Beberapa waktu yang lalu, saya dan suami sempat terpikir mengenai kehamilan, mengingat sepanjang 2020 ini, cukup banyak relasi, rekan, teman, bahkan di dalam keluarga besar kami, yang hamil. Oh, tidak salah kok hamil. Hanya saja, di usia yang lebih dari 35 tahun, saya dan suami jadi mencari tahu banyak tentang resiko kehamilan yang mungkin terjadi, seperti pendarahan, hamil di luar kandungan, kemungkinan keguguran, bahkan mencari tahu pula penyebab kaki bengkak saat hamil dan cara mengatasinya.

Kehamilan dan Kaki Bengkak

Namanya hamil, pastilah tubuh mengalami perubahan fisik, dari yang tadinya langsing jadi makin melar, perut yang sebelum hamil bagus dan rata, perlahan dan sejalan dengan waktu perut menjadi besar karena ada janin yang tumbuh di dalamnya. Lalu, terjadi pula perubahan berat badan, payudara hingga kaki mulai bengkak. Dari sekian banyak perubahan yang terjadi selama kehamilan, hal yang sulit untuk dihindari adalah kaki bengkak saat hamil.

Saya jadi mengingat-ingat masa lalu, dan seingat saya, sejak kehamilan kurang lebih berusia tiga bulan, kaki saya juga sering bengkak. Memang tidak sepanjang masa hamil kaki bengkak terus sih. Sempat bengkak di tiga bulan pertama kehamilan dan waktu tanya dokter kandungan, katanya karena adanya peningkatan kadar hormon progesteron yang terjadi secara cepat. Hormon ini memperlambat kerja sistem pencernaan dan dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki, tangan, atau wajah yang terlihat agak bengkak.

Lalu, apa yang jadi penyebab kaki bengkak saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Hal pertama, kita akan bahas dulu penyebab kaki bengkak saat hamil. Jadi berdasarkan pengalaman di masa kehamilan dulu, hasil konsultasi dengan dokter kandungan yang merawat saya, juga dari berbagai literatur tentang kehamilan atau pengalaman teman-teman yang sudah pernah mengalaminya, berikut beberapa penyebab kaki bengkak:

1. Karena Peningkatan Hormon Progesteron

Pada trimester pertama atau tiga bulan pertama, biasanya kaki bisa mengalami bengkak karena adanya peningkatan hormon progesteron. Efek dari peningkatan hormon tersebut, malah memperlambat kinerja pencernaan. Itu sebabnya, di masa ini sering mengalami kembung. Kalau diperhatikan lebih detail, tidak hanya kaki lho yang mengalami bengkak, tapi juga beberapa bagian tubuh lain ikut mengalami bengkak, seperti wajah, tangan, atau kadang lengan.

2. Berdiri Terlalu Lama atau Berada di Cuaca Panas

Kaki yang bengkak juga bisa terjadi kalau ibu hamil sering berdiri terlalu lama atau berada di cuaca / ruangan yang panas. Pembengkakan terjadi akibat adanya peningkatan volume darah hingga 50%, kondisi cairan di dalam tubuh dan banyaknya retensi cairan hormonal yang terjadi.

3. Kaki Bengkak Akibat Gaya Hidup

Penyebab kaki bengkak pada ibu hamil lainnya bisa disebabkan oleh gaya hidup atau aktivitas harian yang dilalui. Ibu yang bekerja dan sering berdiri atau berjalan terlalu banyak, akan sering mengalami bengkak di kaki karena kaki mendapatkan banyak tekanan.

Kurang asupan kalium juga bisa menyebabkan terjadi pembengkakak pada kaki, karena kalium berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit. Jika kekurangan kalium, cairan akan lebih banyak berada di dalam sel dan keseimbangan cairan elektrolit tidak tercapai.

Senang mengkonsumsi makanan yang berasa asin sebaiknya dihindari atau dikurangi. Terlalu banyak asupan garam yang mengandung natrium membuat cairan lebih banyak berada di dalam sel. Ini juga berlaku dalam hal konsumsi kafein. Terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein akan memberi tekanan pada pembuluh darah.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Kalau terjadi pembengkakan kaki saat hamil, memang rasanya tidak nyaman ya dan membuat kita jadi sulit bergerak. Sayangnya, tidak ada obat tertentu yang bisa membantu mengatasi kaki bengkak saat hamil secara cepat. Jadi, kalau ibu hamil mengalami kaki atau anggota tubuh lain bengkak, maka gunakan cara lain untuk mengatasinya. Berikut ini, beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang terbukti ampuh.

1. Kurangi Konsumsi Garam

Kelebihan asupan natrium atau garam, ditenggarai sebagai salah satu penyebab kaki bengkak. Untuk itu, alangkah baiknya selama masa kehamilan mengurangi asupan natrium atau garam. Untuk diketahui, konsumsi garam berlebih akan membuat tubuh lebih banyak menahan air. Akibatnya, terjadi peningkatan jumlah cairan dalam tubuh yang kemudian menyebabkan terjadinya pembengkakan.

Oleh karena itu, ada baiknya selama kehamilan kita menghindari berbagai makanan yang mengandung garam tinggi, seperti makanan kaleng atau olahan. Selain itu, biasakan pula untuk tidak menambahkan garam ekstra di setiap makanan.

