Pekerjaan sedang banyak dan jadwal cuti sudah habis? Pengen pergi liburan tapi maunya dalam kota saja? Kalau pikiran kalian begini, berarti sama nih dengan pikiran saya. Pengen liburan aslinya. Sayangnya, belum bisa. Akhirnya terpikir mau staycation saja di salah satu apartemen di Jakarta.

Karena beberapa hari lagi sudah weekend, saya pun mulai berburu berbagai pilihan apartemen. Namun ada pertimbangan nih untuk memutuskan mau memilih menyewa apartemen yang mana.

Apa saja sih yang perlu dipertimbangkan kalau mau staycation di apartemen?

Tips Memilih Apartemen untuk Staycation

1. Lokasi yang Tak Terlalu Ramai

Pertimbangan pertama, lokasi apartemen yang mau saya jadikan tempat staycation adalah yang agak sepi sekelilingnya. Saya kan staycation karena mau istirahat dan sejenak meninggalkan riuhnya kota Jakarta. Butuh ketenangan ceritanya dan biar punya quality time juga sama si yayang.

Selain lokasi yang tak terlalu ramai, maunya juga apartemennya berada di lokasi yang terjangkau dan strategis. Bagus lagi kalau dari jendela apartemen bisa melihat laut atau pemandangan dengan pepohonan yang hijau. Tapi jika tak ada, ya tak apa juga sih mengingat di kota Jakarta, apalagi di tengah kota, cukup sulit menemukan apartemen yang berada jauh dari keramaian.

2. Fasilitas Lengkap

Staycation kali ini pengennya menikmati apartemen dan sekitarnya saja. Maka apartemen yang mau saya pilih adalah yang sudah memiliki fasilitas lengkap, baik di dalam apartemennya maupun di luar.

Fasilitas di dalam apartemen yang mesti ada, seperti peralatan masak dan makan. Minimal kalau lapar tengah malam bisa masak mie favorit kesukaan saya dan Pewe. Pendingin udara di kamar bekerja dengan baik dan wajib dingin. Saya terbiasa soalnya tidur di suhu ruang yang berada di sekitar 18 derajat. Fasilitas lain, meja kursi dan perabotan, termasuk tempat tidur yang nyaman.

Sementara untuk fasilitas di luar, bagus banget kalau ada kolam renang. Jadi di pagi hari bisa pergi berenang dulu. Lalu ada taman untuk bersantai menikmati desau dedaunan tertiup angin sambil membaca buku. Kalau ada ruang gym, bisa sore-sore olahraga sebentar, sebelum kembali ke kamar. Dengan fasilitas lengkap begini, pasti akan puas banget kan acara staycation-nya.

3. Mudah Cari Resto

Misalnya menginap 3 hari dua malam, pastinya tak mungkin kan kami masak mie instan melulu. Maka di sekitar lokasi apartemen pengennya ada pusat kuliner. Minimal tidak terlalu jauh ya dan bisa ditempuh sambil jalan kaki gandengan tangan. Bagus lagi kalau ada resto atau cafe yang masih satu lokasi dengan area apartemen.

Ah, tapi saya rasa di Jakarta sudah mudah sih kalau urusan makanan. Tinggal pesan antar saja atau pesanlah pakai ojek online yang hampir semuanya menyediakan fasilitas pesan dan antar makanan.

Kalau tiga pertimbangan ini terpenuhi, selanjutnya ya memilih apartemen mana nih di Jakarta yang bisa dijadikan tempat untuk staycation. Waktu mengajak Pewe diskusi, kami menemukan 3 Apartemen di Jakarta yang Bisa Dijadikan Pilihan Staycation.

3 Apartemen di Jakarta yang Bisa Dijadikan Pilihan Staycation

1. Kyo Serviced Apartment Jakarta By Topaz

Apartemen di Jakarta
Kyo Apartemen

Pilihan pertama jatuh pada Kyo Serviced Apartement Jakarta by Topaz ini karena desain kamarnya yang kelihatannya nyaman, bersih juga ya. Saya sempat membaca review di aplikasi pemesanan juga bagus reviewnya, apalagi bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau, kurang lebih Rp300.000,- semalam.

Fasilitas lain yang tersedia di apartemen ini: ada kolam renang, tempat parkir luas dan aman, layanan help desk 24 jam yang memungkinkan bisa membantu memenuhi kebutuhan kita kapan pun. Oh ya, di aplikasi pemesanan Traveloka, apartemen di Jakarta yang satu ini dapat rate bintang 8 lho.

sewa apartemen harian
Ada Kolam Renangnya

Apartemen ini berada di daerah Fatmawati yang terkenal banyak kulineran. Tapi ini daerah ramaikan ya? Namun Pewe menghibur saya. Katanya, di sini ada rooftop-nya. Jadi nanti saya dan dia bisa bersantai di rooftop saja sambil menikmati malam, bintang, dan kalau hujan ya hujan-hujanan sekalian… hahaha.

