Event

Teknologi Baru Penyimpanan Buah dan Sayur Untuk Kesegaran Lebih Lama

Sewaktu saya diberi tautan mengenai sayuran dan buah yang dijadikan alat musik di kanal Youtube LG Inverter Linear, saya antara percaya dan tidak percaya saat membukanya. Menyimpan sayur dan buah agar tetap segar itu gampang-gampang susah menurut saya. Meski begitu, saya akhirnya menonton tautan itu sampai habis dan masih berpikir, masa sih tidak ada spesial efek apa gitu yang membuat sayur dan buah yang mereka gunakan sebagai alat musik bisa terlihat begitu segar? Hal lain yang tak bisa dipungkiri, ketika membeli sayur dan buah, kedua bahan makanan itu harus segera diolah agar tetap bisa menikmati kesegarannya. Misalkan ingin disimpan pun, saya tetap tidak bisa menyimpannya dalam waktu lama.

Pada 21 Juli 2017 lalu, saya bersama teman-teman dari komunitas Blogger Cihuy yang digawangi oleh Bunda Elisa Koraag berkesempatan hadir dalam acara LG Linear Challenge di Atrium Senayan City. Acara yang berlangsung mulai tanggal 21 Juli 2017 hingga 23 Juli 2017 ini merupakan acara peluncuran berbagai produk baru LG, terutama lemari es LG terbaru yang telah dilengkapi dengan Inverter Linear Compressor.

Komunitas Blogger Cihuy Dalam Acara LG Inverter Linear. Foto: Nur Terbit

Pembukaan dan Jalannya Acara

Pameran produk LG yang diberi nama LG Linear Chalengge ini berbeda dengan kebanyakan pameran produk rumah tangga sejenis. Konsep yang mereka usung adalah meminimalkan pemborosan makanan dalam masyarakat modern. Fakta yang banyak terjadi dalam masyarakat kita, sayuran dan buah-buahan adalah bahan makanan yang paling sering terbuang sia-sia karena kedua jenis bahan makanan ini memiliki jangka waktu usia kesegaran yang terbatas. Dengan kata lain, kita tidak bisa menyimpan sayur dan buah dalam jangka waktu lama meski sudah berada dalam lemari es.

Dengan tujuan mengkampanyekan usaha meminimalkan makanan yang terbuang inilah, LG berinovasi menciptakan produk lemari penyimpanan bahan makanan dengan teknologi terbaru dan mampu menyimpan sayur dan buah untuk waktu yang lebih lama, sekaligus tetap menjaga kesegaran kedua jenis bahan makanan tersebut.

LG Inverter Linear

"Kampanye ini sekaligus membawa pesan, pentingnya kesadaran akan permasalahan pemborosan makanan dalam masyarakat modern. Untuk memperkuat penyampaian pesan pada kampanye LG Linear Challenge ini, LG telah menyiapkan rangkaian acara menarik, seperti talkshow bersama Chef Rinrin Marinka mengenai pentingnya kesegaran makanan untuk menyajikan hidangan sehat, penampilan grup musik kolaborasi Indonesia dan Korea, P Brosound, yang memainkan alat musik, praktik membuat alat musik dari buah dan sayur, dan sebagainya," kata Jaeyoung Lee, Presiden Direktur PT. LG Electronics Indonesia.

Dari data Perserikatan Bangsa-Bangsa, jumlah seluruh makanan yang basi atau dibuang sebelum sempat dikonsumsi jumlahnya diperkirakan mencapai sepertiga dari total makanan. Bila merujuk perkiraan jumlah makanan yang diproduksi di seluruh dunia untuk makanan sehari-hari, berat makanan terbuang ini bisa mencapai 1,3 juta ton setiap tahunnya. Data yang sama menyebutkan, kerugian yang timbul mencapai US$ 680 juta (di negara maju) dan kurang lebih US$ 310 juta (negara berkembang).

