Menempuh perjalanan jauh dengan mobil, entah untuk traveling ke destinasi wisata di kota lain atau saat mudik lebaran, pastilah menyenangkan karena karena bisa bebas berhenti di tempat-tempat menarik di sepanjang jalan. Tapi agar perjalanan benar-benar menyenangkan, nyaman, dan lancar, butuh persiapan matang, apalagi kalau bawa anak kecil.

Saya cukup sering bepergian jauh dengan mobil bersama adik lelaki saya yang tinggal di Surabaya. Memang sih, dari 5 bersaudara, kami berdua cukup dekat dan sama-sama senang berpetualang. Dulu hanya dengan berboncengan sepeda motor kami dari Malang ke Bromo. Seru banget.

Meski setelah dewasa dan sudah punya keluarga sendiri-sendiri, kami sesekali meluangkan waktu untuk bepergian bersama. Salah satu perjalanan seru yang pernah kami lalui bersama waktu berlibur ke Bali. Kami berangkat dari Surabaya dengan menggunakan mobil. Karena ada 2 anak kecil yang waktu itu ikut berlibur, maka persiapan menempuh perjalanan jauh dengan mobil pun perlu dilakukan dengan saksama.

Pengalaman Menempuh Perjalanan Jauh Dengan Mobil
Pengalaman Menempuh Perjalanan Jauh Dengan Mobil

Persiapan untuk Menempuh Perjalanan Jauh dengan Mobil

Kalau bepergian jauh, saya dan adik senang menempuh perjalanan malam. Alasannya sih karena jalanan lebih lenggang sehingga waktu tempuh jauh lebih singkat. Beberapa persiapan yang kami lakukan sebelum menempuh perjalanan jauh dengan mobil, terutama untuk perjalanan malam, antara lain:

1. Kondisi Tubuh Mesti Fit

Mengendarai mobil, meski bisa gantian kalau ngantuk, tetap membutuhkan kondisi tubuh yang fit. Jadi beberapa jam sebelum menempuh perjalanan, saya akan menyempatkan diri untuk tidur. Penting banget ini supaya saat berkendara tidak mengantuk. Selain itu, juga minum vitamin dan makan-makanan yang bergizi.

2. Persediaan Makanan dan Obat-obatan

Namanya perjalanan jauh, pastilah di jalan butuh camilan. Saya termasuk orang yang senang nyamil sih makanya untuk persediaan makanan wajib disiapkan. Untuk makan besar, kami bisa mampir di tempat makan yang biasanya ada di sepanjang jalan sekalian wisata kuliner.

Pengalaman Menempuh Perjalanan Jauh Dengan Mobil
Kotak Obat Perlu Dibawa Saat Perjalanan Jauh dengan Mobil. Sumber Gambar: freepik.com

Selain persediaan makanan, hal berikutnya yang tak kalah penting adalah obat-obatan. Perjalanan malam rentan masuk angin, jadi obat anti masuk angin wajib ada. Obat batuk, obat pusing, kotak P3K, bawa ajalah ya. Sedia payung sebelum hujan deh pokoknya. Bawa uang juga jangan lupa ya. Secukupnya saja. Nanti kalau kurang bisa mampir ATM.

3. Logistik Anak

Karena membawa anak kecil maka ada persiapan tambahan terkait logistik anak, mulai dari pakaian ganti, makanan khusus anak, air panas di termos, tisu basah, minyak kayu putih, dan sebagainya. Saya dan adik juga mempersiapkan mainan atau buku bacaan anak biar anak bisa beraktivitas di mobil kalau mereka merasa bosan. Bawa secukupnya saja. Jika kurang, bisa mampir karena di sepanjang jalan dari Surabaya menuju Bali cukup banyak mini market yang buka 24jam.

4. Periksa Kondisi Mobil

Sehari sebelum menempuh perjalanan jauh dengan mobil, biasanya mobil akan dibawa dulu ke bengkel untuk memeriksa kondisinya, seperti ganti oli mesin, cek rem, periksa ban, pengecekan AC, dan lainnya. Pokoknya, ketika perjalanan sudah dimulai kondisi mobil harus benar-benar oke untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Kebayang tidak sih betapa repotnya kalau sampai mobil mogok di jalanan sepi dan gelap di tengah malam buta? Duh, jangan sampai terjadi deh.

Namanya manusia, bisanya cuma berencana dan melakukan berbagai persiapan, namun penentu tetaplah Tuhan. Kadang ada saja kejadian yang tak terduga dalam perjalanan jauh yang kita lalui. Itu sebabnya, saya dan adik sepakat kalau mobil yang kami kendarai sudah memiliki perlindungan tambahan berupa asuransi mobil. Kesepakatan ini saya ambil karena pengalaman teman sih sebenarnya. Dia sekeluarga pergi ke luar kota naik mobil. Sudah begitu hati-hati mengendarai mobil, tetap saja musibah mobil rusak atau kecelakaan bisa terjadi tanpa disangka. Dengan memiliki asuransi, pengeluaran akibat musibah tersebut bisa ditekan seminimal mungkin.

