Ekosistem digital sudah merambah ke berbagai lini usaha. Contohnya seperti ekosistem digital pada perbankan yang bergerak maju mengikuti pesatnya perkembangan teknologi. Berbagai inovasi pun terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan masyarakat era digital akan berbagai kemudahan, termasuk dalam hal mengatur keuangan dan menabung. Pada artikel kali ini, saya akan review aplikasi blu cara menabung bagi digital savvy.

Pentingnya Kemampuan Mengatur Keuangan dan Menabung

Pandemi Covid-19 merebak pertama kali di akhir tahun 2019. Memang pada awalnya terjadi di Wuhan. Siapa yang sangka, virus Covid-19 tersebut dengan cepat menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Dampaknya luar biasa besar pula bagi perekonomian.

Dalam hal ini, saya tidak berfokus pada pandeminya, namun bagaimana kondisi keuangan pribadi kita masing-masing dan kesiapan kita menjalani hidup sehari-hari dengan aktivitas yang sangat dibatasi. Pandemi yang sudah hampir dua tahun ini dan belum bisa teratasi dengan baik, harusnya menyadarkan kita, betapa pentingnya mengatur keuangan dan menabung.

Oke, mungkin bagi kamu yang masih bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan bulanan secara rutin, hal ini bukan masalah besar. Namun bagi saya yang berprofesi sebagai penulis buku, konten kreator, dan freelancer, jelas akan bikin pusing.

Apalagi penghasilan pekerja freelance sangat tidak pasti. Kemampuan melakukan perencanaan keuangan yang baik, tahu cara menabung, dan kalau bisa melakukan investasi, akan sangat membantu melalui masa sulit seperti masa pandemi begini.

review aplikasi blu
Penting Merencanakan Keuangan untuk Memenuhi Berbagai Kebutuhan

Proses Mengelola Keuangan dan Aplikasi Tabungan untuk Digital Savvy

Proses merencanakan keuangan tentu dimulai dari melakukan pencatatan keuangan. Di sini, kita perlu memantau keluar masuk uang. Berapa uang yang kita terima sebagai pemasukan dan berapa uang yang seharusnya kita keluarkan. Apakah ada bagian yang bisa disisihkan di awal agar kita bisa tetap menabung?

Semua harus dihitung dengan baik. Jangan sampai terjadi pengeluaran lebih banyak ketimbang pemasukan. Sekurang-kurangnya uang di tangan, sebaiknya hindari pula melakukan hutang, terutama hutang konsumsi yang bukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun hanya demi gengsi dan gaya hidup.

Dengan kata lain, kalau ingin memiliki keuangan yang sehat dan bisa menabung, kita perlu melakukan pencatatan secara rutin dan detail. Memiliki pemasukan dan pengeluaran yang tercatat dengan baik, kemudian mampu mengelola uang yang ada, bahkan bisa berinvestasi, akan membuat kita mampu menghadapi situasi krisis apa pun yang terjadi.

Lalu, bagaimana cara menabung dan cara praktis mencatat keuangan? Di era digital seperti sekarang, sudah banyak aplikasi perencanaan keuangan dan aplikasi tabungan yang bisa kita manfaatkan hanya dengan menggunakan smartphone. Contohnya yang baru-baru ini saya kenal, yaitu aplikasi blu by BCA Digital.

Kenalan dengan Aplikasi blu

Kaum rebahan pasti akan senang dengan hadirnya aplikasi blu by BCA Digital. Pasalnya mendaftar di aplikasi blu tak memerlukan modal deposit awal dan dapat mendaftar hanya dengan rebahan. Lalu apa sih aplikasi blu itu? Hmmm… makanya baca sampai selesai ya review aplikasi blu ala saya.

Pertama kalinya tahu tentang aplikasi blu karena tak sengaja menemukan Instagram @blubybcadigital sekitar awal bulan Juni 2021. Penasaran dong. Baru pada bulan Juli ini, saya mendengar informasi launching produk baru BCA Digital, yaitu produk digital aplikasi blu.

Sebagai nasabah BCA sejak pertama saya punya rekening tabungan sendiri, tentu saja saya senang. Aplikasi blu by BCA Digital ini merupakan platform perbankan next-generation yang memungkinkan kita mengatur keuangan sendiri secara digital.

Ini jadi jawaban nih atas impian saya punya tabungan yang bisa diakses kapan saja saya membutuhkan, cepat, dan prosesnya cukup menggunakan ponsel.

Apa Itu Aplikasi blu?

Aplikasi blu adalah aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang didesain dan dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi generasi milenial yang digital savvy agar bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial melalui handphone atau smartphone.

Mengapa ada BCA dan BCA Digital? Apa perbedaannya? BCA Digital merupakan anak perusahaan dari Bank BCA dan berada dalam satu naungan BCA Group. Kalau Bank BCA mempunyai kantor offline, berbeda dengan BCA Digital yang brachless atau platform perbankan yang secara fisik tidak memiliki kantor.

Ya, semua serba digital sesuai namanya BCA Digital. Semua layanan dapat diakses melalui smartphone dengan kemudahan dan sistem sekuritas yang tinggi, wah kalau keamanan dari BCA Group memang sudah tak diragukan lagi.

Aplikasi blu by BCA Digital lahir dan menjadi bagian dari ekosistem digital perbankan, bisa juga disebut sebagai ekosistem digital blu. Infrastruktur yang dibangun dan dikembangkan BCA Digital tidak main-main, sebut saja seperti layanan call center BCA 24 jam tak hanya melayani kesulitan pelanggan saja, namun juga melayani informasi umum lainnya.

Fitur Aplikasi blu

Penasaran dengan informasi di awal adanya pengaturan keuangan secara digital melalui aplikasi blu, tanpa pikir panjang saya pun browsing dan menginstal aplikasi blu ini. Ternyata tak hanya satu atau dua fitur saja didalamnya, ada berbagai keuntungan yang saya gali lebih dalam. Biar tidak semakin penasaran, ini nih review aplikasi blu beserta fitur-fitur yang ada pada aplikasi blu sebagai platform perbankan next-generation:

bluAccount

Fitur bluAccount adalah akun utama dari platform aplikasi blu. Mudahnya, ini adalah halaman depan atau dashboard dari semua aktivitas dan fasilitas yang terdapat dalam aplikasi blu.

review jujur aplikasi blu
Menggunakan bluSaving kita bisa membuka 10 tabungan untuk merencanakan liburan, pendidikan, investasi, dan sebagainya.

bluSaving

Dalam fitur bluSaving, kita yang sudah terdaftar dalam bluAccount dapat membuat hingga 10 tabungan dengan tujuan yang berbeda-beda pula sesuai dengan rencana dan rancangan masing-masing tabungan.

bluGether

bluGether merupakan fitur terunik, karena pada fitur ini kita dapat membuka rekening bersama dan menabung dengan beberapa orang sekaligus. Yang membuka rekening bluGether disebut Creator, sedang yang diajak dalam rekening blueGether disebut member. Fitur bluGether dibuat sangat transparan baik untuk creator dan para membernya.

bluDeposit

Selanjutnya fitur bluDeposit yang bermanfaat sebagai rekening deposito. Rekening tabungan deposito bluDeposit bisa dipilih tenornya sendiri. Nominalnya bisa di top up, tabungan deposito berjangka ini minimal 10 juta dengan bunga 4%. Deposito dengan bluDeposit konsepnya Non Automatic Roll Over (Non-ARO) dengan lama tenor 1 sampai 12 bulan. Pencairan tanpa penalti jika sebelum jatuh tempo.

Fitur Lain di Aplikasi blu

Fitur yang ada pada aplikasi blu tak hanya yang sudah disebutkan di atas, ada juga fitur Cashflow yang dapat dilihat dengan detail sehingga terkesan rapi. Pemilik akun di aplikasi blu by BCA Digital dapat mengunduh laporan keuangan hingga dua tahun ke belakang.

Kaum rebahan bisa banget ya menggunakan fitur-fitur yang ada pada aplikasi blu, apalagi kalau mendaftar sebagai nasabah baru blu akan mendapatkan transfer gratis ke bank lain sampai dengan 20 kali dengan blureward. Mendaftar juga sangat mudah, hanya dengan KTP dan foto saja sudah bisa memiliki bluAccount kok, kurang lebih 15 menit sudah di approve.

Maskot Karakter Aplikasi blu

Pada Virtual Press Conference – virtual launching it’s blu day yang diadakan pada 22 Juli 2021 lalu, diperkenalkan tiga karakter yang ada pada aplikasi blu oleh Ibu Lanny Budiati selaku CEO Bank BCA Digital. Menurut saya tampilan blu memang menarik dan fresh ya, nuansa biru menunjukkan warna menenangkan.

Ternyata masing-masing karakter ini juga punya maksud tersendiri, melambangkan jiwa anak milenial, anak-anak zaman. Tiga karakter tersebut antara lain:

  1. Benni mengajak kamu agar Berani Investasi.
  2. Lebih Kaya, diwujudkan dengan karakter bernama Lea.
  3. Utamakan Tabungan, diwujudkan dengan karakter bernama Utta.

Ketiga karakter yang ada pada aplikasi blu mencerminkan perilaku Digital Savvy. Sudah tahu kan ya arti Digital Savvy? Kalau belum, digital savvy adalah masyrakat yang hidup dalam dunia yang sudah serba digital, kebanyakan memang anak-anak muda.

Klasifikasi digital savvy yang ada pada aplikasi blu mencakup:

  • Memiliki kemampuan literasi finansial yang sudah mapan dan menyiapkan dana untuk masa depan.
  • Pemahaman dan pengetahuan mengenai finansial yang independen yang memenuhi kebutuhannya secara pribadi dan gaya hidup independen.
  • Tingkat literasi finansial untuk yang belum bekerja, seperti mahasiswa yang pemasukannya belum pasti dan stabil namun harus tetap megatur keuangan secara baik.

Partner Aplikasi blu

Ngomong-ngomong, pada awal tulisan review aplikasi blu ini, saya ada menyebutkan tentang ekosistem digital kan, ya? Pengertian ekosistem digital ini adalah suatu model atau upaya menyatukan berbagai jenis industri yang berbeda-beda ke dalam satu organisasi baru. Di dalamnya tentu saja proses pendistribusian, adaptif, terbuka untuk menerima saran dan masukan, dan bersifat kolaboratif.

Nah langkah pertama yang dilakukan aplikasi tabungan dan perbankan blu untuk membangun ekosistem digital blu, yaitu dengan menjalin kerja sama dengan pihak lain, demi bisa memenuhi kebutuhan pengguna blu.

Itulah sebabnya, setelah blu resmi beroperasi sejak awal juli 2021, blu mengumumkan beraliansi dengan blibli sebagai partner ekslusif pertamanya pada virtual launching bertajuk it’s blu day dengan mengusung tagar #YangPentingLakuin. Blibli merupakan marketplace e-commerce ternama di Indonesia.

Menurut Lanny Budiati selaku direktur utama BCA Digital, dengan visi memprioritaskan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan menjadi alasan mengapa blu beraliansi dengan blibli. Target marketnya juga serupa, yaitu digital savvy dan generasi milenial yang sudah sangat fasih menggunakan dan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital saat ini.

Dalam rangka kolaborasi dengan aplikasi blu #blubuatbaik, blibli memberikan promosi khusus bagi nasabah blu di Blibli berupa cashback 100% ke Blipay sampai dengan Rp100.000 untuk periode 22-24 Juli 2021 dan 28-31 Juli 2021 bagi pelanggan yang membuka akun baru sebesar Rp500.000 dan diskon 50% untuk transaksi di Blibli selama perayaan 10 tahun anniversary 25-27 Juli 2021.

Menghubungkan aplikasi blu dan blibli juga sangat mudah, kita tinggal masuk ke aplikasi blibli dan ikuti langkah-langkahnya. Hanya membutuhkan beberapa menit untuk menghubungkan kedua aplikasi. Hal yang terpenting kedua aplikasi sudah menggunakan update terakhir sehingga icon aplikasi blu akan ada di aplikasi blibli.

review jujur
Proses buka rekening tabungan di aplikasi blu by BCA Digital cepat dan praktis

Cara Mendaftar Aplikasi blu

Mendaftar aplikasi blu tak harus menjadi nasabah BCA, pilih saja pilihan bukan nasabah BCA. Untuk lebih lengkapnya, begini cara mendaftar di aplikasi blu:

  1. Download aplikasi blu dengan smartphone yang kalian miliki melalui Play Store atau App Store. Linknya:
  2. Lalu install aplikasi blu.
  3. Siapkan KTP dan NPWP (bila ada).
  4. Ikuti semua langkah dengan lengkap dan baik, hingga tahapan foto KTP.
  5. Jangan lupa masukkan kode referral MONIC7FZ0 supaya kamu dan saya sama-sama dapat hadiah Rp250.000. Lumayan banget, kan?
  6. Ketika KTP sudah terfoto dengan baik, data akan otomatis terisi sesuai data di KTP
  7. Kemudian akan ada pilihan “Apakah kamu nasabah BCA?”, pilih ya jika iya. Bila bukan nasabah BCA, maka bisa memilih bukan nasabah.
  8. Isi data pekerjaan dan masukkan Nama Ibu.
  9. Setelah semua oke, melakukan video call dengan tim haloblu yang ramah untuk proses verifikasi. sebelum melakukan video call, pastikan jaringan internet di smartphone stabil agar proses tanya jawab mudah.
  10. Setelahnya tunggu paling lama 1×24 jam agar petugas dapat mengaktifkan akun yang kita buat.
  11. Langkah terakhir, verifikasi e-mail.

Buka Rekening di Aplikasi blu Mudah dan Cepat

Bagaimana? mudah bukan? proses pendaftaran akun di aplikasi blu by BCA Digital tak memakan waktu lama kok, kurang lebih prosesnya hanya 15 menit. Review jujur aplikasi blu ini saya tulis siapa tahu ada yang sedang mencari aplikasi tabungan atau aplikasi perbankan yang memudahkan, nah blu by BCA digital ini bisa kamu coba ya. Proses review aplikasi blu dari saya tak memakan waktu lama kok. Semua fitur kecuali bluDeposit sudah saya coba, keamanan pun terjamin.

Jika proses membuka rekening di bank offline memakan waktu lama, antri, serta banyak drama yang harus dilalui, maka menggunakan aplikasi blu by BCA Digital ini tidak akan merasakan drama-drama itu. Semua proses, mulai dari membuka rekening di aplikasi blu, melakukan transaksi, transfer, maupun aktivitas finansial lainnya, bahkan berbelanja di blibli jauh lebih mudah dan praktis.

Review jujur aplikasi blu versi saya ini juga untuk memberikan sekilas gambaran, manfaat, dan keuntungan dalam masa-masa pandemi seperti sekarang ini, dan mengangkat gaya hidup masyarakat dengan kebutuhan digital savvy dapat menyerap informasi sebaik mungkin. #blubuatbaik

 3,147 total views,  20 views today

45 KOMENTAR

  1. Di masa pandemi gini was-was juga jika harus ke bank. Apalagi kasus covid masih tinggi. Sempat kena juga jadi agak trauma kalo harus ke tempat publik. Aplikasi blu ini bisa jadi solusi agar tetap lancar bertransaksi meski di rumah saja.

  2. Praktis banget ya daftar aplikasi blu, nggak pake capek, sambil rebahan juga bisa. Apalagi saat pandemi gini, malas keluar rumah kalo nggak perlu-perlu amat. Asyik nih, saya jadi bisa nabung dengan lebih mudah. Biar uang hasil ngeblog nggak kepake mulu, kayaknya bakalan aman nih ditabung di blu by BCA Digital….

  3. Langsung instal blu setelah baca review artikel mba. Gampang banget ternyata dan langsung memanfaatkan bluSaving.

  4. Sebagai nasabah blu, aku juga merasakan kenyamanan dalam mengatur transaksi keungan nih, kak. Salah satu fitur yang aku suka adalah bluGether, dimana kita bisa punya tujuan tabungan bersama dengan teman maupun pasangan, hehe..

  5. Aku jugaa begitu daftar langsung excited sama blusavingnyaa kak mon.
    Karena emang lagi nyari yg kek gini nih. Ngebantu bangett. Jadi gausa buka banyak2 rekening untuk anggaran2 yang banyak itu ((ciee anggaran)) wkwkw. Ya maksudnya pos2 keuangan itulah. Mau dipake pendidikan, nabung, liburan. Jadi 1 rekening aja tapi tetepp kepisahh. Sukaa banget lah pokoknya. Jadi semangat nabung

  6. Aku juga sekarang pakai blu. Ini sebetulnya tabungan digitalku yang kedua. Tapi yang menjadi pembedanya, aplikasi blu lebih gegas di proses loadingnya. Sekarang blu ini jadi tabungan utamaku yang aku pakai untuk transaksi harian.

  7. Merencanakan keuangan penting banget ya mbak, apalaig di masa pandemi kaya sekarang ini. Aku masih suka bandel ga mencatat nih tapi kalau pos-pos pengeluaran sudah dilakukan.
    Aku jadi tertarik banget sama aplikasi blu, setelah baca ada fitur bluSaving jadi bisa buat perencanaan keuangan tanpa harus punya banyak rekening.
    Daftarnya juga mudah ya mbak ga harus ke bank.

  8. blugether ini yang memberi daya tarik buatku nih mba mon. Soalnya jadi memudahkan komunikasi keuangan sama suami. Nggak perlu pindah pindah rekening dan ngumpulin banyak rekening lagi, karena di blu semua jadi satu yaa.

  9. blu by BCA Digital ini sangat membantu kita mengola keuangan ya mbak mon
    semua transaksi keuangan bisa dilakukan secara mudah dan praktis, cukup dalam satu gengaman saja
    bluSavingnya membantuku untuk mengelola honor blogging, maklum freelancer memang harus pandai atur keuangan ya mbak

  10. Suka banget dengan adanya aplikasi BLU ini, sebagai pengguna BCA ada gebrakan macam begini bikin hepi.
    Blugethernya juga bisa buat sharing nih ama mas suam. Nggak kececer buat savingnya juga

  11. Sebenarnya untuk pengelolaan keuangan itu aku masih lemah banget. Hiks.. hehe. Baca-baca Blu by BCA Digital ini ternyata memudahkan transaksi dan lainnya ya. Lebih praktis ya kak. Coba lirik-lirik suami deh untuk mendalami lebih lanjut. Hehe

  12. Aplikasi blu sangat menarik. Fiturnya lengkap namun sangat user friendly. Kami berencana menggunakan blu untuk tabungan pemisah, dan juga bluGather untuk kumpulan dana orang tua di kelas anak-anak. Gak perlu repot buka banyak rekening, tapi semua terpisah dengan rapi, bahkan bisa dipantau bersama.

  13. Menarik sekali mengetahui adanya aplikasi yang memudahkan kita untuk mengatur keuangan secara digital. Saya jadi tertarik juga nih Kak Mon bisa buka rekening di BCA biar bisa menikmati aplikasi blu ini

    • Oh ya karena postingan ini dan banyak baca review teman2 lain juga yang sudah pake aplikasi blu ini saya jadi penasaran dan sekarang udah jadi nasabah bank BCA digital juga dong.

      Cara mendaftarnya mudah banget ya, praktis juga. Saya kemarin daftarnya malam nggak sampai berapa menit eh udah selesai. Senang juga nih dengan fitur2 yang ada di aplikasi blu, paling tertarik sama fitur bluSavingnya karena bisa bantu saya menabung berdasarkan pos2 keuangan sesuai kebutuhan

  14. Aku juga dah pake aplikasi blu by BCA Digital ini juga ding mba Monic. Suka banget sama fitur bluSavingnya. Bisa sampe bikin 10 post tabungan yaaa

  15. Asik nih adanya aplikasi BLU dari bca, karena sangat memudahkan untuk membuka rekening tabungan, lalu bisa pindah rekening dan masih banyak lainnya

  16. Tertarik sama fitur blusaving nih. Praktis dan menguntungkan banget buat nasabah. Jadi pengen buka rekening nih…

  17. aku sekarang udah mulai plot tabungan pakai blusaving. seneng banget, bunganya lebih gede lagi XD

  18. blu saving menarik banget mbak..bisa buat banyak tabungan. Jadi senua bia terkontrol nggak campur aduk jadi satu.

  19. Wah asik banget nih, fitur Cashflow dari blu. Pemilik akun di aplikasi blu BCA Digital dapat mengunduh laporan keuangan sampai dua tahun ke belakang. Jadi bisa ngecek seluruh transaksi meski udah lama. Jadi pengen nyobain juga.

  20. Keren ya aplikasinya. Perencanaan keuangan memang harus dari muda. Generasi milenial harus sdh menyusun rencana keuangan untuk masa depannya

  21. Aku setia banget sama BCA. Nggak pernah ribet & keamanan terjamin. Sekarang pakai mbankingnya yang legendaris. Barutau ada Blu yang lebih sesuai jaman. Harus nyoba ini. Thanks infonya.

  22. Aku setia banget sama BCA. Nggak pernah ribet & keamanan terjamin. Sekarang pakai mbankingnya yang legendaris. Barutau ada Blu yang lebih sesuai jaman. Harus nyoba ini. Thanks infonya.

  23. Wah ini ya yang namanya blu
    Kemarin sempat diinfo teman soal aplikasi ini
    Hanya saja masih bingung
    Ternyata bca di sini jadi lebih detil infonya soal blu
    Bahkan ada bluMusical juga yang menarik ditonton

  24. Intinya mirip M Banking BCA cuma versi lengkapnya dan tanpa harus setor tabungan awal ya, wuih asik bgt. Hadirnya aplikasi blu by BCA Digital makin memudahkan.

  25. Keberadaan blu patut diapresiasi fiturnya murni pakai teknologi digital. Mulai cara pendaftaran hingga verifikasi data sampai tabungan selesai dibuat semua melalui online. Bahkan buka tabungan dan buka deposito semua dilakukan semudah memainkan jari

  26. Keberadaan blu patut diapresiasi fiturnya murni pakai teknologi digital. Mulai cara pendaftaran hingga verifikasi data sampai tabungan selesai dibuat semua melalui online. Bahkan buka tabungan dan buka deposito semua dilakukan semudah memainkan jari

  27. Keberadaan blu patut diapresiasi fiturnya murni pakai teknologi digital. Mulai cara pendaftaran hingga verifikasi data sampai tabungan selesai dibuat semua melalui online. Bahkan buka tabungan dan buka deposito semua dilakukan semudah memainkan jari

  28. asik ya jaman sekarang belajar keuangan nggak ngebosenin kayak dulu hahaaa selain itu juga jadi lebih rapi laporan keuangan nya

  29. blu by BCA ini ternyata gak sekadar menabung biasa. Banyak fitur keren di dalamnya. Cocok banget buat generasi milenial yang memang melek digital

  30. Gara-gara banyak yang posting blu aku jadi ikutan daftar mbak, enak banget aku suka ini aplikasinya apalagi bisa buat nabung macem2 tanpa harus punya rekening banyak

  31. Harus banget instal BLU BCA nih, buat mengatur keuangan, biar ngga bocor sana sini nggak jelas hahaha.

    Akhirnya menemukan semacam aplikasi pengatur keuangan yang lengkap dan tersingkron langsung dengan rekening.

    Keren pokoknya 🙂

  32. mengatur keuangan secara digital udah nggak ribet ya mba, sekarang ada blu bikin makin semangat berbenah keuangan

  33. Digital savvy pasti terbantu banget dengan aplikasi ini. Cukup dengan punya satu akun saja bisa langsung mengatur keuangan sesuai target yang telah ditetapkan. Ga perlu buka beberapa tabungan secara terpisah.

  34. Kayaknya harus download juga aplikasi Blu ini. Apalagi dari bank BCA yang sudah tak perlu diragukan lagi kualitas bank nya ya mba

  35. dengan fitur-fitur yang ada di aplikasi blu ini kita jadi lebih mudah mengatur keuangan ya Kak, menabung juga jadi lebih terarah dengan adanya bluSaving yang memungkinkan kita menabung sesuai tujuan ya.
    saya juga udah buka tabungan di blu by BCA ini dong 🙂

  36. Bener banget kak, meski pandemi berpengaruh terhadap penghasilan kita sebagai freelancer tetapi kita juga harus mampu mengatur keuangan. Saya pun sudah mendownload aplikasi blu, biar makin semangat menabung utk mewujudkan impian

  37. Kece nih aplikasi blu. Aku dah daftar dan cepet banget punya akun tabungannya. Tinggal diisi aja buat nabung, siapa tahu bisa buat buka usaha nanti hehehe…

  38. layanan BCA memang paling di depan, aplikasi BCA yang biasa saya pakai aja kayaknya udah paling mantap banget tuh, apalagi sekarang tambahan ada Blu, nggak diragukan lagi sih kalau bca yang buat

  39. senang banget deh, di masa pandemi ini kita gak perlu pusing ke bank untuk buka rekening karena udah ada aplikasi blu BCA ini

  40. Seorang freelancer memang harus bisa mengatur keuangannya dengan baik imulai dari pencatatan sampai saving2 dan investasi ya mbak.
    Aku juga tertarik pengen buka rekening Blu ini, gak usah rempong buka di bank bisa langsung pakai aplikasi aja. apalagi masih satu grup ma BCA biasanya fitur dan pelayanannya ok.

  41. Sebagai pengguna BCA sejak remaja, aku tertarik juga nih baca Blu.Bebas bea nyetor dari BCA ke Blu? Aku tertarik juga karena bisa mengecek seluruh transaksi selama dua tahun ke belakang, jadi bisa buat evaluasi pengeluaran ini

  42. Sebagai pengguna BCA sejak remaja, aku tertarik juga nih baca Blu.Bebas bea nyetor dari BCA ke Blu? Aku tertarik juga karena bisa mengecek seluruh transaksi selama dua tahun ke belakang, jadi bisa buat evaluasi pengeluaran ini

  43. Keren nih BCA. Punya jenis tabungan digital yang semua-muanya bisa dilakukan dari aplikasi. Dari mulai pembukaan hingga berbagai transaksinya. Pas banget ya dengan tuntutan kebutuhan kita sekarang yang melakukan apa pun dari rumah. Pastinya bikin berbagai transaksi keuangan jadi praktis, mudah, dan cepat. Jadi tergoda kepengen bikin nih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here