"Fakta ini sangat disayangkan masih terjadi dalam kehidupan masyarakat modern yang telah memiliki teknologi penyimpanan dengan cara pendinginan melalui keberadaan lemari es. Dari fakta inilah, LG sebagai perusahaan elektronik global yang dikenal dengan inovasi diperangkat elektronik rumah tangga kemudian melakukan riset. Hasilnya, tantangan besar penyimpanan makanan dalam jangka waktu panjang bukan lagi pada panasnya suhu, melainkan fluktuasi suhu. Suhu yang stabil dan merata menjadi kunci menjaga kesegaran makanan," kata Mr. Jaeyoung Lee.

Musik dari Buah dan Sayur

Setelah sambutan oleh Mr. Jaeyoung Lee berakhir, saya dan pengunjung yang hadir dalam acara ini diberi kesempatan menyaksikan secara langsung harmonisasi musik yang dihasilkan dari peralatan musik berbahan sayuran dan buah-buahan. Ada labu, lobak, paprika, wortel, biji-bijian dan sebagainya. Sungguh luar biasa permainan musik P Brosound, yang merupakan kolaborasi pemusik asal Indonesia dan Korea ini. Selanjutnya, pengunjung juga diberikan kesempatan untuk mencoba sendiri alat-alat musik dari sayur dan buah tadi.

Tonton Video Musik dari Sayur dan Buah di sini.

Oh ya, masih ingat dengan pertanyaan besar yang muncul dalam kepala saya mengenai ada tidaknya spesial efek dalam video musik buah dan sayur di Youtube? Nah, saya sudah menemukan jawabannya. Di akhir acara, saya sempat melihat para pemain musik dari Brosound mempraktikkan secara langsung cara membuat alat musik yang unik tersebut. Sayur dan buah yang mereka gunakan benar-benar segar lho karena sebelumnya mereka sudah menyimpannya di lemari es LG Inverter. Mereka mengiris, memotong, menggabungkan, membentuk, bahkan beberapa kali mencoba bunyinya. Seru sekali melihat proses pembuatan alat musik ini dan mau tidak mau saya mengangkat jempol untuk kreativitas yang luar biasa ini.

Perbedaan Lemari Es LG dengan Lemari Es lain

Di rumah kita masing-masing pasti sudah punya lemari es, kan? Coba perhatikan sebentar deh dengan membuka lemari es tersebut. Apa yang Anda rasakan?

Pada lemari es konvensional yang sudah beredar di pasar saat ini (atau mungkin sudah kita gunakan selama ini) kebanyakan mengalami fluktuasi suhu tinggi di dalam ruang penyimpanannya, meski di saat yang sama kita juga merasakan embusan udara dingin. Dinamika perubahan suhu inilah yang kemudian menjadi titik penentu kemampuan lemari es untuk menjaga kesegaran bahan makanan yang tersimpan di dalamnya.Β Oleh karena itu, LG pun melakukan pengembangan terhadap kondisi lemari es yang sudah ada tadi dengan kompresor inverter linear yang menawarkan kesegaran lebih lama dan memasangnya pada seri lemari es dua pintu Top Freezer terbaru LG yang merupakan lemari es paling populer dan bisa menjangkau lebih banyak keluarga di Indonesia.

Untuk Promo Pembelian lihat di http://www.lg.com/

Tidak hanya mengadopasi teknologi inverter yang terbukti hemat energi, LG mendesain kompresor lemari es pendingin ini dengan keunikan pada pengoperasiannya yang mengandalkan satu tuas penggerak. Hal ini berbeda dengan kompresor konvesional yang memiliki empat penggerak dan saling bergantung. Minimalnya gesekan antar bagian kompresor membuat energi yang dibutuhkan jadi lebih kecil. Dengan kompresor inilah, lemari es LG terbaru ini memiliki sistem pendinginan yang mampu mempertahankan suhu dalam lemari es menjadi lebih baik dan stabil.

