USB OTG SanDisk Solusi Backup Data Aman

USB OTG SanDisk Solusi Backup Data Aman

USB OTG SanDisk Solusi Backup Data Aman – Kenapa sih kita perlu banget backup data secara rutin biar data aman?

Smartphone menjadi salah satu perangkat yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan semakin canggihnya smartphone, sekarang fungsi smartphone tidak hanya untuk telepon atau terima dan kirim pesan saja. Tetapi sudah bisa digunakan untuk membuat konten, materi presentasi, mengolah data dan laporan, membuat video, dan sebagainya.

Berkembangnya fungsi smartphone tersebut tentu memudahkan pengguna smartphone untuk melakukan banyak hal. Ada yang menggunakan smartphone untuk bekerja sebagai konten kreator, blogger, vlogger, penulis, mengelola usaha online, mengelola dan mengembangkan jaringan UKM, dan masih banyak lagi. Bahkan ada lebih banyak lagi para profesional di banyak bidang yang mengandalkan smartphone untuk mengirim dan menerima data penting.

Media penyimpanan di smartphone saat ini juga kapasitasnya sudah besar sehingga kadang membuat kita terlena dan lupa untuk secara rutin memeriksa ketersediaan media penyimpanan. Tahu-tahu saja, storage penuh dan smartphone tak lagi bisa bekerja maksimal untuk membuat atau menyimpan data. Apesnya lagi, kalau tiba-tiba mati total yang berakibat data di smartphone hilang dan tak bisa kembali lagi.

Pernah mengalami hal ini? Bagaimana rasanya kehilangan data penting sebanyak itu?

Data Pengguna Smartphone di Indonesia

Pentingnya Back-up Data Agar Tetap Aman

Saya sudah mengalami sendiri betapa sakit dan menyedihkannya kehilangan data. Jadi ceritanya, smartphone saya tiba-tiba mati total. Akibatnya, semua data hilang. Padahal di dalam smartphone yang mati itu banyak sekali foto dan video yang momennya tak mungkin bisa diulang.

Belum lagi data penting lain berupa file pdf naskah buku saya yang belum terbit, surat kontrak penerbitan yang dikirim lewat e-mail dan diunduh menggunakan smartphone, sementara e-mailnya sudah terhapus, backup chat penting, dan sebagainya. Rasanya kesal dan sedih sekali. Tapi mau marah atau menangis bagaimana pun, data yang hilang itu sudah terlanjur hilang dan tak bisa dikembalikan lagi.

Selain saya, ternyata banyak juga pengguna smartphone di luar sana yang mengalami kehilangan data. Dari hasil survei yang dilakukan oleh DEKA dan dihimpun Western Digital Corp. menyebutkan 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka.

Lalu lebih dari 80% responden yang mengikuti survei mengakui telah mengetahui betapa pentingnya melakukan back-up data, namun baru sepertiganya yang secara rutin melakukan back-up sebulan sekali demi menjaga data mereka tetap aman.

Kehilangan data itu banyak ruginya lho, seperti:

  • Momen penting yang tak mungkin diulang tak lagi bisa dikenang.
  • Foto dan video orang-orang tercinta yang harusnya bisa disimpan untuk nanti, tak lagi bisa dibuka dan diintip.
  • Rugi waktu dan tenaga karena harus mengulang membuat konten penting.
  • Hubungan dengan klien bisa rusak akibat data penting yang hilang.
  • Rugi materi karena harus keluar biaya lagi untuk membuat video/foto pesanan klien.
  • Waktu terbuang sia-sia karena harus mengulang pekerjaan untuk data pekerjaan yang terlanjur hilang.
  • Dimarahin bos akibat menghilangkan data penting.

Ada lagi yang bisa menyebutkan betapa ruginya kehilangan data? Pastilah jika dibuatkan daftarnya, bakal panjang itu daftarnya. Oh ya, selain kehilangan data akibat smartphone error atau rusak mendadak. Ada lagi nih kasus lain yang memaksa kita membuang data/foto/video.

Kasus yang paling banyak terjadi. Tiba-tiba memori penuh dan smartphone tak lagi bisa digunakan untuk mengambil foto/video atau membuat konten. Padahal saat itu momennya urgent. Karena didesak tenggat waktu, kita terpaksa menghapus data untuk mengosongkan kapasitas penyimpanan. Padahal kan data-data tersebut #DibuangSayang karena bisa jadi di lain waktu kita akan membutuhkannya.

Jadi, bagaimana solusi back-up data aman? Dan tak perlu mengalami perasaan galau karena tiap mau hapus foto selalu mikir: Duh, ini foto/video #DibuangSayang banget.

Spesifikasi USB OTG SanDisk Solusi Back-up Data

USB OTG SanDisk Solusi Back-up Data Aman

Banyak yang mengira proses back-up data itu rumit dan makan waktu lama. Padahal dengan kecanggihan teknologi saat ini, sudah ada perangkat yang bisa bantu banget untuk back-up data aman lho. SanDisk yang merupakan salah satu brand yang berada di bawah naungan Western Digital Corp menjadi solusi terbaik untuk back-up data praktis, mudah, dan aman.

USB OTG SanDisk adalah perangkat USB On The Go yang bisa membantu kita untuk memindahkan, mentransfer ataupun mem-back-up data dari smartphone ke komputer dengan cara yang sangat cepat, mudah dan praktis.

