Event

Persiapkan Pendidikan Anak Dengan Bright Education Sun Life Edufair 2017

Bright Education Sun Life Edufair 2017 - Berdasarkan data IPSOS (The Value of Education, Higher and Higher, 2017) keluarga Indonesia menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama. Pendidikan merupakan langkah awal dalam mendukung tercapainya kesuksesan anak di masa depan. Sebanyak 86 persen orang tua di Indonesia mengorbankan tabungan pensiun demi memenuhi kebutuhan anak-anak mereka, mengingat begitu besarnya peranan pendidikan bagi masa depan anak. Di saat yang sama, sekitar 70 persen orang tua juga masih mengandalkan pendapatan bulanan untuk biaya pendidikan, dan 25 persen di antaranya mengaku tidak memiliki informasi dan referensi mengenai jumlah dana yang harus dialokasikan sehingga selama masa sekolah mereka berjuang cukup keras untuk memenuhi biaya pendidikan anak-anak mereka.

Saya pribadi mengakui kalau data tersebut benar dan saya yakin Anda pun, sebagai orangtua, pasti merasakan hal yang sama. Pendidikan itu penting, namun seringkali kita kurang mendapatkan referensi maupun informasi terpercaya mengenai sekolah berkualitas untuk anak, termasuk perhitungan dana yang seharusnya disiapkan agar selama proses pendidikan masalah biaya tidak lagi menjadi beban. Untuk itulah ketika saya mendapatkan undangan dari Blomil yang digawangi Kak Kiki Handriyani, saya langsung setuju untuk datang ke Sun Life EduFair 2017 yang diselenggarakan selama 3 hari mulai 20-22 Oktober 2017 di mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Ketika di lokasi acara, saya menemukan ada dua lokasi acara, yaitu panggung utama dan area mosaik. Di panggung utama, berbagai acara diselenggarakan, mulai dari pengenalan beberapa sekolah yang sengaja dihadirkan pada acara ini untuk memberi informasi secara lengkap kepada pengunjung yang membutuhkan informasi pendidikan, termasuk biaya yang perlu disediakan. Ada 20 sekolah formal dan 5 sekolah informal terbaik di wilayah Jabodetabek ambil bagian dalam acara ini. Selain itu, hadir pula para orangtua yang ingin berbagi pengalaman, anak-anak didik yang menunjukkan kebolehan dalam berbagai kegiatan, ahli perencanaan keuangan Sun Life yang memberi informasi berkaitan dengan perencanaan dana pendidikan, keluarga artis, serta pakar pendidikan.

"Sun Life EduFair 2017 dengan produk Bright Education-nya merupakan wujud nyata komitmen serta kontribusi Sun Life dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya memiliki perencanaan keuangan, terutama untuk memenuhi kebutuhan akan dana pendidikan yang terus mengalami peningkatan setiap tahun. Selain itu, masyarakat juga berkesempatan menggali informasi melalui pakar pendidikan, di antaranya pola asuh anak di era digital serta tren pendidikan yang mampu meningkatkan potensi dan daya saing anak."

- Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia -

Sekolah yang Berpartisipasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada 20 sekolah formal dan 5 sekolah informal terbaik di Jabodetabek yang berperan serta dalam acara Bright Education Sun Life EduFair 2017. Saya sempat berkeliling ke berbagai booth yang ada di sekitar area panggung utama dan melihat staf-staf di masing-masing booth (yang mewakili sekolah) memberi keterangan kepada orangtua yang membutuhkan informasi mengenai pendidikan yang dibutuhkan anak-anak mereka. Beberapa sekolah yang berpartisipasi, antara lain: BPK Penaburan, Tarakanita, Homeschooling milik Kak Seto, BM 400, Cikal, HighScope Indonesia, Al Azhar Kelapa Gading, Sekolah Perkumpulan Mandiri, dan sebagainya. Sementara untuk sekolah informal yang berada di area mosaik ada Robotic Explorer, Koki Kecilku, Coding Course, Fotografi, Jurnalistik, dan sebagainya.

Partisipasi Siswa di Bright Education Sun Life Edufair 2017

Sepanjang acara juga ada beberapa penampilan dari para siswa dari berbagai sekolah. Ada lima anak SD BPK Penaburan yang menampilkan robot ciptaan mereka, paduan suara dari TK Tarakanita V, tarian daerah, Story Telling dalam bahasa Inggris, olahraga karate, dance, menyanyi, dan sebagainya. Tapi dari semua partisipasi siswa yang ada di acara Bright Education Sun Life EduFair 2017, saya paling tertarik melihat beberapa siswa SD yang berlomba dalam coding competition di area mosaik. Saya benar-benar salut melihat kepiawaian mereka mengerjakan soal-soal koding yang diberikan para pembimbing mereka. Jadi merasa malu sendiri karena ketika saya seusia mereka, saya hanya bisa bermain solitaire atau tetris ketika diberi kesempatan menggunakan komputer di laboratorium sekolah... hahaha.

Penampilan Anak di Bright Education Sun Life EduFair 2017
Sun Life EduFair 2017

Selain itu, ada pula seorang anak yang keberaniannya mengundang decak kagum. Anak itu bernama Zahran, masih duduk di bangku kelas 5 SD. Ia diberi kesempatan oleh Hana Fauzi, wartawan Sindo TV, menjadi reporter cilik yang meliput acara Sun Life EduFair 2017. Zahran pun dengan penuh percaya diri benar-benar terlihat seperti seorang reporter.