Fitur yang dinamai Linear Cooling ini mampu menjaga fluktuasi suhu dalam lemari es LG hanya berada pada kisaran +/- 0,5 derajat Celcius dan bisa menekan fluktuasi suhu hingga 50% dibandingkan dengan lemari es yang masih menggunakan kompresor konvensional.

Tips Menyimpan Buah dan Sayuran Agar Tetap Segar

Dalam acara LG Linear Chalengge ini, LG juga menghadirkan Chef Rinrin Marinka, yang merupakan salah satu juri dalam Masterchef Indonesia. Dalam kanal Youtube-nya yang diberi nama Simply Marinka, ia sudah banyak berbagi cara memasak makanan sederhana, namun sehat. Nah, di dalam acara ini, Chef Marinka juga membagikan tips menyimpan sayur dan buah agar tetap segar. Meski hanya 30 menit, tips yang ia bagikan sungguh bermanfaat.

Chef Marinka Sedang Kasih Tips Menyimpan Sayur dan Buah Dalam Acara LG Inverter Linear

"Investasi terbaik kita adalah mendapatkan asupan makanan sehat dan organik melalui bahan makanan segar. Inilah yang bisa mendukung kesehatan kita tetap terjaga dengan baik," Chef Rinrin Marinka.

Berikut tips menyimpan bahan makanan ala Chef Marinka:

  • Buah tidak membutuhkan kelembabab yang tinggi sehingga sebelum memasukkan ke lemari es, buah tidak perlu dicuci dulu. Jika kita mencuci dulu, buah jadi lebih cepat busuk. Khusus untuk pisang sebaiknya tidak dimasukkan ke lemari es.
  • Ketahui buah dan sayur mana saja yang mengeluarkan gas tertentu, jadi saat menyimpannya usahakan terpisah dengan buah dan sayur jenis lain yang tidak mengeluarkan gas.
  • Cuci bersih sayuran sebelum memasukkannya ke dalam lemari pendingin, kemudian keringkan dulu, bungkus dengan plastik, beri lubang-lubang agar ada aliran udara yang masuk, dan simpan di wadah penyimpanan sayur dan buah di lemari es.
  • Khusus untuk daun mint (herb) dan strawberry sebaiknya dimasukkan ke wadah yang ada penutupnya, atau bisa pula diletakkan dalam mangkuk, kemudian tutup mangkuk itu dengan plastik warp.
  • Sebelum disimpan di lemari es, telur sebaiknya dicuci bersih agar kotoran yang menempel di kulitnya hilang, dan tidak jadi sumber penyebaran bakteri. Oh ya, meletakkan telur di wadah yang ada di lemari es juga ada triknya tersendiri agar tidak cepat rusak, yaitu dengan meletakkan ujung telur yang kecil di bawah.
  • Semua produk susu (berbahan susu) dan protein sebaiknya langsung dimasukkan dalam lemari es begitu telah dibeli agar tidak terjadi pembiakan bakteri.
  • Jamur wajib dibungkus kertas terlebih dahulu sebelum disimpan karena mudah busuk.
  • Untuk daging dan ikan, biarkan tetap di dalam plastik pembungkusnya saat menyimpan dan beri alas/wada di bawahnya sehingga tetesan airnya tidak mencemari produk makanan lain yang tersimpan di bawahnya. Selain itu, dengan menyimpannya dalam plastik bisa menghindarikan daging serta ikan dari kemungkinan terkontaminasi bakteri yang menyebabkannya cepat rusak atau busuk.

Fitur-Fitur Lain Dalam LG Inverter Linear

Linear Cooling

Linear Cooling ini mampu menjaga fluktuasi suhu dalam lemari es LG hanya berada pada kisaran +/- 0,5 derajat Celcius dan bisa menekan fluktuasi suhu hingga 50% dibandingkan dengan lemari es yang masih menggunakan kompresor konvensional.

