25. banyak juga lho mba artis yang pilih lebaran di bali sambil liburan. aku jadi penasaran deh jujur. pengen gitu ngerasain lebaran di bali sambil liburan. soalnya jadi lebih khusuk menikmati dan meresapi makna lebaran itu sendiri. kadang ya lebaran suka riweh sama printilan ini itu, saudara yang rame, jadi skip sama makna idul fitrinya

26. wah banyak juga ya kak spot2 traveling menarik yang wajib dikunjungi. dulu sih sempet ke bali cuma 4 hari kak.. jadi ga kenyang mainnya hehehhee.. nanti mau pesen pake traveloka ah banyak diskon menariknya nih

Balas
  27. Keinginan yang belum tercapai untuk jalan-jalan ke Bali nih Kak, seru banget baca ulasan kakak. Jadi ingin segera pesan tiket lalu segera pula liburan ke Bali. 🙂

28. bagus banget artikelnya, kalau aku pengen banget ke bali waktu nyepi, soalnya pasti sepi banget, seru kayaknya