Kita tinggal menancapkan USB OTG SanDisk #SanDiskAPAC ini ke smartphone, lalu data akan bisa dipindahkan dengan cepat tanpa makan waktu lama. Setelahnya, baru data tersebut kita simpan di laptop atau komputer, atau dibiarkan saja pun tetap tersimpan di USB OTG SanDisk data akan tetap aman.

Agar di lain waktu tak lagi mengalami kehilangan data, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga data tersimpan aman untuk jangka waktu lama.

1. Rutin Pindahkan File Besar dari Smartphone ke USB OTG SanDisk

File untuk satu video memang besar dan akan makan banyak kapasitas penyimpanan. Maka biasakan setelah pengambilan dan pengolahan video (termasuk proses editing video menggunakan smartphone) selesai, segera pindahkan materi video tersebut ke penyimpanan lain, misalnya dengan menggunakan USB OTG SanDisk. Tinggal plug and play, maka proses back-up pun selesai. Kapasitas penyimpanan jadi lega kembali.

2. Perluas Ruang Penyimpanan Dengan Jadwal Teratur

Buat jadwal teratur untuk melakukan back-up data secara menyeluruh untuk foto dan data (termasuk data dari hasil browsing maupun download e-mail). File-file office ataupun PDF seringkali juga menghabiskan cukup banyak ruang penyimpanan tanpa kita sadari. Gunakan #SanDiskAPAC sebagai media transfer data dari smartphone ke laptop/komputer. Ini juga berlaku untuk data lain yang #DibuangSayang

Alasan Perlu Back-up Data Pakai USB OTG SanDisk

3. Rajin Clear Cache Aplikasi Chat

Dari pengalaman saya dan teman-teman yang cukup aktif menggunakan aplikasi chat di smartphone, penting banget rajin clear chat untuk aktivitas chat yang tinggi demi menambah persediaan memori. Hal ini karena banyak aplikasi chat yang cukup besar menyita kapasitas memori.

4. Pindahkan Back-up Konten Media Sosial

Smartphone saat ini punya fitur back-up otomatis dari kegiatan kita mengupload di media sosial. Coba buka kembali media penyimpanan dan lihat. Setiap kita upload konten di Instagram, Facebook, Twitter, atau media sosial lain, pasti secara otomatis konten tersebut juga tersimpan di media penyimpanan smartphone. Untuk itu, rajin-rajinlah memindahkan back-up konten media sosial ini ke media penyimpanan lain.

5. Tambah Kapasitas Penyimpanan

Untuk menambah kapasitas penyimpanan di smartphone maka kita bisa menambahkan kartu external memori sebagai media penyimpanan cadangan di smartphone, seperti SanDisk Extreme® microSDTM dengan spesifikasi A23. Dengan cara ini, kerja memori pun jadi tak berat dan masih ada slot penyimpanan cadangan ketika memori utama telah penuh.

6. Manfaatkan Mobile Storage SanDisk

SanDisk sangat mengenal kebutuhan para pengguna smartphone dan berusaha untuk memenuhinya dengan sebaik mungkin. Itu sebabnya, Western Digital melalui brand SanDisk ini menawarkan solusi lengkap berikutnya dengan menyediakan USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone).

Bisa pula dengan memanfaatkan aplikasi SanDisk Memory Zone yang sangat membantu proses back-up data sehingga data tetap tersimpan dengan aman. Aplikasi ini sudah tersedia di semua perangkat USB OTG SanDisk.

Untuk mendapatkan USB OTG SanDisk, gampang banget kok dan dengan harga terjangkau pula. Memori yang tersedia pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bahkan sudah tersedia pula yang kapasitasnya 128GB. Jika ingin memiliki USB OTG SanDisk bisa langsung di Official Store SanDisk di Shopee

Yuk, manfaatkan USB OTG SanDisk Solusi Backup Data Aman.

3,151 total views, 22 views today

View Comments (57)

  • Yes mbk, kehilangab data bisa bikin galau berkepanjangan. Referensi andalan nih pake SanDisk OTG

  • Kehilangan datq di hp lebih sakit dari pada kehilangan doi😔😔

    Solusi bagus nih buat yg hp nya sering lola kek aku,,

  • Back up data memang solusi yang mudah biar kita ga panik kalau HP tiba tiba hilang atau rusak. Kecepatan transfer data juga penting, karena aku juga capek klo nunggu seharian hahaha

  • Dirumah udah ada USB OTG tapi blum nyobain buat pasang karena belum butuh pas mau pasang aq liat cara pasangnya disini ahh

  • mantap banget nih produknya sandisk. jadi bisa pindah data di mana aja ya kalau sudah ada USB OTG ini.

  • Kalau gak mau kehilangan emang harus menjaga dan menyimpannya, terkait DATA di smartphone supaya gak kehilangan Tentunya harus pakai OTG SANDISK

  • Sandisk emang keren. Aku pake sandisk lo mb. Udah ringan, packagingnya manis. Memonya gede.

  • Saya pake juga ini USB OTG dari SanDisk cuma yang jadulnya semoga awet terus bikin backup data makin nyaman hehe

  • Saya juga termasuk yang jarang mindah data, dan sering harus kehilangan data karena kehabisan memori. Sepertinya usb otg sandisk ini perangkat wajib yang saya harus punya.

  • OTG ini berfungsi banget buat aku karena proses edit foto dan simpen gak ribet lagi harus kirim2, akupunya tapi portabel bukan nyatu sama flashdisknya