LG DoorCooling

LG DoorCooling merupakan sistem pendinginan baru yang menambahkan sumber embusan hawa dingin pada bagian dalam pintu lemari es sehingga proses pendinginan berasal dari banyak arah dan membuat suhu dalam lemari es lebih cepat dingin serta dapat tersebar secara merata.

Moist Balance Crisper

Moist Balance Crisper untuk menguapkan sisa air dari makanan dan membentuk embun pada molekul-molekul yang berembun di makanan sehingga menjaga keseimbangan embun dalam kotak.

Hygiene Fresh+

Hygiene Fresh+ merupakan fitur penyaringan udara 5 lapis yang efektif mengusir bakteri hingga 99,99% dan bau tak sedap di dalam lemari es.

LG Inverter Linear

Kompresor Inverter Linear merevolusi inti lemari es sehingga bisa lebih hemat dalam pemakaian daya listrik hingga 32% dalam durasi tinggi serta memiliki kontrol temperatur yang optimal untuk menjaga kesegaran makanan lebih lama.

Fresh Balancer

Fresh Balancer merupakan fitur dalam bentuk saklar sederhana, yang bisa menjaga sayur dan buah pada kondisi optimal dengan cara menyesuaikan tingkat kelembababan yang tepat.

Untuk Informasi Lengkap Mengenai Produk LG Bisa Membuka Website Resmi LG di http://www.lg.com

30 thoughts on “Teknologi Baru Penyimpanan Buah dan Sayur Untuk Kesegaran Lebih Lama

    1. Hihihi… jualan buah sekaligus jualan jus buah aja, Mas. Mumpung semua buah yang disimpan di sana bisa terjaga kesegarannya dalam waktu yang lebih lama.

    1. Bener banget. Kita bisa simpan bahan makanan, termasuk sayur dan buah untuk jangka waktu lebih lama, ya, kalau lemari es ini.

    1. Iya. kulkas canggih begini jadi idaman (kalau punya uang lebih… ini catatan nih… hahaha). Sama, Mbak Tanti, senang banget juga ketemu dirimu…

  1. wah pantesan aku kalo naroh pisang jadi busuk ternyata ga boleh hahaha btw aku uda buktiin sendiri kulkas LG mba awet dan dinginnya bikin sger selain pisang yang lainnya masih seger. makin jatuh hati dengan LG πŸ™‚

  2. Nah itu dia mbak, selama ini kl nyimpe sayuran 2 hari ajh pasti deh ada yg busuk. Ternyata rahasia nya “door cooling”, mesti nabung dl nih biar bisa beli lemari es LG Linear….

  3. Canggih banget yah kulkas terbaru dari LG ini, wajib punya nih buat saya sebagai ibu rumah tangga yang punya anak balita buat menyimpan buah dan sayur lebih lama.
    Makasih infonya mba.

  4. Inovasi LG selalu bikin happy konsumennya πŸ™‚ Sesuai dengan taglinenya ya Life’s good. Saya butuh lemari es seperti ini untuk mendukung gaya hidup sehat saya, hidup sehat dan hemat dengan LG!

  5. Keren bgt yak kulkasnya Mba. Langsung jatuh hati dan pengen bgt bawa pulang ke rumah. Enggak semua kulkas dpt menyimpan bhn makanan tanpa menurun kualitasnya. LG Linear series ini sepertinya menjadi kulkas idola bgt deh.

  6. ini tekhnologi modern banget ya mbak , dijamin kualitas makanan / sayuran yang disimpan dalam lemari es pas bakal tetap baik . bentuknya cakep banget lagi itu kulkas , bikin pengenn punya … hehehe

    1. Waaah, makasi Mbak Tuti. Ini malah dibilang suamiku masih jelek tampilannya. Ntar masih mau diperbaiki pelan-pelan. Btw, makasi udah berkunjung ke sini yaa

  7. di rumah kulkasnya belum LG sih, tapi fitur LG inverter ini top bangetlah, bisa hemat listrik dan desainnya elegan. lumayan buat referensi nanti kalau mau ganti kulkas baru. nice info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *