Tips perawatan rambut rontok jadi tema artikel saya kali ini. Alasannya tentu saja karena rambut yang rontok sering kali bikin hati waswas dan cemas. Hayo ngaku saja, bagaimana perasaan kamu saat menyapu lantai dan menemukan setumpuk rambut yang bertebaran di mana-mana?

Saya pribadi mengalami hal ini dan sempat khawatir kepala saya akan jadi botak gara-gara rambut yang rontok parah. Apalagi hampir tiap pagi saat menyapu lantai kamar, selalu saja saya menemukan ada begitu banyak helai rambut yang bertebaran di lantai. Dan ini membuat sedih lho.

Rambut saya dulu tebal sekali, sampai kalau ikat rambut mesti pakai karet tiga biar karetnya tak gampang putus, atau pakai karet yang terbuat dari kain gitu. Rasanya sayang sekali kalau rambut yang tadinya tebal jadi menipis akibat rambut rontok, atau malah sampai botak. Duh, jangan sampai deh. Akhirnya, saya pun mulai mencari tips perawatan rambut rontok

Penyebab Rambut Rontok

Pada saat mencari referensi atau artikel yang mengulas tentang tips perawatan rambut rontok, saya menemukan kalau rambut rontok itu ada beberapa faktor penyebabnya. Nah, sebelum mengatasi rambut rontok tersebut, harus diketahui dulu penyebabnya.

1. Faktor Genetik

Rambut rontok bisa disebabnya adanya faktor genetik, bisa dari ibu atau dari ayah. Jadi kalau salah satu atau kedua orang tua kita punya riwayat rambut rontok maka tak menutup kemungkinan kita juga bisa mengalaminya. Faktor genetik ini disebut juga Androgenetic alopecia. Meskipun disebabkan faktor genetik, tetap bisa kok rambut rontok tersebut di atasi dengan perawatan rambut rontok yang tepat.

2. Keseimbangan Gizi Makanan

Penyebab berikutnya yang bisa menjadi penyebab rambut rontok adalah keseimbangan dari gizi makanan yang kita konsumsi setiap hari. Coba deh perhatikan asupan makanan sehari-hari, apakah kandungan gizinya sudah lengkap ataukah ada yang kurang. Kecukupan konsumsi protein, mineral, juga vitamin sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut dan bisa mengatasi rambut rontok.

Ngomong-ngomong, beberapa bulan belakangan saya memang sedang diet ketat dan sepertinya cara diet saya yang menghindari daging, protein, dan susu menjadi penyebab utamanya. Kalau diingat-ingat lagi, memang sejak saya mulai diet, jumlah helai rambut yang rontok memang semakin banyak.

3. Stres

Katanya nih kalau kita stres karena tekanan pekerjaan maka bisa jadi penyebab rambut rontok juga lho. Stres akan membuat keseimbangan hormon di tubuh ikut terganggu. Apalagi nih kalau ditambah sering begadang.

Kalau stres ini tak segera diatasi dan begadangnya tak dikurangi maka bisa menyebabkan rambut rontok semakin parah. Perawatan rambut rontok yang paling utama dalam hal ini adalah mengatasi stres terlebih dahulu sembari melakukan perawatan rambut dengan produk-produk yang memang khusus untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok.

Tips Perawatan Rambut Rontok

Nah setelah tahu penyebab rambut rontok, barulah saya mulai merangkum beberapa tips perawatan rambut rontok. Dari tips perawatan rambut rontok yang saya tuliskan di artikel ini, sebagian besar sudah saya coba dan perlahan hasilnya mulai kelihatan.

1. Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Ada banyak bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi serta mencegah rambut rontok. Beberapa di antaranya, lidah buaya, kemiri, minyak urang-aring (ini menghitamkan sekaligus menyehatkan akar rambut), buah alpukat, juga jeruk nipis.

Bahan-bahan alami ini tinggal dioleskan saja di rambut sesaat sebelum keramas. Setelah pengolesan, diamkan agar bahan alami bisa meresap dan membantu menjaga kekuatan akar rambut. Diamkannya jangan lama-lama, cukup 15-20 menit saja. Lalu bilas sampai bersih dan keramas seperti biasa.

2. Perhatikan Keseimbangan Gizi Harian

Karena sayanya lagi berusaha menurunkan berat badan, sementara tubuh tetap butuh asupan protein sebagai salah satu cara perawatan rambut rontok, akhirnya saya kembali minum susu. Tapi susunya mesti dipilih yang kaya protein, namun rendah lemak. Selain itu, saya jadi suka konsumsi kacang-kacangan sebagai pengganti nasi, contohnya edamame.

3. Mengelola Kesehatan Emosi

Untuk mengurangi stres dan menjaga keseimbangan hormon, saya menerapkan “membuang emosi negatif dan tekanan di hati” melalui tulisan. Saya menulis semua hal-hal yang saya alami di jurnal. Semakin rutin saya menulis, semakin mudah saya mengendalikan tingkat stres yang tinggi akibat tekanan deadline naskah yang di awal tahun ini bertubi-tubi (Thank you, God… awal tahun sudah dikejar-kejar deadline ya, hahaha).