2. Menjaga Pola Makan Khusus Ibu Hamil

Cara terbaik untuk mengurangi resiko terjadinya bengkak pada kaki, tangan, jari, wajah, dan anggota tubuh lainnya, adalah dengan menjaga pola makan khusus ibu hamil. Beberapa pola makan yang perlu perhatian khusus, seperti menambah asupan kalium dari berbagai bahan makanan, sayur, maupun buah.

Asupan kalium dibutuhkan untuk menyeimbangkan jumlah cairan di dalam darah dan mengurangi resiko terjadinya pembengkakan bagian tubuh selama hamil. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalium, misalnya, pisang, bayam, jamur, kentang, kacang-kacangan, markisa, ikan salmon, ubi jalar, dan sebagainya.

Selain itu, ibu hamil perlu mengurangi asupan kafein, banyak makan makanan yang dibuat sendiri dan mengurangi fast food maupun makanan kaleng, mengurangi asupan garam, dan sebaiknya banyak minum air putih untuk mengurangi pembengkakan secara efektif.

 256 total views,  12 views today

19 COMMENTS

  1. Dulu aku ngerasain pas hamil pertama, agak bengkak sih tapi akhirnya pola makanku dijaga kasian tuh teman hamilku yang kakiknya sampe bengkak banget mba saking ga dijaga pola makannya juga kecapean akhirnya kakinya itu bengkak banget

  2. Iya biasanya suka disarankan untuk mengurangi garam kalau kaki bengkak saat hamil. Saya gak pernah mengalami. Tetapi, teman saya pernah cerita ketika kakinya bengkak

  3. Harus diwaspadai memang ya kaki bengkak saat hamil ini. Waktu hamil anak pertama saya alami masih di usia 6 bulan kehamilan. Waktu anak ke-2 an ke-3, jelang melahirkan baru kaki bengkak dan turun setelah melahirkan.

  4. Baca ini berasa nostalgiaan waktu hamil dulu. Gara gara berdiri lama di kereta api, kaki aku bengkak ditambah lagi cenat cenut sepatu sampai nggak muat walhasil jadi nyekermen donk. Hahay.
    Yup, kurangi konsumsi garam dan jaga pola makan.

  5. Wah bagus nih penting buat ibu hamil supaya tau apa yang harus dilakukan jika kaki bengkak semasa hamil. Aku alhamdulillah sih semua kehamilan engga mengalami kaki bengkak.

  6. Saya mengalami kaki bengkak saat hamil 7 bulan di kehamilan anak pertama. Kini menginjak 7 bulan di kehamilan anak kedua. Sudah mulai was-was apakah akan bengkak lagi seperti dulu atau tidak. Jadi baca artikel ini membuat saya lebih waspada.

  7. Banyak konsumsi makanan yang mengandung garam ternyata bisa terjadi pembengkakan juga ya mbak. Aku pernah lihat sih dulu temanku bengkak gitu kakinya tapi gak lama sebelum HPL gitu. Bandelnya aku paling banyak minum teh aja.
    Memang risiko banget ya mbak kalau hamil udah di atas 35, makanya kadang aku tutup kuping deh yg nyuruh2 aku hamil lagi katanya siapa tau anaknya cewe nanti. Umur udah lebih dari 40 banyak gini disuruh hamil yg nanggung bukan dia hehehe malah curcol

  8. Wah, makasoj sharing-nya yah mbaaak
    Aku waktu hamil kaki gak terlalu bengkak, cuma sering banget sakit punggung sih
    katanya dokter kurang kalsium, jadi dikasih vitamin deh

  9. Iya kak Monic…
    Aku juga ngalamin ini…kaki bengkak sampe mager gak mau jalan. Padahal uda bulannya lahiran.
    Kalau lahiran, suka pulkam ke rumah orangtua, jadi terus aja dimarahin, hehehe..
    Jadi ini tips agar mengurangi pembengkakan saat hamil yaa…
    Siip…sip~ Haturnuhun kak Monic.

  10. bener banget kak, aku pun merasakan hal serupa saat memasuki usia kehamilan 7 bulan, kaki mulai bengkak tapi setelah melahirkan perlahan kembali normal.

  11. Jadi ingat jaman hamil dulu nih mba, selalu tuh kaki bengkak ketika usia kandungan di atas 7 bulan. Bahkan ketika anak kedua dulu setelah bayi lahir masih bengkak loh, sampai harus diberi obat untuk treatment biar pipis terus hehehee.. Iya, memang metabolisme yang tidak lancar ngaruh banget pada bagian tubuh ibu hamil, ga cuma kaki, kayaknya semua jadi bengkak gitu deh. Kadang muka aja jadi kayak sembap gitu karena bengkak itu tadi.

  12. Baca ini aku jadi bersyukur waktu hamil dulu, Alhamdulillah aku ga mengalami bengkak bengkak mba, cuma memang harus bedrest total karena hormon kehamilannya tinggi, jadi mual parah dan lemas sekali.

  13. Adekku nih waktu hamil kakinya bengkak dan memang katanya karena konsumsi garam berlebih terus ya pas dicek ternyata hipertensi dia, niatnya lahiran normal tp karena hipertensi jadi SC.

  14. Kakiku juga dulu bengkak pas hamil dan aku emang suka banget makan makanan yang Asin dan gurih. Alhamdulillah ga sampai kena pre eklamsia. Sekarang jg masih bengkak karena lemak wkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here