Tips Mengatasi Kulit Kering pada Bayi dan Balita dengan Krim Wajah untuk Bayi

“Kulit Jedd dan Bianca kering banget nih,” keluh Mama Yuyun, adik saya yang nomor 3, di grup chat keluarga. Lalu adik lainnya memberi saran kalau mau mengatasi kulit kering pada bayi, ya gunakan krim wajah untuk bayi.

Masalahnya, memilih skincare khusus bayi dan balita jelas tidak bisa sembarangan. Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga sering mengalami masalah kulit kering. Penyebabnya bisa banyak, mulai dari suhu udara, nutrisi pada makanan kaya serat, jenis kulit bayi yang memang kering, polusi, udara di rumah terlalu kering karena sering menyalakan AC, dan sebagainya.

Jadi, apa yang harus dilakukan ketika Mom mendapati kulit bayi terlihat kering, bersisik, atau malah sampai mengelupas saking keringnya? Pada artikel kali ini, saya mau berbagi cerita cara mengatasi kulit kering pada bayi dan balita.

krim wajah untuk bayi

 

5 Cara Mengatasi Kulit Kering pada Bayi dan Balita

Karena banyak ponakan yang masih bayi dan balita, serta sering mengalami masalah kulit kering, akhirnya saya jadi banyak mencari referensi dan menambah pengetahuan cara mengatasi kulit kering pada bayi dan balita. Nah, berikut ini 5 tips merawat kulit bayi agar jangan sampai kering yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Amati Ada Tidaknya Gejala Alergi

Ketika kita melihat kulit bayi dan balita mengalami perubahan, misalnya tampak kering dan mengelupas, ada ruam dan anak jadi rewel karena merasa gatal, maka bisa jadi ini gejala alergi.

Alangkah baiknya untuk mengetahui secara pasti penyebab terjadinya perubahan kulit ini dengan mengunjungi dokter anak dan melakukan tes alergi. Menghindari pemicu yang menyebabkan munculnya gejala alergi jadi solusi terbaik.

2. Kulit Menjadi Kering Karena Berada di Ruangan Bersuhu Kering

Kulit bayi jadi tampak kering dan bersisik, baik kulit wajah kering, kulit bagian tangan, atau bagian tubuh lainnya, bisa jadi karena terlalu sering berada di ruangan tertutup dan AC selalu menyala. Sama halnya seperti orang dewasa, bayi dan balita yang selalu berada di ruangan ber-AC juga bisa mengalami kulit wajah kering.

Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan krim wajah untuk bayi. Contohnya, kita bisa menggunakan Mama’s Choice Baby Daily Nourishing Face Cream, Krim untuk Kulit Wajah Bayi Kering. Selain itu, jaga suhu udara di ruangan tetap lembab dan sejuk. Sesekali, ajaklah anak untuk bermain di ruang keluarga atau bermain di taman.

3. Penuhi Asupan Cairan Bayi

Cara mengatasi kulit kering pada bayi dan balita juga bisa dengan memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan anak. Untuk bayi dengan usia di bawah 6 bulan, tentu asupan ASI yang cukup akan mencegah bayi mengalami dehidrasi dan kulit kering.

Sementara untuk anak yang usianya lebih dari 6 bulan hingga 5 tahun, kita bisa memenuhi asupan cairan dalam bentuk air putih, susu, atau cairan alami dari buah-buahan yang bisa membantu melembabkan kulit dan mencegah anak kekurangan cairan.

mengatasi kulit kering

4. Perhatikan Air Mandi dan Durasi Waktu Mandi

Karena khawatir bayi atau balita mengalami kedinginan kemudian masuk angin, kebanyakan Mom malah menyiapkan air mandi dengan suhu yang lebih panas. Nah, memandikan anak dengan air bersuhu yang lebih panas menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah kulit kering pada bayi.

Suhu yang bagus untuk memandikan bayi dan balita itu adalah yang suhunya hangat atau suam-suam kuku. Tidak dingin, tapi tidak juga sampai terasa panas. Selain itu, sebaiknya durasi waktu mandi juga tidak terlalu lama sehingga kulit anak tidak jadi kering dan bersisik.

5. Gunakan Skincare Khusus Bayi dan Krim Wajah untuk Bayi

Supaya kulit bayi tidak kering, Mom bisa secara rutin menggunakan pelembab khusus bayi pada bagian tubuh, tangan, dan kaki. Sementara untuk wajah, gunakan krim wajah untuk bayi yang mengandung aloe vera, serta vitamin, berbahan organik dan wajib sudah teruji klinis aman digunakan untuk anak kecil.

Tujuan penggunaan pelembab dan krim wajah khusus untuk bayi agar kulit bayi tetap sehat dan tidak mengalami kekeringan. Untuk mencari tahu cara lainnya, coba cek juga tips memilih pelembab dan krim wajah bayi untuk kulit kering di sini!

krim wajah untuk bayi

Review Mama’s Choice Baby Daily Nourishing Face Cream yang Efektif Mengatasi Kulit Kering pada Bayi dan Balita

Bianca dan Jedd, dua keponakan saya yang tinggal di Sentul, ternyata punya kulit yang sensitif cenderung kering sejak lahir. Hal ini saya ketahui dari Mama Yuyun, adik saya yang nomor 3. Selain sensitif, keduanya juga punya alergi. Kalau salah makan terutama makanan yang memicu alergi atau perubahan cuaca akan muncul kemerahan dan jika dibiarkan akan semakin parah dan menjadi eczema.

Baru-baru ini, Mama Yuyun kenalan dengan Mama’s Choice Baby Daily Nourishing Face Cream. Bianca dan Jedd kemudian secara rutin menggunakan face cream dari Mama’s Choice ini. Yang mengejutkan, eczema Jedd jadi jarang muncul lho.

Karena sudah mengalami sendiri manfaat Mama’s Choice Baby Daily Nourishing Face Cream, akhirnya Mama Yuyun jadi makin rajin menggunakan pelembab wajah untuk bayi ini dan menjadikannya sahabat terbaik bagi kulit Jedd yang sensitif. Selain bisa memberikan nutrisi yang baik, bebas alkohol, menghidrasi, juga dapat melembabkan sehingga kulit Jedd tidak kering dan gatal.

Oh ya, yang membuat Mamanya Jedd jatuh cinta dengan baby face cream dari Mama’s Choice ini adalah kemasannya yang praktis sehingga bisa dibawa ke mana pun, wanginya menyenangkan dan tidak mengandung alkohol, dan teksturnya tidak bikin kulit Jedd maupun Bianca jadi terasa lengket.

krim wajah untuk bayi

Kandungan dan Manfaat Krim Wajah untuk Bayi Mama’s Choice Daily Nourishing Face Cream

Pelembab untuk mengatasi kulit kering pada bayi, yaitu Mama’s Choice Baby Daily Nourishing Face Cream, ternyata sudah teruji secara klinis di laboratorium terpercaya di Singapura. Hasil ujinya menyatakan produk aman bagi kulit wajah bayi dan balita berusia 0 bulan – hingga anak balita berusia lebih dari 3 tahun.

krim wajah untuk bayi

Sementara kandungan alami dan manfaat Baby Daily Nourishing Face Cream by Mama’s Choice, antara lain:

  • SUNFLOWER – kaya akan Omega-6 yang dapat menenangkan kulit dan menjaga barier alami kulit.
  • CERAMIDE – melindungi dan memberikan rasa nyaman pada kulit yang sensitif.
  • SWEET ALMOND – Mengandung antioksidan dan melembabkan kulit yang kering.
  • ALOE VERA – Pelembab istimewa yang mkaya akan vitamin A, E, magnesium dan seng, yang bisa menenangkan dan merawat kukit kering pada bayi.

Semoga sharing saya dan Mama Yuyun ini dapat membantu para mama yang worry akibat kulit buah hati mengalami masalah sensitif dan kering. Oh ya, kalau mau seperti saya yang tidak khawatir lagi dengan kulit Jedd dan Bianca, Mom bisa kok mendapatkan produk ini dengan harga pembelian yang lebih hemat. Langsung klik saja link ini: Mama’s Choice Baby Daily Nourishing Face Cream.

HAPPY BABY! HAPPY MAMA!

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

28 pemikiran pada “Tips Mengatasi Kulit Kering pada Bayi dan Balita dengan Krim Wajah untuk Bayi”

  1. Ahhh ini produk terbaru ya mbak dari Mama’s Choice. Hampir semua produk Mama’s Choice aku dan anakku pakai. Asi boosternya ngefek banget di aku. Sabun n lotionnya juga anakku suka. Next face cream ini pasti jadi skincare wajib anak2ku nih.

    Balas
    • Mama choice ini produknya lengkap banget. Dari yang untuk ibu hamil sampai melahirkan, juga untuk anak-anak.

      Saya pernah pakai yang cream stretch mark, dan anak saya pakai yang ruam popok.

      Belum lagi ada pembersih, deterjen dan lainnya. Suka banget karena aromanya enak, lembut di kulit.

      Dan sekarang ada cream untuk kulit kering. Mantul pisan. Jedd sama Bianca pasti seneng nih, ya. Mama Yuyun juga enggak perlu khawatir lagi anak-anaknya kulit kering bawaan lahir.

      Balas
  2. Waah, bisa nih buat rekomendasi kado temen yang baru aja lairan. Baru tahu aku kalau ternyata bayik pun butuh krim wajah ya, Mama’s Choice emang mantul semua sih produknya

    Balas
  3. Kasihan kalau anak-anak kena masalah kulit, terutama mengarah ke eczema. Duh kebayang gatel dan pasti rewel.
    Buat yg tinggal di Jkt jadi serba salah ya, engga pakai AC sumuk, biang keringat, pakai AC, kulit kering.
    Untungnya udah ada Mama’s Choice…

    Balas
  4. produk mama’s choice memang bagus-bagus ya, mbak. mana produknya juga nggak cuma buat bayi tapi buat ibunya juga ada

    Balas
  5. Kulit pada bayi emg sensitif banget sih. Kalo mama ngga bs pilih2 produk perawatan bayi yang bener, bakal bikin masalah tuh kulit bayinya.

    Untung banget produk keluaran Mama’s Choice ini udh teruji klinis. Jadi kita sbg keluarga udh ga was2 utk ngasih perawatan ke si kecil.

    Balas
  6. keren nih ada produk pelembab untuk bayi, makin halus dan lebut, apalagi untuk anak kecil tidak boleh sembarangan, untuk kesayangan jangan coba coba, kandungan pada produk ini juga sangat banyak

    Balas
  7. Wahh baru tahu kalo MC ada face cream buat bayik. Bener deh kalo bayi tuh kulitnya sensitif jadi harus hati-hati pilih produk. Kalo Mama’s Chpice mah udah langganan juga, dan emang aman banget. Apalagi aman buat newborn yah? Wajib coba ini mah!

    Balas
  8. Durasi mandi ini nih, yang suka bikin gemesss kalau ponakan daku lagi mandi. Soalnya dia itu agak lama gitu, padahal ternyata memang gak boleh ya lama² biar kulitnya gak kering.

    Balas
  9. Baru tahu nih kak kalau memandikan baby dengan air panas bikin kulit kering, jadi ingat pengalaman puluhan tahun silam saat mandikan bayik selalu pakai air panas. Bersyukur ya sekarang ada produk Mama’s Choice dengan kandungan alami supaya kulit baby tidak sensitif dan kering. Mahmud wajib punya persediaan di rumah nih.

    Balas
  10. Wah bisa jadi solusi nih buat yang anaknya punya kulit kering.. kenapa nggak ada dari dulu ya? huhu.. dulu aku sempet kesulitan cari krim yang cocok karena kulit anakku juga kering

    Balas
  11. Sekarang ada juga yaa skincare khusus bayi, jadi udah bisa perawatan sejak dini ya, kulit tetap terjaga

    Balas
  12. wah aku jadi tergiur untuk mencoba produk mama choice yang satu ini. Aku selalu salut dengan mama’s choice yang concern untuk memenuhi kebutuhan mom and baby nya

    Balas
  13. makin banyak ya sekarang produknya dari Mama’s Choice ini mba Mon, yang pastinya bakal bantu banget memenuhi kebutuhan mom dan si kecil. termasuk produk Daily Nourishing Face Cream ini buat si kecil. Bisa saya rekomendasikan ke saudara saya yang punya anak kecil yang mainnya malahan di luar mulu seharian dan juga kalau mandi bisa sejam dua jam main air

    Balas
  14. produk perawatan untuk bayi memang difokuskan sekali yang lembut dan nyaman dan mama;s choice ini memang kencang banget ngeluarin produknya ya

    Balas
  15. Anak-anak juga ternyata butuh skincare ya Mbak, apalagi untuk wajah, secara kulit mereka sensitif ya.
    Mama’s Choice nih paling mengerti kebutuhan Mama dan Baby, selalu menghadirkan produk yang dibutuhkan.

    Balas
  16. Memang untuk bayi penggunaan krim tidak boleh sembarangan ya, Mbak. Karena kulit bayi masih sangat sensitif. Jadi perlu sekali dikenali gejalanya, kenapa buah hati kita kulitnya kering. Dan bagus nih, krimnya. Bisa dibawa ke mana-mana pula. Karena pengaruh kulit kering pada bayi, pastinya bisa terjadi di luar rumah. Misalnya saat staycation.

    Balas
  17. Ah iya mbak, merawat kulit bayi emang harus ekstra hati-hati ya
    Harus pilih produk yang tepat
    Seperti saja Mama’s Choice Baby Daily Nourishing Face Cream ini

    Balas
  18. Noted nih Mbak, ini produk terbarunya Mama’s Choice ya? Emang memilih skincare buat bayi itu wnggak boleh sembarangan, harus cek ricek kandungannya juga.

    Balas
  19. Seneng banget sekarang yang punya baby ada mama choice, perawatan untuk bayi yang lengkap dan aman bagi kulit.

    Balas
  20. kulit kering bayi kalau dibiarin juga bisa bikin mereka ga nyaman juga yaa mba.. anakku pernah ngalamin alergi2 tapi syukurlah ngga sampai kering banget gitu. sekarang buibu enak nih sudah bisa pakai mama’s choice, harganya juga lebih bersahabat

    Balas
  21. Produk Mama’s Choice memang rekom banget nih buat mom dan si kecil. Lengkap pula produknya ya ..Yang Baby Daily Nourishing Face Cream by Mama’s Choice ini produk baru kah kak? Boleh juga nih pengen coba. Makasih untuk tips mengatasi kulit kering pada si kecil, bermanfaat sekali…,🙏🙏🙏

    Balas
  22. tipsnya bakal berguna banget nih buat ponakan, kebetulan punya ponakan balita yg usianya masih dibawah 3 tahun

    Balas
  23. Penyeban nomor 1, anakku banget! Anaknya tu alergi udara panas. Biasanya kulit bada sama dahinya langsung merah. Nah, yang bagian dahi itu sampai kering dan mengelupas. Pokoknya dahinya nggak pernah halus deh. Mungkin perlu produk ini ya kayaknya buat ngademin kulit dahinya.

    Balas
  24. Wah, iya betul.
    Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika memiliki anak bayi. Dari mulai aktivitasnya dan cara merawat kulit agar tetap terjaga kelembutan dan kesehatannya. Mama’s Choice Baby Daily Nourishing Face Cream bikin nyaman dan sehat pada kulit bayi. Produk terpercaya dari Mama’s Choice.

    Balas
  25. aduh aku termasuk yang cocok sama prouknya mama’s choice nih mbak, kalau face cream ini belum pernha cobain sih, bisa nih dimasukkan ke daftar belanjaan buat anak bulan ini

    Balas
  26. Produk yang tidak boleh absen nih di rumah sampai usia anaknya 5 tahun
    Bahkan usia di atasnya masih pakai produk Mama’s Choice karena wanginya aman dan khasiatnya oke

    Balas
  27. gemasnya si adik kecil, hihi. kandungan Mama’s Choice aman-aman semua yah ini Mba Mon, udah pasti aman dan cocok untuk kulit kering bayi maupun balita. selain memang kudu memperhatikan sekitar dan faktor lain yang menjadi penyebab mengapa bisa kering.

    Balas

Tinggalkan komentar