Hanya saja, saya masih belum bisa nih mengurangi kebiasaan begadang karena otak dan pikiran saya lebih aktif di malam hari. Akhirnya upaya berikutnya yang saya lakukan adalah berusaha tidur minimal 7 jam sehari (yah, walaupun katanya tetap masih kurang sehat kalau tidur 7 jam tapi jam tidurnya berubah jadi pagi hingga siang hari).

4. Perhatikan Penggunaan Produk Perawatan Rambut

Karena rambut yang rontok itu cenderung kering maka hindari penggunaan peralatan styling yang menggunakan hawa panas, seperti hair dryer untuk mengeringkan rambut. Kalau sering pakai hair dryer maka rambutnya bisa jadi makin rontok. Untuk sementara sampai rambut kamu sehat lagi, keringkan rambut secara alami saja ya, pakai handuk atau kipas.

5. Jaga Kebersihan Rambut dengan Produk Perawatan Rambut Rontok yang Tepat

Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Kalau sering berada di luar rumah dan di udara terbuka, maka rajin-rajin cuci rambutnya dengan produk perawatan rambut rontok yang tepat. Kulit kepala dan rambut yang kotor bisa jadi penyebab rambut rontok lho.

Oh ya, saat ini ada cukup banyak produk perawatan rambut rontok yang sudah tersedia di pasaran. Kita bisa memilih yang sesuai dengan jenis rambut dan yang cocok juga dengan kulit kepala kita. Jangan sampai menggunakan produk yang sebenarnya tidak cocok, tapi tetap diteruskan hanya karena sayang. Nanti makin rusak dan makin rontok rambutnya.

Oke deh, semoga tips perawatan rambut rontok ini bisa berguna dan bisa membantu kamu yang saat ini rambutnya juga rontok seperti saya ya. Semoga setelah ini, rambut kita kembali tebal dan tak rontok lagi.

2,150 total views, 1 views today

SHARE
Previous article7 Manfaat Bikin Resolusi di Awal Tahun
Next articleBerani Mengambil Risiko dan Timing yang Tepat

31 COMMENTS

  1. Untuk yg punya rambut keriting dan berhijab kayak aku tentu butuh bgt perawatan rambut biar gak rontok. Sejauh ini aku fokus ke memilih produk yg sesuai dgn rambut aku sih. Gak tau pulak ternyata emosi yg gak stabil bisa mempengaruhi kerontokan pada rambut. Wew… Ngeriii

  2. saya waktu semester 2-5 gondrong kalo di sebut pria berambut panjang layaknya cwek, nah karena dulu saya di rekomendasikan ke teman beli sampo metal untuk memanjangkan rambut agar cepat gondrong. BTW sampo metal itu sampo merawat total, namun siapa sangka setiap pagi saya cuci rambut pake sampo lalu seminggu sekali berikan vitamin rambut akhirnya setiap mau tidur pasti melihat di bantal ada rambut rontok 🙁

  3. Ternyata stress juga bisa menyebabkan rambut rontok ya. Btwa saya mengalami rambut rontok parah itu waktu hamil anak pertama, mungkin bawaan hormon juga kali ya. Jadi setiap sapu lantai itu pasti saja ada rambut yang rontok. Syukur kalau bisa menemukan produk yang tepat untuk mengatasi rambut rontok.

  4. Jadi inget rambutku. Sempet rontok. Pas udah sembuh sekarang ketombean mbak. Dan aloe vera jadi jawabannya. Hasilnya masih nunggu…

  5. Kebetulan istri juga rambutnya rontok karena faktor genetik kak, jadi selama ini hanya di maintain perawatan ringan saja untuk meminimalisasikan kerontokkannya, syukurnya berkurang. Tapi selain genetik, faktor stress juga memang ngaruh ya.

  6. Whaini mbak, masih kesel banget kalau ingat tentang si rambut rontok. Punyaku bikin kesal banget plus ketombe. Duh, kudu sabar, aku pake lidah buaya. Ntah lihat nanti hasilnya kayak apa..

  7. Saya mengalami rambut rontok pas sakit typus, Mbak Monica. jadi tiap hari rontok. Makanya saya memutuskan cukur plontos saja hehehe. Dan kebetulan soal perawatan rambut, saya tidak ribet. cukup sampo tiap hari. Bahkan bisa gonta-ganti merek sampo hehehe.
    Hanya belum tau nih, apa bapak dan ibu saya ada riwayat rambut rontok hehehe.

  8. Wahh kalo diinget inget sihh, seringnya karena stress si wkwk
    Akibat manajemen waktu yg masih buruk

  9. Paaasss banget mampir ke tulisan Ka Mon yang ini.

    Belakangan rambut rontok banget. Sepertinya harus coba ganti shampoo dulu deh.

  10. Itu yg pola tidur mirip aku mbak. Otak saya baru bisa efektifnya malam hari, padahal butuh banget istirahat utk stamina yg lebih baik. Ternyata itu berpengaruh juga ya utk rambut rontok.
    Faktor pertambahan usia juga memengaruhi mbak. Semakin bertambah usia, rambut juga mulai rontok dan cenderung menipis dibanding sebelumnya *pengalamanku klo ini 🙂

  11. Saya yang tidak mengerti, jika wanita usai melahirkan tu, kenapa kebanyakan rambut pada rontok ya?

    PR banget nih buat saya mengatasi rambut rontok, perlu nyoba tipsnya Kak Monica. Makasih Kakak.

  12. Mksh y mbak buat tipsnya. Aku juga mempunyai rambut yg rontok. Tau jga sich kalo bsa diobati dg bahan alami kayak lidh buaya. Tapi ya itu. Susah jga nyari bahan alaminya. Akhirnya memilih pake shampo yg cocok aja. Dan kalau kelewat rontok dan rambut udah panjang, potong dech. Hehe

  13. Aku kaget ternyata selain salah produk sampo ternyata rambut rontok dari emosi juga yah. Ngaruh banget ternyata mbak. HArus sabar nih hahahah

  14. Aku Juga sering rontok nih.. mungkin karena sering dalam kondisi tertutup, jadi pengap tuh rambut, wkwk. Harus dipraktekkan nih tips dari mbak Monica. Makasih ya mbak.

  15. Rambut rontok itu emang bikin geregetan mbak, soalnya nyampah apalagi di rumah dan wc. Rasanya pengen botak aja kalo pas rontok

    • Haha iya bener juga. Saya juga greget banget kalau mengalami rambut rontok. Rasanya nggak ada habis-habisnya lantai yang dipenuhi dengan rambut rontok padahal sudah disapu berkali-kali.

  16. Ka Monic pakai produk untuk mengatasi rambut rontok nggak? Boleh nih kapan-kapan review produk untuk rambut rontoknya di blog. Kalau aku udah tipis, tiap nyisir ada aja yang rontok lagi, suka gemes 😀

  17. Kalau saya saat rambutnya pendek, rambut gak gampang rontok pas udah mulai panjang sebahu baru deh mulai rontok, mungkin karena sering diikat jadinya butuh perawatan ekstra buat rambut panjang saya nih

  18. Ternyata, mengontrol emosi jg bisa ngurangin rambut rontokkk. Tapi kalo saya lebih ke rambut panjang sampai ke pinggul mb entah kenapa rontok trus, jd saya pangkas smpai bahu. kata orang buang sial hhi

  19. Kebayang sih stressnya kalo rambut panjang pasti keliatan banget banyak rambut yang rontok.. saya pernah soalnya gondrong pas jaman kuliah. Sekarang sih suka sama rambut pendek, mungkin juga masih pada rontok cuma gak terlalu terlihat.. Mau juga perawatan rambut nih biar sehat terus 🙂

  20. Saya mulai merasakan rontok banyak saat menyusui. Memang banyak yang bilang kalau itu normal. Tetapi, lewat masa menyusui, tetap masih suka rontok. Sepertinya memang mulai merasa capek dan makan kadang-kadang gak benar. Jadi memang harus terus mengelola stress dan juga asupan makanan

  21. Rambut saya sempat rontok pas pake shampo yang salah, kemudian saya mengganti dengan shampo lain. Yang duta shampoo nya anggun hehe

  22. Rambut saya juga rontok Mbak. Banyak banget pokoknya setiap nyisir itu kalau dikumpulkan. Dapat tips ini semoga bisa mengurangi kerontokan yang selama ini saya alami

  23. Anakku tuh rambutnya rontok terus. Kusuruh potong rambut nggak mau. Hair spa males. Nyapunya jadi kerepotan. Apa stress karena belajar ya? Hmmm…. Anyway, makasih tipsnya. Coba kuterapkan ke anakku.

  24. Ternyata gampang emosian juga bikin rambut rontok yaa? Hrs dicoba nih tipsnya kak buat bikin ramuan anti rambut rontoknya.

  25. Tadinya rambutku panjang banget mba, berhubung rontok ya akhirnya kupotong sampai sebahu aja. Lumayan juga jadi berkurang rontoknya, tentu saja diimbangi dengan perawatan. Kalau panjang tuh rasanya kan ngenes ya melihat rambut pada tergeletak di bantal dan lantai gitu.

  26. Rambut saya dan suami rontok parah. Nah baca-baca penyebabnya kami jadi mikir poin yang mana yang menyebabkan kerontokan kami. Kalau stress karena pekerjaan sepertinya enggak.

  27. rambutku juga rontok mbak mon, sejak berjilbab tambah nemen lagi rontoknya, mungkin slain karna stress juga krna aku kurang bener rawatnya,

    akhir2 ini aku rajin kasih vitamin, alhamdulillah udah mendngan… ga separah duluu

  28. Loh aku baru tau kalau stress bikin rontok juga.
    Aku sih gak rontok, cuma ketombean parah banget. Wkwkw

  29. Nah, soal rambut ni kak, aku udah yang paling maksimal banget rawatannya, dari yang sampo, mask, tonic, conditioner, belum lagi obat tradisional udah semua deh, tapi masih aja rontok parah. Katanya sih penyebab utamanya stress, ya kali aku stress setiap hari kak wkwkw. Mungkin faktor genetik kali ya kak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here