Pengalaman Menempuh Perjalanan Jauh Dengan Mobil
Infografis Menempuh Perjalanan Jauh Dengan Mobil. Sumber: beritagar.id

Beberapa Hal Penting Saat Menempuh Perjalanan Jauh dengan mobil

Persiapan sudah oke dan begitu waktu berangkat tiba, langsung cuslah berangkat membawa pasukan. Meski begitu, ada lagi nih beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebagai tambahan:

  1. Jangan lupa membawa SIM dan STNK yang masih berlaku selama perjalanan.
  2. Taati rambu lalu lintas selama perjalanan sehingga terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.
  3. Pilih rute yang paling nyaman untuk dilalui.
  4. Kenakan sabuk pengaman selama dalam perjalanan. Untuk anak-anak yang masih berusia balita boleh juga menggunakan car seat yang jauh lebih aman daripada membiarkan anak duduk sendiri di kursi mobil.

Dari pengalaman saya menempuh perjalanan jauh dari Surabaya menuju Bali dengan persiapan dan hal-hal penting yang sudah saya bagikan di sini, syukurlah perjalanan kami waktu itu lancar, bahkan dengan persiapan yang sama pun perjalanan kami selanjutnya tanpa aral yang berarti. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

5,529 total views, 103 views today

16 COMMENTS

  1. Yang paling penting adalah keselamatan saat berkendara.
    baik mobil maupun drivernya plus penumpangnya.
    Bromo memang jadi destinasi yg dinanti2 setiap orang,.

  2. Alhamdulillah Mbak. Perjalanan aman dan nyaman jika semua perlengkapan sudah tertata rapi khususnya persiapan buat kesehatan Mobilnya.
    Emang lebih enak kalau ngendarain mobil pas malam hari. Lengang dan nggak terlalu bising yah mbak.
    TFS Mbak Monic

  3. Bener mbak Monic, segalanya harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh. Saya sering pulang ke Blitar lewat jalur darat.. Semua perlengkapan sdh saya siapkan jauh2 hari termasuk makanan, minuman, kotak P3K dsb… Jadi inget pernah di stop polisi waktu lupa tidak pake sabuk pengaman…untung ada topi suami yg nangkring di dasbord mobil… Gak jadi sidang deh hehehe…. TFS ya mbak….

  4. Aku awal tahun lalu baru ngerasain yang namanya perjalanan jauh dengan mobil, dari Bengkulu ke Padang, sekitar 15 jam lebih. Sebagian besar dihabiskan sama tidur sih, tapi pas lagi nggak ngantuk paling mantap nyanyi sih. Jadi playlist khusus buat perjalanan jauh jangan lupa dibuat, apalagi kalau melintasi daerah yang nggak ada sinyal, perlu banget playlistnya dibikin offline supaya karaokenya ga macet hehe

  5. Waaahhh Bromo, aku pun suka banget sama suasana di Bromo kak. Pengen kesana lagi deh. Nah, tipsnya mantabb kak smg smua org pada sadar dengan keamanan dan keselamatan diri sendiri dan jg orang lain.

  6. aku ga kuat di mobil terlalu lama. bisa mabok. biasa minum antimo dulu sebelum berangkat. biar bobo cantik di mobil wkwkwk

  7. Memang, Mbak Monica, kalau naik kendaraan pribadi, bisa mampir ke banyak tempat. Terus icip-icip makanan khas, sambil nambah galeri foto hehehe. dan, lebih irit hehehe.

  8. kenapa yaa…liburannya orang Surabaya selalu ke Bali…?
    Hahha…
    Selama aku sekolah dari SD sampai kuliah bolak-balik Bali uda berapa puluh kali…((puluhan, rek…lebbaaii..hihiii))

    Tapi tetep bikin nagih…
    Pulang-pulang, selalu bawa sesuatu yang ga penting-penting amat. Hhaha…macam belanja di Sukowati, beli hiasan kucing, yang ada sabunnya atau aromatherapynya.

    Wkwkkwk~

  9. Aku belum berkeluarga dan punya mobil, tapi artikel ini bakal kujadiin referensi kalau suatu saat berlibur memakai mobil. Sebagai orang yang pernah merasa kecil, kayaknya kalau hal-hal di atas diterapin memang bakal bikin aku betah deh di perjalanan. Logistik anak emang penting banget sih, anak-anak memang kadang susah berkompromi kalau perjalanan jauh

  10. Aku belum berkeluarga dan punya mobil, tapi artikel ini bakal kujadiin referensi kalau suatu saat berlibur memakai mobil. Sebagai orang yang pernah merasa kecil, kayaknya kalau hal-hal di atas diterapin memang bakal bikin aku betah deh di perjalanan. Logistik anak emang penting banget sih, anak-anak memang susah berkompromi kalau perjalanan jauh

  11. Pernah perjalanan dari Jember ke Semarang pake Mobil, dan lupa ngecek kondisi mobil… lalu mobilnya panas dan harus istirahat saat itu. Terpaksa berhenti di rest area

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here