Kyo Serviced Apartment Jakarta By Topaz
Jl. Abdul Majid Raya No.Kav 16, RT.4/RW.5, Cipete Sel.
Kec. Cilandak. Kota Jakarta Selatan.

2. Woodland Park Residence by Mofu

Kalau Pewe lebih memilih yang No. 1 tadi, saya malah jatuh hati sama pilihan kedua ini. Soalnya Woodland ini berada di lokasi yang bagus, yaitu di Kalibata.

Staycation di Apartemen Jakarta
Wooland Park Residen

Desain kamar standar sih tapi tetap terlihat nyaman. Kalau dari review orang lain yang pernah menginap di sini, bersih sih katanya. Nanti deh untuk hal ini akan saya coba sendiri saja, lalu saya update tulisan ini ya. Semoga. Oh ya, fasilitas keren di apartemen ini adalah free laundry dan free parking lho.

Fasilitas di dalam apartemen sudah lengkap. Sementara fasilitas di luar apartemen memang seperti yang saya inginkan. Banyak pepohonan di tamannya sehingga menyenangkan sekali jalan-jalan di pagi hari di taman ini. Puas jalan-jalan, bisa langsung pergi berenang. Bahkan ada ruang gym yang tetap bisa membuat saya berolahraga di sore hari.

Harga yang mesti dibayarkan untuk menikmati kenyamanan menginap sekitar 400 ribuan saja. Masih terjangkau banget kan ya, dan saya juga tak perlu keluar ongkos transportasi yang banyak.

Woodland Park Residence by Mofu
Jl. Raya Kalibata No.22, RT.6/RW.7, Rawajati.
Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan.

3. Marina Apartment by Adhit

Marina Apartment by Adhit ini merupakan salah satu apartemen di Jakarta yang lumayan favorit. Ratenya 9 lho di aplikasi Traveloka. Review yang saya baca pun pada bilang bagus.

Lokasinya dekat banget dengan Alianz Ecopark Ancol. Di lokasi apartemen juga ada taman, tempat kuliner, playground buat yang bawa anak, dan pastinya ada kolam renang. Bentuk kamarnya juga unik sih. Melihat foto kamarnya saja sudah merasa sepertinya kamarnya nyaman.

Sewa apartemen harian di Marina bisa banget dan harganya terjangkau, mengingat lokasinya yang sangat strategis. Untuk menginap di sini, tak sampai 400 ribu kok semalam. Apa staycation di sini saja kali ya?

Apartemen Jakarta
Marina Apartemen

Oh ya karena tiga apartemen yang saya pilih ini bisa ditemukan di aplikasi Traveloka, maka bisa banget memanfaatkan fitur-fitur di Traveloka untuk melakukan pemesanan. Fitur apa saja yang memudahkan saya melakukan pemesanan apartemen di Traveloka?

Jadi gini, melalui aplikasi Traveloka, kita bisa memilih tempat akomodasi yang diinginkan, bisa disesuaikan dengan budget, dan harapan apa saja yang ingin dipenuhi ketika menginap. Ada filter yang bisa disetting sendiri untuk memudahkan proses pemilihan.

Fitur lain yang seringkali membantu saya menemukan apartemen, hotel, villa, atau tempat menginap adalah hotel near me, last minute hotel, dan Pay@hotel. Dua fitur ini berguna banget saat kami traveling ke suatu tempat dan hendak melakukan pemesanan penginapan secara mendadak.

Fitur lain ketika butuh akomodasi dan dana sudah dalam batas limit adalah PayLater. Dengan fitur ini memungkinkan bisa dapat penginapan dulu dan bayarnya belakangan. Aman kok karena Traveloka PayLater didukung Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar di OJK.

Jadi weekend ini saya akan pilih salah satu dari tiga apartemen ini. Kalau kalian mau pilih yang mana?

2,706 total views, 1 views today

SHARE
Previous articlePenginapan di Penang Dekat GeorgeTown
Next article7 Tips Beli Properti Bagi Pemula

1 COMMENT

  1. Asyiknya. Jadi tahu, apartemen di Jakarta, setara harga hotel kota di kota Dompu, NTB. Tapi, fasilitasnya komplit plit.

    Bisa jadi referensi liburan keluarga juga ni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here