Coding Competition Sun Life EduFair 2017

Pesatnya perkembangan dunia internet di era globalisasi ini ternyata disadari pula oleh Sun Life. Era digital dan kecanggihan teknologi komputer, internet, dan gadget jika digunakan secara tepat akan membangun perspektif yang baik bagi generasi muda yang tumbuh di masa milenial ini. Perspektif baru ini penting karena memiliki implikasi pada perencanaan keuangan yang sesuai untuk pendidikan yang ingin ditempuh. Dengan cara pandang baru yang sesuai dengan perkembangan zaman diharapkan para orangtua di Indonesia mampu mempersiapkan masa depan putra-putrinya melalui pendidikan yang tepat sesuai dengan minat dan bakat masing-masing anak.

Talkshow Pola Asuh di Era Digital

Pada acara hari terakhir Bright Education Sun Life EduFair 2017 di mal Kota Kasablanka ini hadir pula keluarga artis, yaitu Ringgo Agus Rachman dan Sabai Morschek bersama anak mereka, Bjorka. Pasangan muda ini merasa sangat exciting ketika anak mereka lahir dan bertingkah 'norak' dengan merekam dan memotret seluruh aktivitas dan perkembangan Bjorka. Mereka mengakui tidak ingin kehilangan satu detik pun momen tumbuh kembang anak. Bagi mereka, anak adalah harta yang paling tak bernilai dan tidak tergantikan oleh apa pun juga.

Agus Ringgo Dalam Talkshow di Acara Bright Education Sun Life EduFair 2017

Dalam talkshow ini, Ringgo juga mengatakan bahwa kini ia telah mempersiapkan dana pendidikan Bjorka, meski anak mereka itu masih berusia 1 tahun. Dengan mempersiapkan asuransi pendidikan, mereka berarti telah mempersiapkan dana pendidikan bagi anak untuk pendidikan di semua jenjang, bahkan sampai nanti anak mereka memasuki universitas. Dengan mengikuti asuransi pendidikan, biaya pendidikan telah terencana dengan baik dan tak ada lagi yang namanya kekurangan biaya untuk sekolah.

"Kami pilihkan buat Bjorka setidaknya ada dana berkembang untuk pendidikan. Persiapan dana pendidikan sejak dari sekarang. Ini penting karena nasib seseorang tak selamanya berada dalam kondisi baik, pasti ada pasang surut. Hari ini kaya, besok bisa jadi tidak punya apa-apa. Dengan punya asuransi pendidikan, minimal kalau saya sudah tidak laku lagi sebagai artis, dana pendidikan anak tetap tersedia," terang Ringgo di depan pengunjung yang memadati area panggung utama Bright Education Sun Life EduFair 2017.

Peluncuran Bright Education di Sun Life EduFair

Bright Education adalah portal informasi yang bisa diakses di www.brightedu.co dan diluncurkan Sun Life dan menampilkan profil 25 sekolah di wilayah Jabodetabek yang bisa dijadikan pilihan, yang disesuaikan dengan minat dan passion anak. Beberapa fitur yang tersedia di portal Brigth Education:

  • Fitur Sekolah - Berisi mengenai informasi lengkap tentang sekolah-sekolah yang berpartisipasi dalam Sun Life Edufair 2017. Informasi tersebut meliputi lokasi, kurikulum, fasilitas di lingkungan sekolah, kegiatan ekstra-kurikuler yang dapat diikuti oleh siswa-siswi, penghargaan yang berhasil diraih oleh sekolah, administrasi, hingga testimoni tentang sekolah dari siswa-siswi dan orang tua.
  • Fitur Komparasi - Orangtua bisa menggunakan fitur komparasi untuk membandingkan antara satu sekolah dengan sekolah lain yang sama-sama diminati. Pada fitur ini, bisa dipilih sekolah berdasarkan tingkat pendidikan, lokasi, nama sekolah, selanjutnya bisa sekaligus mengisi data pribadi. Nanti hasil perbandingan akan keluar dan dapat membantu para orangtua menentukan pilihan sekolah yang paling sesuai. 
  • Fitur Kalkulator - Fitur ini akan membantu orangtua merancang dana pendidikan yang dibutuhkan serta menyusun perencanaan keuangan sejak dini dalam bentuk proyeksi untuk beberapa tahun kemudian.
  • Fitur Artikel - Fitur artikel berisi berbagai informasi dan tips menarik seputar dunia pendidikan, anak, dan perencanaan keuangan.

Brigth Education Sun Life EduFair 2017 diharapkan membantu setiap orangtua yang ingin mendukung dan mempersiapkan masa depan anak-anak mereka menjadi generasi Indonesia yang #LebihBaik.

2 thoughts on “Persiapkan Pendidikan Anak Dengan Bright Education Sun Life Edufair 2017

  1. Pendidikan memang sangat penting dan harus di rencanakan sejak dini. Saya kok jadi kagum ya mbak lihat anak yang ikut coding competition dan jadi reporter itu, mengasah kemampuan mereka sejak dini. Beda banget memang kidz zaman now dengan saya dulu. Sekarang serba terencana salah satunya dengan asuransi pendidikan sunlife ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *